liora wrote:wah ga beres tuh sales... terlalu menjelek-jelekan Honda....
1.kenapa emang fwd...emang rwd sudah pasti lebih baik,,,toh yg mobil lain yg harga diatas 1m pun pakai fwd....
2.groud clearance cuma beda 1,5cm ,,,,beda tipis lahhh ga ada artinyaaa itu mahhhh
3.monokok chasis bukannya lebih stabil dibanding ladder frame? ngaco nihh salesss
4.platform dr brio... emang knapa ? kan chasis whellbase jg uda beda 2,650mobilio brio cuma 2,400
yg sama dgn brio cuma tampak muka ,dashboard
1. Diatas 1M, banyak sedannya yang pakai Rwd. U name it lha... Lexus, mostly BMW, Mercy, RR, Bentley.
2. Untuk desain mobil, beda 15 mm termasuk kecil, salesnya cukup lebay. Beda signifikan malah di GC antara Spin dan Avanza yang bisa mencapai 43mm. Lebih besar dibanding mengganti ban spek 185/70 R14 ke ukuran 185/80 R14 yang bisa lift up GC sampai 3,7cm.
3. Avanza pakai Unibody chassis. Campuran ladder frame dan monocoque. Silakan lihat bagian bawah bonnet avanza. Disitu keliatan ada chassis ladder frame. Tapi begitu masuk wilayah kabin, chassis sudah menyatu dengan body. Cmiiw.
4. Ini juga rada lebay. Freed pakai platform Jazz RS. Tidak ada masalah. Semua sudah dirancang dari pabrikan, bukan akal akalan desain sotosop ala anak SMA doang. Memang row ketiga Freed bagi saya yang kaki jerapah, sama menyiksanya seperti pakai Spin atau Grand Livina.
liora wrote:
sales talk....
5.- Tidak aman saat melewati tanjakan, jalan rusak, polisi tidur, & banjir (hanya cocok utk penggunaan city road )
- Tidak mampu membawa beban berat
- Daya tahan monocoque diragukan
- Tidak Multipurpose
- Tidak Reliable utk Kondisi Infrastruktur & Geografis Indonesia
- Unproven Durability.
ini sales mungkin sudah uji test drive mobilio ini kaleeee,dapat kehormatan khusus dr dealer Honda,,,,,hehehheheheeh

Keserbagunaan kendaraan monocoque, sejauh pengalaman saya, memang belum bisa mengalahkan ladder frame. Kalau mau MPV beneran, per belakang jangan per spiral. Harusnya tetep per daun.
Keras? Tidak. Sudah pernah naik Mitsu Kuda gen 2 tahun 2002? Ladder Frame murni, empuk banget, padahal per daunnya ampe berlembar lembar, ngga kayak Evalia yang selembar. Tapi Mitsu Kuda terbukti empuk dan masih stabil saya geber 140kpj.
Dan Mitsu Kuda, sangat MPV, walaupun TIDAK pernah ada versi Pickup. Row tiga dimuatin batu batako sampai amblas bodynya pun, masih mumpuni menghela beban berat dan stabil.
Just personal disclaimer.
IMHO, CMIIW..