Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fastering wrote:Om turbo, td saya ke toda. Jadinya ganti oli yg shell hx8 5w-30 om.. Soalnya, cuma itu aja jenis shell yg ada disana om.
Tapi itu API SL gpp kan ya om??
bagus malah.....API SL khan kadar ZDDP nya lebih tinggi drpd API SM
API SM itu bukan lebih hebat dr SL, dia lebih ramah thd Cat Conv aja......buat perlindungan valvetrain sih bagusan API SL
Kalo Motul H-Tech 5w-30 itu API SN, nah bagusan mana ya om dgn Shell HX8 5w-30 om??
Tadi saya tanya harganya tidak jauh beda ya om. Shell 102ribu, Motul 116ribu.
fastering wrote:Om turbo, td saya ke toda. Jadinya ganti oli yg shell hx8 5w-30 om.. Soalnya, cuma itu aja jenis shell yg ada disana om.
Tapi itu API SL gpp kan ya om??
bagus malah.....API SL khan kadar ZDDP nya lebih tinggi drpd API SM
API SM itu bukan lebih hebat dr SL, dia lebih ramah thd Cat Conv aja......buat perlindungan valvetrain sih bagusan API SL
Kalo Motul H-Tech 5w-30 itu API SN, nah bagusan mana ya om dgn Shell HX8 5w-30 om??
Tadi saya tanya harganya tidak jauh beda ya om. Shell 102ribu, Motul 116ribu.
API "SM" = Something is Missing
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:mengenai filter oli 2 way wrench tsb... sbaiknya dipakai cuman pas buat ngebuka filter oli nya aja om... pengalaman soalnya ntuh filter malah ngerusak bodi si filter tsb... cuman karena emang mau diganti kan yah gapapa... nahh ntar kencengin filter oli baru nya yahh pake tangan aja sekuat tenaga... sejauh ini sehh ane slalu kaya gt dan ntuh filter tetep kuat koq nempel di tempat nya... drpd pake ntuh 2 way wrench buat kencengin... malah bkin bonyok body filter oli nya ntar... salah2 malah bikin bolong
Siap Om DOHC, emang rencana mau kencengin pakai tangan. Awalnya mau buka pakai tangan...trus tau diri, ane bukan hulk thanks inpo-nya yah Om
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:Ada yang tau dimana bisa beli Redline ATF D6? kalo ane baca kan udah bisa buat Toyota WS tuh...
Coba di cek di Toda atau Graha, tapi D6 lebih jarang terlihat ada dibanding yg D4 ATF
Kalau mau beli sedus bisa hubungi Distro-nya, google : PT Millenia (distro meguiar & Clifford alarm juga)
Om Turbo, ane dah cek di TODA serpong, gak ada penampakan itu ATF D6, kalo yang D4 ada, malah ada yang asli Toyota (murah ternyata 375rb 4 liter). Sedus itu isi 12 yah? nanti cari temen patungan deh buat beli 1 dus he..he...
beberapa minggu lalu baru ganti atf pakai FK sih...waktu dikeluarin itu ATF blom item, baru coklat2 aja...mungkin karena baru 31rb KM kali yah trus abis kuras ATF gak berasa ada perubahan yang mantaf gitu yak...rada2 kecewa nih setelah ganti...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Om turbo, oli mesin d4d 2.5 yang paling bagus apa ya selain delvac 5-40? Ada lagi mobil1 0-40 apa lebi bagus? Ato malah ga sesuai spec. Sama oli gardan dan atf ya om turboo tulung disebutin merk jan tipenya.. Hehe tengkiss
Baik delvac1 maupun M1 yg 0W40 sama2 bagus utk D4 D...masing2 punya + / - sendiri...tapi 0W40 juga bisa pakai krn TBN 11,5 dan SAPS 1,3%....di Eropa namanya jadi M1 TurboDiesel 0w40
ATF dan gardan cari yg harga brp ?
akulemu wrote:Om turbo, oli mesin d4d 2.5 yang paling bagus apa ya selain delvac 5-40? Ada lagi mobil1 0-40 apa lebi bagus? Ato malah ga sesuai spec. Sama oli gardan dan atf ya om turboo tulung disebutin merk jan tipenya.. Hehe tengkiss
Turboman wrote:Baik delvac1 maupun M1 yg 0W40 sama2 bagus utk D4 D...masing2 punya + / - sendiri...tapi 0W40 juga bisa pakai krn TBN 11,5 dan SAPS 1,3%....di Eropa namanya jadi M1 TurboDiesel 0w40
ATF dan gardan cari yg harga brp ?
