Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by dimasapri »

Turboman wrote:@dimas :
Utk alternative bisa pakai:
HX7 Diesel
Elf Turbodiesel 10w40
Castrol Magnatec 10w40 yg ACEA B4

Itu mirip2 semua spec nya

HX7 API SN juga oke
Om Turbo,
Castrol Magnatec 10W40 & Shell HX7 10W40 dua-duanya API SN, apa sama bagusnya dengan API SL untuk flat tappet cam?
Kalau pakai oli diesel seperti HX7 diesel & Elf Turbodiesel apa tidak ada efek negatifnya kalau dipakai dalam jangka panjang?
Bukannya oli diesel hanya recommend dipakai untuk keperluan flushing saja di petrol engine?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

@Dimas :
Liat std ACEA nya di balik botol, kan ada meet ACEA B4 / MB 229.1

Oli Diesel penumpang ACEA Bx itu TBN gak tinggi, cuman 10 mg KOH, setara dgn oli bensin yg LongLife

Oke banget buat di bensin

Kita kejer kadar antiwear / ZDDP nya yg 1000 ppm
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by dimasapri »

Turboman wrote:@Dimas :
Liat std ACEA nya di balik botol, kan ada meet ACEA B4 / MB 229.1

Oli Diesel penumpang ACEA Bx itu TBN gak tinggi, cuman 10 mg KOH, setara dgn oli bensin yg LongLife

Oke banget buat di bensin

Kita kejer kadar antiwear / ZDDP nya yg 1000 ppm
Om Turbo,
Kesimpulannya, selama oli diesel 10W-40 yang dipakai TBN-nya tidak lebih dari 10 mg KOH berarti aman dipakai untuk petrol engine dalam jangka panjang yak?

Kalau dari 3 pilihan oli semi-synthetic:
1. Oli diesel seperti HX7 Diesel atau Elf Turbodiesel
2. Oli mesin bensin API SN seperti HX7 & Magnatec 10W-40
3. Oli mesin bensin API SL seperti Eneos Molybdenum 10W-40
Kalau ketiga-tiganya available, lebih rekomen mana untuk dipakai di apanjah?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by dimasapri »

Ada yang kelupaan..
Dari PDS/MSDS Eneos Molybdenum 10W-40, TBN (HCL)-nya 2.07 mg KOH/g.
Gimana cara bacanya?
Lebih tinggi atau lebih rendah dari 10 mg KOH?

Trus, dari data yang sebelumnya saya lampirkan apakah ada data yang menunjukkan berapa ppm kandungan ZDDP-nya?
Bingung cara baca MSDS/PDS.... :big_blushing:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Ada yang kelupaan..
Dari PDS/MSDS Eneos Molybdenum 10W-40, TBN (HCL)-nya 2.07 mg KOH/g.
Gimana cara bacanya?
Lebih tinggi atau lebih rendah dari 10 mg KOH?

Trus, dari data yang sebelumnya saya lampirkan apakah ada data yang menunjukkan berapa ppm kandungan ZDDP-nya?
Bingung cara baca MSDS/PDS.... :big_blushing:
Kayaknya data itu ada yg aneh

Kalo TBN oli mesin biasanya angkanya selalu di atas 6 mg KOH

kalo yg angkanya kecil dan ada HCL itu biasanya TAN aka Total Acid Number

o kalo kandungan ZDDP sih mesti data hasil test, tapi sih utk oli API SL biasanya ZDDP minimal di atas 900 ppm dan mostly sekitar 1000 ppm
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

dimasapri wrote: Kalau dari 3 pilihan oli semi-synthetic:
1. Oli diesel seperti HX7 Diesel atau Elf Turbodiesel
2. Oli mesin bensin API SN seperti HX7 & Magnatec 10W-40
3. Oli mesin bensin API SL seperti Eneos Molybdenum 10W-40
Kalau ketiga-tiganya available, lebih rekomen mana untuk dipakai di apanjah?
oli oli tsb 11 - 12 lah......cari aja yg paling ekonomis / yg paling mudah didapat

Utk Shell pastikan beli dr Trusted Seller
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote: Kalo ane boleh saran :
Jangan izinkan bengkel kutak katik ATF mobil ente

Bawa aja data dr web yg ane posting, file pdf bisa dimasukkan ke Android / iOS, kasih unjuk ke bengkelnya en minta pertanggung jawaban bengkelnya krn salah rekomendasi

jangan peduli kalo bengkelnya bilang "yaris lain ga pa pa kok" krn user2 di kita umumnya banyak yg enggan komplain.

