Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by genisukma »

Dear all, mohon saran :

2 unit kendaraan operasional saya : Strada km. 175 ribu & Fortuner diesel km.mendekati 110 ribu;
1. Perlukah dilakukan engine flush setelah menempuh jarak tsb ? ( saat ini tdk ada keluhan pada engine & sejak beli ( baru ) tidak pernah dilakukan engine Flush ).

2. Bila mana dianggap perlu, mohon saran utk merk engin flush yg cocok.

terima kasih atas tanggapan nya.

NOTE : ada yg sdh pernah gunakan oli ( mesin - gardan - transmisi & additive ) merk LUCAS - USA ??
Mohon review.
Utk wilayah Surabaya, lagi promo di AJBS -jln Ratna
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

mungkin gak di dalam mesin ada gumpalan kerak karbon, sehingga perlu engine flush?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

1. Kalau selama ini pakai oli yg berkualitas dan ganti olinya gak kejauhan baik dr segi jarak maupun durasi waktu sih gak perlu lah. Oli2 zaman skg kadar detergent-nya kuat2, apalagi yg API CI-4

Utk Strada yg jalan 175 rb Km itu Strada L200 atau Triton ? Kalo triton sgt disarankan bersihkan katup EGR dan Intake manifold-nya

Buat review Lucas oil bisa ke web PQIA
genisukma wrote:Dear all, mohon saran :

2 unit kendaraan operasional saya : Strada km. 175 ribu & Fortuner diesel km.mendekati 110 ribu;
1. Perlukah dilakukan engine flush setelah menempuh jarak tsb ? ( saat ini tdk ada keluhan pada engine & sejak beli ( baru ) tidak pernah dilakukan engine Flush ).

2. Bila mana dianggap perlu, mohon saran utk merk engin flush yg cocok.

terima kasih atas tanggapan nya.

NOTE : ada yg sdh pernah gunakan oli ( mesin - gardan - transmisi & additive ) merk LUCAS - USA ??
Mohon review.
Utk wilayah Surabaya, lagi promo di AJBS -jln Ratna
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

HX-8 ganti 6 bulan sekali apa dlm 6 bulan jalannya 10 - 15 rb Km pak ?

Amosil OE bisa lihat reviewnya di BITOG, spt nya agak meragukan yah since ada yg pake jalan 4334 Mile aja udah babak belur saat test UOA.
wenD wrote:Sepertiny hx8 menjanjikan utk yg ganti oli per 6 bln ya...

Btw,,, ada yg pernah review amsoil OE 5w-30 nggk ya?
Pengen tau versi org indo dan SMers disini gmn...
* Bukan ajakan Beli *
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wenD »

6bln sekali tanpa melihat KM om :)

Wah,,, seram euy amsoil yg OE... Menurunkan pamor amsoil nih
genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by genisukma »

@ Pak Turboman :
STrada nya adl yg versi L200 ( thn 2005 )
Kedua kendaraan tsb pernah menggunakan oli Motul, MObil 1, Caltex, Idemitsu & bbrp merk dunia lain nya; 2 thn terakhir lbh sering menggunakan merk CASTROL serta bbrp kali saya tambahin additive OMEGA 909 dgn perbandingan 1 : 20 ( sesuai saran omega tsb );
Penggantian oli mesin selalu setiap 10 rb km + ganti filter oli;
Service rutin ( engine Tune up ) setiap 10 rb km juga di beRes ( sehingga history kend. tsb cukup baik );

Dari komen anda, saya simpulkan bahwa kedua kend saya tsb tdk perlu di " ENGINE FLUSH ";
Apakah demikian pak Turboman ?
Thanks
Turboman wrote:1. Kalau selama ini pakai oli yg berkualitas dan ganti olinya gak kejauhan baik dr segi jarak maupun durasi waktu sih gak perlu lah. Oli2 zaman skg kadar detergent-nya kuat2, apalagi yg API CI-4

Utk Strada yg jalan 175 rb Km itu Strada L200 atau Triton ? Kalo triton sgt disarankan bersihkan katup EGR dan Intake manifold-nya

Buat review Lucas oil bisa ke web PQIA
genisukma wrote:Dear all, mohon saran :

2 unit kendaraan operasional saya : Strada km. 175 ribu & Fortuner diesel km.mendekati 110 ribu;
1. Perlukah dilakukan engine flush setelah menempuh jarak tsb ? ( saat ini tdk ada keluhan pada engine & sejak beli ( baru ) tidak pernah dilakukan engine Flush ).

