Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Susahnya membandingkan karena gak ada satu mobil dgn merk sama, mesin sama, tapi beda penggerak. Akhirnya yg dibandingkan beda merk, beda tipe. Dgn segala perbedaan racikan, akhirnya kesimpulannya fwd vs rwd rada bias.
Kalo masalah gampang slip, itu lebih bisa dipertanggungjawabkan kesimpulannya. Tapi utk masalah kekuatan nanjak, agak bias. cmiiw
Kalo masalah gampang slip, itu lebih bisa dipertanggungjawabkan kesimpulannya. Tapi utk masalah kekuatan nanjak, agak bias. cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
vanzLoveRV wrote:xtr40rd1n4rym4n wrote:
behind the engineeringnya mungkin seperti itu om.
kl saya kan nubie di dunia mesin dkk-nya, jadi analoginya kok kl FWD jadi lebih agak maksa utk nanjak drpd RWD.
tapi emg bener kl jln datar Xtrail itu larinya uda kaya dikejar set*n...
![]()
seperti itulah om
traksi juga lebih bagus rwd ketika full muatan di tanjakan
pernag bawa fwd full muatan stop di tengah tanjakan papasan dengan truk, begitu start lagi di L injak gas terlalu besar alhasil roda depan kiri spin![]()
bukan jauh di atas tapi sesuai dengan torsi puncaknya ommadfox18 wrote:jd kesimpulannya mobil fwd itu bukan gk bisa nanjak.fwd bisa nanjak dgn cttn rpm jauh diatas rpm mobil rwd pada tanjakan yg sama.bener kagak oooom?![]()
gw aja kebiasaan bawa mobil rwd,giliran nanjak merayap pake fwd malah melorot kebelakang...![]()
![]()
![]()
contoh captiva diesel fwd tapi torsi maks di rpm 2000an (cmiiw) enteng aja merayap
cmiiw
Setuju..


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
ty,atas koreksinya omm.gw kurang memahami masalah torsi.vanzLoveRV wrote:xtr40rd1n4rym4n wrote:
bukan jauh di atas tapi sesuai dengan torsi puncaknya ommadfox18 wrote:jd kesimpulannya mobil fwd itu bukan gk bisa nanjak.fwd bisa nanjak dgn cttn rpm jauh diatas rpm mobil rwd pada tanjakan yg sama.bener kagak oooom?![]()
gw aja kebiasaan bawa mobil rwd,giliran nanjak merayap pake fwd malah melorot kebelakang...![]()
![]()
![]()
contoh captiva diesel fwd tapi torsi maks di rpm 2000an (cmiiw) enteng aja merayap
cmiiw

soalnya mobil gw pada bensin semua,yg torsi maksimumnya pada rpm tinggi. cmiiw
SLOW BUT SURE
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
u're welcome ommadfox18 wrote: ty,atas koreksinya omm.gw kurang memahami masalah torsi.![]()
soalnya mobil gw pada bensin semua,yg torsi maksimumnya pada rpm tinggi. cmiiw
yah saya juga masih newbie kok om
sama-sama masih belajar dari suhu suhu di SM ini

