Knapa MOTO GP jd 800cc YA!!!?????????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Nov 01, 2006 16:53
- Location: Bandung
Knapa MOTO GP jd 800cc YA!!!?????????
Ada yg taw ga bikerz2 skalian...
Apa bensinnya boros yg 1000cc...???Atoo....apa ya...?!!
Apa bensinnya boros yg 1000cc...???Atoo....apa ya...?!!
Peace MAn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
mungkin karena berat nya tambah ringan,lalu tenaganya tambah gede,jadi nya tambah kencang.lalu tiap tahun kan pabrikan selalu berinovasi
yg dibilang tamabah kenceng itu kayanya bukan TOP speed deh, tp jumlah lap yg ditempuh racer, soalnya handling motor makin sempurna jd bisa melahap tikungan lebih cepat dan stabil, hasilnya lap time pun lebih cepat CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
bukannya motor makin kecil handling makin jelek ?kepin wrote:mungkin karena berat nya tambah ringan,lalu tenaganya tambah gede,jadi nya tambah kencang.lalu tiap tahun kan pabrikan selalu berinovasi
yg dibilang tamabah kenceng itu kayanya bukan TOP speed deh, tp jumlah lap yg ditempuh racer, soalnya handling motor makin sempurna jd bisa melahap tikungan lebih cepat dan stabil, hasilnya lap time pun lebih cepat CMIIW


Turbo Hayabusa


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
setau ane sejauh ini motor 800cc (buat motoGP) masih lebih lambat 0,8 detik dari 990cc, tapi kan masih riset terus sampe bulan feb-maret 2007 jadi tetap ada kemungkinan lebih cepat (kata M+)
salah satu alasan diturunkan 800cc bener kata bro pitbull yaitu alasan keamanan dan keselamatan pembalap..dimana regulasi dan teknologi MotoGP yang terus maju dan dianggap 'semakin berbahaya' jika tetap menggunakan motor cc yang besar
(walaupun CCnya lebih kecil daripada Superbike yang 1000cc tapi masih lebih kenceng MotoGP 990 kan? lagi2 karena teknologinya itu) <===lagi2 klo ga salah lho :-)
salah satu alasan diturunkan 800cc bener kata bro pitbull yaitu alasan keamanan dan keselamatan pembalap..dimana regulasi dan teknologi MotoGP yang terus maju dan dianggap 'semakin berbahaya' jika tetap menggunakan motor cc yang besar
(walaupun CCnya lebih kecil daripada Superbike yang 1000cc tapi masih lebih kenceng MotoGP 990 kan? lagi2 karena teknologinya itu) <===lagi2 klo ga salah lho :-)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jun 20, 2006 11:40
weleh ..... ampir sama gimana, itu kan perbandingan statistik angka aja yang sama ... kalo kecepatannya mana mungkin sama (ato ampir sama)antara F1 ama motoGP....kalo kecepatannya sama bisa2 kalo tabrakan ato jatoh tuh pengendara motoGP ga berbentuk lagi.
Ratio percepatan F1 itu 10x lbh cepet dr motoGP. misalkan Gear1 di F1 dapet top speed 100km/h begitu juga dengan motoGP...nah itu kan itungan percepatan roda berputar...bukan dr dorongan yang lain lagi.....lo bayangin aja piston F1 ada brapa buah....nah ketika itulah ada daya dorongan lagi. setau gw top speed F1 uda 365 km/h
Ratio percepatan F1 itu 10x lbh cepet dr motoGP. misalkan Gear1 di F1 dapet top speed 100km/h begitu juga dengan motoGP...nah itu kan itungan percepatan roda berputar...bukan dr dorongan yang lain lagi.....lo bayangin aja piston F1 ada brapa buah....nah ketika itulah ada daya dorongan lagi. setau gw top speed F1 uda 365 km/h
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
- Location: jakbar
di gituin karena para pakar motor pingin kita berinovasi lagi.kan para pakar ingin cc kecil,bensin irit,tapi tenaga gede.
ya pingin agar memacu para penemu lah,kasian penemu kalo ga di gituin bisa kurang duit karena teknologi yang digunain hanya itu2 aja.jadi dibuat agar suasana baru,n para engienring yang tahun lalu ketinggalan ga selalu ketinggal terus.siapa tahu ntar suzuki ya tercepat.ya kan....
ya pingin agar memacu para penemu lah,kasian penemu kalo ga di gituin bisa kurang duit karena teknologi yang digunain hanya itu2 aja.jadi dibuat agar suasana baru,n para engienring yang tahun lalu ketinggalan ga selalu ketinggal terus.siapa tahu ntar suzuki ya tercepat.ya kan....
