Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@mod turbo...

kalo w204 km hampir 112ribu..kira2 masih cocok tidak pake oli encer skrg 5-30..mau coba lompat 0-30/0-20(tp cari murah)biar gak berat kerja supercas..

terima kasih..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

kompresorz wrote:@mod turbo...

kalo w204 km hampir 112ribu..kira2 masih cocok tidak pake oli encer skrg 5-30..mau coba lompat 0-30/0-20(tp cari murah)biar gak berat kerja supercas..

terima kasih..
5W30 - MB 229.5 :
- SHU AB
- Petronas Syntium 3000 LL

0W30 - MB 229.3 :
- Agip Sint Evolution

Atau bisa pakai Amsoil AZO 0W30 walau gak ada MB spec-nya tapi oli ini zat antiwear & VI nya tinggi, jadi safe banget

Kalo 0W20 udah out of spec krn std MB require HTHS 3.5 sedangkan 0W20 HTHS nya 2.9 atau kurang
* Bukan ajakan Beli *
connyv6
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Mar 08, 2013 14:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by connyv6 »

@mod turboman

Om turboman, sy masih awam sekali tntng oli...
Kalau boleh tau mnrt om turboman rekomendasi tipe dan merk oli yang bagus utk outlander sport apa ya ? :ungg:
Sekalian tanya ideal nya ganti oli berapa lama soalnya sdh 6 bln km msh 1500 an...tks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

connyv6 wrote:@mod turboman

Om turboman, sy masih awam sekali tntng oli...
Kalau boleh tau mnrt om turboman rekomendasi tipe dan merk oli yang bagus utk outlander sport apa ya ? :ungg:
Sekalian tanya ideal nya ganti oli berapa lama soalnya sdh 6 bln km msh 1500 an...tks
Siap

Bisa bantu saya lihatin di buku manual OLS utk oli mesinnya dia minta standardnya apa ? Apakah API SM atau SL ? Atau ACEA A3 atau A1 or A5 ? Ada tulisan minta std ILSAC GF-4 juga ga ?

ditunggu update nya
* Bukan ajakan Beli *
connyv6
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Mar 08, 2013 14:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by connyv6 »

Turboman wrote: Siap

Bisa bantu saya lihatin di buku manual OLS utk oli mesinnya dia minta standardnya apa ? Apakah API SM atau SL ? Atau ACEA A3 atau A1 or A5 ? Ada tulisan minta std ILSAC GF-4 juga ga ?

ditunggu update nya
Tertulis sih ACEA A1/B2, A3/B4 atau A5/B5, API SG atau lebih, dan setifikasi oli ILSAC saja om turbo...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

connyv6 wrote:
Turboman wrote: Siap

Bisa bantu saya lihatin di buku manual OLS utk oli mesinnya dia minta standardnya apa ? Apakah API SM atau SL ? Atau ACEA A3 atau A1 or A5 ? Ada tulisan minta std ILSAC GF-4 juga ga ?

ditunggu update nya
Tertulis sih ACEA A1/B2, A3/B4 atau A5/B5, API SG atau lebih, dan sertifikasi oli ILSAC saja om turbo...
Kalau ada A1 / A5 / B5 berarti mesinnya bisa pakai oli 0W30....cuman demi kemudahan pakai 5W30 aja

Kalau 5W30 semi synth yg value 4 money yah = Kendall GT-1 - 5W30 API SN.....kadar antiwearnya spt API SL soalnya

kalau yg mudah ditemui = Shell HX8 - 5W30 yg comply ke MB 229.3
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Pak Turbo & rekan - rekan SM, nubie permisi numpang tanya...

Selama ini saya pakai Mobil Super 2000 untuk mobil tua kesayangan.
Mesin 2000 cc bensin, HLA, EGR, DOHC tapi masih pakai teknologi flat tapped cam.
Selama ini tidak ada masalah bunyi-bunyi di mesin asal teratur ganti oli tiap 6 bulan.
Pernah sekali sudah 8 bulan tidak ganti oli, suara klep mesin jadi berisik kalau panaskan mesin pagi hari.
Setelah mesin panas, suaranya halus lagi.

Setelah baca penjelasan Pak Turbo di mari bahwa oli API SM & SN tidak cocok untuk flat taped cam, saya jadi kepikiran untuk ganti oli secara Mobil Super 2000 sudah API SM/SN.
Celakanya, ternyata yang tersedia di pasaran saat ini mayoritas hanya API SM/SN.
IMHO, yang mudah diperoleh dipasaran untuk SAE 10W-40 API SL hanya FASTRON SYNTHETIC OIL SAE 10W - 40.
Oli - oli merk luar rata-rata sudah API SM & SN.
Kalaupun ada yang SL, SAE nya 20W-50.

Saya dengar dari penjual oli, kelemahan oli produk Pertamina adalah gampang terbentuk endapan lumpur.

1. Menurut Pak Turbo, apakah benar oli Pertamina gampang membentuk sludge / endapan lumpur?

2. Bagaimana kualitas oli Pertamina (Fastron & Mesran Prima-XP) kalau dibandingkan dengan oli merk luar seperti Mobil Super, Shell Helix, Total Quartz, Castrol Magnatec, atau Motul?
Kualitas oli yang jadi perhatian saya adalah kemampuannya dalam mengurangi friksi (anti wear & anti friction), mencegah foam, fungsi detergennya, & mencegah terjadinya scoot & sludge.
Kalau soal long drain menjadi prioritas ke-2, secara mengganti oli tiap 6 bulan sekali atau 5000 km (mana yang dicapai duluan) menurut saya sudah wajar.

3. Bagus mana FASTRON SYNTHETIC OIL SL SAE 10W - 40, Meditran SX CH-4 SAE 15W-40 atau FASTRON DIESEL CI-4 SAE 15W-40 untuk mesin bensin flat tapped cam?

4. Meditran SX CI-4 / CI-4 Plus apakah memang dijual hanya dalam kemasan drum?

Maaf kalau banyak pertanyaan. Terima kasih sebelumnya
connyv6
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Mar 08, 2013 14:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by connyv6 »

Turboman wrote: Kalau ada A1 / A5 / B5 berarti mesinnya bisa pakai oli 0W30....cuman demi kemudahan pakai 5W30 aja

Kalau 5W30 semi synth yg value 4 money yah = Kendall GT-1 - 5W30 API SN.....kadar antiwearnya spt API SL soalnya

kalau yg mudah ditemui = Shell HX8 - 5W30 yg comply ke MB 229.3
Ooo cocoknya pakai 5W30 ya om turbo, soalnya ada yang bilang iklim Indonesia lebih cocok pakai 10W40..
Ini kan msh dpt free oli dr dealer nya sekali, apa dipake aja atau lsgs ganti oli luar ya om ?
Oya sekalian mau tanya idealnya ganti oli setiap brp lama y, soalnya ini 6 bln msh 1500km..Tiap minggu paling cm dipake 1-2x sj...
d1226my
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Oct 23, 2013 8:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by d1226my »

Om Turboman dan rekan rekan SM yang lain

newbie mo nanya dong? saya domisili di Bdg mau nanya soal oli
untuk ford everest tdci kondisi ditambah ECU SHOP cube sebaiknya pake oli apa ya? skrg dikm 48rb.. mo siap2 beli untuk nanti 50rb

Selama ini yang sudah dipake
Q8 Excel Diesel 5w40 (dari 10rb - 40rb km pake itu) - dulu diajarin sama B 3 CP pake ini terus saya berenti pake karena harganya lumayan .. maklum lah masi pegawe entry level position
Q8 T800 10w40 ( dari mulai 40rb sampe skrg) - terakhir ganti pas 45rb km dapet di 350rb /5 L

nah belakangan ini tuh kalau pagi2 mobil di stater suka ada bunyi klotrak klotrak gitu.. kalo kata teman saya itu seperti oli telat naik atau masi ada ketinggalan oli 5w40 nya?

Minta saran mending gimana ya untuk 50rb km nanti.. total flush (pake metode ganti filter murah + meditran + engine flush) atau gimana baiknya nih

Lanjut pakai q8 t800 recommended? apa ganti yang lain?

Thanks in Advance
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

d1226my wrote:
nah belakangan ini tuh kalau pagi2 mobil di stater suka ada bunyi klotrak klotrak gitu.. kalo kata teman saya itu seperti oli telat naik atau masi ada ketinggalan oli 5w40 nya?
Kalo Piggyback2-nya di OFF semua bunyi2-nya ilang ga ?

T800 sih oli yg sgt oke utk kelas 10W40 HDEO
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Saya penasaran dengan proses sertifikasi API, ACEA, MB, VW, dll.
Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, apakah:

1. Tiap produsen melakukan pengujian sendiri / menunjuk sendiri pihak ketiga yang akan melakukan pengujian lalu hasil tesnya (tabel data tertulis) dikirimkan ke lembaga sertifikasi terkait yang kemudian melakukan assessment base on laporan hasil test produsen oli / 3rd party tersebut.

2. Tiap produsen mengirimkan sample-nya ke lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) yang kemudian melakukan pengujian.

3. Lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) mengambil sample produk yang akan diuji secara random di pasaran (toko - toko resmi) lalu melakukan pengujian?

Kalau yang dilakukan adalah salah satu dari point 1 & 2, kok saya merasa ada peluang untuk melakukan manipulasi agar bisa lolos sertifikasi yang diinginkan.
Tapi kalau nomor 3, apakah lembaga sertifikasi mau repot - repot melakukannya?
harryhb
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Sep 16, 2013 4:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by harryhb »

helo guys, sekalian minta saran boleh gak nih :D

ane skr lagi coba pake oli mesin Total Quartz 7000SM 10w-40, dipake buat jazz matic ane (type s 2010), kira2 gimana gan kualitasnya? apa ada pengalaman yang make :D

thx anyway
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

harryhb wrote:helo guys, sekalian minta saran boleh gak nih :D

ane skr lagi coba pake oli mesin Total Quartz 7000SM 10w-40, dipake buat jazz matic ane (type s 2010), kira2 gimana gan kualitasnya? apa ada pengalaman yang make :D

thx anyway
Jazz sih enak pakai oli buntut 30 doongg......pake 10W40 mah jadi berat tarikannya.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Saya penasaran dengan proses sertifikasi API, ACEA, MB, VW, dll.
Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, apakah:

1. Tiap produsen melakukan pengujian sendiri / menunjuk sendiri pihak ketiga yang akan melakukan pengujian lalu hasil tesnya (tabel data tertulis) dikirimkan ke lembaga sertifikasi terkait yang kemudian melakukan assessment base on laporan hasil test produsen oli / 3rd party tersebut.

2. Tiap produsen mengirimkan sample-nya ke lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) yang kemudian melakukan pengujian.

3. Lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) mengambil sample produk yang akan diuji secara random di pasaran (toko - toko resmi) lalu melakukan pengujian?

Kalau yang dilakukan adalah salah satu dari point 1 & 2, kok saya merasa ada peluang untuk melakukan manipulasi agar bisa lolos sertifikasi yang diinginkan.
Tapi kalau nomor 3, apakah lembaga sertifikasi mau repot - repot melakukannya?
Yg pasti produsen ya kirim sample ke pihak ke 3 utk proses sertifikasi

yah kalo bicara manipulasi2, semua kembali kpd professionalisme management perusahaan yg bersangkutan yah..........

Hati2 juga dgn tulisan "Meet" dan "Suitable"....kalo yg Suitable mungkin si produsen oli gak sertifikasi ke badan sertifikasi, dia lakukan uji test sendiri dgn panduan std std tsb.

Kalo yg nomor 3 itu biasanya yg melakukan yah lembaga perlindungan konsumen atau juga biro pengawas yg ditunjuk pemerintah. Di US ada namanya PQIA, di websitenya ada hasil investigasi oli2 yg dibeli scr random dr toko2, bagus juga

Google aja : PQIA
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by fastering »

om turbo, saya pakai oli mesin shell hx8, pemakaian udah 4ribu km lebih, saya cek dipsticknya warna oli nya agak coklat kehitaman. Tapi dominan warna coklatnya dari pada hitamnya(menurut saya tdk terlalu kotor). Apakah ini normal om??
Oiya om, saat penggantian oli dan filter olinya, baiknya oli diisi 3,5L atau 4L ya om? Soalnya ada yg blg 3,5L ada juga yang blg 4L :e-think:
Terima kasih om turbo.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
dimasapri wrote:Saya penasaran dengan proses sertifikasi API, ACEA, MB, VW, dll.
Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, apakah:

1. Tiap produsen melakukan pengujian sendiri / menunjuk sendiri pihak ketiga yang akan melakukan pengujian lalu hasil tesnya (tabel data tertulis) dikirimkan ke lembaga sertifikasi terkait yang kemudian melakukan assessment base on laporan hasil test produsen oli / 3rd party tersebut.

2. Tiap produsen mengirimkan sample-nya ke lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) yang kemudian melakukan pengujian.

3. Lembaga sertifikasi (API, ACEA, MB, VW, dll) mengambil sample produk yang akan diuji secara random di pasaran (toko - toko resmi) lalu melakukan pengujian?

Kalau yang dilakukan adalah salah satu dari point 1 & 2, kok saya merasa ada peluang untuk melakukan manipulasi agar bisa lolos sertifikasi yang diinginkan.
Tapi kalau nomor 3, apakah lembaga sertifikasi mau repot - repot melakukannya?
Yg pasti produsen ya kirim sample ke pihak ke 3 utk proses sertifikasi

yah kalo bicara manipulasi2, semua kembali kpd professionalisme management perusahaan yg bersangkutan yah..........

Hati2 juga dgn tulisan "Meet" dan "Suitable"....kalo yg Suitable mungkin si produsen oli gak sertifikasi ke badan sertifikasi, dia lakukan uji test sendiri dgn panduan std std tsb.

Kalo yg nomor 3 itu biasanya yg melakukan yah lembaga perlindungan konsumen atau juga biro pengawas yg ditunjuk pemerintah. Di US ada namanya PQIA, di websitenya ada hasil investigasi oli2 yg dibeli scr random dr toko2, bagus juga

Google aja : PQIA
Berarti benar dugaan saya, proses mendapatkan sertifikasi caranya melalui point 1 dari pertanyaan saya di atas.
Cara yang sangat lemah dan membuka pintu lebar-lebar praktek manipulatif terutama di pasar Indonesia yang sangat lemah perlindungan konsumennya.

Kalau caranya seperti itu, untuk di negara - negara seperti Indonesia yang tidak ada lembaga perlindungan konsumen atau biro pengawas dari pemerintah yang melakukan investigasi secara random dan kemudian terbuka memaparkan hasilnya untuk masyarakat luas, bisa dibilang posisi konsumen menjadi sangat lemah.
Pencantuman label sertifikasi pada kemasan produk & MSDS di website produsen yang bersangkutan menjadi tidak ada artinya karena ujung-ujungnya kembali lagi ke kredibilitas kejujuran produsen dalam berbisnis.

Merk oli ternama pun bisa saja bermain curang dengan menjual oli lebih mahal dari seharusnya karena menjual oli tipe "tinggi" tapi kandungan additif dikurangi atau menggunakan base oil yang lebih murah / kurang mutunya di pasar Indonesa dengan tetap mencantumkan sertifikasi & MSDS sesuai dengan produk sejenis yang dipasarkan di Amerika / Eropa.
Siapa yang yakin Helix Ultra 10W30 di sini sama kualitasnya dengan Helix Ultra 10W30 yang dipasarkan di Amerika?
Di negara yang ketat hukum perlindungan konsumennya mereka bisa saja jujur, tapi di negara yang lemah hukumnya kerakusan dalam mendapatkan keuntungan yang besar akan mengalahkan kejujuran itu.

Pakai produk dalam negeri pun sama saja.
Premium, Pertamax, & Solar rawan dikurangi mutunya oleh oknum-oknum di tubuh Pertamina.
Saya kira hal yang sama bisa saja terjadi di produk pelumasnya.
Walaupun sertifikasi segudang & data MSDS kelihatan sangat baik, bagaimana kita bisa yakin bahwa data tersebut benar adanya.

Saya pernah menanyakan mengenai kualitas oli Pertamina di thread ini (Posted: 22 Oct 2013, 04:56), tapi sayangnya gak ada yang bantu memberi pencerahan... :-(
Tapi info dari Pak Turbo di atas membuat saya berpikir ulang untuk memilih oli berdasarkan sertifikasi & MSDS.
Ujung-ujungnya kembali lagi ke kebiasaan lama yang cukup proven, base on testimoni dari teman/kerabat yang sudah pernah pakai atau lewat rekomendasi mekanik yang sudah dipercaya kejujurannya.
Berdasarkan sertifikasi toh sama saja tidak bisa dipegang keakuratannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@dimasapri :
kalo ragu maka lakukan aja pengujian oli baru di lab spt Corelab, sekali test sekitar 185 - 250 rb......itu udah paling valid

kayak orang2 di BITOG mrk suka lakukan VOA aka Virgin Oil Analysis di Blackstone lab......heheheheeh

Kalo sy sih belum pernah lakukan VOA, tapi kalo test UOA (Used Oil Analysis) udah pernah bbrp X
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Pak Turbo, properties apa saja yg bisa di uji oleh Corelab?
Butuh minimal berapa cc yang perlu dibawa untuk di uji?
Tolong info alamat & contact numbernya. Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Itu contoh sheet-nya

nanti saat test minta Calcium dan Zinc-nya diukur juga (Ca = detergent / acid neutralizer, Zinc = antiwear agent)

Biasanya sample oli yg dibutuhkan 300 cc, tapi botol olinya harus bersih

http://www.thenewlead.com/company/id172 ... ,.Pt.xhtml
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Jambangan »

Om turbo nanya dong
Innova 1TR cocoknya pake oli buntut 30 atau 40??
Trus mesin 1TR itu udh roller rocker atau msh flat tappet ya om??
Rencana nanti di odo 5000 KM mau ganti oli nih. Sekarang odo 4100 KM
Oh iya kalo mesin flat tappet dicekokin API SN tapi mesin jarang digeber RPM tinggi ga masalah kan om??