Minta refund or minmal refund sebagian atau minta dia ganti dgn Genuine oli T-WS scr free.
Apdet neh Om Turbo
karena hati tidak tenang, kemarin pagi ane ke Toda ganti ATF ke T-WS genuine. Nah, gejala yang ane bilang seperti ada engine break saat pedal gas dilepas ternyata tetep ada. Tadi ane tes di jalan tol gas sampe kira2 90an trus lepas pedal...penurunan kecepatan terasa cepet...seinget ane sih dulu nggak pernah ngalamin kayak gini. trus tadi sempet nyoba main mentok di gigi 3 aja, waktu 3000an RPM sepertinya suara raungan cukup keras...gejala transmisi nggak bener? atau emang matic itu kayak gitu yah? mohon pencerahan.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

wenD wrote:Share sedikit setelah pakai oli shell hx8 ke avanza veloz....
Mesin malah serasa lbh halus dibanding oli bawaan toyota yg TGMO 10w-40..
Pdhal ktnya makin encer oli suara makin bising,,, tapi ini nggk :)
wahh ada yg sama ama ane... puas ama si hx8...

kebetulan ane jg cobain di kaleng ane.. cuman yg k3-ve... utk performance ckup memuaskan... kira2 mirip2 waktu ane pake q8 5-30 yg harganya lebi mahal...

lumayan lah ini oli..

btw tgmo ?? kmahalan harga ahh itu oli..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ecco wrote: Apdet neh Om Turbo
karena hati tidak tenang, kemarin pagi ane ke Toda ganti ATF ke T-WS genuine. Nah, gejala yang ane bilang seperti ada engine break saat pedal gas dilepas ternyata tetep ada. Tadi ane tes di jalan tol gas sampe kira2 90an trus lepas pedal...penurunan kecepatan terasa cepet...seinget ane sih dulu nggak pernah ngalamin kayak gini. trus tadi sempet nyoba main mentok di gigi 3 aja, waktu 3000an RPM sepertinya suara raungan cukup keras...gejala transmisi nggak bener? atau emang matic itu kayak gitu yah? mohon pencerahan.
Ganti total pakai ATF changer atau cuman ganti buang oli di pan trus masukkin bbrp L sesuai yg dibuang ?

Kalau pakai ATF changer dan jumlah ATF nya masuk range dipstick baik inspeksi saat panas / dingi, coba :

cabut terminal negatip aki selama 5 detik, trus pasang lagi

Ditunggu update-nya
* Bukan ajakan Beli *
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wenD »

DOHC wrote:
wenD wrote:Share sedikit setelah pakai oli shell hx8 ke avanza veloz....
Mesin malah serasa lbh halus dibanding oli bawaan toyota yg TGMO 10w-40..
Pdhal ktnya makin encer oli suara makin bising,,, tapi ini nggk :)
wahh ada yg sama ama ane... puas ama si hx8...

kebetulan ane jg cobain di kaleng ane.. cuman yg k3-ve... utk performance ckup memuaskan... kira2 mirip2 waktu ane pake q8 5-30 yg harganya lebi mahal...

lumayan lah ini oli..

btw tgmo ?? kmahalan harga ahh itu oli..
Yup,, sama kita,,, setelah 3bulan berkutat dengan forum seraya BITOG n search2 about product data sheet dan compare berbagai merk,,,
Pilihan jatuh ke shell helix "generik" minjem kata2 om dohc ;p dimana harga shell ini paling worthit sepertiny

Api SL sesuai kebutuhan mesin dan spek dari pabrik :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

@om ecco :
Soal ngelitik coba Carbon Clean di GBT Meruya.....paket EC lengkap aja

Bersihkan MAF sensor

Coba cek dan bersihkan juga PCV valve di valve cover
* Bukan ajakan Beli *
Silicated
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Sep 23, 2013 7:48

Bingung cari oli yang recomended

Post by Silicated »

Om Turbo
salam buat kk senior
saia punya Fortie tahun 2008 manual diesel
Saia bingung mau pake oli transmisi and gardan merk apa
tolong share info oli recomanded yang cocok buat buat transmisi and gardan fortie saia donk om
dari harga yang terjangkau ampe yang sedikit d luar jangkauan
makasih om
:thanks:
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Bingung cari oli yang recomended

Post by MI16 »

Kesini aja Gan:SerayaMotor.com • View topic - Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03 http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16087
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bingung cari oli yang recomended

Post by Turboman »

Trit ini saya merge ke trit ranking & pemilihan oli mesin
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bingung cari oli yang recomended

Post by Turboman »

Bisa disebutkan budget anda brp per L nya utk oli transmisi dan gardan

Thx
Silicated wrote:Om Turbo
salam buat kk senior
saia punya Fortie tahun 2008 manual diesel
Saia bingung mau pake oli transmisi and gardan merk apa
tolong share info oli recomanded yang cocok buat buat transmisi and gardan fortie saia donk om
dari harga yang terjangkau ampe yang sedikit d luar jangkauan
makasih om
:thanks:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote: Ganti total pakai ATF changer atau cuman ganti buang oli di pan trus masukkin bbrp L sesuai yg dibuang ?

Kalau pakai ATF changer dan jumlah ATF nya masuk range dipstick baik inspeksi saat panas / dingi, coba :

cabut terminal negatip aki selama 5 detik, trus pasang lagi

Ditunggu update-nya
Ganti total pakai ATF Changer abis 8 liter, kalo ane liat itu alat presisi banget. Setelah ganti, dinyalain beberapa saat teknisi tunjukin dipstick saat panas, pas banget di batas atas hot. Nah yang dingin ini nih yg ane masih bingung, kemarin coba beberapa kali colok dan bersihin dipstick, hasil bacaan masih gak jelas karena oli membasahi melebihi batas panas dan lebihnya jauh...ane sih berpikir ini karena kena ATF yang ada di tabung dipstick, ntar sore ane liat lagi deh.
Cabut negatip udah dilakukan, setelah 5 detik pasang lagi dannnn...sempet mobil gak mau nyala :D...pintu bagasi sempet gak mau dibuka juga...tapi beberapa saat kemudian bisa lagi dan semua normal. Jam jadi ngaco - ini sebenernya reset ECU yah Om?
Blom bisa pastiin hasilnya terkait dengan efek engine break waktu lepas pedal, nanti sore ane coba deh...thanks, sekian apdet sementara.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote:@om ecco :
Soal ngelitik coba Carbon Clean di GBT Meruya.....paket EC lengkap aja

Bersihkan MAF sensor

Coba cek dan bersihkan juga PCV valve di valve cover
Siyap Om Turbo, ane udah telp GBT, sabtu pagi ane akan ke sana...MAF sih terakhir ane udah bersihin ampe kinclong, pakai CRC MAF cleaner abis separo he..he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by henz155 »

Mod bikin part 4 plis
Image
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote:
Ganti total pakai ATF changer atau cuman ganti buang oli di pan trus masukkin bbrp L sesuai yg dibuang ?

Kalau pakai ATF changer dan jumlah ATF nya masuk range dipstick baik inspeksi saat panas / dingi, coba :

cabut terminal negatip aki selama 5 detik, trus pasang lagi

Ditunggu update-nya
Om Turbo, baru aja ane cek dipstick ATF, mobil dalam keadaan dingin, terakhir dipakai tadi malam. Indikasi oli saat dingin bahkan melewati batas Panas. Blom liat waktu panas, efeknya apa kalau ATF kelebihan yah? harus balik ke Toda kayaknya nih...secara ane kagak tau gimana kuranginnya - kalo oli mesin masih bisa he..he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ecco wrote:
Ditunggu update-nya
Om Turbo, baru aja ane cek dipstick ATF, mobil dalam keadaan dingin, terakhir dipakai tadi malam. Indikasi oli saat dingin bahkan melewati batas Panas. Blom liat waktu panas, efeknya apa kalau ATF kelebihan yah? harus balik ke Toda kayaknya nih...secara ane kagak tau gimana kuranginnya - kalo oli mesin masih bisa he..he..he..[/quote]

Ngecek ATF dlm kondisi mesin hidup dan sebelum angkat disptick mainkan tuas dari P ke L then balik ke P ?
* Bukan ajakan Beli *
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kalvin »

om dan suhu2 yang baik hati, setelah baca2 thread ini puyenk juga nih nubie hehe..part 1 ampe 3 buanyak amat, jadinya memberanikan nanya deh. saat ini saya pemakai crv gen2 2.4L, menggunakan oli mesin castrol magnatec 10w-40, tadinya rumah deket ama kerjaan, sekarang harus melalui rute tol kira2 60km per hari, juga serimg keluar kota dengan medan tol dan rute selatan seperti nagrek,tasik, ada nanjak turun.kira2 rute tol 55%, rute luar kota (bukan tol) 15% dalkot 30%
pertanyaannya:
1. ane masi bingung dengan ukur jam terbang spt yg suhu bilang di part 1, enaknya gimana ya patokan mudahnya, maklum mobil jadoel, ga ada system alert masalah oli.selama ini diusahain 5000km dah ganti oli, menurut suhu sekalian bisa sampe brp km ya oli ane dengan mobil taon 2005 dan medan yg dilalui seperti itu?karna misalnya pas berangkat masi 4700km penggunaan oli, pas pulang dah 5500, jadinya dah keliwat.
2. ane ga pake long life oli, karna mahal hehe, dan setiap hari 60km, itu pun kalo ga kemana2, setiap bulan keluar kota rute tol 800km, belon yg non tol, cpt banget ganti oli, 5000km ga berasa.
3.oli matic yg dipakai pakai atf honda, dan dibuang 3ltr ditambah 3ltr, ga dikuras, kalo dikuras butuh kira2 8ltr kalo ga salah. apakah akan jadi masalah tdk pernah kuras?namun penggantian oli transmisi ane per 15000km

tolong ya suhu2 untuk bantu, karna ane consern banget ama masalah ini, karna mobil mau dipake jangka panjang, tapi juga ane ga mau pemborosan, pgn maksimal...thx banget bantuannya :big_blushing:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

bagus doonk kalo sehari jalannya banyak, mesin lebih sehat, olinya juga tetap sehat dibanding mobil yg sekali jalan cuman 3 - 5 Km aja.