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
http://www.parfum-murah.blogspot.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
baca tuh tulisan itu..tuhpitbull wrote:karena perkembangan motogp 4 tak yg begitu pesat. motor makin lama makin kenceng. jadi sengaja cc nya diturunin biar gak terlalu kenceng, meminimalkan bahayanya.
tp yg gue lihat hasil uji coba beberpa motor seperti honda aja malah melebihi best lap motor musim ini.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Angkat lagi ah. Kyknya masih bagus untuk dibahas..
Kalu top speed motogp ya jangan dibandingin ma F1 dunk. Soalnya tergantung tracknya juga. Yang jelas untuk motor butuh jarak pengereman lebih panjang dari mobil.
Lap time tidak terlalu dipengaruhi oleh cc. Lap time dipengaruhi oleh kecepatan rata-rata. Biar top speed tinggi tapi kalau kecepatan di tikungan jelek, maka lap timenya akan jelek juga. Yang terjadi di 800cc, top speed turun namun kecepatan di tikungan cukup baik. Akibatnya lap time bisa lebih baik.
Faktor yang sangat mempengaruhi lap time adalah handling. Waktu 990cc, rekor top speed dipegang Ducati. Tapi handling di tikungan sangat buruk. Jadi lap timenya buruk. Sekarang setelah cc diturunkan, handling di tikungan membaik. Motor sliding berkurang, penyaluran tenaga ke ban lebih halus. Efeknya jelas kecepatan di tikungan meningkat. Jadi lap time malah lebih cepat.
Selain itu perlu juga diperhatikan kondisi tracknya. Untuk track yg karakternya high speed, faktor handling tadi kurang berpengaruh pada lap time sepanjang top speed tidak turun banyak. Namun pada track medium atau low, seharusnya lap time lebih baik.
Hal ini juga terjadi pada F1. Mobil dgn handling lebih bagus biasanya bisa dapet lap time lebih baik. Siapa yang meragukan mesin Toyota, Honda lebih pelan dari Ferrari? Tapi keliatannya Ferrari bisa lebih cepat melahap tikungan dibanding saingannya. Jadi dalam balap, overall performance lebih penting dari sekedar top speed.
Kalu top speed motogp ya jangan dibandingin ma F1 dunk. Soalnya tergantung tracknya juga. Yang jelas untuk motor butuh jarak pengereman lebih panjang dari mobil.
Lap time tidak terlalu dipengaruhi oleh cc. Lap time dipengaruhi oleh kecepatan rata-rata. Biar top speed tinggi tapi kalau kecepatan di tikungan jelek, maka lap timenya akan jelek juga. Yang terjadi di 800cc, top speed turun namun kecepatan di tikungan cukup baik. Akibatnya lap time bisa lebih baik.
Faktor yang sangat mempengaruhi lap time adalah handling. Waktu 990cc, rekor top speed dipegang Ducati. Tapi handling di tikungan sangat buruk. Jadi lap timenya buruk. Sekarang setelah cc diturunkan, handling di tikungan membaik. Motor sliding berkurang, penyaluran tenaga ke ban lebih halus. Efeknya jelas kecepatan di tikungan meningkat. Jadi lap time malah lebih cepat.
Selain itu perlu juga diperhatikan kondisi tracknya. Untuk track yg karakternya high speed, faktor handling tadi kurang berpengaruh pada lap time sepanjang top speed tidak turun banyak. Namun pada track medium atau low, seharusnya lap time lebih baik.
Hal ini juga terjadi pada F1. Mobil dgn handling lebih bagus biasanya bisa dapet lap time lebih baik. Siapa yang meragukan mesin Toyota, Honda lebih pelan dari Ferrari? Tapi keliatannya Ferrari bisa lebih cepat melahap tikungan dibanding saingannya. Jadi dalam balap, overall performance lebih penting dari sekedar top speed.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
kenapa 800cc?
karena politik honda, enginernya udah mentok dengan 900cc, gak bisa ngalahin rossi dengan yamahanya,
sementara enginer mereka udah riset 800cc, sambil petingginya melobi FIM untuk merubah regulasi,
jadi begitu regulasi diterapkan, mereka udah siap, plus pembalap yang sesuai (postur pedrosa diharap cocok utk motor 800cc)
tapi nyatanya, honda belum bisa benar2 menguasai motoGP seperti era mick doohan (GP500)
jadi? tanya kenapa
karena politik honda, enginernya udah mentok dengan 900cc, gak bisa ngalahin rossi dengan yamahanya,
sementara enginer mereka udah riset 800cc, sambil petingginya melobi FIM untuk merubah regulasi,
jadi begitu regulasi diterapkan, mereka udah siap, plus pembalap yang sesuai (postur pedrosa diharap cocok utk motor 800cc)
tapi nyatanya, honda belum bisa benar2 menguasai motoGP seperti era mick doohan (GP500)
jadi? tanya kenapa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang