^^^
sama sama pak...
mgkn akhir2 ini, rotasi yg melibatkan ban serep sudah jarang dilakukan, mengingat sudah advance-nya teknologi. Jadi kalau ban ga rusak total, biasanya cuman ditambal atau dikasih alat darurat penambal ban yg sekarang banyak dipakai.
lagipula, banyak pemilik mobil sekarang yg sudah ganti roda (ban+velg) aftermarket, dan ini umumnya berharga cukup mahal. yg saya amati, jarang mereka mau anggarkan untuk serep full size dgn ukuran (dan velg) yg sama....mahalll...
makanya sering kita lihat, umumnya velg aftermarket dijual per set 4 pcs.
memang, konon ban jika dipakai akan lebih awet dan lentur jika hanya didiamkan saja (macam ban serep abadi).
Efek jelek dari rotasi mengikutkan ban serep? hmm.... kayaknya cuman 1 pak...
kalau seluruh ban dirotasi, umurnya memang lebih lama tapi ausnya pasti kan juga sama....
artinya...sekali ganti ban minimum harus 4 biji, kalau mau dengan serepnya ya 5 biji.....engga bisa nyicil karena ausnya sama....
