share captiva - PART 05
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: share captiva - PART 05
Om Evo bukannya udh ambil Grandis ya kemaren?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: share captiva - PART 05
Kayaknya minor facelift ya om...
Bokong nya sedap sekali dilihat... brake lamp nya keren...
Bokong nya sedap sekali dilihat... brake lamp nya keren...

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Grandis kan hibahan ccnya om evo, pasti doi bakal beli high tech SUV lagi tuh
Itu captiva versi korea om, kalo captiva indo kan based on Thailand. Tapi tailampnya sdh banyak yg pake lho di Indo

Itu captiva versi korea om, kalo captiva indo kan based on Thailand. Tapi tailampnya sdh banyak yg pake lho di Indo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 05
iya dah ganti grandis dulu um, butuh utk ngangkut keluarga besar soalnyaBelphegor wrote: Thank you om evo, spareparts belum tau ready / ngga, baru mau diclaim. Om evo ambil apa nih pengganti badak? Mending tunggu tahun depan aja, New Harrier 2014
kalo utk mobil mewah si ga dulu d um, masih sayang duitnya
kalo ngebayangin mobil suv sekarang, ada santa fe, cx5. dan bakal masuk forester 2.0 turbo, ford kuga(escape)
seru banget euy
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: share captiva - PART 05
Ga ada mslh nya bukan karena tunggu sampai ada mslh om.cheetose wrote:om jco, pengertian ga ada masalah menurut om jco sampai dimana dulu nih?, ga nunggu sampe mampet baru dibilang masalah kan?jco wrote:numpang sharing juga yah.
saya pakai yg FL dari baru isi nya bio + adiitif, ga ada masalah apa2 sih mnrt saya om. memang KM nya baru mau 15rb.
kl non FL awal pakai shell selama 1 bulanan trus beralih ke bio + adiitif, uda nyaris 3 tahun ga ada mslh di injector nya.
saya rasa badak bisa pakai bio kok om. + additif juga ga masalah.
cmiiw
soalnya saya ngerasa banget penurunan performa baik dari tenaga dan suara dan getarannya, makin kesini makin ga enak tarikan nya dan suara makin kasar, getaran juga makin kenceng.
segini aja saya selalu pakai setengah2 bio + dex/sheel dan ditambah CRC dari om jco, mungkin kl full bio lebih parah lg
jadi tunggu aja sampe mampet nih ya guys? ga perlu purging2 an?

Yg NFL saya aja uda full bio tanpa additif apa2, suara dan power masih sama , lom ada mslh seperti badak om.( mgkn saya kurang sensitif )
Badak lom pernah purging sama sekali.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Sep 11, 2012 12:54
Re: share captiva - PART 05
hwizzy wrote:Om Sting,
Garansi sudah abis.. udah lewat 3 tahun![]()
Waktu ganti oli kemarin sekalian kuras fuel tank, ganti fuel filter & oli, sekalian purging pakai L**i M**y. Trus isi full tank pertadex. ga banyak perubahannya. Mesin tetap pincang waktu stationer.
Technical Advisornya sih advise buat di bersihin dulu injectornya.
Om WK1, maunya juga gitu
Tapi pan di daerah saya waktu entu belum ada dispenser pertadex.
dikalibrasi ulang om...injektornya di ciputat diesel...biar tekanan di ke empat injektornya sama dan merata...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Maunya juga gitu, tp unit kan di Balikpapan dan beres di Balikpapan belum bisa melakukan pekerjaan injector cleaner. Jual mobilnya bisa, tp maintenancenya yang ga bisachevindo wrote:dikalibrasi ulang om...injektornya di ciputat diesel...biar tekanan di ke empat injektornya sama dan merata...

Usia mobil saya sudah 3 tahun, dan selama itu juga alatnya tidak kunjung tersedia. Mungkin tunggu sampai injectornya mampet dan mobilnya ga bisa dipakai baru deh, jualan injector