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
lupa pernah baca di thread mana, perbedaan RWD sama FWD dalam hal tanjak menanjak konon adalah kombinasi dari distribusi atau titik berat dengan grip dari ban yang diputar mesin.
Saat nanjak titik berat mobil cenderung bergeser ke sisi belakang sehingga ban depan cenderung kehilangan grip ke permukaan jalan dan ban belakang cenderung mempunyai lebih banyak grip ke permukaan jalan.
Karena RWD berpenggerak belakang maka saat nanjak power dan torsi akan tetap tersalurkan dengan baik ke ban belakang, sebaliknya di mobil FWD power dan torsi yang dikirim via ban depan yang cenderung kehilangan grip, apalagi kalau tidak pas ngatur posisi gear dan putaran mesin, bisa menyebabkan selip, dan kalau (biasanya) drivernya panik jadi kacau balau koordinasi injakan pedal gas sama rem sama kopling (kalau manual).
Kalau masalah menggelinding, entah di jalan rata atau nanjak, sejauh power/torsi cukup ya akan menggelinding sejauh torsi dan power tersalurkan dengan baik melalui ban
CMIIIW
Saat nanjak titik berat mobil cenderung bergeser ke sisi belakang sehingga ban depan cenderung kehilangan grip ke permukaan jalan dan ban belakang cenderung mempunyai lebih banyak grip ke permukaan jalan.
Karena RWD berpenggerak belakang maka saat nanjak power dan torsi akan tetap tersalurkan dengan baik ke ban belakang, sebaliknya di mobil FWD power dan torsi yang dikirim via ban depan yang cenderung kehilangan grip, apalagi kalau tidak pas ngatur posisi gear dan putaran mesin, bisa menyebabkan selip, dan kalau (biasanya) drivernya panik jadi kacau balau koordinasi injakan pedal gas sama rem sama kopling (kalau manual).
Kalau masalah menggelinding, entah di jalan rata atau nanjak, sejauh power/torsi cukup ya akan menggelinding sejauh torsi dan power tersalurkan dengan baik melalui ban
CMIIIW
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
setuju ombapakne_satya wrote: -cut-
Karena RWD berpenggerak belakang maka saat nanjak power dan torsi akan tetap tersalurkan dengan baik ke ban belakang, sebaliknya di mobil FWD power dan torsi yang dikirim via ban depan yang cenderung kehilangan grip, apalagi kalau tidak pas ngatur posisi gear dan putaran mesin, bisa menyebabkan selip, dan kalau (biasanya) drivernya panik jadi kacau balau koordinasi injakan pedal gas sama rem sama kopling (kalau manual).
-cut-
CMIIIW

tapi ertiga kuat-kuat aja sepertinya nanjak, pernah lihat ertiga di dieng, gedong 9, bahkan ada yang sampai di telaga sarangan yang tanjakanannya super ekstrimvanzLoveRV wrote: seperti itulah om
traksi juga lebih bagus rwd ketika full muatan di tanjakan
pernag bawa fwd full muatan stop di tengah tanjakan papasan dengan truk, begitu start lagi di L injak gas terlalu besar alhasil roda depan kiri spin![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
trit nanjak gunung beneran lho om, bukan 'gunung' yang lainmadcat015 wrote:Nubie memantau trit nanjak2an...

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Mohon di deskripsikan dengan baik dan vulgar 'gunung' yang dimaksud om VanzLoveRV... 

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
BTT Madcat!madcat015 wrote:Mohon di deskripsikan dengan baik dan vulgar 'gunung' yang dimaksud om VanzLoveRV...
Nanti kamu disentil TS nya loh

*lha TS e ki sopo*
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Siap om R2D2...
Kepada TS, ane mohon maaf telah OOT di trit ripiu...

Kepada TS, ane mohon maaf telah OOT di trit ripiu...


Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Medket medket... Ga tobat2 OOT di trit ripiu...
Kpd TS, gue mohon maap krn si medket bikin kacau lg...
*ini TSnya sapa seh?
Kpd TS, gue mohon maap krn si medket bikin kacau lg...
*ini TSnya sapa seh?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 08, 2013 7:47
- Location: Dumai
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Nais ripiu om metket..
Setelah ane membaca Ripiu dan Komentar teman2 SM'ers semua, ane menyimpulkan ripiu dan komennya sangat bergizi sekali.
bahkan ane yang punya ertelu(masih Manual) aja merasa banyak info terbaru berkat repsol dari teman2.
Sedikit berbagi pengalaman, kalo soal nanjakan ertelu kayanya aman-aman saja, lebih tergantung driver yah kalo ini, justru bukan di tanjakan yang bermasalah namun di turunan Engine Break nya masih kurang menurut ane kalo dibanding rival sekelas.
PS: Jangan dibandingkan dengan yang KW 8 nya ya om metket
yang lain sepertinya udah dikupas tuntas oleh teman-teman.
Setelah ane membaca Ripiu dan Komentar teman2 SM'ers semua, ane menyimpulkan ripiu dan komennya sangat bergizi sekali.
bahkan ane yang punya ertelu(masih Manual) aja merasa banyak info terbaru berkat repsol dari teman2.
Sedikit berbagi pengalaman, kalo soal nanjakan ertelu kayanya aman-aman saja, lebih tergantung driver yah kalo ini, justru bukan di tanjakan yang bermasalah namun di turunan Engine Break nya masih kurang menurut ane kalo dibanding rival sekelas.

PS: Jangan dibandingkan dengan yang KW 8 nya ya om metket

yang lain sepertinya udah dikupas tuntas oleh teman-teman.
Apapun Jenis Mobilnya yang penting enak dipake, bandel dan ga susah peliharanya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Yang pada ngga teteh bawa RWD di tanjakan juga banyak...
Ane bawa T120ss full load 9 orang plus barang2 aja masih gampang libas Futura 1.3 yg bawa 7 orang juga plus barang barang.
Yang bawa RWD melorot setelah stuck di tanjakan juga banyak. Coba aja lihat ga jauh jauh ke Nagreg. Loyosonto aja berani luar kota tapi setengah kopling aja masih aa' uu'.
Bisa jadi faktor teknis kendaraan, tapi juga kebanyakan skill nya pada jeblok..Padhal pelajaran setengah kopling ini, seinget ane dulu kursus nyetir, pelajaran hari kedua deh. Berarti termasuk skill paling mendasar sebelum teknik parkir.
IMHO, CMIIW.
Ane bawa T120ss full load 9 orang plus barang2 aja masih gampang libas Futura 1.3 yg bawa 7 orang juga plus barang barang.
Yang bawa RWD melorot setelah stuck di tanjakan juga banyak. Coba aja lihat ga jauh jauh ke Nagreg. Loyosonto aja berani luar kota tapi setengah kopling aja masih aa' uu'.
Bisa jadi faktor teknis kendaraan, tapi juga kebanyakan skill nya pada jeblok..Padhal pelajaran setengah kopling ini, seinget ane dulu kursus nyetir, pelajaran hari kedua deh. Berarti termasuk skill paling mendasar sebelum teknik parkir.
IMHO, CMIIW.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Sep 20, 2013 1:51
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Low entry MPV cuman ada ANA dan saudara kembar ANEX, ANGL, Chevy Spin dan Ertiga, all new avanza & xenia jelas beda jika dibandingkan dengan new grand livina, ertiga & spin, perbedaan utama ada di penggerak roda (FWD & RWD) perbedaan yg kedua ada pada fleksibilitas mengangkut barang.
Di ANA & ANEX jauh lebih fleksibel jika akan mengangkut barang dlm jumlah besar dibandingkan ketiga kompetitornya, tapi jika lebih sering mengangkut manusia drpd barang saya lebih prefer ke spin, ertiga atau NGL.
FWD ga bisa nanjak?
coba browsing di facebook/ertigamaniajawatimur.com
Kita pernah touring ke bromo lewat tumpang (malang) sampai dengan ranupane (shooting film 5cm) dan puji Tuhan 18 mobil bisa merayap melewati medan off road yg biasa dipake oleh jip 4WD.
FWD ga bisa nanjak? yg bilang gitu pasti sales sebelah :p
Di ANA & ANEX jauh lebih fleksibel jika akan mengangkut barang dlm jumlah besar dibandingkan ketiga kompetitornya, tapi jika lebih sering mengangkut manusia drpd barang saya lebih prefer ke spin, ertiga atau NGL.
FWD ga bisa nanjak?
coba browsing di facebook/ertigamaniajawatimur.com
Kita pernah touring ke bromo lewat tumpang (malang) sampai dengan ranupane (shooting film 5cm) dan puji Tuhan 18 mobil bisa merayap melewati medan off road yg biasa dipake oleh jip 4WD.
FWD ga bisa nanjak? yg bilang gitu pasti sales sebelah :p
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Terima kasih om bujanglapok... 
Ripiu ane masih banyak kekurangan kok, misalnya brp banyak nonik yg bs dijejalkan dalam Ertiga, berapa banyak posisi yang bisa dicoba, dan lain2...
*ngibrit...*

Ripiu ane masih banyak kekurangan kok, misalnya brp banyak nonik yg bs dijejalkan dalam Ertiga, berapa banyak posisi yang bisa dicoba, dan lain2...
*ngibrit...*

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Nggada yang bilang sama sekali ngga bisa nanjak. Itu sih bullsh*t.
Kalau inferior dibanding RWD, itu wajar. Kalau ada yang bilang FWD isi full loaded lebih superior dibanding RWD yg sama sama full loaded, tuh baru namanya penboi...

Kalau inferior dibanding RWD, itu wajar. Kalau ada yang bilang FWD isi full loaded lebih superior dibanding RWD yg sama sama full loaded, tuh baru namanya penboi...

