share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 05

Post by nicky »

gaspol wrote:
nicky wrote:Halo semuanya..

Sy mau nanya nih. Sy punya captiva vcdi fl 2011. Saat ini odomtr sdh 33rb km. Modif ringan cuma pake race chip pro aja.
Saat ini captiva sy lg ada masalah. Kalo lg jalan normal baik itu di dalkot atau di tol, kadang2 gas-nya suka berasa kosong. Kejadian ini bisa terjadi 2 sampai 3x dlm setiap perjalanan.
kira2 kenapa ya?
Oh iya,sampai saat ini blm pernah di purging.kmaren pas service trakhir di 28rb km sy minta purging ke sa-nya kata dia blm waktunya. Jdnya gak di purging deh.
ada info bengkel yg bisa purging captiva di sekitaran bekasi gak?

mohon pencerahannya..

Thanks
Pake solar apa om?shell diesel bukan?
konon ada cerita captiva fl pake RC pro pake solar shell emang suka loss power..

Di bekasi ane kurang tau om,ane bekasi juga..kalo service selalu di andalan pd indah :) bisa purging disana..
Coba tanya sun motor bekasi aja dulu

Dari baru sampe skarang pakenya biosolar doank om.
Itu kmaren service trakhir di sunmotor bekasi.sy minta purging kagak dikasih sama sa-nya.
makanya jd males ksana lg.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: share captiva - PART 05

Post by gaspol »

Makanya ane juga males kesana om..padahal deket rumah..
Di sun motor sepertinya ga punya alat purging nya :mky_01:
Purging harusnya di beres bisa,coba ke andalan PI aja bilang sama SA nya minta purging :)
Filter solar kapan terakhir diganti om?
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 05

Post by nicky »

Service trakhir itu ganti semua filter om,pokoknya ikutin sesuai dibuku service aja.
Dc-nya gak kira2..habis 4,5jt om.
Hasilnya bgitu2 aja.malah sy merasa nih mobil semakin boros.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 05

Post by Turboman »

Selain purging coba cek katalik di exhaust, siapa tahu mampet

Di STD Adi knalpot ada donpipe plong utk captiva
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

di copas ke treat ctv sebelah juga yah.
gaspol wrote:
billyd1773dz wrote:^^
all ikut nanya yah, lg nimbang2 suv nih :D

1. info dri temen yg owner captiva 2010, sampai skrng km d 45rb. keluhanya dia elektronik part sering mati, kaya lampu kabin,sein.. wiper pernah ganti ntah modulnya atau motornya karna tiba2 mati dan g bisa di nyalain, kemarin slank AC di dalam dashboard lepas, sehingga udara AC yg keluar kecil... lalu trim2 ada yg berderik, wooden panel lemnya lepas. Pertanyaan saya apakah memang captiva gen 1 ini punya masalah di kualitas kabin dan kelistrikan interiornya? atw temen gw cuma sial aja? ini jadi pertimbangan bwat beli gen 1 bekas yg uda lewat garansi.... klw masih garansi mestinya d ganti free ada yg rusak gini.. tp klw uda lewat pusing juga...

2. soal transmisi, apakah d karakter GBnya di FL masih sama dgn d n-FL? yg mengganjal jika di kecepatan rendah, dan rpm rendah.. GBnya jarang lockup jika d gas halus rpm <2000 naik yg g singkron dgn tarikany kaya kopling slip bgtu di bejek baru lockup n ngacir juga.. bgtu juga d mode triptonik misalny gigi 5 gas di angkat rpm turun ke 1000an, bgtu di bejek rpm naik ke 3000an kemudian diam kaya cvt/kopling slip sambil kecepatan bertambah terus, percepatanya g di barengin naiknya rpm. baru setelah 130kmh-an dia mulai lockup, dan rpm turun ngikutin speed.
memang klw urusan ngacir sih mantep! urusan low speed smoothness aja rasany jd ganjelan. memang g fatal sih.

3. mbl akan di gunakan ayah d daerah, jarang or g ada DEX..... ada yg pernah bermasalah dgn pure biosolar?



thx yah... :D
:beer:
Bantu jawab dikit..
1 . Malah banyak yg bilang captiva non fl lebih bagus build quality nya..waktu awal2 yang fl keluar sering denger keluhan dashboard berderit kalo dijalan ga rata..
Captiva ane 2009 udah 99ribuan km nya,belum ada keluhan seperti diatas semuanya baik baik aja kecuali dari arah roda depan ada bunyi kletek kletek kalo jalan,makin kenceng makin cepet juga bunyinya blm ktmu dimana problem nya
Mungkin temen om billy kebetulan lagi apes aja,kilometer 45rb harusnya minim trouble yah :mky_01:

2 . Emang GB nya captiva non fl terlalu smooth,ga ada hentakan sama skali pas pindah gigi :)
Ane ngerasain juga kayak gitu om..naik sampe 3000rpm trs diem,speed naik terus..ga lama rpm turun +- 500rpm abis itu baru deh rpm naik lagi diikutin dgn speed yg naik terus :) biasanya ane ngerasain ini di gigi 4 .
Belum pernah coba bawa ngebut yg fl jd ga bisa komen banyak :mky_01:

3 . Agak rawan sih om kalo pake murni biosolar..mungkin bisa ambil opsi campur aditif aja om :) atau mesti siap siap sering ganti filter solar :mky_01:
1. owh gtu yah.. seepp :D
2. iya klw baru jalan di gasnya dikit kya slip majunya, beda dgn mbl lain biasanya d gas dikit langsung kerasa lockup... lockup tu rasanya klw dmanual kya kopling uda di lepas... klw blm kya masih setengah.
bgtu di 2500an baru narik.
3. klw ngikutin di service manual gmn om? biasanya ada 2 opsi yah, pemakaian berat dan ringan ?

btw ada yg punya crita soal piggyback di ctv?
evolution21 wrote:Ane eks pengguna ctv fl
Utk minum bio sangat tidak direkomendasikan, coba cek di thread khusus captiva aja bro...

tapi pendapat bro billy tentang fc kurang optimal gegara gb ane setuju
gbnya emang kurang pinter n ga sigap

Yah tiap mobil ada plus minus sih
Tp ctv fl tu keunggulannya ada di harga, power, kekedapan kabin, soundsystem
Kelemahan bantingan kurang enak, mesti ganti ban empuk, gb kurang pintar n kurang sigap, reliability blom setara mobil jepang
knp di jual bro ctvnya?
ta copas ke treat ctv y bro.. :D

iya gw coba kemarin ganjelannya d GBnya, n kualitas kabin aja sih... yg lain ok.
evolution21 wrote:Utk ctv.non fl ane cuma pernah cobain duduk baris ke dua, bantingan terasa cukup nyaman ya, lebih nyaman drpd yg fl
Sisanya ga paham..
owh seep, baca2 memang lebih stiff yg fl suspensinya, mungkin handling better juga yah?

btw klw self levelizer yg blkngnya bisa naik sendiri klw di isi barang, itu mekanisme kerjanya gmn sih?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 05

Post by evolution21 »

alesan dijual :
1. ragu dengan kualitas beres n atpmnya, sering mengalami kejadian ga enak, cuman 1 kali aja merasa diperlakukan dengan baik, yaitu saat mogok mreka bener2 berjuang sampe mobil ane jalan
2. sempet mogok yg kemungkinan besar akibat kena bio. btw mengenai kualitas bio yg terbaru pernah di bahas um turbo katanya sudah ada peningkatan. yg penting kebersihannya sih, jgn sampe nyumbet, kalo masalah cetane number rendah paling cuman bikin lemot ya
3. kebetulan cie cie ada mau lepas grandisnya, ya sutra... diambil aja buat gantiin ini. sekarang ane agak rindu si dengan powernya captiva, apalagi pas lg ke pegunungan, mobil orang lain di dorong2, eh ni ctv malah nanjak sambil spin bannya :wkkk:

oh ya yg fl suspensi keras, tp sayang kurang didukung dengan steering yg kurang komunikatif, namanya jg suv ya, buat ngelibas tikungan khas jalur selatan tetep kurang asik, kalo ane disuruh miilih
mendingan tetep suspensi yg lama aja yg empuk, drpd udah keras buat nikung tetep aja kurang enak, yg ada malah buat harian kurang nyaman. tapi ban michelin lattitude bener2 sangat menolong. empuk bener ni ban

self levelizer kurang paham kerjanya
tp ane tes sendiri, belakang diisi 2 orang + barang dengan total berat sekitar 200kg, bag belakang mobil ga keliatan turun sama sekali

semoga membantu ya um, ane cuma bisa cerita seadanya aja :big_blushing:
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 05

Post by nicky »

Turboman wrote:Selain purging coba cek katalik di exhaust, siapa tahu mampet

Di STD Adi knalpot ada donpipe plong utk captiva
Om turbo, gimana caranya cek katalik sdh mampet atau blm?
Down pipe captiva di sak harganya brapa om?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Mantap reviewnya om evo, saya setuju banget dengan komentar om evo mengenai captiva. Mengenai power sih ga usah diragukan lagi, bawaan lahirnya udah cukup mantap untuk SUV berbobot hampir 2 ton, kalau merasa kurang bisa ditambah piggyback semacam dastek / racechip / powerplug + throttle controller semacam shadow / pedalbox dijamin pasti udah lebih dari cukup untuk dalam dan luar kota.

Mengenai BBM, kebetulan saya selalu pakai Shell dan Dex, karena kalau lagi sial kena biosolar busuk, injector bisa mampet, sedangkan captiva ini mobil perang saya sehari2. Kalau mau paksa untuk pakai biosolar, ada baiknya ditambah additif, saya biasa pakai CRC atau Redline dan sering2 bersihkan injector + purging saja, saya rasa tdk ada masalah.

Gearbox yang saya rasakan memang kurang bisa membaca kemauan pengemudi, ketika kita gas lalu rem, dan digas lagi malah turun gigi RPM akan naik, padahal seharusnya tdk usah turun gigi. Kalau mengenai handling memang yg dirasa cukup2 saja, meski sudah diganti per eibach (pengalaman pribadi), handlingnya juga tdk bisa seperti ford fiesta :wkkk:

Semoga membantu :mrgreen:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

nicky wrote:
Turboman wrote:Selain purging coba cek katalik di exhaust, siapa tahu mampet

Di STD Adi knalpot ada donpipe plong utk captiva
Om turbo, gimana caranya cek katalik sdh mampet atau blm?
Down pipe captiva di sak harganya brapa om?
Saya bantu jawab pricenya ya di sekitar Rp 2 jt++, angka persisnya saya kurang paham :mrgreen:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Kalo saya sendiri dari baru biosolar+aditif..
Sodara saya lebih sadis, murni biosolar, tanpa additif.
Kilometer captiva sodara sudah 30rb, cuma ganti filter oli aja waktu servis. Filter solar belum ganti.. Masih enak2 aja.. Ga pernah ada trouble sekalipun, dan berharap ga ada trouble sih.

Kalo captiva saya masih 26rb km, biosolar+additif.. Additif nya ganti2.. Pertama CRC, karena di ace sby naek gila harganya, ganti ke redline.. Redline belum abis, ganti norival.
Servis terakhir belum ganti filter solar, semoga awet sampai 40rb km. hehehe...
Gara2 filter solar captiva mahal nya ampun deh..
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: share captiva - PART 05

Post by gaspol »

billyd1773dz wrote:di copas ke treat ctv sebelah juga yah.
gaspol wrote:
billyd1773dz wrote:^^
all ikut nanya yah, lg nimbang2 suv nih :D

1. info dri temen yg owner captiva 2010, sampai skrng km d 45rb. keluhanya dia elektronik part sering mati, kaya lampu kabin,sein.. wiper pernah ganti ntah modulnya atau motornya karna tiba2 mati dan g bisa di nyalain, kemarin slank AC di dalam dashboard lepas, sehingga udara AC yg keluar kecil... lalu trim2 ada yg berderik, wooden panel lemnya lepas. Pertanyaan saya apakah memang captiva gen 1 ini punya masalah di kualitas kabin dan kelistrikan interiornya? atw temen gw cuma sial aja? ini jadi pertimbangan bwat beli gen 1 bekas yg uda lewat garansi.... klw masih garansi mestinya d ganti free ada yg rusak gini.. tp klw uda lewat pusing juga...

2. soal transmisi, apakah d karakter GBnya di FL masih sama dgn d n-FL? yg mengganjal jika di kecepatan rendah, dan rpm rendah.. GBnya jarang lockup jika d gas halus rpm <2000 naik yg g singkron dgn tarikany kaya kopling slip bgtu di bejek baru lockup n ngacir juga.. bgtu juga d mode triptonik misalny gigi 5 gas di angkat rpm turun ke 1000an, bgtu di bejek rpm naik ke 3000an kemudian diam kaya cvt/kopling slip sambil kecepatan bertambah terus, percepatanya g di barengin naiknya rpm. baru setelah 130kmh-an dia mulai lockup, dan rpm turun ngikutin speed.
memang klw urusan ngacir sih mantep! urusan low speed smoothness aja rasany jd ganjelan. memang g fatal sih.

3. mbl akan di gunakan ayah d daerah, jarang or g ada DEX..... ada yg pernah bermasalah dgn pure biosolar?



thx yah... :D
:beer:
Bantu jawab dikit..
1 . Malah banyak yg bilang captiva non fl lebih bagus build quality nya..waktu awal2 yang fl keluar sering denger keluhan dashboard berderit kalo dijalan ga rata..
Captiva ane 2009 udah 99ribuan km nya,belum ada keluhan seperti diatas semuanya baik baik aja kecuali dari arah roda depan ada bunyi kletek kletek kalo jalan,makin kenceng makin cepet juga bunyinya blm ktmu dimana problem nya
Mungkin temen om billy kebetulan lagi apes aja,kilometer 45rb harusnya minim trouble yah :mky_01:

2 . Emang GB nya captiva non fl terlalu smooth,ga ada hentakan sama skali pas pindah gigi :)
Ane ngerasain juga kayak gitu om..naik sampe 3000rpm trs diem,speed naik terus..ga lama rpm turun +- 500rpm abis itu baru deh rpm naik lagi diikutin dgn speed yg naik terus :) biasanya ane ngerasain ini di gigi 4 .
Belum pernah coba bawa ngebut yg fl jd ga bisa komen banyak :mky_01:

3 . Agak rawan sih om kalo pake murni biosolar..mungkin bisa ambil opsi campur aditif aja om :) atau mesti siap siap sering ganti filter solar :mky_01:
1. owh gtu yah.. seepp :D
2. iya klw baru jalan di gasnya dikit kya slip majunya, beda dgn mbl lain biasanya d gas dikit langsung kerasa lockup... lockup tu rasanya klw dmanual kya kopling uda di lepas... klw blm kya masih setengah.
bgtu di 2500an baru narik.
3. klw ngikutin di service manual gmn om? biasanya ada 2 opsi yah, pemakaian berat dan ringan ?

btw ada yg punya crita soal piggyback di ctv?
evolution21 wrote:Ane eks pengguna ctv fl
Utk minum bio sangat tidak direkomendasikan, coba cek di thread khusus captiva aja bro...

tapi pendapat bro billy tentang fc kurang optimal gegara gb ane setuju
gbnya emang kurang pinter n ga sigap

Yah tiap mobil ada plus minus sih
Tp ctv fl tu keunggulannya ada di harga, power, kekedapan kabin, soundsystem
Kelemahan bantingan kurang enak, mesti ganti ban empuk, gb kurang pintar n kurang sigap, reliability blom setara mobil jepang
knp di jual bro ctvnya?
ta copas ke treat ctv y bro.. :D

iya gw coba kemarin ganjelannya d GBnya, n kualitas kabin aja sih... yg lain ok.
evolution21 wrote:Utk ctv.non fl ane cuma pernah cobain duduk baris ke dua, bantingan terasa cukup nyaman ya, lebih nyaman drpd yg fl
Sisanya ga paham..
owh seep, baca2 memang lebih stiff yg fl suspensinya, mungkin handling better juga yah?

btw klw self levelizer yg blkngnya bisa naik sendiri klw di isi barang, itu mekanisme kerjanya gmn sih?

:beer:
2 . mungkin diliat dulu riwayat penggantian oli matik nya di mobil itu om :) kalo di badak ane sih ga begitu ngerasa kyk selip kopling atau emang ga pernah merhatiin ya :mky_01: ngebut ya ngebut aja sih langsung narik..

3 . Service manual sih ga ada namanya pemakaian berat/ringan ya yg ane tau..mungkin kalo pake biosolar disaranin sama SA nya penggantian filter solar lebih dipercepat..gitu aja sih yg ane tau,oli mesin juga per 7500km buat non fl

Piggyback?hampir 2 tahun ini ane pake Racechip pro..ga ada masalah apa apa sih :)

Self levelizer yg ane tau sih kalo awal diisi 7 orang + bagasi pas awal posisi berhenti sih emang masih belum bekerja jadi agak turun..nah pas jalan ini sedikit2 sokbreker mulai naik ke posisi awal berkat adanya self levelizer yg bekerja memompa udara kedalam sokbreker,makin sering itu sokbreker bermain naik - turun maka makin cepet juga self levelizer bekerja menaikkan sokbreker biar ga ambles lagi :mky_01: jadi kalo ketemu jalan gelombang itu sokbreker makin cepet naik ngeratain mobil :)
Yang ane tau sih gitu om
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: share captiva - PART 05

Post by gaspol »

Oh ya ane mau nanya nih,ane baca baca dapet info kalo captiva facelift punya front stabilizer & rear stabilizer lebih beaar ukurannya dibanding versi non fl..

Non fl 25mm / fl 35mm front stabilizer
Non fl 16mm / fl 24mm rear stabilizer

Apa ini yang bikin bantingannya berasa lebih keras yang versi facelift??Mohon pencerahan nya :)
Mulyono8888
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Mar 18, 2013 7:51

Re: share captiva - PART 05

Post by Mulyono8888 »

@om Turboman/om Belphegor: downpipe captiva diesel FL udah ada ya? Kok saya email ke SAKI, katanya belum bisa buat?
Kalau downpipe diganti, check engine bakal nyala ngga?
Saya nanya temen yang punya bengkel, katanya captiva fl ada dpfnya, terus nanya teknisi beres, bilangnya ngga ada.
joejjoej
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Sep 28, 2013 13:18

Re: share captiva - PART 05

Post by joejjoej »

Mau tanya ada yang pernah pakai NitroData chip tunig box? Apakah power bertambah?

Thanks.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

^^
okss.. seep thx :D

pemakai AWD, kerasa bngt ga effeknya di jalan raya? jeda nya kerasa g waktu switch k AWD?

klw selflevelizer bearti kerjanya hydraulic aja yah? g pke sensor elektronis?

thx masukanya :D :D :D tinggal gmn mentri keuangan nih.....

klw beli nFL Awd bekas, unichip +throttlemodule+turbo module+extender, bekas ipah gw bisa langsung pasang yah......... kira2 dpt brp HP nih? mesin dynonya harus khusus kli yah bwat AWD sih?

klw FL sih tunggu dulu deh... hehe garansinya sayang..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: share captiva - PART 05

Post by xtr40rd1n4rym4n »

billyd1773dz wrote:^^
okss.. seep thx :D

pemakai AWD, kerasa bngt ga effeknya di jalan raya? jeda nya kerasa g waktu switch k AWD?

klw selflevelizer bearti kerjanya hydraulic aja yah? g pke sensor elektronis?

thx masukanya :D :D :D tinggal gmn mentri keuangan nih.....

klw beli nFL Awd bekas, unichip +throttlemodule+turbo module+extender, bekas ipah gw bisa langsung pasang yah......... kira2 dpt brp HP nih? mesin dynonya harus khusus kli yah bwat AWD sih?

klw FL sih tunggu dulu deh... hehe garansinya sayang..

:beer:
bakalan mantap nih, ikut menyimak aja...
:mky_02:
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: share captiva - PART 05

Post by ripratama »

billyd1773dz wrote:^^
...pemakai AWD, kerasa bngt ga effeknya di jalan raya? jeda nya kerasa g waktu switch k AWD?

klw selflevelizer bearti kerjanya hydraulic aja yah? g pke sensor elektronis?

....

klw beli nFL Awd bekas, unichip +throttlemodule+turbo module+extender, bekas ipah gw bisa langsung pasang yah......... kira2 dpt brp HP nih? mesin dynonya harus khusus kli yah bwat AWD sih?

:beer:
Bantu jawab pertanyaan Om; saya pakai AWD non-FL.

Terus terang saya ga tahu rasa/feel persisnya efek AWD itu seperti apa. Yang saya rasakan kalau sedang di tol dalam kondisi hujan, grip masih sangat ok.

Pernah juga kondisi jalan curam berbatu (very light off road), jalan slow, HDC dalam posisi On, cukup pede bawanya. Seamless, tanpa jeda.

Self leveling nya Captiva hydraulic saja tanpa sensor maupun hydraulic/pneumatic pump. Keuntungannya, komponen lebih sederhana dan murah dibanding AIRS atau Airmatic, misalnya.

Chip/piggyback dll itu.. saya kurang tahu. Dyno jelas hrs pakai yg 4-wheel drive. Salam.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

ripratama wrote:
billyd1773dz wrote:^^
...pemakai AWD, kerasa bngt ga effeknya di jalan raya? jeda nya kerasa g waktu switch k AWD?

klw selflevelizer bearti kerjanya hydraulic aja yah? g pke sensor elektronis?

....

klw beli nFL Awd bekas, unichip +throttlemodule+turbo module+extender, bekas ipah gw bisa langsung pasang yah......... kira2 dpt brp HP nih? mesin dynonya harus khusus kli yah bwat AWD sih?

:beer:
Bantu jawab pertanyaan Om; saya pakai AWD non-FL.

Terus terang saya ga tahu rasa/feel persisnya efek AWD itu seperti apa. Yang saya rasakan kalau sedang di tol dalam kondisi hujan, grip masih sangat ok.

Pernah juga kondisi jalan curam berbatu (very light off road), jalan slow, HDC dalam posisi On, cukup pede bawanya. Seamless, tanpa jeda.

Self leveling nya Captiva hydraulic saja tanpa sensor maupun hydraulic/pneumatic pump. Keuntungannya, komponen lebih sederhana dan murah dibanding AIRS atau Airmatic, misalnya.

Chip/piggyback dll itu.. saya kurang tahu. Dyno jelas hrs pakai yg 4-wheel drive. Salam.
makasih masukannya om.. :D

pke yg FWD, mudah bngt bikin spin, apalagi klw nyusul truk di tanjakan... klw belok2 d jalan berliku sambil d bejek juga mudah understeer.... y smoga terobati di awd hehe :D

d rmh ada grandcherokee awdnya rada lemot saat slip ada jeda <1s sblm yg dpn narik.. memang sistemnya pke hydraulic gerotorpump yg lebih kuno dri haldexnya captiva...

d rev dyno nya 4wheel g yah? atw cuma ksnusa aja yg punya?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: share captiva - PART 05

Post by ripratama »

billyd1773dz wrote:makasih masukannya om.. :D

pke yg FWD, mudah bngt bikin spin, apalagi klw nyusul truk di tanjakan... klw belok2 d jalan berliku sambil d bejek juga mudah understeer.... y smoga terobati di awd hehe :D

d rmh ada grandcherokee awdnya rada lemot saat slip ada jeda <1s sblm yg dpn narik.. memang sistemnya pke hydraulic gerotorpump yg lebih kuno dri haldexnya captiva...

d rev dyno nya 4wheel g yah? atw cuma ksnusa aja yg punya?

:beer:
Sama-sama Om. Oh jd gitu ya? Saya ga pernah bawa yg FWD....kelebihan AWD jadi taken for granted kl gt hehe. Overall puas banget pakai AWD'09 ini 2 tahun (beli second dari 1st user), perawatan ga macam2x yg penting disiplin sesuai jadwal ke BeRes.

Untuk dyno, mungkin para suhu yg tahu tuh Om.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: share captiva - PART 05

Post by hendrahot »

Mau Ijin menyimak om dan suhu semua,
ane nubie yang keperangkap juga ama badak.... :mky_08:
ada link ga ya untuk nubie? udah part 5 neh, susah juga bacanya kalau dari start. hehehe

apalagi gw awam banget ama diesel, ga jadi cx5 terus ke badak ya gara-gara mau nyobain diesel nya.

thanks berat suhu-suhu :big_peace:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Maksudnya link apa ya om? Soalnya semua pembahasan tersebar di 5 part, ada coba pelan2 dibaca aja om
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: share captiva - PART 05

Post by hendrahot »

Belphegor wrote:Maksudnya link apa ya om? Soalnya semua pembahasan tersebar di 5 part, ada coba pelan2 dibaca aja om
maksud nya kali ada link review atau apa kek gt, kalau tidak ada ya nubie akan coba baca pelan2x deh. :mky_01:
wahhh bakal long journey neh...

hehehe......

thanks ya suhu......
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Sharing pengalaman buat pengkonsumsi biosolar.....
Sebaiknya dilakukan purging injector dan bersihkan EGR+ intake manifold paling tidak tiap 20 rb km. Pengalaman saya dilakukan di km 30 rb, dipipa EGR dan terutama intake manifold kotor sekali seperti lumpur hitam. Setelah dilakukan purging dan pembersihan, performa dan kehalusan suara mesin seperti baru lagi. Purging bisa dilakukan di beres, ongkosnya tidak mahal. Sebaiknya memang jalur EGR ditutup. Saya lagi mau buat sendiri tutup EGR, mau coba copot pipanya untuk ukuran tutupnya dari plat 2 mm, tapi nyopotnya susah sekali karena pipa ada di bagian dalam/bawah. Catalitic Converter rencana juga mau saya potong saja diganti pipa plong trus dilas. Kalau beli cukup mahal harus ganti 1 set dari downpipenya. Harganya 4 jutaan + ongkos pasang, merk Kansai.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: share captiva - PART 05

Post by gaspol »

Deasegara wrote:Sharing pengalaman buat pengkonsumsi biosolar.....
Sebaiknya dilakukan purging injector dan bersihkan EGR+ intake manifold paling tidak tiap 20 rb km. Pengalaman saya dilakukan di km 30 rb, dipipa EGR dan terutama intake manifold kotor sekali seperti lumpur hitam. Setelah dilakukan purging dan pembersihan, performa dan kehalusan suara mesin seperti baru lagi. Purging bisa dilakukan di beres, ongkosnya tidak mahal. Sebaiknya memang jalur EGR ditutup. Saya lagi mau buat sendiri tutup EGR, mau coba copot pipanya untuk ukuran tutupnya dari plat 2 mm, tapi nyopotnya susah sekali karena pipa ada di bagian dalam/bawah. Catalitic Converter rencana juga mau saya potong saja diganti pipa plong trus dilas. Kalau beli cukup mahal harus ganti 1 set dari downpipenya. Harganya 4 jutaan + ongkos pasang, merk Kansai.
Mau tanya om,bersih bersih EGR dimana?ane tanya sm mekanin andalan PI jawabnya "EGR ga bisa dibersihkan" :( mungkin mekaniknya pada males ngerjainnya kali ya..

Intake manifold nya itu yg pipa dari turbo ke intercooler (badak non fl) yg melintang diatas blok mesin bukan om?itu ane pernah buka emang kotor sih dalemnya item gitu :mky_01:

Ditunggu hasil DIY tutup EGR nya ya om :D
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: share captiva - PART 05

Post by hendrahot »

nubie tanya dong,
so far baru baca-baca di trit sebelum-sebelumnya, tapi belon habis,
kesimpulannya seharusnya formula paling ok jika ngisi pake biosolar apa ya?
"vitamin" nya pakai apa ya? soalnya banyak banget jadi bingung, terus komaprasi nya berapa?

dari baca-baca selama ini, so kesimpuannya mau pake bio+vitamin apapun, tetap aja jangka panjang nya EGR nya bakal item ya? belum hitung filer solar nya FL yang harga nya lumayan.

tapi solusi nutup EGR masih belum jelas ya? kalau sudah ada parts untuk nutup EGR masih mending kali ya?

susah juga ya, ngisi solar lux pertamina kantong bolong, apalagi kalau sering jalan luar kota, mana ada. pantura gt loh

please petunjuknya ya suhu-suhu sekalian.
so far best way nya bagaimana ya?