Suryaputra wrote:yohannamaria wrote:kalo dr dimensi bukannya fiesta lebih panjang dan lebar dr jazz? cmiiw. jazz 3920mm, ford skitaran 4m. boleh tau kenapa ngerasa jazz gede banget? m2 sih kayaknya sedimensi sama jazz.
kalo masalah kemudahan nyetir buat cewe, kayaknya paling enak vw polo ya. kap depan kelihatan. sayang harganya selangit..
so far belum ambil sih, tapi top of mind masih jazz. mungkin karena lebih mudah untuk maintenance (bengkel banyak dan kabar harga yg lbh murah) tapi sebenernya dua2nya sama-sama bagus. bahkan sales ford berani claim harga parts bisa lebih murah dr jazz

Hmm... IMHO luas interior tdk selalu berhubungan dengan dimensi yg dapat diukur dari luar (exterior).
Ada banyak faktor, seperti : dimensi dashboard, luas ruang mesin, dimensi interior, door-trim, dsb
Seorang sales pasti selalu klaim, bahwa kecapnya terbaik & hanya segelintir yang bisa mengeluarkan statement objektif
Yg terbaik adalah test drive, dan survey sendiri untuk after sales service-nya.
Bisa datang ke bagian bengkel-nya dan tanya2 paket servisnya.
Paket servis 10, 20, 30, 40rb KM dst
dan harga
fast-moving parts seperti Busi, Filter Oli, Air Filter, Wiper, dsb
As far as i know, Ford relatif lebih mahal harga partsnya. Contoh : Wiper sepasang 500rb
(dan hanya bisa didapat di bengkel resmi ford). Bandingkan dengan mobil jepang, parts wipernya banyak yg jual, dari yg original sampai after-market, dengan harga 25%-nya
(kisaran 125rb per pasang)
Tapi Ford Fiesta juga punya keunggulan, yaitu kenyamanan dan kemantapan berkendara yg terbaik dibanding kompetitor

Betul bgt .. exterior size belum tentu berbanding lurus dg luasnya cabin space, hal itu dipengaruhi juga dg padatnya perlengkapan yg ada dalam cabin ..
sbg comparasi built quality dari sisi kelengkapan peredam
d.trim fiesta di buka tuh tertutup rapat dalamnya .. beda sama japs kosong melompong ditutup lembar plastik doang,
plafon fiesta di ketok ga bunyi kaleng sama sekali, hujan aja ga berasa bunyi di plafon.. lain cerita dg hatch japs .. bunyi kaleng krupuk kelo di ketok2 dan kalo pas hujan gede dijamin berisik tuh di atas kepala.
kelengkapan gini gono pasti dikit banyak memakan cabin space tp tentunya interior design juga pengaruh thd luasnya cabin space, dan krn kelebihan yg spt itu bikin bobot tambah berat jadinya mesin terasa lebih lemot krn power to weight ratio lebih kecil di banding hothatch japs yg lebih ringan... krn mmg kaleng kosong.
kalo soal handling dan fun to drive .. fiesta sekarang ini no.1 deh .. di akui byk review di luar sono, dan mmg bener terbukti.
BTW ada jeleknya nih ... ciri khas mobil eropa fiesta meski sudah kenceng ga berasa kenceng .. jalan 160 aja masih kerasa pelan dan masih enak dimanuver kiri kanan pd kecepatan segitu ... BAHAYA deh Fiesta .. nyali jadi gede!!! .. beda spt jazz/yaris jalan 120 aja udah berasa kenceng banget jadi bisa ngebantu nyadarin diri krn udah berasa kenceng.
soal wiper .. sdh bisa pakai after market punya kok dg sedikit modifikasi