akulemu wrote:Om turbo, oli mesin d4d 2.5 yang paling bagus apa ya selain delvac 5-40? Ada lagi mobil1 0-40 apa lebi bagus? Ato malah ga sesuai spec. Sama oli gardan dan atf ya om turboo tulung disebutin merk jan tipenya.. Hehe tengkiss
Mmm.. Plus minusnya apa aja yang om scara briefly? Maap saya buta soal teknis. Soal budget no 2 om, penting kwalitas dulu deh. Soalnya saya pake mobilnya ya gak halus2an hoho
akulemu wrote:
Mmm.. Plus minusnya apa aja yang om scara briefly? Maap saya buta soal teknis. Soal budget no 2 om, penting kwalitas dulu deh. Soalnya saya pake mobilnya ya gak halus2an hoho
M1 0W40 harga lebih ekonomis (jalur khusus), kalo sama2 baru 2 - 2 nya enak, tapi kalo buat Long Drain OCI misal sampe 12 - 14 rb Km (or max 12 bulan) megang Delvac1 (lebih stabil kalo di atas 9000 Km) , si 0W40 ganti ya sekitar 10 rb Km / Max 12 bulan lah.
ATF spec tinggi yg value 4 money = Redline D4 ATF
Oli gardan (GL-5) :
Kalo mesin std / lightune pakai 75W90 GL5 Full Synth
Kalo heavily modified lebih rekomen 75W-110 atau 75W-140 yg Full Synth
Perkenalkan saya nubie. Dah bertahun-tahun jadi silent rider di forum ini.
Mobil saya freed tahun 2013. Saat km 1000 saya ganti oli fastron gold. Nah pas 5000 saya ganti dengan fk freshing 5-30.
Saya merasa hampir tidak ada perbedaan ni dari performa.
Yang saya tanyakan apakah ada efek negatif kalo sering ganti merek oli. Saya pernah membaca ttg mobil accord yang menempuh 1 juta miles dan masih running strong salah satu tipsnya adalah pemakaian oli yang satu merk.
Kenapa saya tanya begitu karena pas 10 rb saya nanti service di beres pastinya oli diganti oli honda ama beres. Ganti oli lain ga masalah tapi mereka ga menjamin garansi mesin.
Nah satu lg pertanyaan yang mungkin masih mengganjal, di forum2 luar, flushing matic honda dengan mesin adalah big no no. Mobil saya sebelumnya pun belum pernah flushing matic, cuma ganti oli tiap 15 rb km dan 3 kali ganti oli saya flushing pakai cara manual, ganti oli, pakai setengah jam muter2, ganti lg ampe warnanya bening. Mobil sebelumnya telah menembuh hampir 200 rb km dan masih tokcer mesin dan maticnya, dan saya selalu pakai tipe oli yang sama, oh ya di luar ternyata atf-z1 dah ga diproduksi, gantinya atf-dw1, namun disini saya melihat belum pernah ketemu ama atf-dw1 honda. Belum tau apa bedanya, yang pasti fully syntetic dan lebih mahal.
Mohon pencerahannya
1. Nggak masalah, yg penting gunakan oli2 yg berkualitas
2. It's about business & money, BeRes juga ditarget penjualan oli resmi
3. sebetulnya gak masalah, cuman kalo mobil dah jalan super jauh misal 300 rb Km boleh coba buka oil pan matic en bersihkan wire mesh filternya
Kalau saya sih ganti Matic sistem manual flushing ala Gerlong (gak pake mesin), ada tekniknya & volume oli yg dipake jauh lebih irit drpd pake mesin.
4. ATF DW1 itu low viscosity spt Toyota-WS atau Dexron VI, kalo Z1 khan viskositas menengah setara Dexron III. Kalo mobil mintanya Z1 yah kasih z1, kalo mintanya Dw1 yah kasih DW1
bayumas80 wrote:
1. apakah ada efek negatif kalo sering ganti merek oli. Saya pernah membaca ttg mobil accord yang menempuh 1 juta miles dan masih running strong salah satu tipsnya adalah pemakaian oli yang satu merk.
2. Kenapa saya tanya begitu karena pas 10 rb saya nanti service di beres pastinya oli diganti oli honda ama beres. Ganti oli lain ga masalah tapi mereka ga menjamin garansi mesin.
3. Nah satu lg pertanyaan yang mungkin masih mengganjal, di forum2 luar, flushing matic honda dengan mesin adalah big no no. Mobil saya sebelumnya pun belum pernah flushing matic, cuma ganti oli tiap 15 rb km dan 3 kali ganti oli saya flushing pakai cara manual, ganti oli, pakai setengah jam muter2, ganti lg ampe warnanya bening. Mobil sebelumnya telah menembuh hampir 200 rb km dan masih tokcer mesin dan maticnya, dan saya selalu pakai tipe oli yang sama,
4. oh ya di luar ternyata atf-z1 dah ga diproduksi, gantinya atf-dw1, namun disini saya melihat belum pernah ketemu ama atf-dw1 honda. Belum tau apa bedanya, yang pasti fully syntetic dan lebih mahal.
Mohon pencerahannya
Turboman wrote:1. Nggak masalah, yg penting gunakan oli2 yg berkualitas
bayumas80 wrote:
1. apakah ada efek negatif kalo sering ganti merek oli. Saya pernah membaca ttg mobil accord yang menempuh 1 juta miles dan masih running strong salah satu tipsnya adalah pemakaian oli yang satu merk.
sorry om turbo, mengenai yg no 1 emang bener ngak masalah ?? soalnya pernah nanya adek yg dulu pernah kerja di salah satu disti oil US, dia bilang bisa masalah kalo jangka panjang tapi kalo cuma pakai mobil 3 thn trs dijual lg ya ngak terlalu kelihatan efeknya. dijelasin lah dgn istilah teknis soal olie yg gw kagak ngerti intinya yg gw tangkap sih soal kandungan bahan campuran yg tiap merek beda2. cmiiw
Khan kita bukan mencampur antar merek utk pemakaian bersama, misal pakai HX7 dan Castrol Magnatec 10W40 secara barengan (dicampur) yah tentu ane gak rekomen.
ToKiDies sy dr 2001 sampe skg dah 180 rb Km pakek oli sering ganti2 gak masalah, cuman kalo saya sih saat buang oli biasanya tuang 1 L Mesran buat dorong sisa oli lama keluar.
Banyak oli berbagai merek menggunakan additive dr sumber yg sama, produsen additive oli gak jauh2 dr :
- Lubrizol
- Infineum
- Afton Chemical
- Chevron Oronite
- Dan bbrp yg level papan 2 dan 3
Just sharing ajah
twa wrote:
sorry om turbo, mengenai yg no 1 emang bener ngak masalah ?? soalnya pernah nanya adek yg dulu pernah kerja di salah satu disti oil US, dia bilang bisa masalah kalo jangka panjang tapi kalo cuma pakai mobil 3 thn trs dijual lg ya ngak terlalu kelihatan efeknya. dijelasin lah dgn istilah teknis soal olie yg gw kagak ngerti intinya yg gw tangkap sih soal kandungan bahan campuran yg tiap merek beda2. cmiiw
Khan kita bukan mencampur antar merek utk pemakaian bersama, misal pakai HX7 dan Castrol Magnatec 10W40 secara barengan (dicampur) yah tentu ane gak rekomen.
ToKiDies sy dr 2001 sampe skg dah 180 rb Km pakek oli sering ganti2 gak masalah, cuman kalo saya sih saat buang oli biasanya tuang 1 L Mesran buat dorong sisa oli lama keluar.
Banyak oli berbagai merek menggunakan additive dr sumber yg sama, produsen additive oli gak jauh2 dr :
- Lubrizol
- Infineum
- Afton Chemical
- Chevron Oronite
- Dan bbrp yg level papan 2 dan 3
Just sharing ajah
twa wrote:
sorry om turbo, mengenai yg no 1 emang bener ngak masalah ?? soalnya pernah nanya adek yg dulu pernah kerja di salah satu disti oil US, dia bilang bisa masalah kalo jangka panjang tapi kalo cuma pakai mobil 3 thn trs dijual lg ya ngak terlalu kelihatan efeknya. dijelasin lah dgn istilah teknis soal olie yg gw kagak ngerti intinya yg gw tangkap sih soal kandungan bahan campuran yg tiap merek beda2. cmiiw
yg saya bold diatas ngak dilakukan sama BERES, bengkel sekelas tod* jg kagak. apa itu kali penyebabnya ya ?
Om om, sori nubie mau tanya nih terkait ATF, mungkin oot...masih oli sih
Ane ganti atf di yaris ane kira2 3 minggu lalu ke FK, liat di botolnya sih udah Toyota ws, tapi tulisan jepun semua, jadi gak ngerti itu maksudnya comply ke ws ato dilarang buat spek ws he he he. Eniwe, udah bebrapa kali ane merasa mobil rada aneh larinya, kalo lagi di gas, trus dilepas, berasa kyk ada yg ngerem, kyk engine break gitu, normal kah? Trus kadang berasa geter2 halus gitu waktu mundur terutama, berasa di setir...itu alamat apa yah? Apa mungkin baru 32rb lebih transmisi mulai ngadat?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
kalau ada ATF yg menyatakan bisa utk T-WS dan bisa juga utk T-4 maka itu bohong, krn std vsikositas T-4 dan WS berbeda
better flush en gunakan lagi ATF genuine T-WS aja
ecco wrote:Om om, sori nubie mau tanya nih terkait ATF, mungkin oot...masih oli sih
Ane ganti atf di yaris ane kira2 3 minggu lalu ke FK, liat di botolnya sih udah Toyota ws, tapi tulisan jepun semua, jadi gak ngerti itu maksudnya comply ke ws ato dilarang buat spek ws he he he. Eniwe, udah bebrapa kali ane merasa mobil rada aneh larinya, kalo lagi di gas, trus dilepas, berasa kyk ada yg ngerem, kyk engine break gitu, normal kah? Trus kadang berasa geter2 halus gitu waktu mundur terutama, berasa di setir...itu alamat apa yah? Apa mungkin baru 32rb lebih transmisi mulai ngadat?
Turboman wrote:kalau ada ATF yg menyatakan bisa utk T-WS dan bisa juga utk T-4 maka itu bohong, krn std vsikositas T-4 dan WS berbeda
better flush en gunakan lagi ATF genuine T-WS aja
ecco wrote:Om om, sori nubie mau tanya nih terkait ATF, mungkin oot...masih oli sih
Ane ganti atf di yaris ane kira2 3 minggu lalu ke FK, liat di botolnya sih udah Toyota ws, tapi tulisan jepun semua, jadi gak ngerti itu maksudnya comply ke ws ato dilarang buat spek ws he he he. Eniwe, udah bebrapa kali ane merasa mobil rada aneh larinya, kalo lagi di gas, trus dilepas, berasa kyk ada yg ngerem, kyk engine break gitu, normal kah? Trus kadang berasa geter2 halus gitu waktu mundur terutama, berasa di setir...itu alamat apa yah? Apa mungkin baru 32rb lebih transmisi mulai ngadat?
Om Turbo, thanks respon-nya.
Ane gak tau sih itu bisa untuk T-4 atau nggak, mustinya ane ambil itu botol sebiji, buat liat di google translate.
Gejala yang ane sebutkan itu kemungkinan besar karena ATF kah? karena awal flush gak berasa seperti itu...mana abis 1jt pula ...
apakah ada tes sederhana yang bisa dilakukan untuk verifikasi ini gegara ATF yang salah?...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:
Om Turbo, thanks respon-nya.
Ane gak tau sih itu bisa untuk T-4 atau nggak, mustinya ane ambil itu botol sebiji, buat liat di google translate.
Gejala yang ane sebutkan itu kemungkinan besar karena ATF kah? karena awal flush gak berasa seperti itu...mana abis 1jt pula ...
apakah ada tes sederhana yang bisa dilakukan untuk verifikasi ini gegara ATF yang salah?...
Kalo matic minta T-WS dimasukkin std kekentalan T-4 ya kinerjanya jadi lebih sluggish krn kekentalan ATF di atas standard, ya jadi gak enak lah dipake-nya.
Testnya ya liat aja botolnya, lalu cocokkan aja di website merek ybs
ecco wrote:
Om Turbo, thanks respon-nya.
Ane gak tau sih itu bisa untuk T-4 atau nggak, mustinya ane ambil itu botol sebiji, buat liat di google translate.
Gejala yang ane sebutkan itu kemungkinan besar karena ATF kah? karena awal flush gak berasa seperti itu...mana abis 1jt pula ...
apakah ada tes sederhana yang bisa dilakukan untuk verifikasi ini gegara ATF yang salah?...
Kalo matic minta T-WS dimasukkin std kekentalan T-4 ya kinerjanya jadi lebih sluggish krn kekentalan ATF di atas standard, ya jadi gak enak lah dipake-nya.
Testnya ya liat aja botolnya, lalu cocokkan aja di website merek ybs
Itu dia Om, ane cek ke website aslinya, kagak ada yang botol kayak gitu adanya ukuran segede2 tong: http://www.fkoil.co.jp/products/lubrica ... .html?no=1
kyknya perlu interogasi yang jual neh ...curiga masukin ATF apa gitu di botol....soalnya waktu flush ATF, ane juga beli filter oli ama itu toko...dikasih yang gak ori...ane komplen, trus beberapa hari lalu tuker dikasih yg ori...rada2 fishy cara bisnisnya neh...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:
Om Turbo, thanks respon-nya.
Ane gak tau sih itu bisa untuk T-4 atau nggak, mustinya ane ambil itu botol sebiji, buat liat di google translate.
Gejala yang ane sebutkan itu kemungkinan besar karena ATF kah? karena awal flush gak berasa seperti itu...mana abis 1jt pula ...
apakah ada tes sederhana yang bisa dilakukan untuk verifikasi ini gegara ATF yang salah?...
Kalo matic minta T-WS dimasukkin std kekentalan T-4 ya kinerjanya jadi lebih sluggish krn kekentalan ATF di atas standard, ya jadi gak enak lah dipake-nya.
Testnya ya liat aja botolnya, lalu cocokkan aja di website merek ybs
Ane barusan cek teliti di website (pakai google translate), diliat dari viskositas kinematik ternyata itu mirip bgt sama T-4.....hufff....ane merasa malu sekali, udah banyak baca di forum ini tentang baca data...masih juga bisa nggak teliti dan kena cipoa...ane masih kurang belajarnya...ane black list itu bengkel...udah gila kali yah cara bisnis begitu...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:
Ane barusan cek teliti di website (pakai google translate), diliat dari viskositas kinematik ternyata itu mirip bgt sama T-4.....hufff....ane merasa malu sekali, udah banyak baca di forum ini tentang baca data...masih juga bisa nggak teliti dan kena cipoa...ane masih kurang belajarnya...ane black list itu bengkel...udah gila kali yah cara bisnis begitu...
Kadang suka heran deh ama bengkel2 suka tepu2 gitu
Ane ada bengkel langganan deket rumah aja berani2nya ngasih filter bensin abal2
Baru 10rb KM masak udh retak bikin mesin susah distarter gegara tekanan BBM turun. Akhirnya ganti di beres nissan eh normal lagi
Udh ane blacklist tuh bengkel. Geblek kan jadi berkurang pelanggannya gegara tepu2. Mending ke beres aja kalo ane
Untung mobil udh kejual soalnya ada beberapa part lain ane beli di bengkel itu msh nempel di mobil
PlantFoot wrote:cm pengen tau aja, kl T-WS itu bs pk oli lain apa y? kl T-IV / jws 3309 yg ane tau ada mobil1 & sgo.
Ada Redline d6, amsoil juga punya. Ane telp ke disti redline, gak punya tuh d6. Yang amsoil apa lagi, dah tanya ke mana2 gak ada...sempet ditawarin sainz, katanya tws, tapi cek di web infonya minim bgt...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Suhu-suhu SM, seperti sebelumnya saya posting, saya baru aja ganti oli pakai FK Freshing 5-30.
Ada yang mereview ttg oli ini?
Denger-denger masih oli mineral ya? Cuman dia bisa tahan tu ampe 8 rb km (spt tertulis pada saat ganti oli di toda).
Hari ini coba jalan jauh, overall si ok, enteng, jakarta bandung dpt 13.9 km/l, full to full 13.5 km/l.
Dari bandung, karena jalanan turun dpt 17.1 km/l, nyetir pulse and glide range 80-130 kpj.
Sebelumnya pakai fastron gold, dan waktu ganti, oli masih bagus, warna sudah kecoklatan berarti fungsi deterjen-nya berjalan bagus.
Turboman wrote:@om ecco :
Kadang banyak juga bengkel yg gak paham
spt saat2 tahun 2005 - 2008 dulu banyak bengkel oli yg mengisi ATF Dexron III ke Ipah Matic, padahal mintanya JWS 3309 / T-4
Wah, kalo gitu efeknya gimana itu? apa cuman gak enak dipakai aja atau resiko transmisi cepet rusak yah? yang ane rasakan sekarang aja kalo dah mulai macet nih...wah asli gak enak itu mobil...kayak ngegas sambil ada yang injek rem
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi