
Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompetitor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
All, betete yukssss... Thank u.. 

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Om bhanas makelar tanah tuh om...kl ane malah mau nyari...
*ni trit kok jd trit jualan tanah ya? Om turbo bs ngamuk nih
*ni trit kok jd trit jualan tanah ya? Om turbo bs ngamuk nih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Siap komandan!Nightster Guy wrote:All, betete yukssss... Thank u..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
@ om kompresor, yg ini bukan miring harganya om
tapi miring tanahnya, lokasi nya di jalan menurun
hahahahaha....
udah kok om, itu punya tetangga & sdh di DP sama teman kantor ane
@ om Enji, siyap laksanaken komandan
tapi, seneng hati ane liat om momod enji ketipu, tanah urug dikira tanah kavling
ampun om, ane kabur duluan.............
tapi miring tanahnya, lokasi nya di jalan menurun
hahahahaha....

udah kok om, itu punya tetangga & sdh di DP sama teman kantor ane
@ om Enji, siyap laksanaken komandan
tapi, seneng hati ane liat om momod enji ketipu, tanah urug dikira tanah kavling

ampun om, ane kabur duluan.............

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
berani nipu momod hukumannya direndem lohBhanaspati wrote: @ om Enji, siyap laksanaken komandan
tapi, seneng hati ane liat om momod enji ketipu, tanah urug dikira tanah kavling![]()
ampun om, ane kabur duluan.............


BTT
ane mau nambahin dikit soal teknik marketing yg keliru
1. Jadi spammer, seperti yg dilakukan sales peralatan dapur di SM. hal seperti ini justru malah membuat member lain jengkel. Kalau sudah jengkel, boro2 tertarik, yang terjadi justru malah akan membenci produknya. Ada cara lebih elegan sebenarnya, jadi affiliate (mungkin ga sih kalau bukan produk otomotif?) atau gabung jadi member aktif di di media sosial tsb, lalu manfaatkan fitur signature untuk mempromosikan produknya.
2. ntar ah cape

"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Di Tabanan malahan sdh 400jt an..danan32 wrote:Harga tanah belum jenuh om,di kota kecil ane harga rumah tipe 36 aja uda tembus 380 an,padal daerahnya kumuh,sumpek,kualitas bangunan ampun dah..
Apalagi di denpasar kota,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Bhanaspati wrote:@ om kompresor, yg ini bukan miring harganya om
tapi miring tanahnya, lokasi nya di jalan menurun
hahahahaha....![]()
udah kok om, itu punya tetangga & sdh di DP sama teman kantor ane
@ om Enji, siyap laksanaken komandan
tapi, seneng hati ane liat om momod enji ketipu, tanah urug dikira tanah kavling![]()
ampun om, ane kabur duluan.............
hahaha...sudah saya duga klo tanahnya miring....ok ok sip
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
kompresorz wrote:Bhanaspati wrote:@ om kompresor, yg ini bukan miring harganya om
tapi miring tanahnya, lokasi nya di jalan menurun
hahahahaha....![]()
udah kok om, itu punya tetangga & sdh di DP sama teman kantor ane
@ om Enji, siyap laksanaken komandan
tapi, seneng hati ane liat om momod enji ketipu, tanah urug dikira tanah kavling![]()
ampun om, ane kabur duluan.............
hahaha...sudah saya duga klo tanahnya miring....ok ok sip


kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Nah kan....tu dah yg buat ane mikir utk expansi ke luar baliMI16 wrote:Di Tabanan malahan sdh 400jt an..danan32 wrote:Harga tanah belum jenuh om,di kota kecil ane harga rumah tipe 36 aja uda tembus 380 an,padal daerahnya kumuh,sumpek,kualitas bangunan ampun dah..
Apalagi di denpasar kota,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Teknik marketing yg salah itu yg tdk mampu bikin senang calon kastamer..
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
ah..nemu ni trit..mau share juga nih mengenai karakter sales yang ane temui..
ceritanya waktu mau beli mobil, tapi karna ini boil pertama jadinya banyak ngunjungi dealer atau stand2 :
Kasus 1:
Ane and istri datang ke stand ertiga yang kebetulan bersebelahan dengan stand duo kembar..liat2..nanya2..eh dia dengan songongnya ngomong "bisa dibandingkan/diadu dengan merk sebelah" sambil nunjuk mobil avanza dengan gaya merendahkan..disini ane mulai ga suka and mastiin ga bakal ngambil dari dia..eh tiba2 dia ngomong dengan nyolotnya.."masih naik motor kan? kasian anaknya kepanasan keujanan" (waktu itu memang anak ane ikut)..beuh pengen gua habek ni orang..cuma ane masih sabar..tapi istri ane yang bete langsung ngajak pergi sambil ngomel2...
Kasus kedua:
Baru mau lewat dari pintu keluar super market..ada sales yang nawarin brosur..mau nawarin etios valco..karna ane udh tau banyak infonya dari dunia maya..ane cuma nanya bego.."ini mau ditandingkan ama nissan march ya?" langsung tuh sales mengiyakan dan menjelaskan secara hiperbolis..bla..bla..bla..en tiba2 doi nyeletuk "dari pada naik motor kan,,kena panas ama ujan..jiah..langsung ane tinggalin (dalam hati ane.."emang lu kesini kagak naik motor ape?"
Kasus ketiga:
ada sales ngebet..ampe bela2in datang kerumah..wah kalo gini sih ane mikirnya 80% harus ngambil dari dia nih..kasian doi udh capek2 datang ke rumah dan ngejanjiin diskon yang gede..ngobrol lah.ane nanya2 lah mengenai ertiga..banyak yang kaga bisa dijawab(disini ane masih mau ngambil dari doi..malah ngalihkan pembicaraan sambil terus menerus nawarin SPK n ngeluarin form SPK nya (disini ane masih mau ngambil dari doi)..lah terus2an nawarin SPK sambil ngancem2 harga mau naik (ane masih ga mau tandatangan SPK n masih nanya2 seputar after sales servicenya gmn)..eh tiba2 dia ngomong kalo udh dapat bocoran harga pasti bakalan naik sekian (disini ane mulai murka)..lanjut ngobrol mengenai masalah penjualan..dimana dia bangga2in penjualan yang udh menyalip xenia (emang waktu itu ertiga berhasil menyalip xenia, ane juga udh tau sih)..tapi abis itu dia bilang "ini kita bentar lagi mau nyalip avanza..masih beda tipis nih penjualannya"
...beuh..palelu..banyak bacot nih orang..ya udah..akhirnya ane batal ngambil dari dia..ane yakin nih sales tipe yang banyak orang..ane takutnya kalo udh SPK n ada masalah apa2..doi ga mau tanggung jawab n ga mau bantu..cuma ngejar penjualan doang..
Kasus keempat:
ane langsung ke dealernya..ketemu sales..doi ga banyak omong [cencored] en hiperbolis..pembawaan tenang.. en bener2 memposisikan kita sebagai customer..sabar lah pokoknya..ane nanya bisa kasih diskon brp..langsung SPK..
ceritanya waktu mau beli mobil, tapi karna ini boil pertama jadinya banyak ngunjungi dealer atau stand2 :
Kasus 1:
Ane and istri datang ke stand ertiga yang kebetulan bersebelahan dengan stand duo kembar..liat2..nanya2..eh dia dengan songongnya ngomong "bisa dibandingkan/diadu dengan merk sebelah" sambil nunjuk mobil avanza dengan gaya merendahkan..disini ane mulai ga suka and mastiin ga bakal ngambil dari dia..eh tiba2 dia ngomong dengan nyolotnya.."masih naik motor kan? kasian anaknya kepanasan keujanan" (waktu itu memang anak ane ikut)..beuh pengen gua habek ni orang..cuma ane masih sabar..tapi istri ane yang bete langsung ngajak pergi sambil ngomel2...
Kasus kedua:
Baru mau lewat dari pintu keluar super market..ada sales yang nawarin brosur..mau nawarin etios valco..karna ane udh tau banyak infonya dari dunia maya..ane cuma nanya bego.."ini mau ditandingkan ama nissan march ya?" langsung tuh sales mengiyakan dan menjelaskan secara hiperbolis..bla..bla..bla..en tiba2 doi nyeletuk "dari pada naik motor kan,,kena panas ama ujan..jiah..langsung ane tinggalin (dalam hati ane.."emang lu kesini kagak naik motor ape?"
Kasus ketiga:
ada sales ngebet..ampe bela2in datang kerumah..wah kalo gini sih ane mikirnya 80% harus ngambil dari dia nih..kasian doi udh capek2 datang ke rumah dan ngejanjiin diskon yang gede..ngobrol lah.ane nanya2 lah mengenai ertiga..banyak yang kaga bisa dijawab(disini ane masih mau ngambil dari doi..malah ngalihkan pembicaraan sambil terus menerus nawarin SPK n ngeluarin form SPK nya (disini ane masih mau ngambil dari doi)..lah terus2an nawarin SPK sambil ngancem2 harga mau naik (ane masih ga mau tandatangan SPK n masih nanya2 seputar after sales servicenya gmn)..eh tiba2 dia ngomong kalo udh dapat bocoran harga pasti bakalan naik sekian (disini ane mulai murka)..lanjut ngobrol mengenai masalah penjualan..dimana dia bangga2in penjualan yang udh menyalip xenia (emang waktu itu ertiga berhasil menyalip xenia, ane juga udh tau sih)..tapi abis itu dia bilang "ini kita bentar lagi mau nyalip avanza..masih beda tipis nih penjualannya"

Kasus keempat:
ane langsung ke dealernya..ketemu sales..doi ga banyak omong [cencored] en hiperbolis..pembawaan tenang.. en bener2 memposisikan kita sebagai customer..sabar lah pokoknya..ane nanya bisa kasih diskon brp..langsung SPK..
"Supermouse Use No Pedals..."
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Jadi ingat cerita sedih ane...
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Sebelah kiri atau sebelah kanan?madcat015 wrote:Jadi ingat cerita sedih ane...
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah

Yang jelas dong
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
madcat015 wrote:Jadi ingat cerita sedih ane...
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah
jadi inget kasus di ostrali, ada toko yg charge calon/pembeli yg masuk ke tokonya baik utk membeli/hanya sekadar bertanya2 (pasti udah muak setengah idup sampe dia ambil tindakan spt itu ya hehe)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Lha ente jualan ahond tapi test drivenya pake merk sebelah ...madcat015 wrote:Jadi ingat cerita sedih ane...
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah

**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
memang tidak setiap orang dilahirkan dgn bakat marketing
Banyak orang berprofesi sales / marketing tapi hanya segelintir yang benar2 punya passion thd marketing
Customer senang dgn sales yg dapat memposisikan diri sbg seorang sahabat, soal transaksi barang dagangan itu nomor ke sekian......
Banyak orang berprofesi sales / marketing tapi hanya segelintir yang benar2 punya passion thd marketing
Customer senang dgn sales yg dapat memposisikan diri sbg seorang sahabat, soal transaksi barang dagangan itu nomor ke sekian......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
nah..menjalin relasi..ane rasa ini teknik yang cukup jitu..madcat015 wrote:Jadi ingat cerita sedih ane...
Datang berkunjung ke rumah cust potensial (maniak Honda), bawa brosur Accord CR2, pembicaraan sangat menyenangkan dan ane ga ngepush untuk beli. Hanya utk berkenalan dan menjalin relasi.
Di ajak makan siang sambil liat properti dia.
.........
Malah bungkus merek sebelah
namun brp banyak sales yang mau menerapkannya?
soalnya ane punya pengalaman ditawari asuransi ama salesnya..kebetulan ane ama istri+anak udh punya..en itu jg udh ane jelasin ke dia..namun tuh sales ga langsung berubah air mukanya..en ga maksa2 buat dengerin penjelasan dia..akhirnya kita ngobrol2lah..jadinya istri ane malah nanya2 tentang produknya..karna kebetulan dia tugas di mall yang sering jadi tempat tongkrongan kita..jadinya sering ketemu..doi sering nyapa kita en ingat nama kita..dan yang pastinya ane juga ingat ama dia..bahkan ane masih hapal namanya sampe sekarang..malah ane jadi berpikir kalo anak kedua nanti lahir..ane ambil asuransinya dari dia aja..karna dalam benak ane..citra positif dari dia yang ane ingat..
"Supermouse Use No Pedals..."
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Setuju dengan pendapat om Turbo dan om Tikuz...
Di Tuban, panggilan ane: [nama ane] Mazda.
Baik customer dan rekan, pejabat pemerintah, tukang parkir, hingga rombong nasi goreng langganan...
Anyway, memang jadi marketing itu sebuah seni... bijimane menggunakan empati, menjadi konsultan dan teman bagi customer. bukan sekadar jual barang...
Just my two whiskers though...
Di Tuban, panggilan ane: [nama ane] Mazda.

Baik customer dan rekan, pejabat pemerintah, tukang parkir, hingga rombong nasi goreng langganan...

Anyway, memang jadi marketing itu sebuah seni... bijimane menggunakan empati, menjadi konsultan dan teman bagi customer. bukan sekadar jual barang...
Just my two whiskers though...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Beghh, ente cocok jd bos, bukan Denny Utomo..madcat015 wrote:Setuju dengan pendapat om Turbo dan om Tikuz...
Di Tuban, panggilan ane: [nama ane] Mazda.
Baik customer dan rekan, pejabat pemerintah, tukang parkir, hingga rombong nasi goreng langganan...
Anyway, memang jadi marketing itu sebuah seni... bijimane menggunakan empati, menjadi konsultan dan teman bagi customer. bukan sekadar jual barang...
Just my two whiskers though...

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Sales yg aneh... kartu nama logo honda, naiknya mazda, tp yg dijual mitsu...... 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Yg diripiu Suzuki, menjura ke Toyota, sukanya sama Subby...y_anjasrana wrote:Sales yg aneh... kartu nama logo honda, naiknya mazda, tp yg dijual mitsu......

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Ada loh di sini yg ngakunya penboi Toyota, tapi selalu merekomen Mitsubishi. Ada.



Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Hmm, pernah nih ada sales di kantor bokap ane dulu (mercedes benz), jelek2in BMW di depan customer-nya (yang ternyata fanboy BMW sejak dulu, & mau coba beralih ke merc)...
Akhirannya si customer marah2 & ga jadi beli itu E300 AVA...
Akhirannya si customer marah2 & ga jadi beli itu E300 AVA...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Seru juga nih trit, emang bener kadang2 cara sales yg salah justru bikin orang jadi males beli mobil. Ada beberapa cara lagi yg salah dari sales menurut pengalaman saya waktu mau cari mobil:
1. Membohongi konsumen
Saya pernah ditawari cicilan murah mobil splash sama sales suzuki, tapi ternyata hitungannya beda jauh sama orang leasing bca. Bilangnya sich krn ada kenaikan bunga kredit padahal saya cek di website dan cust. servicenya bunga kredit nggak naik... parah....
2. Ketakutan berlebihan sama kompetitor
Waktu lg ngunjungin stand avanza, lagi liat2 dan masuk dalem, salesnya bukannya cerita keunggulan avanza malah ngejelek2in mobilio. Kata2nya sama persis dengan yg pernah saya baca di komentar detik dan pernah nongol juga di SM. Cara salesnya justru bikin saya nggak respek dan menganggap nih sales nggak PD sama keunggulan mobilnya dan sepertinya cara menjelekkannya sdh sangat terstruktur.
3. Memberi harapan palsu
Waktu di iims saya sempat spk mobil brio satya karna ada tawaran kredit 1jt/bln dari bank BJJ. Dan nyatanya setelah spk saya malah ditawari kredit dengan cicilan 2 jutaan. Hal itu bukan hanya terjadi sama saya, tapi terjadi juga sama adik dan temen2 saya yang sudah spk brio satya. Cara2 seperti itu sangat memuakkan.
4. Pilih-pilih calon konsumen
Pernah jalan bareng saudara ke stand pameran mobil. Saya pakai baju keren sedangkan saudara cuma pake kaos oblong dan sandal jepit. Sata diperlakukan baik sekali, disapa dan ditawari brosur, sedangkan saudara saya dicuekin abis. Padahal yang banyak duit dan sanggup beli itu justru saudara saya hehehe
5. Tidak punya pengetahuan cukup tentang mobil yg dijual
Saya sering tanya2 sales tentang fitur dan spek mobil dan kesimpulan saya 95% sales tidak paham tentang produk yg dijualnya.
Nah ada satu hal yg sangat dibutuhkan sales dan itu yg buat saya nyaman beli mobil yaitu Kejujuran.
Dua minggu yang lalu saya ke showroom daihatsu dan lihat2 ayla. Saya bilang ke salesnya sebenernya saya lebih tertarik Satya hanya saja budget saya tidak cukup. Salesnya dengan objektif mengakui keunggulan Satya dibanding Ayla. Saya agak terkejut denger respondnya, beda sekali dengan sales lain. Akhirnya sata minta disimulasikan kredit dan SPK. Dan hebatnya lagi hitungan simulasi dari salesnya sama persis dengan leasingnya. Kejujuran seperti inilah yang buat saya nyaman beli mobil sama dia meski saya nggak begitu sreg sama mobilnya.
1. Membohongi konsumen
Saya pernah ditawari cicilan murah mobil splash sama sales suzuki, tapi ternyata hitungannya beda jauh sama orang leasing bca. Bilangnya sich krn ada kenaikan bunga kredit padahal saya cek di website dan cust. servicenya bunga kredit nggak naik... parah....
2. Ketakutan berlebihan sama kompetitor
Waktu lg ngunjungin stand avanza, lagi liat2 dan masuk dalem, salesnya bukannya cerita keunggulan avanza malah ngejelek2in mobilio. Kata2nya sama persis dengan yg pernah saya baca di komentar detik dan pernah nongol juga di SM. Cara salesnya justru bikin saya nggak respek dan menganggap nih sales nggak PD sama keunggulan mobilnya dan sepertinya cara menjelekkannya sdh sangat terstruktur.
3. Memberi harapan palsu
Waktu di iims saya sempat spk mobil brio satya karna ada tawaran kredit 1jt/bln dari bank BJJ. Dan nyatanya setelah spk saya malah ditawari kredit dengan cicilan 2 jutaan. Hal itu bukan hanya terjadi sama saya, tapi terjadi juga sama adik dan temen2 saya yang sudah spk brio satya. Cara2 seperti itu sangat memuakkan.
4. Pilih-pilih calon konsumen
Pernah jalan bareng saudara ke stand pameran mobil. Saya pakai baju keren sedangkan saudara cuma pake kaos oblong dan sandal jepit. Sata diperlakukan baik sekali, disapa dan ditawari brosur, sedangkan saudara saya dicuekin abis. Padahal yang banyak duit dan sanggup beli itu justru saudara saya hehehe
5. Tidak punya pengetahuan cukup tentang mobil yg dijual
Saya sering tanya2 sales tentang fitur dan spek mobil dan kesimpulan saya 95% sales tidak paham tentang produk yg dijualnya.
Nah ada satu hal yg sangat dibutuhkan sales dan itu yg buat saya nyaman beli mobil yaitu Kejujuran.
Dua minggu yang lalu saya ke showroom daihatsu dan lihat2 ayla. Saya bilang ke salesnya sebenernya saya lebih tertarik Satya hanya saja budget saya tidak cukup. Salesnya dengan objektif mengakui keunggulan Satya dibanding Ayla. Saya agak terkejut denger respondnya, beda sekali dengan sales lain. Akhirnya sata minta disimulasikan kredit dan SPK. Dan hebatnya lagi hitungan simulasi dari salesnya sama persis dengan leasingnya. Kejujuran seperti inilah yang buat saya nyaman beli mobil sama dia meski saya nggak begitu sreg sama mobilnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Teknik marketing yg salah : men-jelek2-an produk kompeti
Jadi ingat wkt bungkus M2..
Nyokap ama gw datang ke Mazda, ketemu sales yg (syukurlah) nonik2 unyu...
Ngomong2 panjang lebar, nyokap tanya2, tuh sales langsung nyodorin SPK ke nyokap gw... Nyokap gwxseh biasa2 aja, krn dia udh pasti bakal ambil M2.. Cmn gw aja yg aga krg sreg, cenderung pushy, masa org baru nanya2 bentar aza langsung suru SPK... Untung nonik2..bukan batangan...
Nyokap ama gw datang ke Mazda, ketemu sales yg (syukurlah) nonik2 unyu...
Ngomong2 panjang lebar, nyokap tanya2, tuh sales langsung nyodorin SPK ke nyokap gw... Nyokap gwxseh biasa2 aja, krn dia udh pasti bakal ambil M2.. Cmn gw aja yg aga krg sreg, cenderung pushy, masa org baru nanya2 bentar aza langsung suru SPK... Untung nonik2..bukan batangan...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165