Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by madcat015 »

Nambahin... di Sby cuman 1 diler 3S VW, itupun jadi satu sama Audi...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by mr_mytplx »

Resale Value wrote:Berikut adalah berapa merek yang sering di bilang wah jaringannya super payah. Well, let's see how bad, or not so bad situasinya :



VOLKSWAGEN



http://www.vw.co.id/en/service/dealer-w ... ntact.html


Jabodetabek : 2 (3S)


Jawa Barat : 1 (Bandung)


Jawa Timur : 1 (Surabaya)


Medan : 1


Total : 5



Kelihatannya memang minim, bahkan di bawah BMW / Mercy yang masing masing 14 / 17.


Namun, sebelum bilang mereka kenapa begitu " payah ", saya pikir lagi, penjualan VW di Indonesia saat ini juga jauh, jauh di bawah penjualan BMW / Mercy. Cuman RATIOnya saya ngak tau, ngak hafal. Jangan banding ama mobil Jepang deh. Jika lihat situasi di jalan, udah pasti populasi VW banding Mercy / BMW pun jauh di bawah.


Apakah VW bodoh ? Menurut saya, ngak juga. Situasi mereka di Indonesia saat ini memang dilematis. penjualan gitu kecil, crazy dong jika buka jaringan sama ama Mercy 17 beres. Pasti rugi karena pasiennya dikit banget.


Kesimpulan saya adalah :


Jika tinggal di tempat yang jauh sekali dari beres VW terdekat, misalnya orang yang tinggal di Sukabumi, kecuali dia fans berat VW, jika ngak, memang harus jalan amat jauh saat mau servis. Jadi memang tidak nyaman.


Namun, apakah ini salah VW ? Ngak juga. Jika kita masing masing adalah Presdir VW Indonesia saat ini, dengan penjualan yang sangat mungkin cuman puluhan, atau maximal ratusan unit doang per bulan (Ini aja belum tentu tercapai), berani ngak bikin jaringan 17 lokasi seperti Mercy ? Jika rugi besar, apakah ngak di pecat ama VW pusat / Indomobil nanti ?


Toh saya pikir, karena line-up VW juga mayoritas ngak murah, toh chance untuk orang yang tinggal di luar kota gede, seperti Sukabumi beli VW juga nyaris ENOL.


Namun, yang benar benar suka banget ama VW, saya rasa ngak ada salahnya beli VW. Why ? Karena toh tiap tahun ke bengkel paling cuman 1-2 kali doang.


Kecuali mileagenya sangat tinggi. Tinggal nimbang sendiri, worth it ngak nikmati mobil idaman, vs tiap tahun 1-2 kali jalan jauh ke beresnya. Its a personal decision. No right or wrong.


Dengan jaringan sangat minim ini, jelas yang bisa nikmati VW tanpa harus travel jauh ke beresnya cuman orang yang di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya. Saat ini.


Tapi, saya juga yakin petinggi VWI juga sadar, mau buka misalnya di Semarang, Padang, kota yang masih ngak ada jaringan mereka, mereka juga pasti tanya sendiri " Berapa orang sih di kota gituan yang akan beli VW saat ini ? "


Jika tiap bulan cuman 1 atau 2, mampus udah pasti rugi buka bengkel di kota gituan.


Buktinya VW Tiguan yang harganya cuman 400 jutaan aja belum ada tanda booming.


So demikian situasi VW. Situasi mereka saat ini jelas tidak gampang. Nambah jaringan harus sinkron ama penjualan. Saya rasa mereka sadar kok advantagenya nambah jaringan servis, tapi balik lagi, mereka adalah PT, jika rugi terus nanti, siapa yang mau ?
Inpo tambahan om rv..di semarang ada 1 jg diler 3s..jd 1 dengan audi..di jalan jendral sudirman..

Cm alamat lengkapnya lupa..

Jd total jd 6 tu..he2x..
Resale Value

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Resale Value »

AUDI


Ini juga merek yang sering di bilang jaringannya nyaris tidak ada. Is it that Bad ? Coba kita lihat :


http://www.audi.co.id/sea/brand/id/serv ... rvice.html


Jabodetabek : 4


Bandung : 1


Semarang : 1


Surabaya : 1


Bali : 1


Medan : 1


Total : 9



Estimasi saya penjualan Audi ngak beda jauh banding VW, dan udah jelas jauh di bawah Mercy / BMW. Namun jaringan mereka almost double jaringan VW, dan ngak beda jauh ama BMW yang punya 14. So good or bad ?


