BREAKING NEWS : REVIEW TEST RIDE TVS

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
Stamen
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Jul 19, 2006 8:12
Location: Jakarta

Post by Stamen »

Berux_bogor wrote:Thanks bro stamen for applause nya knp gak ikutan ke TVS???
Sori, bro ... pingin juga seehh. Tapi ya gitu lah, sulit banget buat bolosnya. :P
Tapi review dari bro2 bertiga cukup menjawab penasaran gua.
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

brooo...brooo...informasi ada yang ketinggalan ktp nih waktu testride kemaren gara nuker KTP sama VISITOR hahaha syukurin balik lagi dehhh
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

gauss wrote:@bro Berux : gw juga 'ngeri' ngeliat bro budz... keknya dia belum lancar banget bawa motor. Gw perhatiin dari belakang, kalo lagi belok dia selalu turunin 2 kaki-nya.....
tanyaken....apa ??
wakakakka.. waktu nyoba Apache? gw cuma ga mo pake motor orang trus jatoh beset Bro :-P.. soalnya gw belum dapet PW yang cocok di Apache, mungkin klo udah bawa 2-3x berasa deh, atw minimal udah nyobain ke jalan raya yang bisa geber gas... (coba kemaren dukung gw pas ane bilang mo ane bawa ke jalan raya.. he3x..)sebenernya itu bukan turun2 tapi kaki gw nyari2 footstep apache yang 'ke depan bgt', giliran dapet masih kurang pas dengan tuas rem dan perseneling (ga sekalian aja bikin footstep di shock depan he3x.. biar kayak jalu sepeda bmx he3x...) soalnya gw ga biasa naek motor yang jarak footstep ama tanah terlalu dekat (kayak bebek, mungkin bener kata Bro Yoyoyo posisi footstep apache kayak bebek) gw pun klo naek bebek kaki turun2 mulu) dan point terpenting gw ga biasa boncengin cowok (Pa Andy.. he3x..) biasanya boncengin cewek :-P <==huuu raja ngeleesss..bisa aja


oh iya, mumpung inget, footstep blakang apache juga gw rasa terlalu maju, mungkin masukan bisa dikeblakangin dikit atw ditinggin dikit, biar klo kaki pengemudi ngayuh motor (pas jalan macet) ga nyenggol kaki boncenger, kemaren sering banget betis gw nyenggol ujung spatunya Pa Andy.. (untung bukan bagian laen yang ke senggol wakakak) kekhawatiran footstep blakang ditinggiin akan menyebabkan dengkul boncenger ganggu tangan pengemudi kayaknya ga masalah, mengingat posisi tangan pengemudi lumayan lurus ke depan karena pengaruh stang baplang

masukan juga mungkin klo posisi footstep depan tidak ada perbaikan (dimundurkan sedikit) maka perlu penyesuaian bentuk tuas rem blakang yang lebih tinggi (jangan sejajar dengan footstep) karena untuk memudahkan sendi pergelangan kaki menggerakkan telapak kaki untuk menekan ke bawah.

soal body sih vartex gw kalah abis, bener kata gauss cuma dari plastik ABS. trus sambungan las2xan Apache rapi kok, beda bgt ama motor2 cina yang biasanya sambungannya kasar.

he3x.. KTP udah gw ambil nih.. sialan gw ditanyain macem2 ama satpam wekekekek....

traktir??? tega bgt, masa dua orang kantoran minta traktir ama anak kuliahan? :-P

btw masih perlu review dari gw? kayaknya dari Gauss n Berux udah cukup mewakili deh...

Oh iya sekali lagi di sini gw mo minta maaf banget buat bro gauss ama berux yah soal kemaren

hayo buat para produsen motor lain kami siap testride asal disuguhin minum aja.... wekekekeke
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Akhirnya sukses juga Test Ride TVS -nya :)

Selamat ya buat bro sekalian yg udah sukses test ride dan reviewnya jg menarik ! hehehe ... asik aja gw liat modelnya. Apalagi yg merah itu, lampunya gede.
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Aplaus deh Buat Bro Gauss, Bro Budzaemon dan Bro Berux ....