Ya pakai aja oli 10W40 yg comply dgn ACEA A3 / B4 / MB 229.1 spt si HX7 API SN / HX7 Diesel / Magnatec yg baru.....bisa pakai sampai 7500 - 8000 Km atau nggak lebih dr 10 bulan....dengan catatan kondisi mesin Fit & Prima yah, AFR semua normal / warna busi coklat muda kering, then hajar aja oli utk long drain ga masalah.

Bahkan kalau odonya muternya cepet aka mobilnya jalan jauh terus semisal 10.000 Km dicapai dalam 4 - 5 bulan maka oli mesin ganti aja per 10.000 Km.

Zaman skg yg bilang oli suruh ganti di 5000 Km = pedagang oli supaya dagangannya laris.

Kadar sulphur BBM sudah lebih rendah dibanding era 10 th yg lalu, oli2 zaman skg juga banyak yg didisain utk LDI (Long Drain Interval)

kalvin wrote:om dan suhu2 yang baik hati, setelah baca2 thread ini puyenk juga nih nubie hehe..part 1 ampe 3 buanyak amat, jadinya memberanikan nanya deh. saat ini saya pemakai crv gen2 2.4L, menggunakan oli mesin castrol magnatec 10w-40, tadinya rumah deket ama kerjaan, sekarang harus melalui rute tol kira2 60km per hari, juga serimg keluar kota dengan medan tol dan rute selatan seperti nagrek,tasik, ada nanjak turun.kira2 rute tol 55%, rute luar kota (bukan tol) 15% dalkot 30%
pertanyaannya:
1. ane masi bingung dengan ukur jam terbang spt yg suhu bilang di part 1, enaknya gimana ya patokan mudahnya, maklum mobil jadoel, ga ada system alert masalah oli.selama ini diusahain 5000km dah ganti oli, menurut suhu sekalian bisa sampe brp km ya oli ane dengan mobil taon 2005 dan medan yg dilalui seperti itu?karna misalnya pas berangkat masi 4700km penggunaan oli, pas pulang dah 5500, jadinya dah keliwat.
2. ane ga pake long life oli, karna mahal hehe, dan setiap hari 60km, itu pun kalo ga kemana2, setiap bulan keluar kota rute tol 800km, belon yg non tol, cpt banget ganti oli, 5000km ga berasa.
3.oli matic yg dipakai pakai atf honda, dan dibuang 3ltr ditambah 3ltr, ga dikuras, kalo dikuras butuh kira2 8ltr kalo ga salah. apakah akan jadi masalah tdk pernah kuras?namun penggantian oli transmisi ane per 15000km

tolong ya suhu2 untuk bantu, karna ane consern banget ama masalah ini, karna mobil mau dipake jangka panjang, tapi juga ane ga mau pemborosan, pgn maksimal...thx banget bantuannya :big_blushing:
* Bukan ajakan Beli *
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kalvin »

Makasih banyak om turboman atas kbaikan hatinya mau menjawab pertanyaan newbie seperti saya..yg bikin saya waswas,karna di salah satu toko oli terkenal di bandung,setiap mengisi oli selalu di kartu dicatat hanya interval 4500km, menurut dia karna banyak macet,dan mobil diam.
Tapi bener kata om turbo,penjualnya kayanya pengen laku hehe..sekarang ane tenang, o ya suhu, gimana bedain magnatec yg baru ama lama? Kalo ane liat dr busi sih bagus suhu,kering kecoklatan.
Kalo oli matic ane gapapa suhu ga pernah dikuras?hanya menurut buku pedoman pemilik per 20000 km diganti,ane 15000 diganti..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

@kalvin :
Mau pakai Magnatec 10w-40 yg lama atau baru gak masalah, yg penting lihat di label balik botol harus ada tulisan : ACEA A3 / B4 / MB 229.1

nah cari yg itu

Mengenai penggantian ATF setiap 15 rb Kmapaki Honda ATF -1, buang oli di pan dan isi yg baru okeh aja, gak masalah, cuman kalo udah 3 - 4X ada baiknya kuras total kalo mau betul2 enak.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Om Turbo kalau dikemasanya cuma tertera API SN ACEA A3/B4 A3/B3 tanpa MBxxxx gimana om apakah mampu untuk pemakaian 10 ribu km?