Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

wiratmana wrote:Om Turbo, Saya masih ada stock oli Dexos2 5w-30, apakah bisa digunakan untuk mobil Terios saya? mohon pencerahan, terima kasih sebelumnya, Salam
Bisa, mestinya scr teoritis aman utk 7500 Km or Max 10 bulan

Dexos 2 konon ZDDP mmg spt API SM tapi ditambahkan Molybdenum dlm jumlah lumayan. (katanya yaa)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by OakTree25 »

Oom turbo..

mau tanya..untuk oli spek 5W-30..

yang bagus dan reccomended apa ya?..budget seliternya max 250ribu..
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

OakTree25 wrote:Oom turbo..

mau tanya..untuk oli spek 5W-30..

yang bagus dan reccomended apa ya?..budget seliternya max 250ribu..
Budget segitu sih bisa ambil :
- RedLine 5w30
- Amsoil AZO 0W-30
- Royal Purple 5W30

Nah cuman ini mobilnya require oli low SAPS demi Katalik atau enggak ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Barusan jalan2 ke sentra onderdil di Surabaya (Kedung doro), ada yg jual oli merk Unil Opal, kata yg jual sih sering dipakai komunitas pemakai mobil Eropa

Yg sintetis, 5w50, harganya terhitung miring, hanya sekitar 100rb/L

Ada yang pernah pakai?
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

imsus2c wrote:Barusan jalan2 ke sentra onderdil di Surabaya (Kedung doro), ada yg jual oli merk Unil Opal, kata yg jual sih sering dipakai komunitas pemakai mobil Eropa

Yg sintetis, 5w50, harganya terhitung miring, hanya sekitar 100rb/L

Ada yang pernah pakai?
sisa stok lama

cari yg 5W-40 aja

5W-50 sih berat donk ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by OakTree25 »

Hmm rencananya mau pakai di altis 2008 um..dan e300 avg 2011..

Gimana oom turbo? Cocok ngga?
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

OakTree25 wrote:Hmm rencananya mau pakai di altis 2008 um..dan e300 avg 2011..

Gimana oom turbo? Cocok ngga?
Altis bisa pakai Ams AZO 0W-30, dgn catatan kalau selama ini pakai 5W30 terus en gak pernah masalah....utk good deal hubungi aja htannis

Kalo e300 pakai M1 SAE 0W40 aja, krn comply ke MB 229.5 buat yg good deal hubungi pak Rudy di 0819800566
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by OakTree25 »

Waah..

Terima kasih banyak ya pak..

:)
Image
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Om Turbo,

nubie mohon pecerahannya nih, yaris matic 2010 KM 32000...pakai oli Royal Purple API License 5w-30 ok? atau kalau boleh rekomendasi oli terbaik buat yaris ane, harga bebas :).

sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
Awalnya abis tambah EA mobil rasanya ringan banget, suara juga halus, responsif banget...tapi oli kepenuhan (4L + 150ml EA)...
Baru serpis di Beres beberapa hari lalu, busi (standar) baru, air filter replacement baru, oli gak ganti tapi ganti filter oli...tapi lucunya abis service malah lebih gak enak (suara lebih kasar, kurang responsif)...cek dip stick, masih kira2 5mm diatas F...kata Beres lebih sedikit gak pa pa...ini ane yang bego atau Beres yang kurang beres yah....
oh iya, bahan bakar shell v-power...yang lebih kocak lagi...ini mobil kadang ngelitik...terutama setelah mesin panas...

thanks sebelumnya...mohon maaf kalo ada yang oot...
suhu2 lain juga kalo ada masukan monggo...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote:Barusan jalan2 ke sentra onderdil di Surabaya (Kedung doro), ada yg jual oli merk Unil Opal, kata yg jual sih sering dipakai komunitas pemakai mobil Eropa

Yg sintetis, 5w50, harganya terhitung miring, hanya sekitar 100rb/L

Ada yang pernah pakai?
sisa stok lama

cari yg 5W-40 aja

5W-50 sih berat donk ?
Betul pak, kayaknya memang oli spek lama nih
Dilihat lagi, API-nya masih SL/CF, MB-nya juga baru di 229.1

Kalau merknya sendiri (Unil Opal) gimana ya? Ada yg bisa kasih review?