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: share captiva - PART 05
coba italian tune up aja om.hwizzy wrote:Maunya juga gitu, tp unit kan di Balikpapan dan beres di Balikpapan belum bisa melakukan pekerjaan injector cleaner. Jual mobilnya bisa, tp maintenancenya yang ga bisachevindo wrote:dikalibrasi ulang om...injektornya di ciputat diesel...biar tekanan di ke empat injektornya sama dan merata...![]()
Usia mobil saya sudah 3 tahun, dan selama itu juga alatnya tidak kunjung tersedia. Mungkin tunggu sampai injectornya mampet dan mobilnya ga bisa dipakai baru deh, jualan injector
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya

itu cara newbie yah om

cmiiw
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Thanks Om Jco,jco wrote: coba italian tune up aja om.
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya![]()
itu cara newbie yah om![]()
cmiiw
kemarin udah coba purging, pas kebetulan kuras tangki dan ganti fuel filter. Jadi cairan purging di tuang langsung ke dalam filter. Trus, isi pertadex full. memang berasa sedikit lebih responsif, tapi rpm tetap pincang waktu idle, getaran dan suaranya masih tetap ga berubah dari sebelum purging.
Kalau melakukan purging dalam waktu yang berdekatan ada potensi masalah yang mungkin timbul ga?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: share captiva - PART 05
Om Hwizzy,buka injector tidak susah dan tidak butuh alat khusus. Kalau beres GM ngak berani coba bawa ke mitsu, ford atau bengkel mesin diesel lain sebelum injector nya tewas .hwizzy wrote:Thanks Om Jco,jco wrote: coba italian tune up aja om.
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya![]()
itu cara newbie yah om![]()
cmiiw
kemarin udah coba purging, pas kebetulan kuras tangki dan ganti fuel filter. Jadi cairan purging di tuang langsung ke dalam filter. Trus, isi pertadex full. memang berasa sedikit lebih responsif, tapi rpm tetap pincang waktu idle, getaran dan suaranya masih tetap ga berubah dari sebelum purging.
Kalau melakukan purging dalam waktu yang berdekatan ada potensi masalah yang mungkin timbul ga?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Thanks Om Sting. Hasil dari googling2x ternyata ada bengkel spesialis untuk kalibrasi dan clean up injector di Balikpapansting wrote:Om Hwizzy,buka injector tidak susah dan tidak butuh alat khusus. Kalau beres GM ngak berani coba bawa ke mitsu, ford atau bengkel mesin diesel lain sebelum injector nya tewas .

Tadi sudah ngobrol dengan teknisinya, mungkin setelah lebaran baru di bawa ke bengkelnya.
Atau bisa juga di bawa ke mitsu atau ford, trus di foto dan posting dengan judul "chevrolet salah asuhan"

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: share captiva - PART 05
Ane liat waktu ctv di beres proses cepat dan tidak lama. Tidak ada turun mesin dll. Setelah bersihkan injector dan kalibrasi umunya satu paket. Proses kalibrasi jg sederhana dan cepat. Asal ngak kena injection ngak ada yg seriushwizzy wrote:Thanks Om Sting. Hasil dari googling2x ternyata ada bengkel spesialis untuk kalibrasi dan clean up injector di Balikpapansting wrote:Om Hwizzy,buka injector tidak susah dan tidak butuh alat khusus. Kalau beres GM ngak berani coba bawa ke mitsu, ford atau bengke9l mesin diesel lain sebelum injector nya tewas ..
Tadi sudah ngobrol dengan teknisinya, mungkin setelah lebaran baru di bawa ke bengkelnya.
Atau bisa juga di bawa ke mitsu atau ford, trus di foto dan posting dengan judul "chevrolet salah asuhan"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Berarti lebih kurang kayak rpm nya naik turun ketika idle ya?hwizzy wrote: maksudnya, mesinnya tersendat di rpm rendah / stationer Om.
Kalau berasap, di captiva saya sih bukan asap cumi2 yang hitam pekat Om, tapi asap mirip fogging atau asap sate dah.. tapi baunya uanjriitt.. uasemm tenan. Jangankan nyamuk, kalau ada orang disekitar juga pasti menjauh.
Oh ya, gimana caranya biar sensor ABS nya awet yah? Jangan bilang ngga usah dipake mobilnya yaMasa km br 24rb an sudah ganti ke-empat sensornya. 3 waktu masih garansi, 1 lagi setelah garansi habis
![]()
Anyway, dalam kondisi sehat, seneng banget dengan karakter tenaganya yang ngisi terus..
Betul gan, kalau baunya sih luar biasa asamnya, terutama kalau pakai 100% biosolar.
Sampai sekarang masih berasap sate Captiva nya?
Kurang tahu juga sih kok bisa sampai bermasalah ABSnya, sudah sering saya baca sih di thread Captiva kalau ABS nya bermasalah. Setahu saya kalau mau awet sih, harus dibersihkan ABS nya, cuma gak tahu lokasi persisnya dimana.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
sting wrote: Kalo yg ane ngalami saat idle rpm sesekali turun dan naik normal lagi. Kurang lebih drop seperti saat kompresor AC mobil bensin 1000 cc nyala
Kalau sampai rpmnya naik turun terus sih biasanya ada masalah di injectornya, kalau gak salah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
gaspol wrote: Asap fogging/asap sate berarti putih dong bro?pas lagi posisi idle atau lagi narik?
Badak ane dulu pake shell diesel,kalo lagi dipanasin pagi2 ngebul kyk fogging..coba pake dex ga ada asep kayak gitu akhirnya udah ga pernah nyentuh shell diesel lagiMungkin solar nya kurang bagus
Yaps dalam kondisi sehat nih badak enak beneer
Masa pakai Shell bisa sampai keluar asap? Asapnya warna apa gan?
Kalau saya punya waktu pakai full Biosolar, pas paginya di panasin gak ada nampak asap sama sekali.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
brantaqan wrote:Permisi gan, numpang nanya dong
kemaren ini ctv ane sne parkir di tanjakan, trus pas distarter cmn nyala skitar 2-3 detik trus mati... ane starter lg 2-3 dtk mati lg... ane mikirny gra2 di tanjakan jadi solar gk bisa naek ke mesin.. tp bukannya ada fuel pump yah?
semenjak kejadian ini, klo stop&go di tanjakan suka lost power walopun pake triptonic gigi 1, di gas mpe rpm 2000++ tp gk nanjak
pulangnya ane lewat tol, seperti biasa, ane tarik mpe 140+kmh n tiba2 ada bau karet atau plastik kebakar di dalem kabin padahal sistem AC sirkulasi udara dalem doang..
kira2 masalahnya apa yah?
n ada rekomen bengkel yg bagus gk yah slain beres?
CTV ane diesel 2009 awd
Bisa jadi Fuel Filternya yang udah tersumbat. Terakhir kali diganti kapan gan? Soalnya gejala2 yang disebutkan sih mirip dengan gejala kalau fuel filternya udah tersumbat, jadi pasokan solarnya terhambat.
Kalau masalah bau karet sih kurang tahu ya kenapa bisa begitu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Waduh, turut berduka ganBelphegor wrote:Analisa sementara: Turbo rusak![]()
Km baru 14rb, mobil jarang digeber dalkot, solar selalu lux, itupun ditambah CRC, sebelum matiin mesin selalu nunggu 10s. Kurang apalagi yah maintenance ane?![]()
Sampe2 punya pikiran pengen dijual ganti VW Tiguan nih, Golf berbentuk SUV

Agan punya yang tipe FL ya?
Yang VW Tiguan lumayan keren tampang depannya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
jco wrote:
coba italian tune up aja om.
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya![]()
itu cara newbie yah om![]()
cmiiw
Italian tune up lumayan efektif sih. Tapi saya gak tuangkan Liquimoly. Langsung digeber aja gitu. Terutama kalau udah sebulan gak digeber di rpm tinggi, pasti akan nampak asap hitam yang keluar, setelah beberapa saat (paling lama hari itu sekitar 100-300 meter gitu) asap hitamnya akan hilang.
Ada logikanya juga sih, dari yang saya baca, ketika idle ataupun kondisi pemakaian normal, tekanan dari injector "cuma" berkisar 300-500 bar. Namun ketika diakselerasi yang kencang, tekanan injectornya akan naik sampai tingkat maksimal. Kalau di tipe FL berarti bisa sampai 1800 bar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Oh.. iya. Ada yang punya link untuk Chevrolet Service Manual?
Saya lupa user mana yang hari itu pernah upload di kaskus. Saya coba link yang dikasih hari itu udah gak bisa pakai. Padahal itu berguna sekali untuk mengecek sendiri ataupun belajar membuka bagian interior untuk sendiri atasi bunyi2 yang muncul di interior.
Saya lupa user mana yang hari itu pernah upload di kaskus. Saya coba link yang dikasih hari itu udah gak bisa pakai. Padahal itu berguna sekali untuk mengecek sendiri ataupun belajar membuka bagian interior untuk sendiri atasi bunyi2 yang muncul di interior.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: share captiva - PART 05
Om kesimpulan yg ane dapatkan penguna biosolar yg suka geber rpm tingg atau yg tambah throttle modul yg banyak kena injector nyawllaw2 wrote:jco wrote:
coba italian tune up aja om.
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya![]()
itu cara newbie yah om![]()
cmiiw
Italian tune up lumayan efektif sih. Tapi saya gak tuangkan Liquimoly. Langsung digeber aja gitu. Terutama kalau udah sebulan gak digeber di rpm tinggi, pasti akan nampak asap hitam yang keluar, setelah beberapa saat (paling lama hari itu sekitar 100-300 meter gitu) asap hitamnya akan hilang.
Ada logikanya juga sih, dari yang saya baca, ketika idle ataupun kondisi pemakaian normal, tekanan dari injector "cuma" berkisar 300-500 bar. Namun ketika diakselerasi yang kencang, tekanan injectornya akan naik sampai tingkat maksimal. Kalau di tipe FL berarti bisa sampai 1800 bar.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 05
Om hwizzy, kalau purging dengan cara tuang cairan purging ke dalam filter sepertinya kurang efektif, karena sebagian besar cairannya (berikut kotoran) bakal balik ke tangki, jadi konsentarsinya tidak tinggi lagi kecampur solar di tangki dan bikin kotor fuel filter. Lebih efek kalau cairannya di tuang di botol yg seakan2 jadi tangki kecil, saluran solar ke mesin dan ke tangki (bisa ditambah fuel filter tambahan) dicelup di dalam botol itu. Info yg saya dapat dari beres, untuk purging vcdi FL mereka pakai alat yg fungsinya seperti fuel pump dan ada fuel filternya.hwizzy wrote:Thanks Om Jco,jco wrote: coba italian tune up aja om.
kl cara saya tuangkan liqui moly di tangki solar atau di filter solar (ini saya coba di mobil lain, lom pernah di badak karena buka rumah filter nya lumayan sulit), trus saya geber kendaraan nya atau bawa lari kencang sampai mesin meraung2, habis itu idle kan beberapa saat.
coba aja perhatikan perbedaan nya![]()
itu cara newbie yah om![]()
cmiiw
kemarin udah coba purging, pas kebetulan kuras tangki dan ganti fuel filter. Jadi cairan purging di tuang langsung ke dalam filter. Trus, isi pertadex full. memang berasa sedikit lebih responsif, tapi rpm tetap pincang waktu idle, getaran dan suaranya masih tetap ga berubah dari sebelum purging.
Kalau melakukan purging dalam waktu yang berdekatan ada potensi masalah yang mungkin timbul ga?
Kalau rpm pincang hanya pas idle, mungkin bisa check egr valve nya, kalau tidak tertutup rapat seperti seharusnya sewaktu idle, bisa seperti itu gejalanya. Sewaktu jalan valvenya memang terbuka jadi ga begitu berasa ada masalah. Kalau injector bermasalah, waktu jalan biasanya berasa ada yang ga normal.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: share captiva - PART 05
Asap putih bro..makanya ane udah males pake shell diesel,lebih baik dex ajawllaw2 wrote:gaspol wrote: Asap fogging/asap sate berarti putih dong bro?pas lagi posisi idle atau lagi narik?
Badak ane dulu pake shell diesel,kalo lagi dipanasin pagi2 ngebul kyk fogging..coba pake dex ga ada asep kayak gitu akhirnya udah ga pernah nyentuh shell diesel lagiMungkin solar nya kurang bagus
Yaps dalam kondisi sehat nih badak enak beneer
Masa pakai Shell bisa sampai keluar asap? Asapnya warna apa gan?
Kalau saya punya waktu pakai full Biosolar, pas paginya di panasin gak ada nampak asap sama sekali.

Pernah pake full biosolar juga ga ada asep sama sekali bro..
Di beres andalan PI udah 3-4x nanganin badak non fl yg pincang mesinnya gara2 diisi shell diesel....hemm
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Kok bisa begitu gan? Kalau saya sendiri sih gebernya bukan tiap kali bawa. Rata2 tiap minggu sekali gitu aja untuk italian tune up. Sampai sekarang sih 18.000an km belum ada masalah sih.sting wrote: Om kesimpulan yg ane dapatkan penguna biosolar yg suka geber rpm tingg atau yg tambah throttle modul yg banyak kena injector nya