Menurut saya, jika di banding ama populasi dan penjualannya saat ini, lumayan memadai. Coba, di jalanan, berapa Audi yang di lihat banding BMW / Mercy / VW ?


So yang suka Audi, jaringan beresnya masuk akal kok saat ini. Memang yang tinggal di Padang jika suka, sorry ngak ada beres, tapi jangan salahkan mereka, karena orang Padang yang mau beli Audi, dengan harga yang mahal pula gitu, sebulan belum tentu ada 3 unit kali.


Ngak bakal ada CEO yang waras yang akan berani buka bengkel Audi di kota macam Padang saat ini deh.


Ingat, Audi rata rata di Indonesia line-upnya masih mahal, jadi ngak realistis expect volume naik banyak. Mau recruit sales yang paling pintar pun juga mustahil.


Namun setidaknya, di kota kota paling besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dah ada kok. Dan saya yakin mau servis ngak perlu tunggu lama. Pasti cepat di terima, antrian pendek. Ngak booking pun mendadak datang pasti juga cepat di terima.


Ada enaknya bisa gitu. Jalan agak jauh dikit memang ke beresnya, tapi waktu antri dan servisnya kemungkinan besar pasti singkat. Karena ngak overcrowded. Malah dugaan saya, lumayan sepi. Tapi enak juga kan sepi ?


Coba ke dufan hari weekend / libur, tiap ride antrinya 30 min-1 jam. Enak ngak ? Sehari bisa enjoy berapa ride ? Coba datang hari kerja, mau nikmati ride gajah ? 4D ? Langsung masuk. Enak ngak ?


I mean, how many Audi's do you see in Indonesia everyday ? Namun jaringan mereka dah ada 9. NOT BAD REALLY menurut saya.
Last edited by Resale Value on Sat Jul 20, 2013 4:42, edited 1 time in total.
User avatar
bali_juventino
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by bali_juventino »

madcat015 wrote:Nambahin... di Sby cuman 1 diler 3S VW, itupun jadi satu sama Audi...
eh jadi satu ma audi om??? yg di basra,pojokan pertigaan gramedia itu om?
kok kecil amat yah..prasaan lbh besar umc sijuki sebelahnya deh.
sya kira cuma vw tok soalnya lebih sering lihat yg dipajang vw scirocco ma golf aja.
Resale Value

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Resale Value »

Ah, sayang kenapa mereka ngak update di situs mereka. Mungkin mereka agak pessimis yah ? Karena sales masih kecil, mereka duga yang baca situs mereka berapa orang sih ? Tapi well bukan excuse yang bagus sih, apa susahnya update situs ?


Bisa ada 1 di Semarang ya lumayan. Dan kenapa di gabung ama Audi ? Jelas kan ? Udah pasti karena sepi, ya untuk hindari kerugian, make sense banget di jadiin satu ama Audi. Apakah Indomobil sangat miskin ngak ada duit buka masing masing 1 ?


Jelas bukan. Karena orang / perusahaan kaya pun ngak mau rugi. Mau subsidi sampai kapan jika salesnya ngak akan segera naik banyak ?


Jadi yang tinggal di Semarang, suka VW atau Audi gituan, namun mengeluh kok cuman ada 1 ? Saran saya, harap mereka buka 2 di Semarang ? Forget it. Ngak bakal terjadi. Ngak make business sense at all ! Yang 1 itu aja udah sepi. Lebih dari cukup.


Tapi seperti saya bilang tadi, beres jika sepi enak kok. Cepat di terima, di kerjain, lebih cepat selesai. Montirnya juga ngak terlalu overloaded, overworked. Dan ada kasus mendadak pun ngak perlu booking berapa hari di depan dulu. Jika kasusnya serius, ngak perlu takut pakai mobilnya berapa hari sambil nunggu hari giliran, karena di bengkel sepi, ngak ada yang namanya antri panjang


Langsung datang aja, langsung di handle. Not bad !


Sekarang lagi dekat lebaran. Yang ada kasus mendadak, atau lupa booking in advance, ingin langsung mobilnya di servis karena ingin cepat mudik, akan rasakan betapah enaknya jika beres SEPI.


Why do you think orang super kaya rela bayar theme park supaya hari mereka datang, parknya di tutup, orang lain ngak boleh masuk selain mereka ? Karena mereka ngak mau nunggu. Maunya datang langsung di terima. VIP style.


BCA prioritas anyone ?



mr_mytplx wrote:
Resale Value wrote:Berikut adalah berapa merek yang sering di bilang wah jaringannya super payah. Well, let's see how bad, or not so bad situasinya :



VOLKSWAGEN



http://www.vw.co.id/en/service/dealer-w ... ntact.html


Jabodetabek : 2 (3S)


Jawa Barat : 1 (Bandung)


Jawa Timur : 1 (Surabaya)


Medan : 1


Total : 5



Kelihatannya memang minim, bahkan di bawah BMW / Mercy yang masing masing 14 / 17.


Namun, sebelum bilang mereka kenapa begitu " payah ", saya pikir lagi, penjualan VW di Indonesia saat ini juga jauh, jauh di bawah penjualan BMW / Mercy. Cuman RATIOnya saya ngak tau, ngak hafal. Jangan banding ama mobil Jepang deh. Jika lihat situasi di jalan, udah pasti populasi VW banding Mercy / BMW pun jauh di bawah.


Apakah VW bodoh ? Menurut saya, ngak juga. Situasi mereka di Indonesia saat ini memang dilematis. penjualan gitu kecil, crazy dong jika buka jaringan sama ama Mercy 17 beres. Pasti rugi karena pasiennya dikit banget.


Kesimpulan saya adalah :


Jika tinggal di tempat yang jauh sekali dari beres VW terdekat, misalnya orang yang tinggal di Sukabumi, kecuali dia fans berat VW, jika ngak, memang harus jalan amat jauh saat mau servis. Jadi memang tidak nyaman.


Namun, apakah ini salah VW ? Ngak juga. Jika kita masing masing adalah Presdir VW Indonesia saat ini, dengan penjualan yang sangat mungkin cuman puluhan, atau maximal ratusan unit doang per bulan (Ini aja belum tentu tercapai), berani ngak bikin jaringan 17 lokasi seperti Mercy ? Jika rugi besar, apakah ngak di pecat ama VW pusat / Indomobil nanti ?


Toh saya pikir, karena line-up VW juga mayoritas ngak murah, toh chance untuk orang yang tinggal di luar kota gede, seperti Sukabumi beli VW juga nyaris ENOL.


Namun, yang benar benar suka banget ama VW, saya rasa ngak ada salahnya beli VW. Why ? Karena toh tiap tahun ke bengkel paling cuman 1-2 kali doang.


Kecuali mileagenya sangat tinggi. Tinggal nimbang sendiri, worth it ngak nikmati mobil idaman, vs tiap tahun 1-2 kali jalan jauh ke beresnya. Its a personal decision. No right or wrong.


Dengan jaringan sangat minim ini, jelas yang bisa nikmati VW tanpa harus travel jauh ke beresnya cuman orang yang di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya. Saat ini.


Tapi, saya juga yakin petinggi VWI juga sadar, mau buka misalnya di Semarang, Padang, kota yang masih ngak ada jaringan mereka, mereka juga pasti tanya sendiri " Berapa orang sih di kota gituan yang akan beli VW saat ini ? "


Jika tiap bulan cuman 1 atau 2, mampus udah pasti rugi buka bengkel di kota gituan.


Buktinya VW Tiguan yang harganya cuman 400 jutaan aja belum ada tanda booming.


So demikian situasi VW. Situasi mereka saat ini jelas tidak gampang. Nambah jaringan harus sinkron ama penjualan. Saya rasa mereka sadar kok advantagenya nambah jaringan servis, tapi balik lagi, mereka adalah PT, jika rugi terus nanti, siapa yang mau ?
Inpo tambahan om rv..di semarang ada 1 jg diler 3s..jd 1 dengan audi..di jalan jendral sudirman..

Cm alamat lengkapnya lupa..

Jd total jd 6 tu..he2x..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by madcat015 »

Betul bro bali_juventino...

Kecil sekali. Mereka cuman punya 4 repair bay...

Tapi kecil2 gitu, sanggup swap mesin dan transmisi Tourageg V8 lhoo... :mrgreen:

Ada Touareg yang kerendem di kolam... entah kenapa... habis dah tuh engine dan transmisi... datengin dari Jerman sana. butuh 4 bulan utk shipment, dan 2 minggu utk pasang... a job well done...

Ane kenal bos nya... dulu hampir bungkus Golf TSI... tapi apa daya, budget hanya cukup utk SX-4... :shrug:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Resale Value

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Resale Value »

Ini satu tanda lagi udah pasti sepi bengkel VW / Audi, karena bangun bengkel makin besar, selain modalnya lebih gede, juga jika sewa, lebih mahal. Dan jika populasinya dikit banget, ngak make sense bikin bengkel yang gede. Ngapain ?


Ya jangan banding ama bengkel Suzuki, jelas jauh sekali RATIO populasinya dan penjualannya.


Di Jakarta aja populasi VW dan Audi sedikit, bayangkan di luar kota seperti Semarang seperti apa situasinya. Udah bagus ada SATU bengkel buka di sono.



bali_juventino wrote:
madcat015 wrote:Nambahin... di Sby cuman 1 diler 3S VW, itupun jadi satu sama Audi...
eh jadi satu ma audi om??? yg di basra,pojokan pertigaan gramedia itu om?
kok kecil amat yah..prasaan lbh besar umc sijuki sebelahnya deh.
sya kira cuma vw tok soalnya lebih sering lihat yg dipajang vw scirocco ma golf aja.
Resale Value

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Resale Value »

CHEVROLET



Karena sales captiva termasuk lumayan bagus, dan sekarang ada spin, coba kita lihat jaringan mereka sekarang masuk akal ngak ?


http://www.chevrolet.co.id/shopping-too ... cator.html


Situs mereka cukup jelas, yang 3S dan 1S doang di pisahkan.


Jabodetabek : 9


Jawa Barat : 2 (Bandung dan Cirebon)


Jawa Tengah : 4 (Not Bad untuk ukuran sales / populasi Chevrolet)


Jawa Timur : 4 (wow !)


Bali : 2


Sumatera : 6 (not bad !)


Kalimantan / Sulawesi : 5


Total : 32



Kata orang jaringan beres Chevy payah, tapi menurut saya, lumayan kok ! Dengan penjualan mereka yang juga masih jauh di bawah mobil Jepang, ternyata mereka dah ada 32 titik servis ! Dan di pulau Jawa lumayan banyak jumlah beresnya.


Saya yakin antrian servis Chevy di luar Jakarta pasti enak. Dengan populasi yang masih ngak terlalu banyak, mereka ternyata dah ada 23 beres di luar Jakarta. Kalau di Jakarta, karena mulai banyak yang pakai Captiva, dugaan saya sudah mulai ramai, tapi belum parah kali.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Pendapat si RV masuk akal juga...

Krn Audi & VW 1 ATPM yang megang, jadi normal saja sih kalo digabung jadi 1... Itung2 menghemat cost... Apalagi Audi yang tiap bulan pun ntah laku 1 unit ato ga...

Soalnya di Medan, kebanyakan org daripada beli Audi, bagusan beli Merc / BMW....

Saran buat si RV : pake font normal aja, soalnya kalo misalnya ente pake font besar / dibold, nanti takutnya ad member SM yg salah paham dikiranya ente gak senang dgn pendapat dia... :big_peace:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by MonSTER_GTR »

@ricz berarti kalo bentley mau masuk sini bisa serpis di VW kalo gak audi ya kan satu grup wwkwkwkwkwk
Here Come's The Best Car - Coming soon
Resale Value

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Resale Value »

TOYOTA


Ini yang sering di banggakan para salesnya dan juga sebagian pemiliknya. Let's have a look :


Karena di situs mereka ngak di pecahkan mana yang 3S mana yang 1S, jadi silahkan member lain cari tau sendiri. Estimasi saya total beres toyota yang 3S sekitar 200+. Entah berapa % yang 3S vs 1S.



Ada yang tau ngak berapa % jaringan toyota adalah 3S ? Sampai 80% ngak ? Assumsi saya saat ini adalah YES. Jadi saya give toyota the benefit of the doubt.



This sounds fantastic memang, vs Chevy yang " cuman 32 ". Tapi, untuk lebih tau situasi BEBAN yang di tanggung masing masing bengkel toyota dan Chevrolet, mari kita sadar berapa hal berikut :




1. Total populasi toyota berapa saat ini ? Jangan bilang avanza, innova, rush, yaris, belum model tua kijang kapsul yang masih berkeliaran.



2. Penjualan avanza sebulan +- 15,000, innova +- 8000, rush +- 2000, yaris +- 1000. Total these big volumes aja dah 26,000 sebulan. Sisanya sedan gituan sih ngak seberapa sebulan.



Dan karena populasi mobil adalah KUMULATIF, total populasi toyota yang harus SHARE jaringan bengkel 200+ itu adalah setidaknya NEWBIES aja lebih dari 350,000 setahun. Plus entah jumlah sisa populasi yang sudah terjual sampai 10 tahun lalu totalnya berapa.



It can easily come to millions ! Jutaan toyota harus share jaringan 200+ seluruh Indonesia.



Sounds good ? Maybe. Well, mau tau jaringan bengkel merek lain apakah tidak memadai, mari kita pakai contoh toyota di atas, dan nanti kita bandingkan perkiraan ratio populasi vs jaringan bengkel merek lain vs populasi toyota.



For a start, RATIO jaringan bengkel toyota vs CHEVROLET saat ini adalah abt 7:1



Tinggal estimasi sendiri deh, RATIO populasi semua toyota saat ini vs populasi total Chevrolet, apakah juga sekitar 7:1, atau maybe 70:1 ? Or more ?



Dari segi RATIO ini, kita sebenernya udah bisa bayangkan, merek apa yang jaringannya makin under GREAT PRESSURE, GREAT BURDEN.



Penjualan Chevy Captiva sekitar +- 350 sebulan, model lain kan dikit. Spin baru mulai. Jadi estimasi populasi Chevy menurut saya saat ini adalah, for up to 10 years back, paling +- 50,000 ?



Compare that with populasi toyota. Up to 10 years sensus, berapa ? At least 3,500,000. Ini cuman assumsi penjualan sekarang per tahun di kalikan 10. Tapi kan masih ada banyak sisa model yang tuaan seperti kapsul yang jumlahnya seharusnya masih lumayan banyak. So agak susah mau sensusnya, but at least maybe 5 juta, karena pernah ingat kijang kapsul kejual 1 juta sejak lahir di tahun 1997 kan ?



Now let's do the Maths :


Populasi toyota, rough estimate saat ini adalah at least 5 MILLION units seluruh Indonesia
.


Jaringan bengkel mereka total adalah say 220. Assume majority 80% adalah 3S, dan minority 1S.



RATIOnya jumlah mobil vs beresnya adalah 22,730 : 1 !!!
:big_smoking: :big_smoking:



Estimasi populasi Chevy abt 50,000. Jaringan mereka 32 saat ini.


RATIO BEBAN bengkel resminya adalah abt 1,563 :1 !!!




That, folks, artinya BEBAN yang di tanggung setiap beres toyota sekitar 14.5 KALI banding setiap bengkel Chevrolet.



14.5 kali ! Not 1 is to 1 !!! Dan itu adalah estimasi kasar. Saya yakin populasi toyota lebih dari 5 juta kali.



Memang ngak semua toyota pasti masuk bengkel resmi, tapi ngak mungkin dong cuman 30%. Mau pakai 30% pun rationya tetap jauh.



Berikutnya nanti kita compare ama merek lain yang belum di bahas.



Sebelum ada orang yang mau ajak ribut, ingat, gue ngak pernah bilang semua beres toyota servisnya jelek ya, gue cuman mau estimasi perbedaan BEBAN yang di tanggung masing masing bengkel resmi di antara aneka merek di Indonesia.



Supaya FAIR untuk merek lain yang selalu di cap ngak memadai, padahal, bisa jadi, justru merek lain enak ! SANTAI bengkelnya !
Last edited by Resale Value on Sat Jul 20, 2013 5:30, edited 2 times in total.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Bentley???

Paling cuman bisa ganti oli ama filter2 doank, itupun kalo mrk berani wkwkwkwkwkwkw

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Yea, cocok buat ente, RV yang gak suka booking & antri...

Kalo gue, krn gw py Toyota yang byk konsumennya, maka gue booking... Yang asyiknya lagi, booking dpt diskon biaya jasa dll lho!

Dan kebiasaan itupun berlanjut ke Mazda jg...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Turboman »

Buat si RV :
....kalo nulis ya santai ajee.....gak perlu mengexpresikan emosi di tulisan ente......

Kalo misalnya sesekali aja nulis yg agak pedas yah wajar, tapi setiap postingan ente spt-nya selalu bernuansa "emosi tinggi"....hati2 mas, nanti ente kena stroke repot euy.........

Juga kurangi gaya arogansi ente, merasa paling pintar, paling pandai, paling benar, dan paling paling paling......se olah2 orang lain bodoh semua........orang2 yg gak sependapat semua di cap negatip..........kayaknya ente memiliki ketidak mampuan utk berinteraksi scr sosial.......bayangkan jika di sebuah ruangan besar dgn byk org lalu ente lakukan spt yg ente lakukan di SM sini......apa yg terjadi kira2.....hehehehehhe
:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12557
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Suryaputra »

mantap :off_good_job:

Kebanyakan sbg car-enthusiast.. hanya menghitung power-to-weight ratio. yg which is berguna ketika mobil tersebut dikendarai dalam situasi tertentu :mrgreen:

Saya pribadi, sangat jarang menghitung rasio jumlah bengkel dan jumlah mobil, yang mana sangat berguna ketika kita servis mbl tersebut (belum kepikir malah) :roll:
Last edited by Suryaputra on Sat Jul 20, 2013 6:11, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by g4ndalf »

Analisanya kebalik tuh... semakin banyak mobil yg masuk ke suatu bengkel, semakin tinggi revenue bengkel tsb, makin tersedia partsnya, logikanya gitu.

Makin banyak populasi, makin mudah cari spare part. Karena secara ekonomi lebih murah buat produsen sediain spare part tsb kalau fast moving.

Lah kalau bengkelnya sepi ya memang nggak antri, tapi mereka gaji montir yg handal drmana duitnya? Mau nyetok spare part, bisa karatan sblm laku, duit mandeg itu cost yg cukup besar.

Juga harus dilihat tipe mobilnya, mobil jepang rata2 ruang mesin cukup longgar jadi mudah digarap. Mobil eropa amrik, biasa di situ agak cramped, mau masukin tangan aja susah.. apalagi yg cc besar. Kalo sudah gini tentu berpengaruh kpd lama waktu pengerjaan.

Jadi nggak bisa pukul rata jaringan dibanding konsumen. Jual mobil bukan jual kacang goreng, jauh lebih rumit dari itu.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Betul om...

Makin tinggi populasi, makin banyak aksesoris / sparepartnya...

Spt handphone, misalnya BB Gemini, itu handphone kan udh banyak yg pake, otomatis makin byk aksesorisnya spt casing, sarung, stiker, dll dsb...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by y_anjasrana »

perlu diingat juga, makin tinggi populasi berarti makin byk part kw, part palsu, makin sulit utk kontrol kualitas, makin sulit dpt sdm berkualitas.

solusinya biasanya cuma standardisasi. tp tetap sulit utk menyeragamkan kualitas. apalagi bila menyangkut tingkat kesulitan yg tinggi. misalnya pemilik marx mw ganti kopling di beres kota kecil.


enak nih tukar pikiran model gini. masukannya om rv jd bisa diterima....


Image
Accurate V5 Accounting System Consultant
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by bapakne_satya »

Utk tahap awal lumayanlah ngitung rasio jml mobil vs jml bengkel, tinggal verifikasi datanya. Selanjutnya ada variabel yg mgkn bisa sangat mempengaruhi basis hitungan rasio, yaitu kapasitas bengkel sendiri. Bisa kan, spt kata bro madcat, 1 bengkel dgn 4 repair bay, mgkn ada yg lbh, ada yg kurang, itu jg akan membuat perbedaan yg signifikan di hitungan rasio, tp sptnya akan sulit dpt datanya.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by mr_mytplx »

ricz wrote:Pendapat si RV masuk akal juga...

Krn Audi & VW 1 ATPM yang megang, jadi normal saja sih kalo digabung jadi 1... Itung2 menghemat cost... Apalagi Audi yang tiap bulan pun ntah laku 1 unit ato ga...

Soalnya di Medan, kebanyakan org daripada beli Audi, bagusan beli Merc / BMW....

Saran buat si RV : pake font normal aja, soalnya kalo misalnya ente pake font besar / dibold, nanti takutnya ad member SM yg salah paham dikiranya ente gak senang dgn pendapat dia... :big_peace:
Saya ada kenalan sales bmw..target dia...3 bln cm jual 1 unit..

Ada kenalan jg sales boyota..targetnya..sebulan 30..

Areanya sama lho..he2x..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Segmennya kan beda om...

Coba kalo tuh sales toyota cuman jual "luxury product" spt Land Cruiser 200 series, Alphard dll, targetnya bakal lain lg itu....

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by solar_kerosen »

Om arvi gimana resale value mobil ini menurut anda .........
( mancing mode :ON pake umpan bangkai ayam :wkkk: )


Image
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Prestige »

Ane mao sharing tentang merek2 mobil yang terkenal sesuai pengalaman mobil yang ane punya

1. Waktu ane kecil, bokap beli mobil suzuki escudo warna merah
So far selama itu pemakaian 2 tahun mobil na baik2 aja, servisnya pun cuma ganti oli doang (yang lain ga ada yang rusak) hehe :D

2. Kijang Krista
Nah ini mobil sama kaya escudonya
Praktis tinggal ganti oli doang ga ada rusak apa2 hehe :D
Pemakaiannya kira2 hampir 3 tahun
Pelayanan servisnya OK kok :D

3. Land Cruiser VX-R
Nah ini sbnrnya coba mobil second hehe :D
Tahun 98
Tpi kalo soal mesin ini mobil emg mantep banget dah, tapi waktu itu ane cuma servis oli plus ganti preon AC
Soal pelayanan servisnya juga ok :D

4. Jazz yang ids-i
Nah ini ane punya 2 jazz, satu buat ykp k pasar, satu lagi buat cici sekolah
Waktu jazz merah(punya ykp) sih keadaan mobil bagus, cuma waktu jazz pink (punya cici) itu bnyk yg ga beres d mobilnya, terutama di pelek, aki, dan ACnya, pemakaian jazz ini 1 tahun, 6 bulan aki ganti, AC preon rusak bannya harus d spooring
Tapi untungnya bengkel honda union serpong servisnya bagus, walopun agak lama :D tapi okelah

5. Nissan X-trail
Nah ini nih yang paling parah servisnya
Waktu dateng k rmh itu mobil keadaan bagus rapi dan perfect deh
Hehe tapi ketika menjelang 2 tahun dinamo AC mati, akhirnya ganti 5jt d bengkel resmi nissan
Setelah selesai dalam 2 hari, trnyata per mobil ada yg rusak(padahal pas masuk bengkel mobil kata dealer yg rusak hanya dinamo ACnya) tpi pas kluar mobil nya jadi kaya kuda2an kalo di rem
Akhirnya d gnti lagi sebesar 2,8jt

Begitulah mobil2 pengalaman ane
Semuanya hanya trgntung "Lucky" aja
Kalo emg lagi dpt bagus, kta psti dpt bgs, klo lgi ga "Lucky", pasti dpt mobil rusak, dan jga trgntung SALES haha :D
Thankyou :D
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by ricz »

Pantesan si RV selalu ngeluh bengkel Toyota caur...

Salah sendiri sih, kenapa langsung datang, ya lama baru diurus...

Udah tau 1 bengkel Toyota handle byk mbl dlm 1 hari, ngeyel dia mau langsung datang...

Prinsip gue, dimanapun, kalo mau makan di tpt yang rame, pasti harus booking dulu baru cepat diurus kan?

Begitupun jg Toyota... Untunglah dari TAM sana udh berlakukan kebijakan, kalo booking dpt diskon... Makanya bokap gue & gue selalu booking...

*bukan seles toyota, cuman pengguna toyota biasa & berdasarkan pengalaman pribadi*

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: Info Jumlah Jaringan Bengkel Resmi para ATPM di Indonesi

Post by Prestige »

Setuju om ricz,
Ane jg gt klo servis d toyota
Booking dlu hehe
Biar pelayanan na cepet :D