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

jangan pernah isi oli lebih dr batas F

Yaris cocoknya pakai oli buntut 30

Oli gak perlu yg aneh2 (jangan liat merek / iklan ala tukang obat), lebih baik kita survey aja apa yg terkandung pada suatu oli

Buat yaris ya cukup pakai 5W30 Full Synth, kalau mau enak ya cari yg antiwear-nya sampe 1000 an ppm walau masuk API SN dimana ada kombinasi ZDDP + Moly / Boron / Ti

Kalo berani spend buat RP, sy sih lebih saranin ambil Amsoil AZO 0w30 aja, mumpung lagi ada promo, coba kontak Hendra Tannis

di bawahnya ada Redline 5W30

di bawahnya lagi ada Agip Sint Evolution 0W30 atau SHU AB / SHU 5W30

Oli bagus gak usah kasih2 additive lagi
ecco wrote:Om Turbo,

nubie mohon pecerahannya nih, yaris matic 2010 KM 32000...pakai oli Royal Purple API License 5w-30 ok? atau kalau boleh rekomendasi oli terbaik buat yaris ane, harga bebas :).

sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
Awalnya abis tambah EA mobil rasanya ringan banget, suara juga halus, responsif banget...tapi oli kepenuhan (4L + 150ml EA)...
Baru serpis di Beres beberapa hari lalu, busi (standar) baru, air filter replacement baru, oli gak ganti tapi ganti filter oli...tapi lucunya abis service malah lebih gak enak (suara lebih kasar, kurang responsif)...cek dip stick, masih kira2 5mm diatas F...kata Beres lebih sedikit gak pa pa...ini ane yang bego atau Beres yang kurang beres yah....
oh iya, bahan bakar shell v-power...yang lebih kocak lagi...ini mobil kadang ngelitik...terutama setelah mesin panas...

thanks sebelumnya...mohon maaf kalo ada yang oot...
suhu2 lain juga kalo ada masukan monggo...
* Bukan ajakan Beli *
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by limsandy »

ecco wrote: sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
:ungg:
Jadi dari km 6000 sampe 31000 gak pernah ganti oli? :roll:

Oli Royal Purple 5W-30 sih bagus banget buat yaris, mungkin sedikit overkill.

EA itu apa ya? Semacam oil addictive?
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by limsandy »

Batas oli mesin mah ngak pake F, adanya juga MIN dan MAX! :big_weee: :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ecco wrote: sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
dari 6000 ke 31.000 Km berarti jalan 25.000 Km yah......apakah 25.000 Km ditempuh dlm waktu tidak lebih dr 12 bulan ?

Lalu apakah setiap 10.000 Km lakukan penggantian filter oli ?

Kalo melihat cerita Yaris anda 2010 then anda gunakan oli mesin selama 2- 3 tahun tanpa diganti ?

Jika hal tsb benar, maka tinggal tunggu rontoknya aja tuh mesin........sebab sehebat apapun suatu oli mesin, dalam kurun waktu 18 bulan saja TBN nya pasti sudah drop banyak sekali (bahkan bisa sampai di bawah batas aman), viscosity kinematic juga akan drop............

Suatu jenis oli bisa saja dipakai sampai 20.000 Km asal memenuhi syarat di bawah :
- 20.000 Km dicapai tidak lebih dr 13 bulan
- 10.000 Km sekali filter olinya diganti.
- TBN awal oli tsb harus di atas 10 mg KOH
- BBM yg digunakan mengandung sulphur Max 50 ppm
- Penggunaan scr normal / mesin std.

Kadar sulphur BBM di Indonesia berapa yaa........
:big_weee:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Berarti sudah cocok nih..

