Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mau nanya nih om tante, biasanya saya pake mobil matik kaki kiri nginjak rem (pas ngerem aja) kaki kanan nginjak gas, nah cara itu betul gak ya ?soalnya kata temen saya itu salah, padahal saya udah terbiasa dgn cara saya tadi hehe kalo kaki kanan doang takutnya tiba2 harus rem mendadak kaki kanannya musti pindah dulu, udah gitu yg pedal remnya posisinya lebih nonjol ke depan
thanks
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
dengan metode salah seperti bro ts terbukti pacar ane kecelakaan karna kebiasaan pedal dua2nya di injek bareng sehingga kl pas lagi kurang kesadaran sampe ga nyadar yg keinjek adalah gas, yg bener adalah cukup kaki kana aja, lagian mobil metik kan hampir ga mungkin nyorosot kl uda masuk posisi D atw L, pdal rem emg di desain lebi maju biar ada feeling yg di injek tu rem, saran ane bro TS biasain bawa manual dulu baru metik biar kerasa feeling pedal2 nya,
AB1050 wrote:Btw, bung TS pernah punya / pakai mobil manual gak?? Atau dari pertama (bisa) nyetir mobil selalu matic?
sy perna pake manual cuma belum lancar, nah pas ganti ke matik sy belajar lagi jadi lancarnya di matik hehe
oiya kalo cuma kaki kanan aja, bukannya ngabisin waktu ya buat pindah dr gas ke rem ?
mungkin secara teori kaki kanan injak gas dan rem gantian, tapi kalau sudah terbiasa kaki kanan dan kiri juga gk masalah.
yang penting selalu dilatih sehingga reaksi bagus. justru kaki kanan kiri dipakai akan lebih mempercepat reaksi dalam keadaan darurat.
misalnya saja, teori mengerem depan di sepeda motor dengan disc brake, mengerem dengan 2 jari, telunjuk dan tengah, yang lain tetap menggenggam grip dengan tujuan kekuatan tangan menggenggam setang tetap ada. namun di keseharian, kadang cara tersebut tidak nyaman, karena kekuatan 2 jari tidak cukup, malah ada yang pakai jari terluar (jari manis dan kelingking). ada juga yang menarik tuas rem dengan semua jari, misalnya valentino rossi (kadang pakai 3-4 jari sekaligus).
dan nyatanya cara tersebut (tadinya disebut diluar teori) sekarang banyak ditiru.
ga masalah sih. di balap mobil f1, pedal rem justru diinjak dgn kaki kiri. yg susah itu mengubah dari kebiasaan injak dgn kaki kanan menjadi kaki kiri. krn klu belum terbiasa bakal kagok abis, bahkan cenderung bahaya.
tp normalnya memang pedal rem dan gas diinjak dgn kaki kanan bergantian, kaki kiri leha2 di footrest. klu pedal rem lebih nonjol, coba distel ulang. harusnya sih ga terlalu nonjol ya.
Kalau anda se-level pembalap F1 atau Valentino Rossi, berarti normal dan ngga masalah, nge-gas kaki kanan dan nge-rem kaki kiri
Tapi kalau masih pengemudi biasa, mendingan belajar nge-gas dan nge-rem yang "normal" saja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
AB1050 wrote:Btw, bung TS pernah punya / pakai mobil manual gak?? Atau dari pertama (bisa) nyetir mobil selalu matic?
sy perna pake manual cuma belum lancar, nah pas ganti ke matik sy belajar lagi jadi lancarnya di matik hehe
oiya kalo cuma kaki kanan aja, bukannya ngabisin waktu ya buat pindah dr gas ke rem ?
Pertanyaannya, seberapa lama utk pindahkan kaki kanan, dari pedal gas ke rem? Sudah pernah mengukur?
Kembali lagi, saat nyetir/ngegas (posisi belum/tidak nge-rem), posisi kaki kiri dimana? Tentunya di ruang kosong sebelah kiri pedal rem kan (atau foot rest)?
Atau jgn2 kaki kiri sdh standby numpang di pedal rem?
Nah, saat harus menge-rem, bukankah juga harus menggeser kaki kiri tadi ke pedal rem? Kira2 sama nggak waktunya dibanding saat mindah kaki kanan dari pedal gas ke pedal rem?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Sesuai dengan saran para senior di atas, sebaiknya pake cara yg normal saja, gas dan rem semua dioperasikan pake kaki kanan, kaki kiri istirahat.
Kaki kiri untuk ngerem itu kalo pake mobil balap atau gokart. Ane pernah mbalap pake gokart (waktu itu belum pernah pake mobil matic) ternyata bisa juga kok membiasakan diri ngerem pake kaki kiri walaupun biasanya ngerem pake kaki kanan. Tapi itu khan karena memang "terpaksa", ndak ada ruang untuk kaki kiri istirahat
Untuk mobil matic yg bener kaki kanan injek pedal gas dan rem. Kaki kiri istirahat aja di foot rest yg sudah disediakan.
Kalau kaki kanan di pedal gas dan kaki kiri di pedal rem, misalkan saat panic brake / kaget tiba2 mobil depan berhenti itu lebih bahaya krn bisa saja kedua kaki secara bersamaan injek rem dan gas. Yg ada mobil malah maju terus bukannya berhenti.
yg ga kalah penting soal injak pedal gas-rem adalah alas kaki yg dipakai. jgn sampe alas kaki nyangkut di salah satu pedal sehingga mengganggu. ini sangat berbahaya. saat hrs ngerem malah gagal gara2 sandalnya nyangkut.
soal alas kaki juga mempengaruhi kecepatan pindah dr pedal ke pedal lain. idealnya pakai sepatu bersol tipis dgn tumit membulat. jgn pakai sepatu berhak. klu pakai sandal, sebaiknya jgn pakai sandal jepit krn kemungkinan nyangkutnya besar sekali. apalagi bila sandalnya kebesaran. klu ga ada ya mending lepas saja. nyeker lebih baik krn indera kaki lgsg bersentuhan dgn pedal. jd pasti lebih sensitif dan ga mungkin nyangkut. dan jangan lupa kosongkan ruang kaki pengemudi dr segala macam benda yg bisa mengganggu (sandal, sepatu, karpet yg kebesaran dll)
cara yg berbahaya klo kaki kiri nginjak rem. lebih bahaya lagi klo kaki kiri nginjak gas...xixixixi (b'canda). harusnya kaki kiri diam aja, untuk menghindari ketidaksengajaan kaki kanan nginjak pedal gas saat ngerem.
Kalo udah terbiasa make manual pastinya bakalan kagok untuk make matic kayak ane. Pengalaman pribadi pas minjem mobil matic punya temen kagoknya pas mau mundur. Tau2 kaki kiri refleks nginjek pedal kopling. Padahal disitu kagak ada apa2
Btw permisi dulu deh ke TS nya, mumpung lagi bahas matic2an ane sekalian numpang nanya aja gpp ya
Rencana mau ambil matic buat bini, ada beberapa yang ane mau tanya soale bini belom bisa bawa mobil:
1. Kalo pertama kali belajar mobil langsung bawa matic kira2 bahaya ga? Atau kudu belajar manual dulu? Dulu sih bini pernah belajar manual di kursus mobil deket rumah tapi rasanya udah hilang ta berbekas tuh tekniknya.
2. Apa aja yang kudu diperhatikan saat pemula belajar mobil dengan transmisi matic?
Mamang555 wrote:Kalo udah terbiasa make manual pastinya bakalan kagok untuk make matic kayak ane. Pengalaman pribadi pas minjem mobil matic punya temen kagoknya pas mau mundur. Tau2 kaki kiri refleks nginjek pedal kopling. Padahal disitu kagak ada apa2
Btw permisi dulu deh ke TS nya, mumpung lagi bahas matic2an ane sekalian numpang nanya aja gpp ya
Rencana mau ambil matic buat bini, ada beberapa yang ane mau tanya soale bini belom bisa bawa mobil:
1. Kalo pertama kali belajar mobil langsung bawa matic kira2 bahaya ga? Atau kudu belajar manual dulu? Dulu sih bini pernah belajar manual di kursus mobil deket rumah tapi rasanya udah hilang ta berbekas tuh tekniknya.
2. Apa aja yang kudu diperhatikan saat pemula belajar mobil dengan transmisi matic?
Segitu aja deh
Soal belajar mobil ini memang masih terjadi silang pendapat.
Ada yg bilang mesti belajar manual dulu ada yg bilang langsung matic gpp.
Ya kalo ke depannya bakal bawa matic terus, ane pikir gpp langsung belajar matic.
Sekedar info, di Jepang ada SIM Mobil khusus matic. Pemilik SIM ini ndak boleh bawa mobil manual. Kalo punya SIM mobil manual, boleh bawa matic