2. Bila mana dianggap perlu, mohon saran utk merk engin flush yg cocok.

terima kasih atas tanggapan nya.

NOTE : ada yg sdh pernah gunakan oli ( mesin - gardan - transmisi & additive ) merk LUCAS - USA ??
Mohon review.
Utk wilayah Surabaya, lagi promo di AJBS -jln Ratna
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

10 rb Km asal gak lebih dr 8-9 bulan yah gpp

Oli oli yg selama ini dipakai yg API CI-4 ?

mestinya sih gak perlu di flush yah.......paling kalau mau lakukan soft flush :
- Tuang 300 cc Marvel Mistery Oil ke oli mesin pada 1000 - 500 Km menjelang ganti oli

MMO itu soft flush, dia juga membantu membersihkan endapan2 pada mesin
genisukma wrote:@ Pak Turboman :
STrada nya adl yg versi L200 ( thn 2005 )
Kedua kendaraan tsb pernah menggunakan oli Motul, MObil 1, Caltex, Idemitsu & bbrp merk dunia lain nya; 2 thn terakhir lbh sering menggunakan merk CASTROL serta bbrp kali saya tambahin additive OMEGA 909 dgn perbandingan 1 : 20 ( sesuai saran omega tsb );
Penggantian oli mesin selalu setiap 10 rb km + ganti filter oli;
Service rutin ( engine Tune up ) setiap 10 rb km juga di beRes ( sehingga history kend. tsb cukup baik );
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kalo mobil jarang jalan, oli Full Synth bisa ganti setiap 11 - 12 bulan
wenD wrote:6bln sekali tanpa melihat KM om :)

Wah,,, seram euy amsoil yg OE... Menurunkan pamor amsoil nih
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Ada yg pernah pakai ini?
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

imsus2c wrote:Ada yg pernah pakai ini?
Image
Ane blom pernah pakai yang seperti di gambar, tapi kalo Nano Energizer pernah he..he..he..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

ecco wrote:
imsus2c wrote:Ada yg pernah pakai ini?
Image
Ane blom pernah pakai yang seperti di gambar, tapi kalo Nano Energizer pernah he..he..he..
Yg ini Oil Additive, pak
Bukan Engine Additive, setau saya, Nano itu kan engine additive (semacam dulu ada merk Xado juga)

Liqui Moly kalau ngga salah juga keluarin produk semacam ini, nama dagangnya Ceratec
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

imsus2c wrote:
ecco wrote:
imsus2c wrote:Ada yg pernah pakai ini?
Image
Ane blom pernah pakai yang seperti di gambar, tapi kalo Nano Energizer pernah he..he..he..
Yg ini Oil Additive, pak
Bukan Engine Additive, setau saya, Nano itu kan engine additive (semacam dulu ada merk Xado juga)

Liqui Moly kalau ngga salah juga keluarin produk semacam ini, nama dagangnya Ceratec
Image
Image
Owh beda yah....maap, ijin nyimak dulu kalo gitu :)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

^^^
Sama pak...
Ini juga lagi duduk manis, siapa tau ada review yg pernah pakai :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

kalau ada bubuk keramiknya, berarti olinya jadi lebih kental seperti kuah kolak.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Konon Ceratec isinya :
Ammonium Molybdate 5419 ppm
Boron Nitride 359 ppm

Ceraetc 300 ml, kalo dilarutkan ke 3 L oli maka penambahan zat antiwear pada oli menjadi :
Moly 540 ppm
Bo Nitride 36 ppm

Kalo ke 6 L oli menjadi
Moly 270 ppm
Bo Nitride 18 ppm

Bisa baca2 review-nya di BiTog

kalo ane gak pernah pake jadi gak bisa komen

Utk pertimbangan aja :
Oli oli low SAPS / API SN juga banyak yg sudah ditambahkan Moly sebesar 100 - 150 ppm & Boron sbesar 50 - 100 ppm oleh si pabrik pembuatnya