Waktu dulu pakai oli semi-sintetis, saya cuma pakai 5000km atau 6 bulan, mana yg lebih dulu

Skrg pakai oli sintetis (kayaknya sih), berani pakai cuma 10.000km atau 10 bulan, mana lebih dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

limsandy wrote:
ecco wrote: sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
:ungg:
Jadi dari km 6000 sampe 31000 gak pernah ganti oli? :roll:

Oli Royal Purple 5W-30 sih bagus banget buat yaris, mungkin sedikit overkill.

EA itu apa ya? Semacam oil addictive?
Lupromax...? :e-think:

EA = Engine Additive

*produsen lupromax, Magna International, salah satu perusahaan OEM dan after market untuk industri otomotif
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Om Turbo

Thanks atas pencerahannya, ane terus terang agak kesel sama orang di BeRes - ane gak banyak komplain karena orangnya ramah...gak enak ati aja.
Oli ane yang Ebony Fine itu emang karena testimoni sopir n temen ane yang katanya ini Oli dewa banget (500rb seliter Om), dulu ane lebih gila lagi di Aerio sekali ampe 25000, pernah pakai sampe 30000KM gak pernah ganti di mobil yang sama untuk sampe dijual itu mobil gak jebol :D...

Boleh dapat kontak Hendra Tannis dong...

Ini oli motul langsung ane keluarin dah begitu dapat yang sesuai rekomendasi.

Thanks Om
Turboman wrote:jangan pernah isi oli lebih dr batas F

Yaris cocoknya pakai oli buntut 30

Oli gak perlu yg aneh2 (jangan liat merek / iklan ala tukang obat), lebih baik kita survey aja apa yg terkandung pada suatu oli

Buat yaris ya cukup pakai 5W30 Full Synth, kalau mau enak ya cari yg antiwear-nya sampe 1000 an ppm walau masuk API SN dimana ada kombinasi ZDDP + Moly / Boron / Ti

Kalo berani spend buat RP, sy sih lebih saranin ambil Amsoil AZO 0w30 aja, mumpung lagi ada promo, coba kontak Hendra Tannis

di bawahnya ada Redline 5W30

di bawahnya lagi ada Agip Sint Evolution 0W30 atau SHU AB / SHU 5W30

Oli bagus gak usah kasih2 additive lagi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Betul he..he..EA yang satu itu ...
Dan betul juga 6000 sampe 31000 gak pernah ganti Oli...dengan pede-nya... :big_slap:
imsus2c wrote:
limsandy wrote:
ecco wrote: sejak awal beli, di KM 6000 ganti ke Omega300 Ebony Fine 10w-40, trus baru ganti lagi minggu lalu KM 31000 ke Motul 6100+ 10w-40 ditambah EA yang pegang rekor muri itu he..he..
:ungg:
Jadi dari km 6000 sampe 31000 gak pernah ganti oli? :roll:

Oli Royal Purple 5W-30 sih bagus banget buat yaris, mungkin sedikit overkill.

EA itu apa ya? Semacam oil addictive?
Lupromax...? :e-think:

EA = Engine Additive

*produsen lupromax, Magna International, salah satu perusahaan OEM dan after market untuk industri otomotif
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

betul Om Turbo - masalahnya 25.000 itu ditempuh dalam waktu 2 tahun :D...
Seinget saya sih ganti filter oli di BeRes. Betul Om, 2 taon lebih gak ganti itu Oli... :frm_bang_head:

sayang baru nemu thread ini 2 hari lalu, padahal sering SR di SM ini :(...berhubung sekarang udah dapat pencerahan, boleh kasih saran gimana caranya supaya itu mesin gak rontok? soalnya blom punya duit yang cukup buat ganti mobil nih...cicilan baru lunas blom lama hiks....kalo ada ritual yang bisa dilakukan biar selamat dan sukur2 jadi fit lagi, ane bersedia lakuin Om .... :ungg:

Turboman wrote:
dari 6000 ke 31.000 Km berarti jalan 25.000 Km yah......apakah 25.000 Km ditempuh dlm waktu tidak lebih dr 12 bulan ?

Lalu apakah setiap 10.000 Km lakukan penggantian filter oli ?

Kalo melihat cerita Yaris anda 2010 then anda gunakan oli mesin selama 2- 3 tahun tanpa diganti ?

Jika hal tsb benar, maka tinggal tunggu rontoknya aja tuh mesin........sebab sehebat apapun suatu oli mesin, dalam kurun waktu 18 bulan saja TBN nya pasti sudah drop banyak sekali (bahkan bisa sampai di bawah batas aman), viscosity kinematic juga akan drop............

Suatu jenis oli bisa saja dipakai sampai 20.000 Km asal memenuhi syarat di bawah :
- 20.000 Km dicapai tidak lebih dr 13 bulan
- 10.000 Km sekali filter olinya diganti.
- TBN awal oli tsb harus di atas 10 mg KOH
- BBM yg digunakan mengandung sulphur Max 50 ppm
- Penggunaan scr normal / mesin std.

Kadar sulphur BBM di Indonesia berapa yaa........
:big_weee:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Om Turbo,

ane guling2 kebelakang nemu ini.
boleh tau contoh oli API CI-4? dan ritual make gimana yah? apakah isi penuh seperti ganti oli, atau cuman 1L?
Mohon pencerahannya Om...
Turboman wrote:
Engine flush ?

Kalo mesin masih prima, selama ini pakai oli bagus dan interval gak kelewat jauh maka Flushing gak perlu. Kalo mesin udah banyak endapan / daerah cam warna kuning, lebih baik coba pakai oli high detergent spt oli API CI-4 utk cleaning ketimbang pakai flush yg isinya mostly kerosene.

kalaupun suatu hari flushing, pastikan setelah oli + obat flush keluar, tuang 1 L oli mesran buat dorong total, jgn sampe sisa obat EF kecampur oli baru.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Gini deh :
Waktu buang oli yg jalan 25.000 Km itu bagaimana kondisi oli dilihat dr :
- Warna
- Berbuih / enggak ?
- Ada gram gram-nya gak ?

Kondisi filter oli yg dibuka bagaimana ? apakah ada terlihat sludge atau tidak ?

Tapi kalau misalnya saya menemukan kasus spt om sih maka saya akan lakukan :
- Buang oli
- Tuang Mesran super 3L + Engine flush + oli filter abal2, nyalakan mesin scr idle selama 30 - 40 menit
- Buang oli + tuang 1L Mesran super buat dorong sisa2 oli kotor keluar
- Masukkan oli Diesel 15W-40 API CI-4 dan pakai sekitar 2000 - 3000 Km utk pembersihan internal mesin (Detergent oli Diesel tinggi)
- Sehabis itu baru masukkan oli yg benar2 hendak dipakai

ecco wrote:betul Om Turbo - masalahnya 25.000 itu ditempuh dalam waktu 2 tahun :D...
Seinget saya sih ganti filter oli di BeRes. Betul Om, 2 taon lebih gak ganti itu Oli... :frm_bang_head:

sayang baru nemu thread ini 2 hari lalu, padahal sering SR di SM ini :(...berhubung sekarang udah dapat pencerahan, boleh kasih saran gimana caranya supaya itu mesin gak rontok? soalnya blom punya duit yang cukup buat ganti mobil nih...cicilan baru lunas blom lama hiks....kalo ada ritual yang bisa dilakukan biar selamat dan sukur2 jadi fit lagi, ane bersedia lakuin Om .... :ungg:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Om Turbo

kebetulan waktu buang oli yang 25.000KM itu ane di lokasi bengkel, penampakan:
- warna oli coklat (warna asli oli barunya emang coklat Om), jadi nggak ngerti juga perubahan warnanya
- dari pengamatan sih gak ada buih
- kalo gram-gram terus terang gak mengamati

nggak liat juga kondisi filter seperti apa, abis dicopot dibawa sama si mekanik.

