

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Om, ini setau ane udah muncul lama banget, tapi setelah ane belajar di forum ini ane jadi paham itu banyak syarat dan ketentuan he..he..he...ane pernah pakai oli max 30KM tanpa ganti di oreo ane...dan 30KM itu tercapai kira2 17-19 bulan.Salvanost wrote:btw ada rumor muncul oli yang tahan lama,
bisa dipake sampai 50000km
beneran tuh?
Hitam hanya pertanda soot aja, tapi gak mengindikasikan kualitas oliilhami wrote:kalau mesin diesel olinya cepet banget item. Jadi pingin ganti terus
ohhhh...(sambil manggut2 gaya orang bijak gituuu......)...... ai miss u tuu zommmm..... sini2...ZombiEE wrote:Biasanya 200 jam oom sjam...oom sjam ai miss yuuuu
4lICe wrote:OOT sedikit testi om
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
wah penjelasan bung turbo mantep tenanTurboman wrote:oo kalo 7 - 8000 Km dicapai dlm 6 bulan sih bagusss.......jika pakai HX8 terusin aja sampai 10.000 Km yg berarti di bulan ke 8-9 dah masuk donk yahfabreguz wrote: Oli yg terbaik itu gimana yach bung turboman ?![]()
![]()
soale sy sudah biasa pake shell helix hx8
itu termasuk bagus ndak ya ?
ooo jarak 7-8 rb km tu dalam waktu 6 bulanan
brarti termasuk mobilitas tinggi ato tidak ?
gimana ? masih bagus ga ya ?
![]()
Yg penting saat ganti olinya hindari tiup2 angin kompressor krn berisiko uap air masuk ke karter.
HX8 dia meet MB 229.3 dimana jika dalam kondisi ideal alias Full highway dan BBM rendah sulphur scr teoritis bisa dipakai sampai 30.000 KM atau 12 bulan Max
nah di kita potong 1/3 nya jadi 10.000 Km aza![]()
Cuman yah kalo misal anda rasa di 8000 / 9000 Km udah mulai gak enak yah kalao mau ganti yah terserah.....tapi dgn durasi 9 bulan dan 10.000 Km pada sebuah mesin yg prima, oli tsb sanggup melayani dgn baik.
saya lihat lokasinya di amerikaPOS VETT wrote:Ndak ada pilihannya untuk interval 16.000 km.
mantep tenan moderator dohcDOHC wrote:8000 - 9000 km uda diganti beserta filter... penurunan performance secara butt o meter uda terasa banget soal nya di odo sgitu..
saya jg sering bertanya tanyaSalvanost wrote:btw ada rumor muncul oli yang tahan lama,
bisa dipake sampai 50000km
beneran tuh?
info menarik banget inisjamsul wrote:hmm...klo ga salah pada genset, pemakaian olinya pakai jam kerja....misalkan tiap 1000 jam atau 2000 jam kerja (contoh aja ya).....pada saat itu oli sdh boleh diganti. Tapi pada mobil atau motor, agak susah menentukannya krn alat ukurnya ga ada atau ga dipasangin.....
mungkin klo mau lbh mendekati pakai jam kerja oli....ane pernah punya alat yg namanya 'time counter'.....nah, saat mobil dihidupkan alat ini mulai menghitung....jadi bisa tau kapan saatnya ganti oli..............
smoga bermanfaat........
ZombiEE wrote:Biasanya 200 jam oom sjam...oom sjam ai miss yuuuu
ayo ditunggu review mobil barunyaSilverK610i wrote:nubie ikut nyimak di trit bergizi,maaf ga bisa ikutan polling.wong baru punya boil sehari
saya denger juga begituilhami wrote:kalau mesin diesel olinya cepet banget item. Jadi pingin ganti terus
kalau ini sama sekali tidak oot4lICe wrote:OOT sedikit testi om
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
12 bulanmarmut wrote:ganti oli setiap 6 bulan tanpa liat KM karena mobil jarang jalan. dan saya dapet informasi kalau oli sudah masuk ke mesin ada masa kadaluarsanya yaitu maksimum 6 bulan.
nggak di pap smear sekalian oom?ilhami wrote:mungkin sebaiknya ada produk semacam testpack, dicelup ke oli langsung ketahuan harus ganti atau tidak.