Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AB1050 wrote:Btw, bung TS pernah punya / pakai mobil manual gak?? Atau dari pertama (bisa) nyetir mobil selalu matic?
sy perna pake manual cuma belum lancar, nah pas ganti ke matik sy belajar lagi jadi lancarnya di matik hehe
oiya kalo cuma kaki kanan aja, bukannya ngabisin waktu ya buat pindah dr gas ke rem ?
IMHO...
Om..klo nginjek rem pake kaki kiri dan gas masih manteng dikaki kanan putaran engine nggak turun..transmisi akan lambat menurunkan posisi gear karena masih ada input throttle ke ECU, mungkin bisa jadi input ini tabrakan dengan sensor brake switch yang digunakan ECU untuk membaca bahwa mobil sedang direm dan posisi gear haru diturunkan. Efek samping kerja jadi lebih berat karena saat direm power engine tetap keluar karena gas masih diinjak sehingga ECU tetap ngasih perintah ke injector untuk menyemprotkan BBM dan bisa saja dibaca engine bebannya berat sehingga sempotan BBM harus ditambah.
Klo rem diinjak pake kaki kiri begitu direm ECU perintahkan transmisi turunkan posisi gear sesuai perlambatan kecepatan (akibat ngerem) dan injector akan dikurangi semprotannya (durasi injeksi) atau bahkan di cut off. Lagian konsumsi BBM bisa jadi lebih boros.
Pengalaman ane pakai Cherokee dan Rush, tumit kaki kanan bisa diletakkan diantara kedua pedal sehingga nggak perlu angkat dan pindahin kaki klo ngerem maupun ngegas. Cukup putar telapak kaki ke kanan atau ke kiri. Memang perlu latihan sebelum terbiasa. Udah biasa malah nyaman dan nggak kagok lagi. Kaki kiri bisa santai di foot rest...Nggak usah khawatir mobil bakalan mundur di tanjakan (asal torque converter masih bagus / belum banyak kebocorannya/ selip), mobil bakalan diam aja atau yang kuat torsinya kayak diesel atau volume silinder besar malah bisa jalan pelan-pelan walaupun nggak digas di tanjakan.
Tapi tetap pelajari fitur transmisi matic, karakter mobil dan lakukan penyesuaian sampai terbiasa. Nggak sulit-syulit banget Om..
Thanks...
artoodetoo wrote:Numpang tanya juga.
Kalo mau pindah dari N ke D atau dari N ke R, apakah rem wajib diinjak? Posisi mobil yakin sudah benar2 berhenti tak bergerak sih
imho ambil aman nya aja oom......takut2 si mobil ga sengaja loncat khan ngeri jg tuh
mending kalo loncat trus nubruk tembok/kendaraan lain........lha kalo lolos dr parkiran gedung gimana tuh? hiiiii serem
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
artoodetoo wrote:Numpang tanya juga.
Kalo mau pindah dari N ke D atau dari N ke R, apakah rem wajib diinjak? Posisi mobil yakin sudah benar2 berhenti tak bergerak sih
imho ambil aman nya aja oom......takut2 si mobil ga sengaja loncat khan ngeri jg tuh
mending kalo loncat trus nubruk tembok/kendaraan lain........lha kalo lolos dr parkiran gedung gimana tuh? hiiiii serem
Ya kalo kondisi seperti itu memang mesti direm.
Katankanlah ini misalnya di lapangan luas gitu dan ndak ada mobil lain
Apakah kewajiban injak rem itu ada hubungannya secara teknis atau cuma masalah safety saja?
Hold itu gunanya utk menahan gear tertentu sesuai program transmosi.
Mjsalnya om qod lagi lewat jalan menanjak, rpm meningkat sementara kecepatan konstan... nah, transmjsi akan memilih gear yg sesuai dan mempertahankan gear itu alih2 pindah gear utk menurunkan rpm.
Pun sebaliknya, saat jalan menurun, transmisi akan menggunakan gear paling efisien drpd bernafsu mengganti gear sampe top gearnya yg bikin engine brake ga ada dan mobil meluncur...
Cmiiw...
*kalo ga salah ingat, di Hando ada yg namanya Shift Lock Control... atau Shift Hold ya...??? berguna juga buat jalan berliku2...*
lha......lantas apa beda nya dengan tuas transmisi yg berada di L atawa 2 oom klo tujuan nya hanya membuat gear tidak pindah?
sorry nih oom banyak nanya, jujur aja ane ga paham banyak soal metik..........
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
artoodetoo wrote:Numpang tanya juga.
Kalo mau pindah dari N ke D atau dari N ke R, apakah rem wajib diinjak? Posisi mobil yakin sudah benar2 berhenti tak bergerak sih