Gan, maksudnya dari rpm pincang itu gimana ya?sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain
Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain
Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
share captiva - PART 05
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Yup, kalau gak salah yang FL 1800 bar, yang non FL 1600 bar.DOHC wrote:FRP nya badak FL kann jauh lebi tinggi dari yg non FL kan yahh... power nya aja beda gt...
pantesan di web KTB aja dakar ditulis low pressure...![]()
![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 05
Meski belum tahu karena faktor Biosolar atau karena kotoran yang tercampur dengan Biosolar yang menjadi penyebabnya. Tapi sampai sekarang, saya belum pernah lihat Captiva baik FL maupun non FL yang asapnya mengepul hitam pekat. Yang paling banyak saya lihat sih Pajero Sport terutama yang versi Dakar, asap hitam pekatnya mengerikan.
Paling bersih sih ya Innova, Fortuner gitu. Cuma kalau yang gak ada perawatannya, bakal nampak asap hitam kayak tipikal Panther. Tapi kalau Panther yang perawatannya rutin, asap nya pun jadi gak nampak.
Paling bersih sih ya Innova, Fortuner gitu. Cuma kalau yang gak ada perawatannya, bakal nampak asap hitam kayak tipikal Panther. Tapi kalau Panther yang perawatannya rutin, asap nya pun jadi gak nampak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
maksudnya, mesinnya tersendat di rpm rendah / stationer Om.wllaw2 wrote: Gan, maksudnya dari rpm pincang itu gimana ya?
Kalau berasap, di captiva saya sih bukan asap cumi2 yang hitam pekat Om, tapi asap mirip fogging atau asap sate dah.. tapi baunya uanjriitt.. uasemm tenan. Jangankan nyamuk, kalau ada orang disekitar juga pasti menjauh.

Oh ya, gimana caranya biar sensor ABS nya awet yah? Jangan bilang ngga usah dipake mobilnya ya


Anyway, dalam kondisi sehat, seneng banget dengan karakter tenaganya yang ngisi terus..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: share captiva - PART 05
Om secara ane bolak balik di beres kemaren ane di kasih tahu ctv non fl banyak masalah di sensor2 elektrik yg mana hal ini tdk terjadi di ctv fl salah satu penyebab nya grounding fl lebih bagus. Coba saja benahi grounding nyahwizzy wrote:maksudnya, mesinnya tersendat di rpm rendah / stationer Om.wllaw2 wrote: Gan, maksudnya dari rpm pincang itu gimana ya?
Kalau berasap, di captiva saya sih bukan asap cumi2 yang hitam pekat Om, tapi asap mirip fogging atau asap sate dah.. tapi baunya uanjriitt.. uasemm tenan. Jangankan nyamuk, kalau ada orang disekitar juga pasti menjauh.
Oh ya, gimana caranya biar sensor ABS nya awet yah? Jangan bilang ngga usah dipake mobilnya yaMasa km br 24rb an sudah ganti ke-empat sensornya. 3 waktu masih garansi, 1 lagi setelah garansi habis
![]()
Anyway, dalam kondisi sehat, seneng banget dengan karakter tenaganya yang ngisi terus..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: share captiva - PART 05
Kalo yg ane ngalami saat idle rpm sesekali turun dan naik normal lagi. Kurang lebih drop seperti saat kompresor AC mobil bensin 1000 cc nyalawllaw2 wrote:Gan, maksudnya dari rpm pincang itu gimana ya?sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain
Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain
Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: share captiva - PART 05
Asap fogging/asap sate berarti putih dong bro?pas lagi posisi idle atau lagi narik?hwizzy wrote:maksudnya, mesinnya tersendat di rpm rendah / stationer Om.wllaw2 wrote: Gan, maksudnya dari rpm pincang itu gimana ya?
Kalau berasap, di captiva saya sih bukan asap cumi2 yang hitam pekat Om, tapi asap mirip fogging atau asap sate dah.. tapi baunya uanjriitt.. uasemm tenan. Jangankan nyamuk, kalau ada orang disekitar juga pasti menjauh.
Oh ya, gimana caranya biar sensor ABS nya awet yah? Jangan bilang ngga usah dipake mobilnya yaMasa km br 24rb an sudah ganti ke-empat sensornya. 3 waktu masih garansi, 1 lagi setelah garansi habis
![]()
Anyway, dalam kondisi sehat, seneng banget dengan karakter tenaganya yang ngisi terus..
Badak ane dulu pake shell diesel,kalo lagi dipanasin pagi2 ngebul kyk fogging..coba pake dex ga ada asep kayak gitu akhirnya udah ga pernah nyentuh shell diesel lagi

Yaps dalam kondisi sehat nih badak enak beneer

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 05
Dulu ane langganan total, berasa paling ngisi sejak dr rpm rendah
Asap sangat tipis tp kalo sebulan ga pernah digeber, sekalinya di geber tetep keluar asep guritanya
Tp digeber ke2 x dah bersih
Asap sangat tipis tp kalo sebulan ga pernah digeber, sekalinya di geber tetep keluar asep guritanya
Tp digeber ke2 x dah bersih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 05
Spin turbo nya tekanan brapa psi ada info um?WK1 wrote:Kalo Spin ane rasa bisa pake bio, krn tekanan injectornya jauh lebih kecil, jadi pengabutan solar lebih kasar, dimana biosolar bisa dgn mudah lewat...tp kalo CTV ga ada ampun deh..mesti pake Solar LUX. Mo kata bio dipakein minyak urut kek, mo dipakein redline / crc sebotol kek, ga bakal ngaruh....
Kalo udah mesti bongkar2 injector spt om Evo alamin, buang waktu, tenaga dan keyakinan kita ( kalo tuh mobil bakal sip spt baru lagi...), mending Solar LUX deh dr awal....
Ini pendapat ane ya...
Ane dah cobain tu mobil beneran enak. Dengernya jg irit banget lg..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 05
Kalo ga salah baca sekitar 1350 psi
Turbo nya juga bukan VGT, tapi turbo konvensional...mirip innova diesel.
Turbo nya juga bukan VGT, tapi turbo konvensional...mirip innova diesel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Halo om2, update terbaru, badak ane skrg terpaksa nginep di beres, engine check dan lampu service nyala, turbo ga spool, ga ada tenaga. Ada indikasi rusak di turbo atau di jalurnya, will update soon.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Turut prihatin dengan badaknya Om. Indikasi awal sebelum turbonya bermasalah apa ya? Apakah suara desingan turbonya terdengar cukup kencang?Belphegor wrote:Halo om2, update terbaru, badak ane skrg terpaksa nginep di beres, engine check dan lampu service nyala, turbo ga spool, ga ada tenaga. Ada indikasi rusak di turbo atau di jalurnya, will update soon.
Di tunggu updatenya Om

Last edited by hwizzy on Mon Jul 29, 2013 8:57, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Om Sting, jika masalahnya di grounding, apakah dengan mengganti cable ground dengan kualitas yang lebih bagus atau bisa dilakukan dengan pemasangan voltage stabilizer seperti X**S?sting wrote:Om secara ane bolak balik di beres kemaren ane di kasih tahu ctv non fl banyak masalah di sensor2 elektrik yg mana hal ini tdk terjadi di ctv fl salah satu penyebab nya grounding fl lebih bagus. Coba saja benahi grounding nya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jun 11, 2013 18:19
Re: share captiva - PART 05
Permisi gan, numpang nanya dong
kemaren ini ctv ane sne parkir di tanjakan, trus pas distarter cmn nyala skitar 2-3 detik trus mati... ane starter lg 2-3 dtk mati lg... ane mikirny gra2 di tanjakan jadi solar gk bisa naek ke mesin.. tp bukannya ada fuel pump yah?
semenjak kejadian ini, klo stop&go di tanjakan suka lost power walopun pake triptonic gigi 1, di gas mpe rpm 2000++ tp gk nanjak
pulangnya ane lewat tol, seperti biasa, ane tarik mpe 140+kmh n tiba2 ada bau karet atau plastik kebakar di dalem kabin padahal sistem AC sirkulasi udara dalem doang..
kira2 masalahnya apa yah?
n ada rekomen bengkel yg bagus gk yah slain beres?
CTV ane diesel 2009 awd
kemaren ini ctv ane sne parkir di tanjakan, trus pas distarter cmn nyala skitar 2-3 detik trus mati... ane starter lg 2-3 dtk mati lg... ane mikirny gra2 di tanjakan jadi solar gk bisa naek ke mesin.. tp bukannya ada fuel pump yah?
semenjak kejadian ini, klo stop&go di tanjakan suka lost power walopun pake triptonic gigi 1, di gas mpe rpm 2000++ tp gk nanjak
pulangnya ane lewat tol, seperti biasa, ane tarik mpe 140+kmh n tiba2 ada bau karet atau plastik kebakar di dalem kabin padahal sistem AC sirkulasi udara dalem doang..
kira2 masalahnya apa yah?
n ada rekomen bengkel yg bagus gk yah slain beres?
CTV ane diesel 2009 awd
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 05
Waduh kok bs gitu, diupdate terus perkembangannya ya umBelphegor wrote:Halo om2, update terbaru, badak ane skrg terpaksa nginep di beres, engine check dan lampu service nyala, turbo ga spool, ga ada tenaga. Ada indikasi rusak di turbo atau di jalurnya, will update soon.
Abis itu jual aja d ganti cx5 / bentar lg ford kuga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Analisa sementara: Turbo rusak
Km baru 14rb, mobil jarang digeber dalkot, solar selalu lux, itupun ditambah CRC, sebelum matiin mesin selalu nunggu 10s. Kurang apalagi yah maintenance ane?
Sampe2 punya pikiran pengen dijual ganti VW Tiguan nih, Golf berbentuk SUV