:thanks:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Turboman wrote:Itu contoh sheet-nya

nanti saat test minta Calcium dan Zinc-nya diukur juga (Ca = detergent / acid neutralizer, Zinc = antiwear agent)

Biasanya sample oli yg dibutuhkan 300 cc, tapi botol olinya harus bersih

http://www.thenewlead.com/company/id172 ... ,.Pt.xhtml
Dengan biaya up to IDR 250K sudah dapat semua data tersebut ya?
Mungkin benar, itu cara paling baik untuk melindungi mobil kesayangan kita. Uji VOA & UOA!
Saya akan coba contact Corelab untuk menguji VOA & UOA.

Bagaimana kalau SM memprakarsai untuk menampung hasil uji VOA dari member-member yang sudah melakukan VOA dan dibuatkan thread khusus.
Supaya semua orang bisa lihat datanya dan menjadi QC terbuka bagi produk - produk pelumas yang dipasarkan di Indonesia.

UOA jelas perlu tapi hasilnya akan berbeda tergantung kondisi mesin masing-mesing kendaraan. Baik itu usia kendaraan, tingkat keausan mesin, kondisi lingkungan, dll, akan mempengaruhi kualitas & kontaminan dalam used oil yang dianalisa.
Karena itu menurut saya UOA tidak valid kalau dijadikan dasar QC oli.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Hansen »

dimasapri wrote: Bagaimana kalau SM memprakarsai untuk menampung hasil uji VOA dari member-member yang sudah melakukan VOA dan dibuatkan thread khusus.
Supaya semua orang bisa lihat datanya dan menjadi QC terbuka bagi produk - produk pelumas yang dipasarkan di Indonesia.
Bisa om, dengan senang hati. Asal ada yg menyumbang data2nya :thanks:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Jambangan wrote:Om turbo nanya dong
1. Innova 1TR cocoknya pake oli buntut 30 atau 40??
2. Trus mesin 1TR itu udh roller rocker atau msh flat tappet ya om??
Rencana nanti di odo 5000 KM mau ganti oli nih. Sekarang odo 4100 KM
3. Oh iya kalo mesin flat tappet dicekokin API SN tapi mesin jarang digeber RPM tinggi ga masalah kan om??

:thanks:
1. Kalo mau enak buntut 30 Full Synth
Kalu sering beban berat pakai buntut 40 tapi cari yg kepalanya kecil spt 0W atau 5W

2. Roller Rocker & HLA

3. ga masalah, tapi utk API SN nya pilih yg kadar antiwearnya yg masuk 1000 ppm (kombinasi Zn / Mo & Bo), biasanya oli2 dr merek Mobil dan kendall pada masuk 1000 ppm (kalo liat2 di PQIA). CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
d1226my
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Oct 23, 2013 8:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by d1226my »

Turboman wrote:
d1226my wrote:
nah belakangan ini tuh kalau pagi2 mobil di stater suka ada bunyi klotrak klotrak gitu.. kalo kata teman saya itu seperti oli telat naik atau masi ada ketinggalan oli 5w40 nya?
Kalo Piggyback2-nya di OFF semua bunyi2-nya ilang ga ?

T800 sih oli yg sgt oke utk kelas 10W40 HDEO
Om Andy... kalo ecu shop cubenya di off. tetap ada ternyata klotrak klotreknya.. bunyinya cuman ada kalau cold start di pagi hari.. perna cek ke bengkel juga tidak ketemua apanya yang salah..

cuman teman saya aja bilang mungkin ada oli ketinggalan atau oli telat naik..

nanti saya coba flush dengan metoda yang saya baca di forum mesin dieselnya Om Andy.. ( pake engine flush lalu isi oli murah dinyalakan lalu dibuang lalu isi lagi oli murah 1L)

Nanti saya coba tetap pakai q8 t800 lagi deh.. karena suara lebi halus dibanding pemakaian 5w40 excel diesel

thanks untuk bantuannya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

d1226my wrote:
Om Andy... kalo ecu shop cubenya di off. tetap ada ternyata klotrak klotreknya.. bunyinya cuman ada kalau cold start di pagi hari.. perna cek ke bengkel juga tidak ketemua apanya yang salah..

cuman teman saya aja bilang mungkin ada oli ketinggalan atau oli telat naik..
sabar sabar...jangan buru2 salahkan olinya

Coba cek PRV (Press Release Valve) yg di ujung Fuel Rail itu apakah di Blok nggak
* Bukan ajakan Beli *