stlh dipikir2 ane, sbagai nubie, nyoba sharing dan sdkt ripiuw ttg forester gen4 yg sebulan ini udah nemenin...monggo di koreksi kl ada salah kate....
Eksterior:

tampak depan, jelas lbh keren dibanding gen3,..
meski air scoop di ilangin, tp tetep ga ngurangin kegagahannya kok...grill depan meski udh keren tp kmrn nyoba diganti yg tipe gunmetal, dan kliatannya jd tmbh manis aja....
headlamp dgn hid sngt jelas dan terang pas di pake malam hari,cuma kdng fitur autolamp-nya terlalu sensitif, dan jg drl-nya trnyata hanya buat versi jdm aja kali ya, sayang banget.....
kl tmpak blkng, jelas lbh asik yg gen3....yg gen4 ini kliatan lbh bulet dan kyk 'nungging'...hanya aja skrg dia punya fitur power reargate, yg lumayan lah....meski kdng jd berasa lambat mbukanya.....
double exhaust membuat lbh tmpk bergaya sport....
Interior:

masuk ke dalam lgsg disambut dgn ruang yg lega dan jok berbalut kulitwarna item yg kualitasnya apik, dan membuat terlihat jadi lebih rapi..
tampilan dashboard jelas lbh unggul dibanding gen3 yg tmpak plain aja...meski ga kyk ford yg kyk kabinnya pesawat...
material plastik soft dan ga ngisin-ngisini kyk sebelumnya, lbh berkesan mewah...

stir rasanya jg pas di genggaman tangan ane yg mungil ini....
nyari posisi duduk yg nyamanmudah bnget krna udah ada fitur electric seat di jok baris depan dan stir yg tilt/teleskopik..
tombol yg bertebaran di lingkar kemudi buat setting hu, setting MID, handsfree,cruise control dan pilihan mode I,S ato S# meski awalnya agak ribet tp kelamaan udh terbiasa jg kok...
hanya aja utk setting MID emg lbh njlimet dibanding golf,...lucunya ada reminder buat hari ultah ato anniversary jg....
HU emg blm touchscreen,hikssss.....tp sbagai merk H/K audionya jelas mumpuni, bas terasa pas bnget, hanya aja cuma bs nampung 1 CD aja, jd ribet aja kl mau bolak balik ganti CD...
console ditengah, rasanya kurang praktis jg, krn hrus copot sekatnya dulu br bisa nyimpan ato ngambil barang dibawahnya...
jok baris ke 2 lega bnget....bisa reclining jg, meski krng keren caranya krn harus tarik tali di sblh bawah jok....hiksss...
hanya aja sbgai suv, rasanya tmpat simpan pernik2 kok rasanya kurang banyak ya....
keunggulan lain emg adanya panoramic roof yg lebar, sayangnya cuma bisa sliding aja tanpa tilt.....emaneee....
krn benernya di indo sini yg lebih banyk dipake ya fitur tilt dari sunroof, kalo sliding sih biasanya kl pas jalan pelan waktu pagi ato malam hari aja...
sensasi berkendara:
begitu tekan tombol engine start lgsg trdengar deh suara berat dari mesin boxer....
kasar pd awalnya tp kelamaan mulai berkurang berisiknya....

tampilan dashboard yg fungsional dan informatif sngat membantu utk mengetahui kondisi mobil...injak pedal gas mobil lgsg meluncur,stir enak digenggam dan ringan, respon spontan dan jedanya ga berasa,raungan mesin sebanding ama akselerasinya, perpindahan gigi jg smooth, coba beralih ke mode S, akselerasi berasa lbh sigap, apalg klo di S#....pernah nyobain sewaktu di tol kmrn, sip bnget deh....rasanya berani tantangin semua mobil buat balapan,heheee...(ingat umur bosss...

), btw ngeliat paddle shift dibelakang kemudi jd berpikir, msh ada fungsinya engga ya kalo ternyata akeslerasinya udh mantap banget gini....
handlingnya stabil bnget, ngikutin kemauan si driver, wktu salip sana sini, manuver dan meliuk2, tetep stabil aja, bagian buritan yg nungging itu ga mbuang blas...
di tol kmrn emg blm sampe dibuat ajrut2an...top speed hanya 150 km/jam aja, dgn mode S# itu tercapai dgn cepet bnget, (meski sensasi tarikannya masih kalah ama golf...), dan yg bikn nambah nyaman adalah kekedapan kabin lumayan senyap....suara ban ato angin ga terlalu masuk kedalam, (mgkn hanya poin ini yg menang dari golf ane,hehee...)
hanya aja suspensi emg berasa stiff (laen bnget dibnding waktu TD ama gen3 tempo hari)...
apalg kl pas lwt jalan bergelombang dan bumpy, bantingan jd lebih kerasa keras dan agk berguncang gitu...mengingatkan pada mobil pertama ane dulu ,Ferosa G2....
fitur X Mode, jg sekali nyobain wktu di jalan menurun tajam bnget, begitu diaktifin lgsg mobil jalan dgn kecepatan rendah dan terkendali, sbagai driver cuma tinggal atur stir aja, ga perlu mikir gas ato rem....

fitur rear cam lumayan membantu buat mundur ato parkir, hanya aja yg agkmenganggu monitor display nya ada di dashboard depan, bukannya di headunit, jadi berasa kecil dan kejauhan, tp tampilannya jelas banget meski di kondisi cahaya yg minim..
btw ga ada parking sensornya...
ttg FC, nah ini yg bikin ane senyum lebar....pake ron 95 (di kota ane hanya ada pertamax plus) paling irit di sekitar 5l/ 100 km dan paling boros sktr 11,6l / 100 km..
tp plng sering sih avg di 8,2 - 9l / 100 km...nyaris sama dengan golf ane yg 13-14 km/l di rute kombinasi...
sejauh ini ane berasa puas udh milih forester gen4 ini, meski bini msh agk protes ttg suspensinya....
tp mg2 ntar ga protes lg deh, sayang atuh kl mau dilego....
kmrn sempet nanyain outback, trnyata ready di jkrta warna item aja.....
tp menrt ane secara eksterior masih gagah forest ini lah...(wong namanya aja jg suv dibanding mpv, gimana sih?)
btw masih penasaran pengen ngajakin foresty ini masuk lumpur dikit2, pengen buktiin awd ama x mode-nya...
obsesi mo dibawa ke lautan pasir bromo kliatannya harus di pikir ulang,soalnya katanya temen2 medan menuju kesana lumayan berat, ga sayang tuh....
sekian dulu sharing dari nubitol asli, kl ada rekan ato suhu yg udh TD ato punya tunggangan subby laennya mohon ditanggapi ato dikoreksi yaaa, maappp...
