PEMAKSAAN PENJENJANGAN
Doni itu cuma korban ambisi petinggi2 balap montor khususnya ATPM yg mensponsorinya.
lepas drpd skill dan usia muda yg udah ada pd dirinya negara qta kurang mampu memanen bibit muda ini utk turun lsg di motoGP.
target YMKI terlalu berat utk anak seusia Doni. thn. 2005 wild card di Sepang. musim 2006 ini jg gitu. thn 2007 lsg geber GP-250. rumornya 2009-2010 udah lsg masuk motoGP. thn ini jg brp kali turun di All Japan Championship.
sehari2 doi cuma bawa Jupi Z trus tahu2 turun lsg geber TZ-125. pdhal power jupi-Z gak ada separuhnya TZ-125. stop dulu cerita Doni Tata..
MARCO MELANDRI sejak thn 1996 udah geber2an montor GP-125 turun di Formula Honda Italy. waktu itu umurnya baru 14 thn. Thn 98 dia udah ikutan musim GP-125 dunia yg sampe skrg jd supporting racenya GP-500. perlu 5 thn pematangan di GP-125 baru dia bs jd juara dunia disitu. Thn 2003 baru dia jd juara dunia GP-250. Baru thn 2003 dia turun di motoGP sama Team Yamaha.
Kenapa Melandri?
Klo mo cari perbandingan dgn Valentino Rossi jelas jauh bgt..trus Capirossi jg umurnya udah 30'an.
Melandri adlh sembalab terbaik utk saat ini..umurnya relatif muda, baru 24thn tp cuma dia yg bs membendung kelihaian Rossi ditrek. Nicky Hayden aja kalah sama Melandri.
Klo bandingin antara Marco Melandri dgn Doni Tata skrg ini jelas gak ada apa2nya. Tapi klo dilihat penjenjangan karirnya jelas bgt kelihatan klo Doni Tata terlalu dipaksa. Gimana nggak? Baru dua musim jd wild carder GP-125, itu jg cuma 2 seri, koq tiba2 udah hrs turun di GP-250 musim dpn. Apa gak maksa tuh?
Karir Melandri berawal dr balapan Formula Honda Italy kelas GP-125 musim 1996.
Tahun 1998 dia udah gabung di GP-125 sama Team Apprillia.
Tahun 2000 dia pindah ke GP-250 Team Apprillia
Tahun 2002 jd juara dunia GP-250
Tahun 2003 dia pindah ke motoGP masuk ke Team Yamaha.
Melandri aja perlu waktu 3 thn utk membiasakan diri dgn GP-125 tp di GP-250 gak lama2 cuma 3 tahun.
Thn 2000 di GP-250 dan thn 2002 dia bs jd juara dunia dikelas itu.
Tahun 2003 dia masuk motoGP dgn Team Yamaha.
Total perjalanan karirnya dari ‘0’ (NOL) ke motoGP adlh sktr 8 tahun!
bukan waktu yg singkat emang tp coba lihat dong hasilnya.
emang sih..
Marco Melandri dulu pake montor yg kompetitif. Sedari turun di GP-125 thn 1996 dia udah pake Honda yg sampe skrg termasuk montor yg kompetitif sampe skrg.
Tahun 1998 ke 2000 waktu dia turun di GP-125 montornya Apprillia. Masuk GP-250 jg dgn Apprillia.
sekali lg Doni Tata emang kalah segalanya dr Melandri. Melandri berangkat dr negara maju dlm hal segala2nya terutama dlm teknologi otomotif. Tapi lihat penjenjangan Melandri aja perlu waktu bertahun2 utk bs turun di motoGP.
Sekarang gak usah sama Melandri deh..
Sama Bradley Smith aja..bocah Inggris ini terbilang lulusan terbaik di motoGP Academy toh gak nafsu buru2 turun di motoGP. Kabarnya musim 2006 dan 2007 ini dia akan turun di GP-125 dulu.
lha..
lulusan terbaik motoGP Academy aja msh mau memperdalam ilmu di GP-125 koq ujug2 yg baru 2x jd wild-carder udah mo loncat ke GP-250.
Kalo diadu sparring head-to-head satu trek sama Doni vs. Smith siapa yg menang? bs Doni yg menang atau bs jg Smith yg menang.
Akan lbh baik klo Doni diberi waktu utk turun dulu di All Japan Championship selama 3-4 tahun. Supaya dia bs sehati dgn motor TZ-125nya. Jadi juara di All Japan Championship jg bs koq menarik hati team2 besar di motoGP utk bs turun lsg di motoGP.
Menjadi sembalab motoGP adlh impian setiap sembalab motor didunia, tp penjenjangan yg bertahap jg konsistensi, performa dan pastinya prestasi yg diutamakan. Siapapun tahu itu gak bs diraih dlm waktu 1-2 tahun. Bahkan 5 tahun sekalipun. mumpung umur msh muda kenapa gak?!