Boleh pm kontak Hendra Tannis, mau ambil Amsoil om...buat nanti oli seriusnya setelah proses :off_good:
Turboman wrote:Gini deh :
Waktu buang oli yg jalan 25.000 Km itu bagaimana kondisi oli dilihat dr :
- Warna
- Berbuih / enggak ?
- Ada gram gram-nya gak ?

Kondisi filter oli yg dibuka bagaimana ? apakah ada terlihat sludge atau tidak ?

Tapi kalau misalnya saya menemukan kasus spt om sih maka saya akan lakukan :
- Buang oli
- Tuang Mesran super 3L + Engine flush + oli filter abal2, nyalakan mesin scr idle selama 30 - 40 menit
- Buang oli + tuang 1L Mesran super buat dorong sisa2 oli kotor keluar
- Masukkan oli Diesel 15W-40 API CI-4 dan pakai sekitar 2000 - 3000 Km utk pembersihan internal mesin (Detergent oli Diesel tinggi)
- Sehabis itu baru masukkan oli yg benar2 hendak dipakai

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Syukurlah kalau enggak ada buih

waktu oli keluar dr mesin itu sangat encer spt air atau sangat kental atau biasa aja ?

Waktu di baskom penampungan apakah ada terlihat warna aneh di oli gak atau warna olinya seragam ? kalo warna olinya spt warna oli bekas umumnya yg ganti 5000 an Km sih yah syukurlah.

Gram2 = ada terlihat partikel2 kecil memantulkan cahaya nggak di oli ? Juga bisa dilihat di baut karter oli.

Well, htannis tinggal dicari di trit Pajero sport aja, sering posting di sana dia.
ecco wrote:Om Turbo
kebetulan waktu buang oli yang 25.000KM itu ane di lokasi bengkel, penampakan:
- warna oli coklat (warna asli oli barunya emang coklat Om), jadi nggak ngerti juga perubahan warnanya
- dari pengamatan sih gak ada buih
- kalo gram-gram terus terang gak mengamati
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by OakTree25 »

Image
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Om Turbo

waktu oli keluar saya amati sih sepertinya sama aja dengan oli waktu masuk.
di baskom, karena itu bukan baskom bersih, sepertinya tercampur sama sisa oli bekas yang sebelumnya...warna sih terlihat ada yang kurang seragam deh sepertinya, gak tau karena oli ane atau karena baskom gak bersih.
partikel kecil yang memantulkan cahaya sih tidak terlihat yah...

semoga nggak parah itu mesin karena keteledoran...kemarin abis ganti oli kan ke BeRes, gak ada komentar apa2 sih dari BeRes waktu mereka ganti Oli Filter - bisa juga mereka gak perhatiin.
Nanti waktu ane buang ini Motul yang sekarang akan ane tampung dan perhatikan dengan seksama :)...

Kalau kondisi seperti yang ane utarakan, apakah bisa skip Engine Flush dan langsung pakai Oli Diesel? 2000-3000KM di mobil ane rada lama Om, bisa berbulan2...maklum jalan deket2 doang..

thanks atas pencerahannya... :frm_salut: lagi tunggu respon om Hendra

[quote="Turboman"]Syukurlah kalau enggak ada buih

waktu oli keluar dr mesin itu sangat encer spt air atau sangat kental atau biasa aja ?

Waktu di baskom penampungan apakah ada terlihat warna aneh di oli gak atau warna olinya seragam ? kalo warna olinya spt warna oli bekas umumnya yg ganti 5000 an Km sih yah syukurlah.

Gram2 = ada terlihat partikel2 kecil memantulkan cahaya nggak di oli ? Juga bisa dilihat di baut karter oli.

Well, htannis tinggal dicari di trit Pajero sport aja, sering posting di sana dia.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi