asudarsono wrote:Khan kuncinya di remapping. Krn mapping awal fokus ke emisi dan irit, ya keunggulannya di situ. Setelah remapping, tenaga naik dong. Emang maksudnya begitu kok.
Kalau gak diremap, ya itu tergantung kecanggihan sensor2nya.
Kalau mengenai durabilitas, maksudnya gimana ya om? Menurut saya lebih tergantung kualitas oli dan air pendinginan. Apa maksudnya busi cepet mati, piston bolong, ring aus, timbul kerak? Yang sering terjadi emang keraknya banyak. Kalau untuk mesin turbo aku juga gak paham, dulu punya WRX pakainya super terus.
klw yg std pabrik biasanya ya di set optimal biar bisa ngasilin tenaga optimal sesuai d spec list.. jika pakai fuel yg d rekomendasiin. klw pke fuel d spek minimal y pasti performa turun.. apalagi klw d bawah spek minimal...
klw mau biar jadi bisa pke low octane.... ya di remap, biar timingnya jadi retard...... AFR di bikin rich, bwat ngehindarin knocking..... cara yg sama jika ngandalin knock sensor... cuma klw knock sensor dia jalan otomatis, dia dengerin ada knock tidak, klw g ada dia majuin timing, klw ada dia mundur lagi... jadinya d klw pke low octane fuel nyari2 setup terbaik coba2 dan knock pasti terjadi, dia juga dan ngarep di kasih fuel lebih baik.. jd sekali2 di bikin advance, klw uda d remap ya d lock di fuel lowoctane jadi g nyari-nyari lagi. ada juga yg d mesinya ada maptable untuk ngadepin beberapa kualitas fuel, klw g salah pernah baca d jurnal ecuflah d mitsu, jd butu d kasih map table baru klw yg pling rendah g sesuai. atau mw lebih tinggi lg pke avgas misal nya...
remap klw performa ya beda lagi.......timing di bikin advance, AFR di usahain di optimal, gw baca2 malah rich AFR bukan ngasilin tenaga terbesar, justru d lean... dan lebih bahaya n panas saat AFR lean jd biar aman saat high engine load atau wideopen throttle di bikin lebih rich, dan masuk ke open loop bwat ngeoveride o2 sensor.. remap ini bwat manfaatin fuel yg lebih tinggi oktannya dri rekomendasi pabrik.. selain untuk nyesuikan modifikasi lainya. d kondisi ini y di kasih low octane, bisa knock/detonasi parah.......
contohny liat aja setup remap subaru tuningny MRT, di bikin 2 pilihan low octane 91 n high octane 98 setup beda, outputnya juga beda jauh.... jgn ngarep remap low octane bisa sama baiknya dgn remap high octane..
skrng remap low octane se low apa? sampai ke 88 tidak? klw trik remap dgn timing n afr uda g mampu y cara lainya de-compresi.. turunin kompresi mesin.. biar kaya mesin mobil tahun 90an yg pake karbu.. wkwkwk

cherokee gw di giniin.. performa jelas turun... tp jd kaga knocking pke premium.. y cherokee cuma 8.8:1 normal rada ngelitik, turun jadi sekitar 8.4:1 nah mobil modern 10.5:1 mw gmn caranya?..........
cara lain, ya jangan di geber2 mobilnya, jangan di beri high engine load, jgn main high rpm.. karna di kondisi lebih rawan terjadi knocking. dan d highrpm jarang terdengar telingan driver... which is klw bawanya nyantai2 aja y relatif aman..
jd imho sulit klw ngarep timing n afr d optimal,tenaga optimal tp pke low oktan..
dan pke high oktan melebihi rekomendasi juga blm tentu berguna.
ya kec bisa niru skyactiv engine DIY beda lg critanya....
soal durabilitas.. di liat lagi knocking n detonasi itu apa. kerak sih lebih akibat timbal, dan kerak juga bisa bikin knocking lebih mudah terjadi karna endapan cabon bisa jadi heat spot.
uda ane tulis di atas deh hubungan ke kompresi mesin juga.... klw di baca...
oktan yg sesuai dengan kompresi mesin memungkin kan fuel di ledakan titik TDC dan kompresi maksimal a.k.a saat piston berada di titik paling atas, oktan yg rendah memiliki resiko fuel terbakar saat piston masih bergerak naik ini yg bikin knocking karna piston masih naik tp fuel uda meledak, hasilnya fuel itu jadi wasted tidak jadi tenaga malah ngehantam piston yg bergerak naik *liat piston bolong akibat keseringan knocking*.
energi yg harusnya di ledakin di titik atas dan neken piston kebawah jadi energi mesin. ini meledak saat piston masih bergerak naik..... jadi energi ledakan neken piston kebawah,sedangkan piston masih di dorong crankshaft bwat naik jd tabrakan kaya di palu aja.
mesin modern ada urusan ke catalytic converter juga........ yg dia baru bisa kerja optimal dan awet jika pembakaran di lakukan d AFR stochiometris. klw pke fuel yg g sesuai, g bisa d AFR itu jadi bnyk kasus yg cc yg g kerja optimal target emisi g tercapai *not big deal hehehe*
sial nya klw sampai rusak dan endapan carbon yg keluar juga numpuk d CC sampai mampet. y saatnya d cabut.
cmiiw
