Jakarta - Sebagaimana diberitakan
sebelumnya, Suzuki akhirnya secara
resmi menghadirkan versi bahan
bakar gas CNG dari MPV tujuh
penumpang terlarisnya, Suzuki
Ertiga.
Maruti Suzuki di India menawarkan
dalam dua pilihan tipe, Ertiga LXi
dan Ertiga VXi, yang keduanya
sudah dilengkapi conventer kit gas
bawaan pabrik.
Suzuki Ertiga CNG ini dilengkapi
dengan teknologi i-GPI (intelligent-
Gas Port Injection). Teknologi ini
menggunakan unit kontrol mesin
ganda, yang memberikan jumlah
olahan bahan bakar ke mesin,
sehingga mampu mencapai
efisiensi bahan bakar yang baik.
Klaimnya 22,8 km perkg CNG!
"Dengan Suzuki Ertiga CNG,
pelanggan kami dapat menikmati
biaya operasional yang lebih
murah dan lebih ramah
lingkungan," ujar Manohar Bhat,
Wakil Presiden Pemasaran Maruti
Suzuki.
Di India, Suzuki menawarkan harga
jual untuk Suzuki Ertiga CNG ini
mulai dari Rp 111 jutaan untuk
tipe LXi dan seharga Rp 125 jutaan
untuk tipe VXi.
(mobil.otomotifnet.com)
ertiga cng
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: ertiga cng
di india mah hrs ada versi cng. tata nano aja udah ada masa ertiga ga ada sih..
klu disini nanti dulu. masyarakatnya msh rada2 parno dgn lpg 3kg.....
klu disini nanti dulu. masyarakatnya msh rada2 parno dgn lpg 3kg.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: ertiga cng
LPG 3 Kg yay_anjasrana wrote:di india mah hrs ada versi cng. tata nano aja udah ada masa ertiga ga ada sih..
klu disini nanti dulu. masyarakatnya msh rada2 parno dgn lpg 3kg.....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Fri Nov 07, 2008 12:50
Re: ertiga cng
CNG (Compressed Natural Gas) pada dasarnya adalah Gas Methane (kandungan terbesarnya CH4), memiliki karakter berat jenis yang lebih ringan dari udara lingkungan. sehingga jika terjadi kebocoran, secara teori, gas methane akan segera "terbang" ke udara.
untuk resiko kebakarannya, secara teori akan berpotensi terbakar pada konsentrasi 5%-15% (dibawah 5% tidak beresiko, begitupun diatas 15%). selain itu agar terbakar harus memenuhi aspek "segitiga" api (ada pemantik, ada oksigen, dan ada bahan bakar/methane 5-15%).
CNG relatif aman terlebih lagi jika dalam pengoperasiannya mematuhi standar rekayasa teknik (engineering).
(C/L : Compressed/Liquified) NG sejauh ini masih menjadi alternatif utama pengganti BBM dengan harga jual setara BBM bersubsidi (mengikuti syarat dan ketentuan: volume dan jarak).
(pedege CNG mode: OFF)

untuk resiko kebakarannya, secara teori akan berpotensi terbakar pada konsentrasi 5%-15% (dibawah 5% tidak beresiko, begitupun diatas 15%). selain itu agar terbakar harus memenuhi aspek "segitiga" api (ada pemantik, ada oksigen, dan ada bahan bakar/methane 5-15%).
CNG relatif aman terlebih lagi jika dalam pengoperasiannya mematuhi standar rekayasa teknik (engineering).
(C/L : Compressed/Liquified) NG sejauh ini masih menjadi alternatif utama pengganti BBM dengan harga jual setara BBM bersubsidi (mengikuti syarat dan ketentuan: volume dan jarak).
(pedege CNG mode: OFF)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: ertiga cng
Ntar bakalan ada sales Sijuki membombardir neh trit dgn khayalan tingkat tingginya, spt...
"Jika R3 CNG keluar, Avanza akan kalah, bla bla bla...."
"Jika R3 mengekspansi pasar dgn ini lah, bla bla bla bla..."
"Suatu saat harga jual balik R3 akan sangat bagus sekali....bla bla bla bla...."
"Jika R3 CNG keluar, Avanza akan kalah, bla bla bla...."
"Jika R3 mengekspansi pasar dgn ini lah, bla bla bla bla..."
"Suatu saat harga jual balik R3 akan sangat bagus sekali....bla bla bla bla...."
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: ertiga cng
sarap nih trit..... nais inpo om, trit bermutu & sangat mambantu




kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Fri Nov 07, 2008 12:50
Re: ertiga cng
CNG untuk aplikasi kendaraan pribadi/kecil masih memiliki beberapa PR.
salah satunya adalah tabung yang relatif berat dan setahu saya selalu berbentuk silinder, belum pernah lihat tabung CNG dibentuk seperti tangki bensin/solar umumnya.
pada taxi berjenis kelamin sedan, biasanya tabung tersebut dipasang pada bagasi (pada kendaraan hasil konversi atau dual-fuel)
akhirnya yang terjadi adalah tidak terpenuhinya aspek distribusi bobot terhadap gravitasi sehingga (sorry belum pernah test drive) "on-paper" gejala-gejala "nyeleng" (seperti celeng) akan mengemuka.
Keluhaan lain, "otot" kaki-kaki yang terbebani "not by design" juga lebih cepat letoy (mungkin mod NG yang aplikasi jacuzi di bagian belakang kendaraan bisa share lebih lanjut).
oleh karenanya, sangat menarik R3-CNG ini untuk dipelajari lebih lanjut.
semoga ada kendaraan pribadi/kecil yang menggunakan CNG "by design" (bukan hasil konversi)
mengenai saling mengalahkan, yaa..saya mendukung khayalan-khayalan tsb.
berharap pada akhirnya akan lebih banyak kendaraan berkualitas di Indonesia, sebagai akibat dari kompetisi yang "baik".
jangan ada lagi cerita panter dikakadalin kijang
salah satunya adalah tabung yang relatif berat dan setahu saya selalu berbentuk silinder, belum pernah lihat tabung CNG dibentuk seperti tangki bensin/solar umumnya.
pada taxi berjenis kelamin sedan, biasanya tabung tersebut dipasang pada bagasi (pada kendaraan hasil konversi atau dual-fuel)
akhirnya yang terjadi adalah tidak terpenuhinya aspek distribusi bobot terhadap gravitasi sehingga (sorry belum pernah test drive) "on-paper" gejala-gejala "nyeleng" (seperti celeng) akan mengemuka.
Keluhaan lain, "otot" kaki-kaki yang terbebani "not by design" juga lebih cepat letoy (mungkin mod NG yang aplikasi jacuzi di bagian belakang kendaraan bisa share lebih lanjut).
oleh karenanya, sangat menarik R3-CNG ini untuk dipelajari lebih lanjut.
semoga ada kendaraan pribadi/kecil yang menggunakan CNG "by design" (bukan hasil konversi)
mengenai saling mengalahkan, yaa..saya mendukung khayalan-khayalan tsb.

berharap pada akhirnya akan lebih banyak kendaraan berkualitas di Indonesia, sebagai akibat dari kompetisi yang "baik".
jangan ada lagi cerita panter dikakadalin kijang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: ertiga cng
di pakistan dan india memang CNG lebih rame daripada Bensin biasa omm


engine roaring!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Fri Nov 07, 2008 12:50
Re: ertiga cng
itulah anehnya Indonesia/kita om..


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
- Location: kudus - semarang
Re: ertiga cng
Om ricz dah siap" ni,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia