Konon oli 2T dgn spec JASO FC yg mempunyai kadar detergent tinggi, bila dicampur sedikit ke solar juga dapat membantu menjaga kebersihan Vane di Turbo VGT / VNT pada mesin Diesel dgn turbo VGT / VNT (ratio oli 1:200 thd solar)
Di AfSel ada yg selalu isi oli 2T JASO FC scr rutin ke BBM solar mobil Diesel VGT nya dan setelah odo nya jauh banget dia cek vane di VGT nya tetap bersih

Bawah : contoh Vane yg penuh deposit karbon

http://www.4x4community.co.za/forum/sho ... p?t=151648
Bila ini benar maka ini suatu hal yg Ruar biasaaaa
Bagaimana menurut rekan rekan ?
Bagaimana juga menurut pengalaman rekan rekan pengguna motor 2T thd oli 2T dn spec JASO FC / FD thd endapan karbon pada piston / saluran exhaust ? benarkah lebih bersih ? (Dgn catatan : rasio oli 2T nya normal & jangan dibuat rich)
Yuk kita bahas
P.S. :
Apa itu std JASO FC / FD / ISO L-EGD dan syarat2 utk bisa lolos std tsb :
http://www.exhaustgas.com/PDF/1778.pdf