Km baru 14rb, mobil jarang digeber dalkot, solar selalu lux, itupun ditambah CRC, sebelum matiin mesin selalu nunggu 10s. Kurang apalagi yah maintenance ane?

Sampe2 punya pikiran pengen dijual ganti VW Tiguan nih, Golf berbentuk SUV

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Mungkin harus di purging n injector cleaning itu om, coba bawa ke beres aja untuk dicek, atau kalo udah abis masa warranty, bawa ke bengkel khusus diesel seperti Untung Diesel di daerah Jakutbrantaqan wrote:Permisi gan, numpang nanya dong
kemaren ini ctv ane sne parkir di tanjakan, trus pas distarter cmn nyala skitar 2-3 detik trus mati... ane starter lg 2-3 dtk mati lg... ane mikirny gra2 di tanjakan jadi solar gk bisa naek ke mesin.. tp bukannya ada fuel pump yah?
semenjak kejadian ini, klo stop&go di tanjakan suka lost power walopun pake triptonic gigi 1, di gas mpe rpm 2000++ tp gk nanjak
pulangnya ane lewat tol, seperti biasa, ane tarik mpe 140+kmh n tiba2 ada bau karet atau plastik kebakar di dalem kabin padahal sistem AC sirkulasi udara dalem doang..
kira2 masalahnya apa yah?
n ada rekomen bengkel yg bagus gk yah slain beres?
CTV ane diesel 2009 awd
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 05
bro cheetose.. mobil kita kalo ga salah mirip2 angkatan maret-april 2012 ya?cheetose wrote:om jco, pengertian ga ada masalah menurut om jco sampai dimana dulu nih?, ga nunggu sampe mampet baru dibilang masalah kan?jco wrote:numpang sharing juga yah.
saya pakai yg FL dari baru isi nya bio + adiitif, ga ada masalah apa2 sih mnrt saya om. memang KM nya baru mau 15rb.
kl non FL awal pakai shell selama 1 bulanan trus beralih ke bio + adiitif, uda nyaris 3 tahun ga ada mslh di injector nya.
saya rasa badak bisa pakai bio kok om. + additif juga ga masalah.
cmiiw
soalnya saya ngerasa banget penurunan performa baik dari tenaga dan suara dan getarannya, makin kesini makin ga enak tarikan nya dan suara makin kasar, getaran juga makin kenceng.
segini aja saya selalu pakai setengah2 bio + dex/sheel dan ditambah CRC dari om jco, mungkin kl full bio lebih parah lg
jadi tunggu aja sampe mampet nih ya guys? ga perlu purging2 an?
udah dekat jadwal service ke 3 (18 bulan, terlepas dari km), yang memang waktunya
ganti filter solar (yang belum pernah diganti sejak baru), filter oli dan oli.
saya juga biasanya ngisi mix 50 : 50 pertadex dan biosolar (selalu ngisi di pom bensin yg sama,
dulu 5000km pertama pakai full dex, setelah service ke-1 mix dengan bio pakai crc tapi stop setelah harga crc naik banyak).
So far (16ribu + km) tidak ngerasa performanya drop. suara dan getaran juga normal.
Ga ada asap waktu idle, kalau di tarik ada asap hitam kalau sudah lama ga dibejek.
Seminggu sekali saya biasanya 'italian tune up' pas hari Minggu jalanan atau tol lagi kosong.
Rencana bulan depan setelah libur Lebaran saya mau service ke 3 si vcdi.
Saran saya sih coba di purging dulu sekalian service ke 3 yang memang sudah mau jatuh tempo (ganti filter solar, filter oli dan oli, bersihin/ ganti saringan udara).
Purgingnya pakai alat khusus purging, jangan lewat tangki yang lewat filter solar.
Dan kalau perlu ditambah bersihin EGR untuk hasil yang lebih maksimal.
Moga2 top lagi vcdinya bro cheetose

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 05
bro Belphegor.. selama ini pakai oli mesin apa ?Belphegor wrote:Analisa sementara: Turbo rusak![]()
Km baru 14rb, mobil jarang digeber dalkot, solar selalu lux, itupun ditambah CRC, sebelum matiin mesin selalu nunggu 10s. Kurang apalagi yah maintenance ane?![]()
Sampe2 punya pikiran pengen dijual ganti VW Tiguan nih, Golf berbentuk SUV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Q8 sesuai anjuran beres chevy dan selalu ganti di bengkel resmiboed2 wrote: bro Belphegor.. selama ini pakai oli mesin apa ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
- Location: balikpapan
Re: share captiva - PART 05
Masih garansi ya Om.Belphegor wrote:Analisa sementara: Turbo rusak![]()
Km baru 14rb, mobil jarang digeber dalkot, solar selalu lux, itupun ditambah CRC, sebelum matiin mesin selalu nunggu 10s. Kurang apalagi yah maintenance ane?![]()
Sampe2 punya pikiran pengen dijual ganti VW Tiguan nih, Golf berbentuk SUV

Ini yang saya takutkan juga, karena sudah ada beberapa kasus turbonya jebol.
Kalau di range harga si captiva vcdi yang FWD, yang karakter nya mirip2, SUV apa ya Om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 05
trus sparepart turbo ready ga chevy nya?
semoga cepet baik um
oh ya, bentar lg muncul subaru forester 2.0 turbo lho
calon suv terkencang tu + awd pula
pilihan suv banyak yg bagus2 bikin ngiler
semoga cepet baik um
oh ya, bentar lg muncul subaru forester 2.0 turbo lho
calon suv terkencang tu + awd pula
pilihan suv banyak yg bagus2 bikin ngiler
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27
Re: share captiva - PART 05
halo Om belphegor,Belphegor wrote:Halo om2, update terbaru, badak ane skrg terpaksa nginep di beres, engine check dan lampu service nyala, turbo ga spool, ga ada tenaga. Ada indikasi rusak di turbo atau di jalurnya, will update soon.
salam kenal nih.....
Saya juga mengalami hal yg sama dengan CTV FL saya, turbo sudah di replace baru (masalah bunyi nguing nguing) , tapi beberapa bulan setelah itu lampu service secara intermitten nyala, nah kalau lagi nyala , turbonya gak spool, yg saya lakukan sementara ini adalah matikan mobil, kemudian reset ecu, setelah itu lampu service biasanya mati dan turbo kembali spool...
Analisa sementara dari beres di PKU, ecu perlu di ganti, sekarang sedang di order...
mohon info beres nya om belphegor dimana ya ? apa namanya ? siapa tau bisa saling share info sesama beres untuk case ini..
thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Beres NAW Pluit om, thanks atas infonya om ardian, saya akan follow up dengan pengecekan ECU sekalian.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 05
Thank you om evo, spareparts belum tau ready / ngga, baru mau diclaim. Om evo ambil apa nih pengganti badak? Mending tunggu tahun depan aja, New Harrier 2014evolution21 wrote:trus sparepart turbo ready ga chevy nya?
semoga cepet baik um
oh ya, bentar lg muncul subaru forester 2.0 turbo lho
calon suv terkencang tu + awd pula
pilihan suv banyak yg bagus2 bikin ngiler