Cuman gw heran kok berat banget ya? Scorpio aja berat kosongnya sekitar 125 kg loh, ini 136kg?
(see budzaemon said:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 1&start=40)

CMIIW
Warte nur Balde
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

terimakasih atas applausenya
mungkin kapan2 kalo ada undangan lagi kita boleh diajak menghadirinya lagi kok...hehehehehhe/.....
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

iyah iyah... gw juga mau kok.... asal jangan lupa dikasih minum kek... atawa makan gitu... hehehe...
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

@bro gauss

nahh kalo range harga 12-13 jt sihh gw setuju..kenapa dengan harga ini aja TVS dah dapat untung gede loh kalo dibanding dengan harga jual di India..napa ? karena....dia kan dah buka pabrik di Indonesia tohh so pajak dia ga seperti kalo import lagi....

dan karena bidang gw emang perpajakan perusahaan jadi yahh setidaknya gw agak paham dengan pajak-pajak....(kalo import ga tauu :P)

tapi gw asumsi ga mungkin kalo pajak kita lebih tinggi 20% dari harga produk....kenapa ? karena harga di India bukankah juga sudah termasuk pajak disana ? dan harap diingat kalau untuk produk kendaraan motor beroda dua 250cc ke bawah tidak dikenakan PPN BM....

sooo....dengan harga jual Rp. 12,5juta berarti TVS sudah mengantungi keuntungan sekitar 20% dari produksi mereka di India....jadi apakah iklim investasi di Indonesia sudah begitu mengkhawatirkan sehingga produknya bisa lebih mahal 20% dari produk buatan India dengan asumsi TVS mendapatkan laba yang sama.....

itu kalo Rp. 12,5jt bagaimana kalo sampe Rp. 15jt sampe Rp. 17jt..weleh gw ga bisa bayangin..

kalo bener kalo iklim Investasi yang salah maka bagaimana Indonesia kita tercinta bisa hidup pada zaman AFTA ?

kalo bukan iklim Investasi yang salah timbul pertanyaan apakah rakyat Indonesia hanyalah sapi perahan ?

makin mikir makin pusinggg........

ok yang pusing-pusing biar lewat....hehehehe

nahh ayooo sekarang kita usahain biar bisa test ride bajaj pulsar lohhh gimana nihhh....rencananya apa nihhh bro yoyoyo ?
indomi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15

Post by indomi »

p4nd4 wrote:
tapi gw asumsi ga mungkin kalo pajak kita lebih tinggi 20% dari harga produk....kenapa ? karena harga di India bukankah juga sudah termasuk pajak disana ? dan harap diingat kalau untuk produk kendaraan motor beroda dua 250cc ke bawah tidak dikenakan PPN BM....
bro p4nd4: ttg PPN BM apakah ini artinya motor2 CBU seperti CBR yang di import bulat2 oleh IU dari Thai itu nggak dikenakan PPN Biaya Masuk?
Tapi kok muahal bgt yah kalo di Indo?
Paling enak migoreng sama sambel abc ;)
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

@indomi : kalo CBR kan di import secara CBU (completely built up), sedangkan TVS mungkin didatangkan secara CKD (completely knocked down).
Jadi pastinya CBR kena Ppn BM....
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo harganya bisa bersaing dgn Produk Jepang yg notabene
udah di produksi di negara2 ASEAN, kayak Thai, Vietnam
berarti TVS hebat....

Karena dari India khan tarip Bea Masuk-nya gak bisa di reduksi
pake CEPT (karena India bukan negara Asean)
apalagi komponen CKD masih byk yg tarip-nya 0-15%
Image
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

atjep wrote:Aplaus deh Buat Bro Gauss, Bro Budzaemon dan Bro Berux ....

Cuman gw heran kok berat banget ya? Scorpio aja berat kosongnya sekitar 125 kg loh, ini 136kg?
(see budzaemon said:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 1&start=40)

CMIIW
untuk berat kosong gw liat di situsnya TVS Bro, tapi ga berat2 amat kok, dimensinya juga kecil (gw sih ngerasa pas buat ukuran body gw yang irit)..
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

Btw : Bro budz...gimana tuh orang TVS bisa kontak lu????
gw cuma berharap ada oarang TVS yang liat forum bahasan TVS ini..
pemilik/direktur maupun pihak manajemen dari TVS bisa memperhitungkan lagi harga yang akan diluncurkan dindonesia...biar harga lebih terlihat spesifik dengan motor jepang
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

Berux_bogor wrote:Btw : Bro budz...gimana tuh orang TVS bisa kontak lu????
gw cuma berharap ada oarang TVS yang liat forum bahasan TVS ini..
pemilik/direktur maupun pihak manajemen dari TVS bisa memperhitungkan lagi harga yang akan diluncurkan dindonesia...biar harga lebih terlihat spesifik dengan motor jepang
Dulu dia kontak gw karena gw yang nelp.. ya udah ntar coba gw kontak PA Andy untuk baca thread ini.. (waduh.. brarti tulisan gw soal 'nyenggol2' Pa Andi mesti di sensor kali ya? :-P)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..
kayanya koq cerita soal test-ride-nya seru nih
kira2 ada kesempatan ke-2 gak nih?

di sirkuit SENTUL aja sekalian atau sirkuit semi grass-track soale tampang Apache ini sy perhatiin condong ke supermoto.

@Budi/budz..
jgn takut2 klo test ride motor baru gitu namanya jg test ride yah harus tega klo perlu 'perkosa' aja sekalian.

-peace-
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Wah wah... Bajaj ga ada kabarnya nih...
Accurate V5 Accounting System Consultant
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

indomi wrote:bro p4nd4: ttg PPN BM apakah ini artinya motor2 CBU seperti CBR yang di import bulat2 oleh IU dari Thai itu nggak dikenakan PPN Biaya Masuk?
Tapi kok muahal bgt yah kalo di Indo?
Bro PPN BM adalah PPN Barang Mewah beda lagi dengan PPN trus Bea Masuk

PPN 10% ini pasti sudah dikenakan....
trus PPN BM ini yang untuk motor 250cc ke bawah tidak dikenakan...
trus Bea Masuk ini tergantung dari apakah ada perjanjian antara kedua negara tidak.

untuk Indonesia dengan Thailang ada perjanjiannya cuman gw lupa apakah 0% apa 5%..

jadi contoh perhitungan kasar yah kalo CBR 150 di Thailand di Jual 16juta kalo kita import dengan harga :

harga motor : 16 jt
ppn 10% : 1,6jt
bea masuk katakanlah 5% (perkiraan) = 0.8jt

jadi total adalah 18,4jt

tambahkanlah profit dari importir katakanlah 25% = 4jt

jadi total harga adalah 22,4jt

apakah selesai ? tidak...

kenapa ? karena IU kalo mau import motor honda harus minta izin dari AHM selaku ATPM honda di Indonesia jadi orang laen tidak boleh memasukkan motor honda ke Indonesia tanpa persetujuan mereka

jadi gimana ? yahh bayar royalti ke AHM besarnya tentu saja tidak kita ketahui tapi kalo kita ambil perkiraan lagi sebesar 25% = 4 jt lagi

total harga CBR 150 sudah mencapai 26,4jt

tanya lagi apakah ini sudah selesai ? belom lagi...

kenapa belummm ? karena begitu kontainer masuk ke pelabuhan dikenakan gw lupa apakah 20jt atau 40jt untuk 1 kontainer...harganya juga tergantung dari produk jadi 1 kontainer motor biayanya beda dengan 1 kontainer pakaian....

belum lagi jasa pelabuhan, handling fee, biaya penumpukan dll.....

jadi masuk akal toh kalo cbr 150 yang harga 16jt bisa sampe 30 jt di Indonesia....?

Tapi perhitungan tadi hanya kasar yahh jadi tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnyaa.....
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

y_anjasrana wrote:Wah wah... Bajaj ga ada kabarnya nih...
kabar terakhir dari bajaj : untuk tahap pertama mereka akan import dulu kemudian mereka akan melakukan produksi dari pabrik proton menunggu pabrik di Indonesia bisa produksi secara massal...

ntar gw nyari beritanya dulu...dah lupa taruh dimana hehehe
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

oyaaa satu lagi berita buat TVS biar mikir kalo mo kasih harga.....
Motor non-Jepang tak nikmati pertumbuhan pasar

JAKARTA: Pertumbuhan pasar sepeda motor sebesar 19% pada Agustus ternyata hanya dinikmati merek Jepang, sementara AISI berpendapat pemberian insentif khusus pada merek non-Jepang untuk mendorong penjualan tidak mungkin dilakukan, karena bertentangan dengan prinsip perdagangan bebas.

Dari tujuh produsen kendaraan roda dua anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), hanya empat yang mampu menangguk untung dari kondisi pasar yang tengah menggeliat pada Agustus.

Semua produsen motor yang memperoleh pertumbuhan penjualan tersebut berasal dari Negeri Sakura, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Penjualan tiga produsen lain yaitu Kanzen, Kymco, dan Piaggio, justru menurun.

Pasar sepeda motor nasional
Merek Juli Agustus
Honda 186.047 241.447
Yamaha 133.315 138.837
Suzuki 47.206 56.181
Kawasaki 3.814 4.903
Kanzen 1.604 1.570
Kymco 1.060 987
Piaggio 46 39
Total 373.092 443.964
Sumber: AISI, 2006

Data AISI yang diperoleh Bisnis mengungkapkan Honda pada bulan lalu menjual 241.447 unit atau naik sekitar 30% dibandingkan Juli. Yamaha membayangi di posisi kedua setelah membukukan kenaikan penjualan 4,1% menjadi 138.837 unit dari bulan sebelumnya 133.315 unit.

Meski mencatat pertumbuhan lebih besar, yaitu 19%, Suzuki harus cukup puas di posisi ketiga karena secara volume hanya berhasil melego 56.181 unit. Sementara Kawasaki yang berada di peringkat empat hanya mampu menjual 4.903 unit atau naik 28% dari bulan sebelumnya.

Pengguna sepeda motor sejak awal memang cenderung memilih motor Jepang dibandingkan merek lain yang beredar di Tanah Air. Tiga merek motor non-Jepang yaitu Kanzen, Kymco, dan Piaggio ternyata belum mampu mencuri perhatian konsumen.

Kanzen-diproduksi PT Kanzen Motor Indonesia-yang diklaim sebagai motor buatan dalam negeri pada bulan Agustus hanya mampu melego 1.507 unit atau turun 6,05% dibandingkan Juli yang sempat mencapai 1.604 unit.

Sedangkan penjualan Kymco pada bulan lalu turun sekitar 7% dari 1.060 unit pada Juli menjadi hanya 987 unit, sementara penjualan Piaggio merosot 15,2% menjadi hanya 39 unit dari 46 pada bulan sebelumnya.

Insentif

Ketika ditanya tentang kemungkinan pemberian insentif khusus terhadap merek non-Jepang untuk meningkatkan penjualan, Ketua Umum AISI Ridwan Gunawan menyatakan hal itu tidak mungkin dilakukan karena bertentangan dengan prinsip perdagagan bebas.

"Itu akan bertentangan dengan regulasi dan semangat WTO yang menuntut adanya perlakuan yang sama antarprodusen," katanya, kemarin.

Seperti diketahui, selain Kymco, Kanzen, dan Piaggio ada beberapa merek motor lain yang beredar di pasar domestik, termasuk beberapa merek motor China. Belakangan dua produsen motor India, TVS Motor Company dan Bajaj Motor Indonesia juga agresif merebut perhatian konsumen di dalam negeri.

Ridwan menegaskan secara pribadi dirinya tidak setuju ada pengkotak-kotakan merek sepeda motor. Yang terpenting saat ini adalah produsen motor melakukan kegiatan produksi di Indonesia, sehingga memberikan nilai tambah pada industri lokal dan menyerap tenaga kerja.

"Kita tidak bicara investor dari mana asalnya. Saya kira, zamannya sudah lewat dan saya yakin pemerintah tidak akan memberikan perlakuan khusus," tandasnya. (ahmad.muhibbuddin@ bisnis.co.id)

Oleh Ahmad Muhibbuddin
Bisnis Indonesia
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Bener juga. Image roda-dua non jepang blm mudah diterima.
Selain itu kekuatan mereka pada promosi media cetak&tv (juga media off-air) juga kurang terasa.
TVS katanya mau rilis bebek (atau skubek) dulu ya? Berarti dia harus berusaha mengenalkan dirinya utk bersaing dengan Supra series, Jupiter &Vega series, Shogun&Smash series (at least itu Big-3 di jalanan), dan 3 media tadi harus dia biayai sangat besar (kalau tidak , dia akan adem ayem seperti merek2 non jepang itu).

Kenapa ngga dibalik aja ya, dia tampilkan dulu imej Motorsportnya (yayaya.. bukannya semata2 memperjuangkan petisi TVS,hehe) , tetapi maksud gw daripada hadir diantara jagoan, mendingan hadir jadi jagoan khan 8)
Setelah itu baru imej bebek/skubeknya..
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

betul bro yoyoyo makanya Bajaj lebih melihat pasar itu oleh karena itu kabar terakhir yang gw dapat dari bisnis.com adalah Bajaj akan fokus dalam produksi motor sport dan kendaraan roda tiga, dan untuk pertama motor akan diimport secara langsung setelah itu secara perlahan akan diproduksi di pabrik proton di malaysia menunggu kesiapan pabrik di Indonesia untuk produksi massal...katanya sih akhir tahun ini dah bisa meluncurkan produknya...mudah-mudahan deh bro...

so yang akan muncul adalah pulsar 180 V3 new generation pulsar with speedo digital glek..glek..glek...dengan harga yang katanya mungkin akan bersaing dengan mega pro.
indomi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15

Post by indomi »

Bro p4nd4, makasih bgt yah penjelasannya. Crystal clear!
p4nd4 wrote: Bro PPN BM adalah PPN Barang Mewah beda lagi dengan PPN trus Bea Masuk

PPN 10% ini pasti sudah dikenakan....
trus PPN BM ini yang untuk motor 250cc ke bawah tidak dikenakan...
trus Bea Masuk ini tergantung dari apakah ada perjanjian antara kedua negara tidak.

untuk Indonesia dengan Thailang ada perjanjiannya cuman gw lupa apakah 0% apa 5%..

jadi contoh perhitungan kasar yah kalo CBR 150 di Thailand di Jual 16juta kalo kita import dengan harga :

harga motor : 16 jt
ppn 10% : 1,6jt
bea masuk katakanlah 5% (perkiraan) = 0.8jt

jadi total adalah 18,4jt

tambahkanlah profit dari importir katakanlah 25% = 4jt

jadi total harga adalah 22,4jt

apakah selesai ? tidak...

kenapa ? karena IU kalo mau import motor honda harus minta izin dari AHM selaku ATPM honda di Indonesia jadi orang laen tidak boleh memasukkan motor honda ke Indonesia tanpa persetujuan mereka

jadi gimana ? yahh bayar royalti ke AHM besarnya tentu saja tidak kita ketahui tapi kalo kita ambil perkiraan lagi sebesar 25% = 4 jt lagi

total harga CBR 150 sudah mencapai 26,4jt

tanya lagi apakah ini sudah selesai ? belom lagi...

kenapa belummm ? karena begitu kontainer masuk ke pelabuhan dikenakan gw lupa apakah 20jt atau 40jt untuk 1 kontainer...harganya juga tergantung dari produk jadi 1 kontainer motor biayanya beda dengan 1 kontainer pakaian....

belum lagi jasa pelabuhan, handling fee, biaya penumpukan dll.....

jadi masuk akal toh kalo cbr 150 yang harga 16jt bisa sampe 30 jt di Indonesia....?

Tapi perhitungan tadi hanya kasar yahh jadi tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnyaa.....
Paling enak migoreng sama sambel abc ;)
indomi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15

Post by indomi »

p4nd4 wrote:
kabar terakhir dari bajaj : untuk tahap pertama mereka akan import dulu kemudian mereka akan melakukan produksi dari pabrik proton menunggu pabrik di Indonesia bisa produksi secara massal...
Apakah ini menjawab sepekulasi bahwa Proton Indonesia menjual pabriknya ke Bajaj?

sorry rada melenceng dari topic nih pertanyaannya.
Paling enak migoreng sama sambel abc ;)
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

indomi wrote:Apakah ini menjawab sepekulasi bahwa Proton Indonesia menjual pabriknya ke Bajaj?
dari berita yang pernah gw baca sih mereka menyangkal dan Bajaj pun katanya cuman 'menyewa' menunggu pabrik mereka benar-benar selesai bro...
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

LIat lagi ahh si pulsar.....mepertimbangkan mau jual thunder trus beli pulsar gimana yaaaaaa