Aditif buat bensin (PolyEtherAmine , dll...)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Iseng2 ane liat di Amazon, sepertinya Red line punya emg top:
http://www.amazon.com/Red-Line-60103-Co ... ewpoints=1
http://www.amazon.com/Red-Line-60103-Co ... ewpoints=1
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Pak Turboman, ini link-nya .... http://www.lelubricants.com/LEMSDS/LE-2300-EN-USA.pdfTurboman wrote:Coba dicari dulu MSDS nya di web-nya abis itu sharing ke sini URL nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Mungkin ada yang pernah coba yamalube carbon cleaner (PEA juga),
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
karena ane adalah tukang coba2 sejati
, begitu baca thread ini langsung meluncur ke Toda dan beli Redline Sl-1, 128rb sebotol.
Bensin masih rada penuh, tapi tetep cuek...masukin dikit (1/10 dah kira2) trus isi kerang super cuman 10L dah full tank. selama ini ane isi V-power...yang hasilnya adalah tetep kadang ngelitik...makanya kesel ane turunin ke Super, mau liat selisih FC berapa jauh.
nah, singkat cerita ini setelah isi Sl-1 udah jalan 100KM - sejauh ini berasa lebih ringan dan itu mobil rasanya bertenaga banget. jangan tanya gimana tesnya...100% bedasarkan piling di pantat ane aja
. FC blom itung karena blon isi lagi...sekian laporan...nanti kalo ada yang menarik ane apdet lagi dah...

Bensin masih rada penuh, tapi tetep cuek...masukin dikit (1/10 dah kira2) trus isi kerang super cuman 10L dah full tank. selama ini ane isi V-power...yang hasilnya adalah tetep kadang ngelitik...makanya kesel ane turunin ke Super, mau liat selisih FC berapa jauh.
nah, singkat cerita ini setelah isi Sl-1 udah jalan 100KM - sejauh ini berasa lebih ringan dan itu mobil rasanya bertenaga banget. jangan tanya gimana tesnya...100% bedasarkan piling di pantat ane aja

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
ya mayan lah......heheheh
So far sih hingga hari ini zat detergent utk Gasoline yg paling efektif dgn efek samping paling kecil konon masih PEA, belum ketemu lagi zat lain yg lebih nyosss....katanya sii
sayangnya belum ada produsen additip dalam negeri yg bikin additip dgn bahan aktif PEA
So far sih hingga hari ini zat detergent utk Gasoline yg paling efektif dgn efek samping paling kecil konon masih PEA, belum ketemu lagi zat lain yg lebih nyosss....katanya sii
sayangnya belum ada produsen additip dalam negeri yg bikin additip dgn bahan aktif PEA

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
ane sih sangat tergelitik untuk masukin semua sisanya di pengisian berikutnya wkwkwkwkwk...soalnya nglitik dikit2 masih ada tuh...sapa tau bisa ilang 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
@ecco :
Mobilnya udah pernah di carbon Clean ? baik ruang bakar / injector / intake valve ?
Mobilnya udah pernah di carbon Clean ? baik ruang bakar / injector / intake valve ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Blom pernah Om Turbo, rencananya emang mau ke bengkel AMB pro clean, liat testi pada bilang bagus he..he..atau ada rekomendasi lain? ane di daerah Serpong soalnya...Turboman wrote:@ecco :
Mobilnya udah pernah di carbon Clean ? baik ruang bakar / injector / intake valve ?
intake valve itu bersihinnya gmn yah?
btw, mobil kalo ada suara klek2 gitu bunyi apaan yah? perasaan lagi idle ada suara gitu walaupun gak kenceng sih...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Om, boleh tau beli di mana HKS DDR? berapa harganya...biar ane cobain jugaimsus2c wrote: pernah pakai buat 806,
kalau ga salah ingat dulu pak Turboman pernah tulis kalau DDR ini memang fungsinya lebih kearah detergent (pembersih)
coba search dgn kata kunci HKS DDR D:

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Kalo di Serpong bisa ke Plaza Serpong - Rooftop - bkl Steven
081319381066
Mrk ada AMB Pro Clean atau yg semacam itu, sembur sedot lewat lobang busi
081319381066
Mrk ada AMB Pro Clean atau yg semacam itu, sembur sedot lewat lobang busi
ecco wrote:Blom pernah Om Turbo, rencananya emang mau ke bengkel AMB pro clean, liat testi pada bilang bagus he..he..atau ada rekomendasi lain? ane di daerah Serpong soalnya...Turboman wrote:@ecco :
Mobilnya udah pernah di carbon Clean ? baik ruang bakar / injector / intake valve ?
intake valve itu bersihinnya gmn yah?
btw, mobil kalo ada suara klek2 gitu bunyi apaan yah? perasaan lagi idle ada suara gitu walaupun gak kenceng sih...
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
DDR buat Diesel / solarecco wrote:Om, boleh tau beli di mana HKS DDR? berapa harganya...biar ane cobain jugaimsus2c wrote: pernah pakai buat 806,
kalau ga salah ingat dulu pak Turboman pernah tulis kalau DDR ini memang fungsinya lebih kearah detergent (pembersih)
coba search dgn kata kunci HKS DDR D:
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
owh...kirain buat bensin he..he..Turboman wrote:DDR buat Diesel / solarecco wrote:Om, boleh tau beli di mana HKS DDR? berapa harganya...biar ane cobain jugaimsus2c wrote: pernah pakai buat 806,
kalau ga salah ingat dulu pak Turboman pernah tulis kalau DDR ini memang fungsinya lebih kearah detergent (pembersih)
coba search dgn kata kunci HKS DDR D:
btw, OOT dikit.
MAF Sensor ngaruh juga ke boros dan nglitik yah? ane kan dulu pakai filter udara replacement yang perlu diminyakin itu tuh...kyknya nglitik sejak ane bersihin itu filter deh...minyaknya kesedot ngotorin MAF sensor kali yak? masuk akal kah...?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Coba aja MAF sensor dibersihkan pakai MAF sensor cleaner
semprot dikit2 aja, jangan kenceng2 krn kawat MAF sgt halus sekali
semprot dikit2 aja, jangan kenceng2 krn kawat MAF sgt halus sekali
ecco wrote: owh...kirain buat bensin he..he..
btw, OOT dikit.
MAF Sensor ngaruh juga ke boros dan nglitik yah? ane kan dulu pakai filter udara replacement yang perlu diminyakin itu tuh...kyknya nglitik sejak ane bersihin itu filter deh...minyaknya kesedot ngotorin MAF sensor kali yak? masuk akal kah...?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Siyap Om Turbo, nanti ane apdet hasilnya he..he..he...belajar dikit2 siapa tau suatu hari bisa buka bengkel wkwkwkwk...itu tinggal copot bagian yang ada kabelnya aja kan yah, buka baut trus tarik isinya?Turboman wrote:Coba aja MAF sensor dibersihkan pakai MAF sensor cleaner
semprot dikit2 aja, jangan kenceng2 krn kawat MAF sgt halus sekali
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Kalo mau copot MAF sensor lepas dulu terminal negatip aki atau minimal sikring ECU (EFI)ecco wrote:Siyap Om Turbo, nanti ane apdet hasilnya he..he..he...belajar dikit2 siapa tau suatu hari bisa buka bengkel wkwkwkwk...itu tinggal copot bagian yang ada kabelnya aja kan yah, buka baut trus tarik isinya?Turboman wrote:Coba aja MAF sensor dibersihkan pakai MAF sensor cleaner
semprot dikit2 aja, jangan kenceng2 krn kawat MAF sgt halus sekali
lalu sistem kelistrikan semua baru boleh konek kembali setelah MAF terpasang kembali
Bersihkan MAF hrs pelan2 dan sgt hati2 ya, kawat dalamnya halus sekali
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Kalau BROQUET apakah fungsinya sepert PEA ya?
Baca di http://ilmupengetahuankatalis.blogspot.com/, penjelasannya BROQUET berfungsi sebagai catalyst.
Secara sederhana apakah fungsinya sebagai octan booster atau detergent atau dua-duanya?
Kalau di dalam tangki bensin sudah dimasukin BROQUET, additive apa yang perlu ditambahkan untuk menambah efek pelumasan?
Baca di http://ilmupengetahuankatalis.blogspot.com/, penjelasannya BROQUET berfungsi sebagai catalyst.
Secara sederhana apakah fungsinya sebagai octan booster atau detergent atau dua-duanya?
Kalau di dalam tangki bensin sudah dimasukin BROQUET, additive apa yang perlu ditambahkan untuk menambah efek pelumasan?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Hindari produk2 yg gak jelas / yg produsennya cenderung "rahasia2"-an, apalagi harganya selangit
Kalau saya pribadi sih utk suatu produk yg sifatnya "mistis" (misterius) apalagi kalu pameran stand-nya wahhh dgn SPG SPG yg Flashy......mending saya jauh2 aja
Kalau bilang katalis...ya katalis itu banyak sekali macamnya, prosesnya gimana dan pada suhu berapa ? Ingat banyak katalis baru kerja sempurna pada suhu tertentu / suhu panas.
jadi mending pakai yg jelas2 aja
Kalau saya pribadi sih utk suatu produk yg sifatnya "mistis" (misterius) apalagi kalu pameran stand-nya wahhh dgn SPG SPG yg Flashy......mending saya jauh2 aja
Kalau bilang katalis...ya katalis itu banyak sekali macamnya, prosesnya gimana dan pada suhu berapa ? Ingat banyak katalis baru kerja sempurna pada suhu tertentu / suhu panas.
jadi mending pakai yg jelas2 aja
white_sportage wrote:Kalau BROQUET apakah fungsinya sepert PEA ya?
Baca di http://ilmupengetahuankatalis.blogspot.com/, penjelasannya BROQUET berfungsi sebagai catalyst.
Secara sederhana apakah fungsinya sebagai octan booster atau detergent atau dua-duanya?
Kalau di dalam tangki bensin sudah dimasukin BROQUET, additive apa yang perlu ditambahkan untuk menambah efek pelumasan?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
nah, ini ane pernah pakai (tukang coba2 sejatiwhite_sportage wrote:Kalau BROQUET apakah fungsinya sepert PEA ya?
Baca di http://ilmupengetahuankatalis.blogspot.com/, penjelasannya BROQUET berfungsi sebagai catalyst.
Secara sederhana apakah fungsinya sebagai octan booster atau detergent atau dua-duanya?
Kalau di dalam tangki bensin sudah dimasukin BROQUET, additive apa yang perlu ditambahkan untuk menambah efek pelumasan?

Kalo menurut pengalaman sih, fungsinya gak seperti PEA. Yang jelas ada 2 komponen - satu pasang di saluran bensin, satu lagi masuk ke tangki. Sayang waktu ane jual itu Aerio lupa copot

yang pasti, ane tidak merasakan penghematan BBM tapiiiiiii...isi premium waktu itu berasa kayak isi pertamax. Dengan kata lain itu barang ane merasakan manpaat-nya. Gak berasa tertipu gitu lah he he..he..., yang kasih laporan itu sopir ane secara dia bawa mobil itu 7 taon lamanya...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Lho bukannya Broquet itu perusahaan yang sudah lama berdiri di Inggris?Turboman wrote:Hindari produk2 yg gak jelas / yg produsennya cenderung "rahasia2"-an, apalagi harganya selangit
Kalau saya pribadi sih utk suatu produk yg sifatnya "mistis" (misterius) apalagi kalu pameran stand-nya wahhh dgn SPG SPG yg Flashy......mending saya jauh2 aja
Kalau bilang katalis...ya katalis itu banyak sekali macamnya, prosesnya gimana dan pada suhu berapa ? Ingat banyak katalis baru kerja sempurna pada suhu tertentu / suhu panas.
jadi mending pakai yg jelas2 aja
Produknya jelas banget, begitu juga perusahaan & alamatnya.
Kalau masalah rahasia, sudah jadi kebijakan tiap perusahaan merahasiakan "resep"nya.
Additive Diesel-Lux dari Verylube / Xado juga merahasiakan kandungan bahan aktifnya. cmiiw.
Kalau additive dari bahan liquid maupun padat yang tercampur dengan fuel umumnya tersedia MSDS-nya, tapi untuk fuel treatment yang menggunakan teknik catalyst atau medan magnet....nah ini yang membingungkan bagaimana proses treatmentnya terhadap fuel.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Memang ada efeknya ya?ecco wrote: nah, ini ane pernah pakai (tukang coba2 sejati)
Kalo menurut pengalaman sih, fungsinya gak seperti PEA. Yang jelas ada 2 komponen - satu pasang di saluran bensin, satu lagi masuk ke tangki. Sayang waktu ane jual itu Aerio lupa copot![]()
yang pasti, ane tidak merasakan penghematan BBM tapiiiiiii...isi premium waktu itu berasa kayak isi pertamax. Dengan kata lain itu barang ane merasakan manpaat-nya. Gak berasa tertipu gitu lah he he..he..., yang kasih laporan itu sopir ane secara dia bawa mobil itu 7 taon lamanya...
Soalnya saya beli mobil bekas yang ternyata sudah ada broquet di dalam tangki bensinnya.
Jadi gak bisa bedakan sebelum & sesudah pemakaian broquet....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
ha ha ha.......lalu apakah barang dgn label "made in UK" sudah pasti bagus gitu ?
http://www.honestjohn.co.uk/forum/post/index.htm?t=437
Jauh sebelum saya baca di forum honestjohn itu, saya sudah stay away dgn produk2 yg gak jelas isinya, apalagi yg marketingnya "bombastis"....he he hee
http://www.honestjohn.co.uk/forum/post/index.htm?t=437
Jauh sebelum saya baca di forum honestjohn itu, saya sudah stay away dgn produk2 yg gak jelas isinya, apalagi yg marketingnya "bombastis"....he he hee

white_sportage wrote: Lho bukannya Broquet itu perusahaan yang sudah lama berdiri di Inggris?
Produknya jelas banget, begitu juga perusahaan & alamatnya.
Kalau masalah rahasia, sudah jadi kebijakan tiap perusahaan merahasiakan "resep"nya.
Additive Diesel-Lux dari Verylube / Xado juga merahasiakan kandungan bahan aktifnya. cmiiw.
Kalau additive dari bahan liquid maupun padat yang tercampur dengan fuel umumnya tersedia MSDS-nya, tapi untuk fuel treatment yang menggunakan teknik catalyst atau medan magnet....nah ini yang membingungkan bagaimana proses treatmentnya terhadap fuel.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Setuju dgn bro Turbo, di link tsb ada yg jwb:Turboman wrote:ha ha ha.......lalu apakah barang dgn label "made in UK" sudah pasti bagus gitu ?
http://www.honestjohn.co.uk/forum/post/index.htm?t=437
Jauh sebelum saya baca di forum honestjohn itu, saya sudah stay away dgn produk2 yg gak jelas isinya, apalagi yg marketingnya "bombastis"....he he hee
![]()
"Save your money. A light right foot is cheaper and more effective!"
Ini lebih masuk akal

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Persoalannya bukan "barang dgn label "made in UK" sudah pasti bagus" etc, tapi respon Pak Turbo yang terlalu sinis dan terkesan apatis & tidak open mind terhadap produk tertentu.Turboman wrote:ha ha ha.......lalu apakah barang dgn label "made in UK" sudah pasti bagus gitu ?
http://www.honestjohn.co.uk/forum/post/index.htm?t=437
Jauh sebelum saya baca di forum honestjohn itu, saya sudah stay away dgn produk2 yg gak jelas isinya, apalagi yg marketingnya "bombastis"....he he hee
![]()
Terlalu pakai kacamata kuda dengan kebenaran yang sudah anda tetapkan terhadap teori dan metode tertentu.
Kalau Broquet ataupun product sejenisnya ataupun model magnet etc, anda tidak percaya keampuhannya itu sangat bisa diterima.
Anda yang terlalu mengagungkan MSDS pasti apatis dengan metode catalyst apalagi metode fisika seperti penggunaan medan magnet.
Tapi dengan langsung memberi label suatu perusahaan yang bisa bertahan puluhan tahun di negara maju yang sangat melindungi hak - hak konsumen sebagai suatu produk yang tidak jelas, anda terlihat bagai katak dalam tempurung.
Sebagai moderator Seraya Motor, tidak selayaknya anda bersikap seperti itu.
Kalau bersikap contra, lebih elegant kalau anda membahasnya dengan cara ilmiah bukan dengan sinis & memberi label "tidak jelas - rahasia - bombastis - etc".
Broquet sendiri di luar negeri memang sekian lama menimbulkan pro & contra.
Selain link yang anda berikan (link yang sangat buruk karena tidak memberi opini dari 2 side), nih ada link lainnya yang lebih berimbang dari pro & contra sehingga lebih memberi pencerahan & pengetahuan bagi pembaca yang ingin menambah ilmu.
http://forum.lro.com/viewtopic.php?f=18&t=88418
http://bbs.scoobynet.com/drivetrain-11/ ... iming.html
Saya bertanya tentang broquet bukan karena ingin membeli apalagi menjual, tapi karena menemukan broquet dalam tangki besin mobil bekas yang saya beli saat membersihkan tangki bensinnya.
Berharap melalui forum Seraya Motor bisa mendapatkan pencerahan.
Tapi kalau moderatornya saja tidak open minded & memakai kacamata kuda....ya sori deh kalau ternyata saya salah kamar

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
Kalau targetnya hanya sekadar reduce fuel consumption, setuju banget!DigitALL wrote:Setuju dgn bro Turbo, di link tsb ada yg jwb:
"Save your money. A light right foot is cheaper and more effective!"
Ini lebih masuk akal
Di link http://forum.lro.com/viewtopic.php?f=18&t=88418 ada komen yang pas sekali:
"The only reliable method to increase mpg is to modify the way you use your right foot"
Tapi kembali lagi, kita memilih untuk memakai fuel additive bukan hanya untuk meningkatkan mpg tapi mencari benefit lainnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben
@white sportage :
Lha, anda ini distributor atau sales Broquet kah ?
kalau saya pribadi gak sreg dengan Broquet kenapa anda yg tersinggung berat ?
Setiap orang tentu punya berhak memilih donk.........ini ya preferensi saya & saya khan gak memaksakan pendapat saya kpd orang lain.......
Well kalau memang barang tsb anda dapatkan di mobil yg anda beli 2nd ya wes........kalau memang penasaran yah kita lakukan uji Mythbuster aja dah :
- Kalau pas kuras tangki, barang tsb keluarkan dari tangki
- Siapkan bejana dari kaca, lalu rendam dengan bensin yg kita pastikan bebas Timbal, misalnya Shell V Power selama seminggu
- Sesudah itu hasil rendaman bensin dgn benda itu dibawa ke Petrolab, nanti di test angka Oktan-nya dan juga kandungan zat logam, apakah ada jadi mengandung Pb / MMT / Ferrocene, etc.
Kalau memang mau, saya rela patungan, biar kita gak penasaran, Petrolab paling murah utk test BBM
Maaf om.......sebelum anda menuduh saya gak open minded / kaca mata kuda, sebaiknya om coba deh lebih banyak melihat berbagai aksesoris / perangkat tambahan yg claim bisa ini itu buat mobil, perhatikan modus marketing-nya.......maka itu di forum2 luar sampai ada istilah Snake Oil.....apa makna Snake Oil tsb ?
Jujur aja saya selama hidup pernah bbrp X mencoba benda kategori Snake Oil juga spt :
- Berbagai engine treatment / Oil treatment, dari yg harga menengah sampai yg mahal yg katanya pake PTFE
- Berbagai additive bahan bakar yg gak jelas punya (namanya juga demen experiment...hehe)
- Magnet saluran BBM
Hasilnya sebagian besar tidak sesuai harapan, malah ada yg gak terasa efeknya.
Mengenai katalis = setahu yg saya ketahui katalis2 biasanya bekerja harus dengan suhu tertentu, biasanya pada panas tertentu.......
Yuk dah kalau mau kita test pembuktian aja, apa yg terjadi pada BBM sesudah direndam benda tsb selama seminggu........daripada debat asumsi gak ada gunanya juga

P.S. :
kalau soal engine treatment, saya nggak menyengkal kalau akhir2 ada bbrp jenis engine treatment yg diakui oke kinerjanya, yg test bbrp teman saya yg kritis dalam penilaian & rencananya saya mau test di Katana tua saya yg udah suka "nguapin oli mesin melulu"
Lha, anda ini distributor atau sales Broquet kah ?
kalau saya pribadi gak sreg dengan Broquet kenapa anda yg tersinggung berat ?

Setiap orang tentu punya berhak memilih donk.........ini ya preferensi saya & saya khan gak memaksakan pendapat saya kpd orang lain.......

Well kalau memang barang tsb anda dapatkan di mobil yg anda beli 2nd ya wes........kalau memang penasaran yah kita lakukan uji Mythbuster aja dah :
- Kalau pas kuras tangki, barang tsb keluarkan dari tangki
- Siapkan bejana dari kaca, lalu rendam dengan bensin yg kita pastikan bebas Timbal, misalnya Shell V Power selama seminggu
- Sesudah itu hasil rendaman bensin dgn benda itu dibawa ke Petrolab, nanti di test angka Oktan-nya dan juga kandungan zat logam, apakah ada jadi mengandung Pb / MMT / Ferrocene, etc.
Kalau memang mau, saya rela patungan, biar kita gak penasaran, Petrolab paling murah utk test BBM
Maaf om.......sebelum anda menuduh saya gak open minded / kaca mata kuda, sebaiknya om coba deh lebih banyak melihat berbagai aksesoris / perangkat tambahan yg claim bisa ini itu buat mobil, perhatikan modus marketing-nya.......maka itu di forum2 luar sampai ada istilah Snake Oil.....apa makna Snake Oil tsb ?
Jujur aja saya selama hidup pernah bbrp X mencoba benda kategori Snake Oil juga spt :
- Berbagai engine treatment / Oil treatment, dari yg harga menengah sampai yg mahal yg katanya pake PTFE
- Berbagai additive bahan bakar yg gak jelas punya (namanya juga demen experiment...hehe)
- Magnet saluran BBM
Hasilnya sebagian besar tidak sesuai harapan, malah ada yg gak terasa efeknya.
Mengenai katalis = setahu yg saya ketahui katalis2 biasanya bekerja harus dengan suhu tertentu, biasanya pada panas tertentu.......
Yuk dah kalau mau kita test pembuktian aja, apa yg terjadi pada BBM sesudah direndam benda tsb selama seminggu........daripada debat asumsi gak ada gunanya juga

P.S. :
kalau soal engine treatment, saya nggak menyengkal kalau akhir2 ada bbrp jenis engine treatment yg diakui oke kinerjanya, yg test bbrp teman saya yg kritis dalam penilaian & rencananya saya mau test di Katana tua saya yg udah suka "nguapin oli mesin melulu"

* Bukan ajakan Beli *