Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo sistem transmisi motor bebek kan cuman dari N-1-2-3-4-5-N kan ke bawah terus kan, nah gimana kalo motor laki yang ganti giginya 1-N-2-3-4-5-6, maksudnya apaan tuh? kalo gigi 1 ke bawah terus 2 dan seterusnya ke atas gt ??? Kalo mau balikin ke gigi netral gmn?
Ga diketawain kok... (ihik2 cuma nahan tawa doank.. :-P)
wajar kok nanya gitu, dulu gw juga ga ngarti..
klo motor laki yg gw tau gigi satu cuma buat pengumpan gear doank sebenernya... trus naikin ke gigi dua tinggal congkel penuh (jangan setengah ntar malah masuk ke N)
klo mo balikin ke netral (biasanya setelah gigi tinggi) dari 3 turunin ke 2 trus turunin setengah aja, itu N (jangan terlalu dalem itu masuk gigi 1) makanya gunanya lampu indikator gear ya buat ngeliat udah netral atw belum... sebenernya tanpa lampu indikator juga bisa kok dirasain udah netral atw belum (lepas aja koplingnya pelan2 klo kerasa masih kedorong maju berarti blm netral)..
owwwwww, ic2
Jadi kalo ga dicongkel penuh tuh masuk N ya, hmmmmmm gmn kalo wa dari gigi N lgs aja tak masukin 2 boleh ga? cepet merusak gearnya ga, soalnya kalo mobil manual kan gpp asal gasnya digedein>?
maksudnya dari netral ke gigi 1 tuas gigi diinjak ke bawah dan untuk ke gigi 2 dan seterusnya tuas gigi dicungkil ke atas melewati netral dulu baru masuk ke gigi 2, nanti klo dari gigi 6 mau turun ke satu tuh tuas tinggal diinjak turun sesuai dengan gigi yg tepat dengan kecepatan.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
vasiley wrote:owwwwww, ic2
Jadi kalo ga dicongkel penuh tuh masuk N ya, hmmmmmm gmn kalo wa dari gigi N lgs aja tak masukin 2 boleh ga? cepet merusak gearnya ga, soalnya kalo mobil manual kan gpp asal gasnya digedein>?
sebenernya bisa aja, tapi klo bener2 dari berhenti langsung ke gigi2 rada keras ngopernya, lagi pula klo pun bisa dipaksain pas digeber gasnya, mesin nariknya rada berat.. ibarat loe klo maen game balap trus ngoper giginya loe pake Manual, klo langsung loe naekin ke gigi gede, tarikan mesin berat, akslerasi jadi ga sempurna..
gw dulu juga belajarnya dari game kok, mulai dari game bapuk sampe yang mendekati realita seseungguhnya
heheheheheheeehehehe.......
lucu ya?????
dari netral ke 5 juga bisa.....
kalo mau dirubah,,, rubah aja pake blok kopling...tp sistem transmisi tetep aja 1...dst 4 untuk bebek,,gw sih belom tau udah ada yg rubah ke sistem 1N2345
nah..
klo yg begini sy kadang2 lupa..maklum..udah lama gak bawa montor kopling pas pake motor kopling kadang2 kagok oper gigi.
biasanya klo motor bebek 1-4 depan semua..nah..kadang2 klo pas bawa motor kopling sy kadang lupa oper giginya..tp lama2 yah biasa lg.
BTW..
denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah??
anak_singkong wrote:
denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah??
Apache blm tau bro (thanks utk inputnya,kita titip ke tester SM,hehe)
Kalau Pulsar biasa kok, copy paste dari roadtest Autocar India The gearshift on this bike is thankfully the one-down, four-up pattern.
NanoEnergizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology. Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
anak_singkong wrote:
denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah??
Apache blm tau bro (thanks utk inputnya,kita titip ke tester SM,hehe)
Kalau Pulsar biasa kok, copy paste dari roadtest Autocar India The gearshift on this bike is thankfully the one-down, four-up pattern.
wah ga tau juga, tapi lo motor india yang ganti giginya kebalik yang gw tau TVS City 100cc klo ga salah (penah diulas di M+) cuma 100cc tp model sport, trus yang naek org india yang posturnya gede2 gitu.. apa mesinnya ga tersiksa yah? :-P
Pemindahan gigi persneling Supra V dan Supra XX yang sudah menganut kopling tangan asli bawaan pabrik, pola pemindahan giginya juga kayak motor sport tapi cuman sampe gigi 4.
Jadinya 1-N-2-3-4. Ga bisa langsung netral lagi deh kayaknya kalo dari 4.
Cmiiw ya
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
wynmalik wrote:Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
Kalo akal akalan awam alias ilmu kira kira, satu set gir persneling Supra XX atau Supra V dicangkok ke mesin lama. Tapi ga tau bisa nggaknya. Perlu lihat juga ruang transmisinya apakah sama dengan pola bebek biasa. Karena kan beda pola di botol pengungkit persneling dan susunan gir nya.
Makanya paling mudah ganti BPKB.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
wynmalik wrote:Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
Kalo akal akalan awam alias ilmu kira kira, satu set gir persneling Supra XX atau Supra V dicangkok ke mesin lama. Tapi ga tau bisa nggaknya. Perlu lihat juga ruang transmisinya apakah sama dengan pola bebek biasa. Karena kan beda pola di botol pengungkit persneling dan susunan gir nya.
Makanya paling mudah ganti BPKB.
FYI Supra XX 2001 kondisi mendekati mint dihargai 6 jutaan. Lokasi Kembangan Jakbar. Tinggal balik nama dan langsung pakai.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "