ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Mod, nubie minta ijin buat thread baru ya.. Jd gini critana, bapak ane mau pensiun dan rencana mo ganti ipah lama dgn yg baru.. Cmn ada bbrp pertimbangan yg bikin galau utk memutuskan lbh baik ambil keputusan yg mana?
Ipah diesel
+ tertarik dgn racun torsi dan tarikan yg mumpuni by om turbo dkk
+ lbh irit konsumsi bbmna apalagi solar lbh mrh drpd premium
- blum pernah pegang mesin diesel
- blum tau gmn cara perawatan
- suara yg berisik
- pajak kendaraan lbh mahal
Ipah bensin
+ tipe V lbh lengkap fitur
+ naik kelas dr sblmna ipah lama tipe G
+ sdh biasa pake mesin bensin
+ mesin lbh senyap n g bau polusi udara yg menyengat
- bensin boros
- tarikan lemot yg mesin euro2an
Pemakaian
- dalkot yah cmn buat jln2 k mall ato keliling sby tp jarang
- luar kota buat k jogja, batu, tretes, bali yg berati kondisi jalan ada naik gunung sampe dbuat blong2an nyalip truk ato bis
- ini mbl tdk utk djual dlm waktu dekat dlm arti masa pakai bisa sampe 15-20thn
Nah dr bbrp aspek diatas, mungkin bbrp tmn2 dsini bisa memberikan saran dan pendapat buat ane.. Matur nuwun sblmna..
Ipah diesel
+ tertarik dgn racun torsi dan tarikan yg mumpuni by om turbo dkk
+ lbh irit konsumsi bbmna apalagi solar lbh mrh drpd premium
- blum pernah pegang mesin diesel
- blum tau gmn cara perawatan
- suara yg berisik
- pajak kendaraan lbh mahal
Ipah bensin
+ tipe V lbh lengkap fitur
+ naik kelas dr sblmna ipah lama tipe G
+ sdh biasa pake mesin bensin
+ mesin lbh senyap n g bau polusi udara yg menyengat
- bensin boros
- tarikan lemot yg mesin euro2an
Pemakaian
- dalkot yah cmn buat jln2 k mall ato keliling sby tp jarang
- luar kota buat k jogja, batu, tretes, bali yg berati kondisi jalan ada naik gunung sampe dbuat blong2an nyalip truk ato bis
- ini mbl tdk utk djual dlm waktu dekat dlm arti masa pakai bisa sampe 15-20thn
Nah dr bbrp aspek diatas, mungkin bbrp tmn2 dsini bisa memberikan saran dan pendapat buat ane.. Matur nuwun sblmna..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
setahun jalan brp banyak ?
nyetir sendiri atau disetirin ?
nyetir sendiri atau disetirin ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Klo yg ini msh blum diketahui om turbo, krn msh blum tau kegiatan apa yg akan dilakukan stlh pensiun.. Pastinya skrg hrs d setir sendiri om, mungkin klo luar kota br ane yg bawa..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Ane sih vote diesel..
Alesannya :
Premium 6500
Biosolar 5500



Alesannya :
Premium 6500
Biosolar 5500



-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Bbm selisih seribu, konsumsi selisih 4km per liter, yg blum tau pajak selisih brp yah? Klo fitur pasti selisihna byk.. Lbh worthed yg mana niy?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 545
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Vote buat ipah V diesel deh... D4D nya toyota udah terkenal badak dan irit... Untuk naikin tenaga banyak pilihan, hehe
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
ayahnya mau pensiun ya om? biasanya sih kalo udah pensiun pengennya jalan2 mulu, apalagi kalo waktu masih dinasnya termasuk orang yg sibuk, pasti ga betah kalo terus diam dirumah.shievalingga wrote:Bbm selisih seribu, konsumsi selisih 4km per liter, yg blum tau pajak selisih brp yah? Klo fitur pasti selisihna byk.. Lbh worthed yg mana niy?
maksud saya, bisa jadi selisih harga BBM dan KM, jadi banyak nantinya secara akumulatif.
cmiiw
"The Power of ren-Dreams"


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Masa pakai 15-20 thn? Wow
Diesel untuk tenaga, irit, tahan banting. Kalau mau lebih silent, tenang dan tidak bau, pilih bensin. Kalo saya sih PASTI pilih diesel

Diesel untuk tenaga, irit, tahan banting. Kalau mau lebih silent, tenang dan tidak bau, pilih bensin. Kalo saya sih PASTI pilih diesel

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
sering pake plus jangka waktu pake lama -- ipah diesel
jarang pake plus jangka waktu pake bentar trus di jual -- ipah bengsin..
jarang pake plus jangka waktu pake bentar trus di jual -- ipah bengsin..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
sama sama pilihan yg bagus antara diesel maupun bensin....menurut ane lebih ke preferensi pribadi..kesukaan akan karakter pengendaraan....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
nah kebetulan mampir... TS tanya ama master ini aja...dia punya dua2nya...baik bensin maupun diesel...ZombiEE wrote:sama sama pilihan yg bagus antara diesel maupun bensin....menurut ane lebih ke preferensi pribadi..kesukaan akan karakter pengendaraan....



-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
1TR ama 2KD mahh enjin kuat itu... tanya aja bengkel2 terkenal yg uda perna bongkar jeroan nya tuh 2 mesin...
1TR, enjin blok masi cast iron, enjin head pake roller rocker, enjin head dari cast alluminium, dan di enjin head nya sendiri ada jalur oli sendiri utk masing2 klep dan noken as... bawah piston ada individual oil jet, metal duduk dan jalan ada micro grooved... emang ini enjin didesain utk menjadi kuda perang ngukur jalanan nehh... makanya ga heran mobil2 travel yg odo nya mengerikan pake ini enjin masi gapapa...
1TR, enjin blok masi cast iron, enjin head pake roller rocker, enjin head dari cast alluminium, dan di enjin head nya sendiri ada jalur oli sendiri utk masing2 klep dan noken as... bawah piston ada individual oil jet, metal duduk dan jalan ada micro grooved... emang ini enjin didesain utk menjadi kuda perang ngukur jalanan nehh... makanya ga heran mobil2 travel yg odo nya mengerikan pake ini enjin masi gapapa...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Absen di trit wajib bagi ane... 
Kepada om TS, monggo berguru ke om Turbo dan momod galaw di atas ane mengenai mesin2...
Ane pribadi, untuk mobil perang, kalo setir sendiri, mending disel...
Tp kalo sering angkut penumpang, mending bensin... minim getaran...
Tapi bukan berarti mesin disel kayak vibro roller buta bangun jalan raya ya...
Just slighty vibrates...

Kepada om TS, monggo berguru ke om Turbo dan momod galaw di atas ane mengenai mesin2...
Ane pribadi, untuk mobil perang, kalo setir sendiri, mending disel...
Tp kalo sering angkut penumpang, mending bensin... minim getaran...
Tapi bukan berarti mesin disel kayak vibro roller buta bangun jalan raya ya...
Just slighty vibrates...

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
1TR dah roller rocker ya bro??DOHC wrote:1TR ama 2KD mahh enjin kuat itu... tanya aja bengkel2 terkenal yg uda perna bongkar jeroan nya tuh 2 mesin...
1TR, enjin blok masi cast iron, enjin head pake roller rocker, enjin head dari cast alluminium, dan di enjin head nya sendiri ada jalur oli sendiri utk masing2 klep dan noken as... bawah piston ada individual oil jet, metal duduk dan jalan ada micro grooved... emang ini enjin didesain utk menjadi kuda perang ngukur jalanan nehh... makanya ga heran mobil2 travel yg odo nya mengerikan pake ini enjin masi gapapa...
Asik gampang nih pilih2 oli buat ipah bokap

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Slighty vibrates?bergetar pelan,bergoyang itik yamadcat015 wrote:Absen di trit wajib bagi ane...
Kepada om TS, monggo berguru ke om Turbo dan momod galaw di atas ane mengenai mesin2...
Ane pribadi, untuk mobil perang, kalo setir sendiri, mending disel...
Tp kalo sering angkut penumpang, mending bensin... minim getaran...
Tapi bukan berarti mesin disel kayak vibro roller buta bangun jalan raya ya...
Just slighty vibrates...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
sudah...Jambangan wrote:1TR dah roller rocker ya bro??DOHC wrote:1TR ama 2KD mahh enjin kuat itu... tanya aja bengkel2 terkenal yg uda perna bongkar jeroan nya tuh 2 mesin...
1TR, enjin blok masi cast iron, enjin head pake roller rocker, enjin head dari cast alluminium, dan di enjin head nya sendiri ada jalur oli sendiri utk masing2 klep dan noken as... bawah piston ada individual oil jet, metal duduk dan jalan ada micro grooved... emang ini enjin didesain utk menjadi kuda perang ngukur jalanan nehh... makanya ga heran mobil2 travel yg odo nya mengerikan pake ini enjin masi gapapa...
Asik gampang nih pilih2 oli buat ipah bokap
kalo soal oli... 1TR jauhhhh lebi enak dipakein oli 5-30.... apalagi yg sblom nya pake 10-40... berasa banget enak nya dipakein 5-30... merek bebas...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Berhubung ipah lama sdh bensin maka gada salahnya buat coba yang diesel..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
1TR emang enjin kuat....DOHC wrote:1TR ama 2KD mahh enjin kuat itu... tanya aja bengkel2 terkenal yg uda perna bongkar jeroan nya tuh 2 mesin...
1TR, enjin blok masi cast iron, enjin head pake roller rocker, enjin head dari cast alluminium, dan di enjin head nya sendiri ada jalur oli sendiri utk masing2 klep dan noken as... bawah piston ada individual oil jet, metal duduk dan jalan ada micro grooved... emang ini enjin didesain utk menjadi kuda perang ngukur jalanan nehh... makanya ga heran mobil2 travel yg odo nya mengerikan pake ini enjin masi gapapa...
Ipah tmn bokap kerjanya ngukur jalan dari Dps - Gilimanuk, odometer skrg di 300 ribu lebih...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
wew nit thread cepet amat yah responna.. tinggal teraweh bentar dah setengah halaman..
emang ipah dah terbukti paling bandel om, ane pke ipah gen1 yg notabene sdh berumur 8 tahun blum pernah ganti sparepart besar cmn ETU doank abis 500rban pdhl niy boil dah narik kmn2..
emang ipah dah terbukti paling bandel om, ane pke ipah gen1 yg notabene sdh berumur 8 tahun blum pernah ganti sparepart besar cmn ETU doank abis 500rban pdhl niy boil dah narik kmn2..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
pengen nyoba yg diesel, klo d modif spt yg dlakukan om2 dsini waktu msh garansi bakal ngilangin garansina ndak yah? trus maintenance apa bakal lbh nguras isi kantong ndak dbanding mesin bensin..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
kalo bosen ama yg bensin... boleh coba ke diesel koq om...
2KD jg bukan enjin jelek... momod turboman uda pake 2KD nya 5 taon lebih kayanya hepi2 aja, bahkan masi kadang menebar racun disana sini..

2KD jg bukan enjin jelek... momod turboman uda pake 2KD nya 5 taon lebih kayanya hepi2 aja, bahkan masi kadang menebar racun disana sini..


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Kalo Ipah yg sebelumnya udh bensin, gak ad salahnya coba diesel...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 15, 2013 4:38
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
iya om DOHC n om ritz, dicoba test drive kli yah biar lbh dptt pencerahan 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Dari kebutuhan untuk pemakaian yang....:
Walaupun bokap ane punyanya diesel jadul Kuda, tapi kakak ipar ane juga dapet jatah Innova Diesel V.
Secara khusus dapat digariskan disini bahwa mesin sudah sangat halus dibanding 4D56 milik Kuda. Anda tidak akan merasa ini sebagai mobil diesel, apalagi kalau pakai audio yang fit to budget. Jadi kekhawatiran mesin kasar, rasanya kok agak berlebihan ya..
Perawatan mesin diesel...hmmm.. selain yg rutin oli mesin gardan dan persneling, rutin saja bersiin air filter, filter solar, water sedimenter, paling sisanya adalah cek radiator dan oli, serta minyak rem. Dah itu aja selama ini kami merawat diesel. Tiga item terakhir pun hanya pengcekan secara visual.
Untuk tiyang sepuh, memang ada sementara pendapat yang menyarankan beli yg bensin aja, lebih smooth dan halus mesinnya, cocok dengan sepuh sepuh... Tapi IMHO, tiyang sepuh juga tidak terlalu berhasrat pada akselerasi yang menjadi unggulan mesin bensin, kan? IMHO again, di hari tua beliau, dan ditengah kepadatan dan kesibukan rutinitas kita sendiri, seyogyanyalah kendaraan yang beliau pakai adalah yang jenis kendaraan yang hemat biaya perawatan, murah bahan bakar, mudah perawatan, sehingga beliau engga sering pusing dan bingung, kita pun tidak sedikit sedikit gopoh menolong mereka.. Bukan berarti saya tidak mau menolong mereka, tapi di tengah kepadatan rutinitas dan kesibukan kita, adalah lebih bajik dan bijak kalau rutinitas kita tidak terlalu banyak kepotong untuk masalah perawatan kendaraan beliau kan?
Apalagi, rute rute yang akan dipakai antara lain dalam kota adalah rute2 pendek dan jarang, dan luar kota malah menjangkau sampai jogja dan bali. Tretes malahan. Ini butuh mobil bertorsi melimpah ruah yang bisa mudah diraih di rpm rendah. Plus, ketahanannya dalam jangka waktu lama dan hemat bahan bakar. IMHO again, ini didapat di mesin diesel.
Mohon maaf saya lupa, Innova diesel pakai timing belt atau timing chain. kalau timing belt, biasanya di KM 40ribuan, harus sudah dicek secara visual, karena biasanya di KM tersebut sudah menunjukkan gejala retak halus, which means request to be replaced.
Saya rasa dari saya itu dulu, nanti sambung lagi kalo dah dapet wangsit lagi...

Ane vote ke diesel, om...shievalingga wrote:-cut-
Pemakaian
- dalkot yah cmn buat jln2 k mall ato keliling sby tp jarang
- luar kota buat k jogja, batu, tretes, bali yg berati kondisi jalan ada naik gunung sampe dbuat blong2an nyalip truk ato bis
- ini mbl tdk utk djual dlm waktu dekat dlm arti masa pakai bisa sampe 15-20thn
Nah dr bbrp aspek diatas, mungkin bbrp tmn2 dsini bisa memberikan saran dan pendapat buat ane.. Matur nuwun sblmna..
Walaupun bokap ane punyanya diesel jadul Kuda, tapi kakak ipar ane juga dapet jatah Innova Diesel V.
Secara khusus dapat digariskan disini bahwa mesin sudah sangat halus dibanding 4D56 milik Kuda. Anda tidak akan merasa ini sebagai mobil diesel, apalagi kalau pakai audio yang fit to budget. Jadi kekhawatiran mesin kasar, rasanya kok agak berlebihan ya..

Perawatan mesin diesel...hmmm.. selain yg rutin oli mesin gardan dan persneling, rutin saja bersiin air filter, filter solar, water sedimenter, paling sisanya adalah cek radiator dan oli, serta minyak rem. Dah itu aja selama ini kami merawat diesel. Tiga item terakhir pun hanya pengcekan secara visual.
Untuk tiyang sepuh, memang ada sementara pendapat yang menyarankan beli yg bensin aja, lebih smooth dan halus mesinnya, cocok dengan sepuh sepuh... Tapi IMHO, tiyang sepuh juga tidak terlalu berhasrat pada akselerasi yang menjadi unggulan mesin bensin, kan? IMHO again, di hari tua beliau, dan ditengah kepadatan dan kesibukan rutinitas kita sendiri, seyogyanyalah kendaraan yang beliau pakai adalah yang jenis kendaraan yang hemat biaya perawatan, murah bahan bakar, mudah perawatan, sehingga beliau engga sering pusing dan bingung, kita pun tidak sedikit sedikit gopoh menolong mereka.. Bukan berarti saya tidak mau menolong mereka, tapi di tengah kepadatan rutinitas dan kesibukan kita, adalah lebih bajik dan bijak kalau rutinitas kita tidak terlalu banyak kepotong untuk masalah perawatan kendaraan beliau kan?
Apalagi, rute rute yang akan dipakai antara lain dalam kota adalah rute2 pendek dan jarang, dan luar kota malah menjangkau sampai jogja dan bali. Tretes malahan. Ini butuh mobil bertorsi melimpah ruah yang bisa mudah diraih di rpm rendah. Plus, ketahanannya dalam jangka waktu lama dan hemat bahan bakar. IMHO again, ini didapat di mesin diesel.
Mohon maaf saya lupa, Innova diesel pakai timing belt atau timing chain. kalau timing belt, biasanya di KM 40ribuan, harus sudah dicek secara visual, karena biasanya di KM tersebut sudah menunjukkan gejala retak halus, which means request to be replaced.
Saya rasa dari saya itu dulu, nanti sambung lagi kalo dah dapet wangsit lagi...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: ipah diesel G at VS ipah bensin V mt
Goyang piyik2 om bagor...nugroho bagor wrote:Slighty vibrates?bergetar pelan,bergoyang itik yamadcat015 wrote:Absen di trit wajib bagi ane...
Kepada om TS, monggo berguru ke om Turbo dan momod galaw di atas ane mengenai mesin2...
Ane pribadi, untuk mobil perang, kalo setir sendiri, mending disel...
Tp kalo sering angkut penumpang, mending bensin... minim getaran...
Tapi bukan berarti mesin disel kayak vibro roller buta bangun jalan raya ya...
Just slighty vibrates...

Obey the mahakitteh. 