Last edited by VanzMatic on Fri Sep 20, 2013 8:48, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 08, 2013 7:47
- Location: Dumai
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Tambahan sedikit OOT:
Selain RWD, FWD dll yang sudah dibahas di atas,
Momok yang bikin was2 calon user adalah Service nya.
Dulu waktu melihara kijang kapsul, sepertinya standar beres sama.
Bahkan ane pernah ke Padang, eh fuel pump nya rusak dan pas service di A2k padang diterima dan dilayani dgn baik.
Padahal boil ane belinya di agung automall.
Ini pas di ertiga, sampe sekarang pintu sebelah supir kok agak susah di tutupnya(mesti agak banting).
Sempat claim ke dealer dua kali jawabannya sama, ini udah memang seperti ini defaultnya, padahal mobil kakak ane (ertiga juga) fine2 aja.
Ini nih yang bikin sijuki harus koreksi diri, belum lagi ketersediaan beres dan standar yang masih minim.
Selain RWD, FWD dll yang sudah dibahas di atas,
Momok yang bikin was2 calon user adalah Service nya.
Dulu waktu melihara kijang kapsul, sepertinya standar beres sama.
Bahkan ane pernah ke Padang, eh fuel pump nya rusak dan pas service di A2k padang diterima dan dilayani dgn baik.
Padahal boil ane belinya di agung automall.
Ini pas di ertiga, sampe sekarang pintu sebelah supir kok agak susah di tutupnya(mesti agak banting).
Sempat claim ke dealer dua kali jawabannya sama, ini udah memang seperti ini defaultnya, padahal mobil kakak ane (ertiga juga) fine2 aja.
Ini nih yang bikin sijuki harus koreksi diri, belum lagi ketersediaan beres dan standar yang masih minim.
Apapun Jenis Mobilnya yang penting enak dipake, bandel dan ga susah peliharanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Back to Review Ertiga GX AT, kan ada USB port-nya tuh, apakah bisa digunakan utk nge-charge hp? Soalnya di manual book tidak disarankan, cuma penasaran apakah sdh ada yg mencoba?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 08, 2013 7:47
- Location: Dumai
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Sebagian Hp Yang ber OS BB OS6 keatas, Android dan iOS bisa brobapakne_satya wrote:Back to Review Ertiga GX AT, kan ada USB port-nya tuh, apakah bisa digunakan utk nge-charge hp? Soalnya di manual book tidak disarankan, cuma penasaran apakah sdh ada yg mencoba?
Apapun Jenis Mobilnya yang penting enak dipake, bandel dan ga susah peliharanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Thx bro, tp kenapa di manual tidak disarankan ya? Apakah ada resiko yg bisa membahayakan ya? Blm pernah nyoba sih, jdnya terpaksa pakai port power di sebelahnya.bujanglapok wrote:Sebagian Hp Yang ber OS BB OS6 keatas, Android dan iOS bisa brobapakne_satya wrote:Back to Review Ertiga GX AT, kan ada USB port-nya tuh, apakah bisa digunakan utk nge-charge hp? Soalnya di manual book tidak disarankan, cuma penasaran apakah sdh ada yg mencoba?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Emang tidak disarankan, walaupun BISA...bapakne_satya wrote:Thx bro, tp kenapa di manual tidak disarankan ya? Apakah ada resiko yg bisa membahayakan ya? Blm pernah nyoba sih, jdnya terpaksa pakai port power di sebelahnya.bujanglapok wrote:Sebagian Hp Yang ber OS BB OS6 keatas, Android dan iOS bisa brobapakne_satya wrote:Back to Review Ertiga GX AT, kan ada USB port-nya tuh, apakah bisa digunakan utk nge-charge hp? Soalnya di manual book tidak disarankan, cuma penasaran apakah sdh ada yg mencoba?

Masalahnya, output USB dari port itu cuma 0.5 A. Itu biasanya di bawah kebutuhan utk ngecas hp. Jadi, sistem USBnya rawan jebol kalo dipaksain. Kalopun hp dicolok ke situ biasanya sih utk mode data aja.
Ada sih yg pernah nyoba nyolokin SSD Spektra 500GB ke situ. Dan sukses terbaca datanya. Tapi detilnya juga kurang ngerti ane.
Kalo ane sih lebih prefer beliin powerbank utk ngecas hpnya. Arus lebih rata, gak pake acara terputus-sambung (contohnya kalo lagi start mesin). Lha powerbanknya boleh dicas dari "Charging Port" (istilah baru utk colokan lighter

Gitu, Oom...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys