Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Kalo berendem sendirian ya emang gampang njedindil kedinginan, Oom. Tapi bukannya dah dikasih temen berendam juga?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Kerenan banteng gila donk om,begitu berhenti langsung nonik" berjejer.madcat015 wrote:R3 kw8 dong...
Ga perlu sunroof dibuka...
Cukup PSD dan electric lift gate dibuka...
Langsung menunjukkan potensi pria yg peduli keluarga... family man...
Yang ada nonik2 berjejer minta dilamar...
N tuh banteng gila akan goyang".
SLOW BUT SURE
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
@om an15wn: temen berendem ane...
*ane uda boleh post poto kucing lagi kan? <- tanya ke para momod, drpd di banned*
@bro madfox18: hmmm... banteng gila bergoyang...
Kayaknya agak susah, console tengah aventador isi nya tombol semua uda gitu segede gaban pulak, ga lucu pas lagi... ummm... unggg.... ya begitulah, ga sengaja nekan ignition button + corsa... ngacir dah tuh banteng tanpa tau arah...
*ane uda boleh post poto kucing lagi kan? <- tanya ke para momod, drpd di banned*
@bro madfox18: hmmm... banteng gila bergoyang...
Kayaknya agak susah, console tengah aventador isi nya tombol semua uda gitu segede gaban pulak, ga lucu pas lagi... ummm... unggg.... ya begitulah, ga sengaja nekan ignition button + corsa... ngacir dah tuh banteng tanpa tau arah...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Pict-nya cute banget...
Utk urusan 'itu' kayaknya Ertiga lebih nyaman, deh. Tinggal rubuhin jok baris 2 & 3, terus dibentanginin matras. Feel like home (kali)... Wong belum pernah nyoba...madcat015 wrote: @bro madfox18: hmmm... banteng gila bergoyang...
Kayaknya agak susah, console tengah aventador isi nya tombol semua uda gitu segede gaban pulak, ga lucu pas lagi... ummm... unggg.... ya begitulah, ga sengaja nekan ignition button + corsa... ngacir dah tuh banteng tanpa tau arah...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Bahas apa sih...
Ane kagak ngerti
Ane kagak ngerti
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Wah,gk bisa ya um.maklum newbie sotoy belum pernah masuk banteng gila.madcat015 wrote: Bro madfox18: hmmm... banteng gila bergoyang...
Kayaknya agak susah, console tengah aventador isi nya tombol semua uda gitu segede gaban pulak, ga lucu pas lagi... ummm... unggg.... ya begitulah, ga sengaja nekan ignition button + corsa... ngacir dah tuh banteng tanpa tau arah...
Berarti lebih yahud kapal induk bergoyang yah om.
@om a5wiin : wah rata juga row 2 n 3 ny.berarti ntar malam" kalau ad r3 ori parkir dipojokan harus diteliti,apakah bergoyang atau tidak.
SLOW BUT SURE
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
waahhh cakep juga nih mobil. tp biar jok bisa dilipet rata kyk gitu tetep kurang cocok utk bawa2 karung beras atau ayam ya...
oiya.. ada yg liat turboman ga? drtd blum pulang nih. klu ktemu bilangin disuruh mamanya bersihin kandang yaa..
oiya.. ada yg liat turboman ga? drtd blum pulang nih. klu ktemu bilangin disuruh mamanya bersihin kandang yaa..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Yg di gambar itu BUKAN bawaannya Ertiga, Oom madfox...madfox18 wrote: @om a5wiin : wah rata juga row 2 n 3 ny.berarti ntar malam" kalau ad r3 ori parkir dipojokan harus diteliti,apakah bergoyang atau tidak.
Itu kreasi temen yg mesen matras khusus utk ertiganya. Aslinya ya rada benjol2 karena gak dikasih plat keras di bagian belakang. Gak usah dicoba, udah bisa dipastikan gak enak utk tiduran.
Supaya agak enakan, salah satunya ya kayak di gambar itu. Cara lainnya, make matras anak2 yg biasanya kayak puzzle raksasa itu.
Ini sebetulnya salah satu hal yg bisa diimprove oleh sijuki supaya utilitas kargonya lebih kerasa.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
nice repiu om madcat. sdh nunggu review R3 soale
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
jok baris ke 2 mundur nya terlalu banyak mungkin.. jd baris ke 3 kerasa sempit.ecoy wrote:nice repiu om madcat. sdh nunggu review R3 soale
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
coba jok baris ke 2 diatur ulang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Astaga,ketipu gw.an15wn wrote:Yg di gambar itu BUKAN bawaannya Ertiga, Oom madfox...madfox18 wrote: @om a5wiin : wah rata juga row 2 n 3 ny.berarti ntar malam" kalau ad r3 ori parkir dipojokan harus diteliti,apakah bergoyang atau tidak.
Itu kreasi temen yg mesen matras khusus utk ertiganya. Aslinya ya rada benjol2 karena gak dikasih plat keras di bagian belakang. Gak usah dicoba, udah bisa dipastikan gak enak utk tiduran.
Supaya agak enakan, salah satunya ya kayak di gambar itu. Cara lainnya, make matras anak2 yg biasanya kayak puzzle raksasa itu.
Ini sebetulnya salah satu hal yg bisa diimprove oleh sijuki supaya utilitas kargonya lebih kerasa.
Bener" kagak perhatian sama sekali gw kalau itu tempelan. -___-
@turbomama : klonengan siapa lg ini?
SLOW BUT SURE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Kalo ukurannya ke samping, emang betul ertiga lebih sempit. Apalagi yg belakang, Itu hanya utk 2 orang dewasa. Itung aja jumlah seat beltnya.Good_boy86 wrote:jok baris ke 2 mundur nya terlalu banyak mungkin.. jd baris ke 3 kerasa sempit.ecoy wrote:nice repiu om madcat. sdh nunggu review R3 soale
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
coba jok baris ke 2 diatur ulang
Tapi, bener juga pepatah yg mengatakan, "Kalo yg kamu tempati terasa sempit, lapangkanlah hatimu." Hasilnya, ertiga kami pernah muatin dgn 13 penumpang, 6 diantaranya adalah orang dewasa.Trayek: Jombang - Batu (Malang).
Suer, gak harus ditiru, itu mah kelakuan kaluarga yg kebanyakan nelen falsafah 'makan gak makan asal kumpul'.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Bahas banteng bergoyang... duck rocking...artoodetoo wrote:Bahas apa sih...
Ane kagak ngerti
Bujug, kw8 aja ane cuman berani isi 9 orang...an15wn wrote:Kalo ukurannya ke samping, emang betul ertiga lebih sempit. Apalagi yg belakang, Itu hanya utk 2 orang dewasa. Itung aja jumlah seat beltnya.Good_boy86 wrote:jok baris ke 2 mundur nya terlalu banyak mungkin.. jd baris ke 3 kerasa sempit.ecoy wrote:nice repiu om madcat. sdh nunggu review R3 soale
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
coba jok baris ke 2 diatur ulang
Tapi, bener juga pepatah yg mengatakan, "Kalo yg kamu tempati terasa sempit, lapangkanlah hatimu." Hasilnya, ertiga kami pernah muatin dgn 13 penumpang, 6 diantaranya adalah orang dewasa.Trayek: Jombang - Batu (Malang).
Suer, gak harus ditiru, itu mah kelakuan kaluarga yg kebanyakan nelen falsafah 'makan gak makan asal kumpul'.
Makasih om ecoy... ane berusaha seobjektif dan sekomedif mungkin dalam menulis ripiu... tentu saja tanpa melupakan kaedah2 OOT...ecoy wrote:nice repiu om madcat. sdh nunggu review R3 soale
nih mobil salah satu inceran ane nih klo gnt si xeli. tp kata adik gw yg biasa numpang R3 adik iparnya katanya lbh sempit dr xeli, apalagi yg paling blkg, bener gk nih? temen istri sih bil lbh ok nih mobil dr duo kaleng. tp pertimbangannya ya itu FWD n sempit d banding xeli, jd kepikiran avania lg
Masih belum ketemu, tante...Turbomama wrote:waahhh cakep juga nih mobil. tp biar jok bisa dilipet rata kyk gitu tetep kurang cocok utk bawa2 karung beras atau ayam ya...
oiya.. ada yg liat turboman ga? drtd blum pulang nih. klu ktemu bilangin disuruh mamanya bersihin kandang yaa..
Tadi lagi mainan siput, dipasang turbo di cangkang nya...
*sebelum dibanned... ngibrit...*
Kapal induk tidak bisa digoyang... tuh mobil gede... yang digoyang yang di dalam...madfox18 wrote:Wah,gk bisa ya um.maklum newbie sotoy belum pernah masuk banteng gila.madcat015 wrote: Bro madfox18: hmmm... banteng gila bergoyang...
Kayaknya agak susah, console tengah aventador isi nya tombol semua uda gitu segede gaban pulak, ga lucu pas lagi... ummm... unggg.... ya begitulah, ga sengaja nekan ignition button + corsa... ngacir dah tuh banteng tanpa tau arah...
Berarti lebih yahud kapal induk bergoyang yah om.
@om a5wiin : wah rata juga row 2 n 3 ny.berarti ntar malam" kalau ad r3 ori parkir dipojokan harus diteliti,apakah bergoyang atau tidak.
Obey the mahakitteh.
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Akhirnya antek si jonfis review ERTIGA.
Good review madcat ! Dan pastinya ini mobil lebih bagus daripada avanzanya widyawati, mau dikasi 20 airbag juga bodinya KALENG.
Good review madcat ! Dan pastinya ini mobil lebih bagus daripada avanzanya widyawati, mau dikasi 20 airbag juga bodinya KALENG.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
@an15wn walau sdh melapangkan hati tp tetep sempit gmn om?sbenarnya klo utk 1 kelurga aja sih gk sempit, repotnya klo pas lg d malang tmbh lg org yg mau d angkut. kata adik gw bangku tengahnya gk d mundurin kok klo d mundurin yg belakang tmbh merana, n bangku depan jg gk d majuin. katanya lho ya aq sndiri blm cb. tlg d konfirmasi owner R3.
@madcat cepetan d review honda mobilio plz trus bandingin sm R3
@madcat cepetan d review honda mobilio plz trus bandingin sm R3
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
oops hrsnya bangku depan gk d mundurin bkn d majuin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
kl nanjak-menanjak pasti menang yg RWD deh om..baruhut wrote:bikin ngiler nih r3.. klo bisa tolong share pengalaman user R3 utk libas tanjakan. pengalaman sepupu saya waktu nanjak di medan pacitan, R3 paling boyo diantara avanza 1.3 & 1.5. walopun ketiganya emang gak kuat smp atas tp ertiga ini yg paling boyo. gak tau juga sih seekstrim apa tanjakannya.
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Kayaknya mending langsung cobain sendiri, Oom. Lebih pasti. Kalo perlu, seberapa banyak pasukan yg akan sering diangkut, dibawa juga. Tinggal tanya aja komentar penumpang. Soalnya kalo hanya itungan di atas kertas atau review orang lain, bisa bias. Test drive gratis, kok.ecoy wrote:@an15wn walau sdh melapangkan hati tp tetep sempit gmn om?sbenarnya klo utk 1 kelurga aja sih gk sempit, repotnya klo pas lg d malang tmbh lg org yg mau d angkut. kata adik gw bangku tengahnya gk d mundurin kok klo d mundurin yg belakang tmbh merana, n bangku depan jg gk d majuin. katanya lho ya aq sndiri blm cb. tlg d konfirmasi owner R3.
@madcat cepetan d review honda mobilio plz trus bandingin sm R3
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
jangan lupa gear ratio, posisi puncak torsi dan kapasitas mesin juga mempengaruhixtr40rd1n4rym4n wrote:kl nanjak-menanjak pasti menang yg RWD deh om..baruhut wrote:bikin ngiler nih r3.. klo bisa tolong share pengalaman user R3 utk libas tanjakan. pengalaman sepupu saya waktu nanjak di medan pacitan, R3 paling boyo diantara avanza 1.3 & 1.5. walopun ketiganya emang gak kuat smp atas tp ertiga ini yg paling boyo. gak tau juga sih seekstrim apa tanjakannya.
CMIIW
CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
vanzLoveRV wrote:
jangan lupa gear ratio, posisi puncak torsi dan kapasitas mesin juga mempengaruhi
CMIIW
setuju om,
tapi dengan kapasitas mesin yg sama, kl ane perhatiin yg RWD seakan lebih ringan nanjaknya daripada yg FWD.
tp bukan berarti FWD ga bisa nanjak ya..
FWD tetap aja bisa nanjak tapi kaya sedikit maksa (org jawa bilangnya "ngeden") gitu..
dulu ane setir GV ke gunung kawi anteng2 aja, begitu bawa xtrail uda kaya "ngeden" terus kl nanjak, rpm nya tinggi tapi larinya susah gitu.. padahal GV cuman 2.0L, Xtrail 2.5L
apa mungkin perbedaan system aja: GV = ndorong (RWD) yg Xtrail = narik (FWD)
CMIIW..
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
IMHO lebih ke racikan gear ratio antara xtrail dan gv yang berbedaxtr40rd1n4rym4n wrote:
setuju om,
tapi dengan kapasitas mesin yg sama, kl ane perhatiin yg RWD seakan lebih ringan nanjaknya daripada yg FWD.
tp bukan berarti FWD ga bisa nanjak ya..
FWD tetap aja bisa nanjak tapi kaya sedikit maksa (org jawa bilangnya "ngeden") gitu..
dulu ane setir GV ke gunung kawi anteng2 aja, begitu bawa xtrail uda kaya "ngeden" terus kl nanjak, rpm nya tinggi tapi larinya susah gitu.. padahal GV cuman 2.0L, Xtrail 2.5L
apa mungkin perbedaan system aja: GV = ndorong (RWD) yg Xtrail = narik (FWD)
CMIIW..
xtrail menggunakan gear ratio lebih halus untuk mengejar top speed di tol
gv menggunakan gear ratio lebih kasar untuk medan tanjakan
kasus yang sama ditemui pada GL dan avS, di tanjakan yang sama avS sanggup memakai gigi 3 sementara GL harus turun ke 2, tapi ketika di tol GL lebih baik karena pada speed yang sama didapat di rpm lebih rendah
seperti angkot-angkot tangkuban perahu yang memakai carry pick up, cc kecil tapi sanggup muat banyak manusia, di tanjakan oke begitu masuk tol itu mesin jalan 100 sudah meraung-raung kayak JAV
sekali lagi CMIIW om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
vanzLoveRV wrote:IMHO lebih ke racikan gear ratio antara xtrail dan gv yang berbedaxtr40rd1n4rym4n wrote:
setuju om,
tapi dengan kapasitas mesin yg sama, kl ane perhatiin yg RWD seakan lebih ringan nanjaknya daripada yg FWD.
tp bukan berarti FWD ga bisa nanjak ya..
FWD tetap aja bisa nanjak tapi kaya sedikit maksa (org jawa bilangnya "ngeden") gitu..
dulu ane setir GV ke gunung kawi anteng2 aja, begitu bawa xtrail uda kaya "ngeden" terus kl nanjak, rpm nya tinggi tapi larinya susah gitu.. padahal GV cuman 2.0L, Xtrail 2.5L
apa mungkin perbedaan system aja: GV = ndorong (RWD) yg Xtrail = narik (FWD)
CMIIW..
xtrail menggunakan gear ratio lebih halus untuk mengejar top speed di tol
gv menggunakan gear ratio lebih kasar untuk medan tanjakan
kasus yang sama ditemui pada GL dan avS, di tanjakan yang sama avS sanggup memakai gigi 3 sementara GL harus turun ke 2, tapi ketika di tol GL lebih baik karena pada speed yang sama didapat di rpm lebih rendah
seperti angkot-angkot tangkuban perahu yang memakai carry pick up, cc kecil tapi sanggup muat banyak manusia, di tanjakan oke begitu masuk tol itu mesin jalan 100 sudah meraung-raung kayak JAV
sekali lagi CMIIW om
behind the engineeringnya mungkin seperti itu om.
kl saya kan nubie di dunia mesin dkk-nya, jadi analoginya kok kl FWD jadi lebih agak maksa utk nanjak drpd RWD.
tapi emg bener kl jln datar Xtrail itu larinya uda kaya dikejar set*n...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 641
- Joined: Wed Sep 11, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
jd kesimpulannya mobil fwd itu bukan gk bisa nanjak.fwd bisa nanjak dgn cttn rpm jauh diatas rpm mobil rwd pada tanjakan yg sama.bener kagak oooom?
gw aja kebiasaan bawa mobil rwd,giliran nanjak merayap pake fwd malah melorot kebelakang...
gw aja kebiasaan bawa mobil rwd,giliran nanjak merayap pake fwd malah melorot kebelakang...
SLOW BUT SURE
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
xtr40rd1n4rym4n wrote:
behind the engineeringnya mungkin seperti itu om.
kl saya kan nubie di dunia mesin dkk-nya, jadi analoginya kok kl FWD jadi lebih agak maksa utk nanjak drpd RWD.
tapi emg bener kl jln datar Xtrail itu larinya uda kaya dikejar set*n...
seperti itulah om
traksi juga lebih bagus rwd ketika full muatan di tanjakan
pernag bawa fwd full muatan stop di tengah tanjakan papasan dengan truk, begitu start lagi di L injak gas terlalu besar alhasil roda depan kiri spin
bukan jauh di atas tapi sesuai dengan torsi puncaknya ommadfox18 wrote:jd kesimpulannya mobil fwd itu bukan gk bisa nanjak.fwd bisa nanjak dgn cttn rpm jauh diatas rpm mobil rwd pada tanjakan yg sama.bener kagak oooom?
gw aja kebiasaan bawa mobil rwd,giliran nanjak merayap pake fwd malah melorot kebelakang...
contoh captiva diesel fwd tapi torsi maks di rpm 2000an (cmiiw) enteng aja merayap
cmiiw