Jadi ya bisa disimpulkan sendiri aja dah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

^^^
Numpang tanya lagi pak Turboman,

Apa ada efek negatifnya pakai oli dgn angka TBN terlalu tinggi (misalnya >10) untuk mesin bensin?
Meskipun itu mesin bensin mobil relatif berumur (<thn 2000)

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
anza
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Mar 14, 2008 14:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by anza »

permisi ya suhu2 mau nanya nich. :mky_01:

kalo oli Total 9000 5w-40 bs dipke di grand livina 1.5 ga ya? soalnya msh pny sisa stok di rmh.
trus baiknya ganti oli di brp bln / km pke oli ini? soalnya saya biasa jalan 10rb kurang lebih 1taon.

kmrn sudah servis 1rb tp olinya ga diganti. klo mnt dignt kna 300rb, pke NGO 10w-30..

mending sy gnt dl pke sisa stok it? atau mending tunggu 6bln (servis 10rb), msh dpt grts gnt oli nya?

terimakasih suhu2 sebelumnya.
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

Pak Turboman, setelah 3 tahun diaplikasikan API service SN, bagaimana apakah oli SN benar - benar aman untuk flat tappet cam tanpa mengurangi tujuan untuk mengurangi polusi, memperpanjang umur catalytic converter, & energy conserving oil?
Untuk mobil - mobil 2001 & sebelumnya apakah aman menggunakan oli SN atau tetap lebih baik menggunakan oli SL atau oli diesel?
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

imsus2c wrote:^^^
Sama pak...
Ini juga lagi duduk manis, siapa tau ada review yg pernah pakai :upss:
hmm...kayaknya gak ada yang pakai nih...apa perlu ane aja yang nyoba yak wkwkwkwkwk....tapi menurut saran Om Turbo, oli bagus gak usah pakai yang aneh2...apa beli trus masukin mobil adik ane aja yah... :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Bisa, no problem
anza wrote:permisi ya suhu2 mau nanya nich. :mky_01:

kalo oli Total 9000 5w-40 bs dipke di grand livina 1.5 ga ya? soalnya msh pny sisa stok di rmh.
trus baiknya ganti oli di brp bln / km pke oli ini? soalnya saya biasa jalan 10rb kurang lebih 1taon.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kalau bisa sih kita intip kandungan antiwear-nya dulu, ada oli API SN yg kandungan antiwearnya kayak oli API SL, tapi ada juga yg pas2-an spt oli API SM

Kalau mau yg antiwearnya agak banyak cari juga yg meet std ACEA A3 B3 / B4 misalnya, atau meet MB 229.1 atau yg API SN / SM / SL (backward compatible)
white_sportage wrote:Pak Turboman, setelah 3 tahun diaplikasikan API service SN, bagaimana apakah oli SN benar - benar aman untuk flat tappet cam tanpa mengurangi tujuan untuk mengurangi polusi, memperpanjang umur catalytic converter, & energy conserving oil?
Untuk mobil - mobil 2001 & sebelumnya apakah aman menggunakan oli SN atau tetap lebih baik menggunakan oli SL atau oli diesel?
* Bukan ajakan Beli *
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

Turboman wrote:Kalau bisa sih kita intip kandungan antiwear-nya dulu, ada oli API SN yg kandungan antiwearnya kayak oli API SL, tapi ada juga yg pas2-an spt oli API SM

Kalau mau yg antiwearnya agak banyak cari juga yg meet std ACEA A3 B3 / B4 misalnya, atau meet MB 229.1 atau yg API SN / SM / SL (backward compatible)
Bagaimana dengan Castrol Magnatec & Mobil1 Super 2000 / 1000?
Recommended gak untuk mobil buatan 2000 yang masih flat tappet cam?
Mobil1 Super 2000 / 1000 keluaran terbaru sudah API SN gak ya? Atau masih SM?
Kalau Castrol Magnatec, saya sudah lihat di Carrefour, sudah API SN untuk keluaran terbarunya.

Sebelumnya saya pakai Mobil1 Super 2000 / 1000 API SM, tapi setelah mendengar penjelasan dari Pak Turboman akhirnya ganti ke Meditran SX CH-4 selama 1 tahun terakhir ini.
Tapi lama - lama kepikiran juga, takut kandungan logamnya lama kelamaan merusak O2 sensor.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Buat mobil apa ?

Kalo oli2 merek Mobil / merek2 US bisa cek kandungan antiwearnya di web PQIA (google aja)

Hitung aja jumlah Zinc / Moly / Boron nah itulah kandungan antiwearnya, jika totalnya meet 1000 ppm maka bisa utk flat tappet.

Mobil Super 2000 itu bukan Mobil1 boss....Mobil1 ya Mobil1

Merek utamanya adalah Mobil, Mobil1 adalah sub brand khusus Full Synth

Kandungan Zinc tinggi gak merusak O2 sensor......Zinc yg tinggi meracuni Katalis....O2 sensor khan bukan katalis om & di kita gak ada mandatory kalo copot katalis kena denda.
white_sportage wrote:
Turboman wrote:Kalau bisa sih kita intip kandungan antiwear-nya dulu, ada oli API SN yg kandungan antiwearnya kayak oli API SL, tapi ada juga yg pas2-an spt oli API SM

Kalau mau yg antiwearnya agak banyak cari juga yg meet std ACEA A3 B3 / B4 misalnya, atau meet MB 229.1 atau yg API SN / SM / SL (backward compatible)
Bagaimana dengan Castrol Magnatec & Mobil1 Super 2000 / 1000?
Recommended gak untuk mobil buatan 2000 yang masih flat tappet cam?
Mobil1 Super 2000 / 1000 keluaran terbaru sudah API SN gak ya? Atau masih SM?
Kalau Castrol Magnatec, saya sudah lihat di Carrefour, sudah API SN untuk keluaran terbarunya.

Sebelumnya saya pakai Mobil1 Super 2000 / 1000 API SM, tapi setelah mendengar penjelasan dari Pak Turboman akhirnya ganti ke Meditran SX CH-4 selama 1 tahun terakhir ini.
Tapi lama - lama kepikiran juga, takut kandungan logamnya lama kelamaan merusak O2 sensor.
* Bukan ajakan Beli *
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

Buat KIA Sportage jadul.... :big_blushing:
Baru tau kalau Mobil & Mobil 1 itu produk yang berbeda... :mky_01:
Itu dia masalahnya Pak Turbo, untuk mencari kandungan phosphor, zinc, moly, & boron dari suatu produk oli sangat susah dapatnya.
Rata - rata data dari produsen oli baik MSDS maupun PDS hanya mencantumkan viscosity, pour point, flash point, & density.
Bagaimana caranya dapat info chemical composition-nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kalo oli oli merek US sih banyak di review di :

http://www.pqiamerica.com

sama sy juga biasanya intip2 di forum Bob is the Oil Guy, banyak member2 di sana yg melakukan pengetesan oli baru di lab, istilahnya VOA (Virgin Oil Analysis)

produk Mobil ber - API SN kalau yg Full synth / Semi Synth / mineral long drain spt Mobil 5000 itu kandungan antiwear-nya sekilas terlihat cukup oke yah, sekitar 950 - 1000 an ppm (total)....means bisa utk flat tappet.

Btw utk KIA Sportage gen.1 sih kalau yg gampang bisa pakai :
- Shell HX-7 Diesel yg ACEA B4 / MB 229.1 (mengejar kandungan antiwear-nya)
- HX-7 API SN
white_sportage wrote:Buat KIA Sportage jadul.... :big_blushing:
Baru tau kalau Mobil & Mobil 1 itu produk yang berbeda... :mky_01:
Itu dia masalahnya Pak Turbo, untuk mencari kandungan phosphor, zinc, moly, & boron dari suatu produk oli sangat susah dapatnya.
Rata - rata data dari produsen oli baik MSDS maupun PDS hanya mencantumkan viscosity, pour point, flash point, & density.
Bagaimana caranya dapat info chemical composition-nya?
* Bukan ajakan Beli *