Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
gils wrote:Om turbo,ijin nanya dikit.. gerobak ane yaris 2012 pake oli motul h-tech 5w-30 oke2 aja gak yah? Udah pake 2000km sih tarikan lebih enak... Oli sebelum nya pake fk massimo freshing..
Om gils, beli motul htech dmn??
Kena brp per liter??
Yg API SM atau SN??
Ane jg pake motul htech yg API SM di CRV nyokap baru jalan 4rb KM umur oli dah 6 bulan
Sampai saat ini sih msh oke bgt kalo menurut ane
Mod DOHC jg pengguna motul htech tuh
om trubo mau nanya dong tentang flush engine
itu sebenernya berbahaya , atau gimana?
di forum sebelah lagi rame tapi yang menjadi masalah adalah salah satu narasumbernya juga sebagai pedagang
maka akan sangat sulit untuk obyektif om
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
ya digunakan jika mmg benar2 diperlukan aja semisal HLA dah agak mampet atau jika anda pake mesin2 yg "hobby" bikin sludge spt MZ-FE misalnya
kalo mesin bersih2 aja ya ga usah
segala sesuatu yg "over" ya gak baik
c_adhi_k wrote:om trubo mau nanya dong tentang flush engine
itu sebenernya berbahaya , atau gimana?
di forum sebelah lagi rame tapi yang menjadi masalah adalah salah satu narasumbernya juga sebagai pedagang
maka akan sangat sulit untuk obyektif om
1NZ-FE ane perna liat pas lagi bongkar enjin head nya... kayanya ntuh blom roller rocker (cmiiw dan imaly) tp desain "bucket" buat neken spring nya jg agak aneh.. ada smacam mangkuk kecil yg buat tempat si camlobe nekan bucket spring nya..
enjin honda mahh royal teknologi tuhhh.... brio yg entry level aja uda dikasi roller rocker... stream jadul aja uda pake roller rocker...
enjin flush ?? ahhh buang2 duit aja... mobil2 ane yg tiap ari ngukur jalan dan tiap ganti oli ganti2 merek aja pas dibuka enjin head bersih koq... ga ada endapan2 apa2... asal ganti oli rutin dgn filter nya dan pake oli yg berkualitas uda lebi dari ckup koq.... dulu malah ferio ane skali nya dipakein enjin flush... packing oil pan lgs rembes oli malah..
kalo zaman dulu itu :
- Olinya kebanyakan group 1 or 2 dimana gak begitu stabil (kena panas tinggi mudah jadi kerak)
- detergent oli gak sebagus oli zaman skg
Maka itu zaman dulu engine flush ya populer
Nah zaman skg detergent oli dah jauh lebih maju serta oli Group III / IV yg jauh lebih stabil thd panas.
Perkecualian :
Mesin2 yg hobby bikin sludge spt Toyota MZ-FE dan bbrp type BMW 6 Cyl (M 5x series)
Udah ada toko/bengkel di Jakarta yang jual HX8 kah? Graha sakti terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Apa ngak ada toko/bengkel di daerah sawah besar/krekot yang jual oli ini?
limsandy wrote:Udah ada toko/bengkel di Jakarta yang jual HX8 kah? Graha sakti terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Apa ngak ada toko/bengkel di daerah sawah besar/krekot yang jual oli ini?
Di Sawah Besar kan byk toko yg jual oli, survey aza
Kalo di jl Kebon Jeruk nya ada toko oli SentralMas - Ayung, coba survey.
Jambangan wrote:
Om gils, beli motul htech dmn??
Kena brp per liter??
Yg API SM atau SN??
Ane jg pake motul htech yg API SM di CRV nyokap baru jalan 4rb KM umur oli dah 6 bulan
Sampai saat ini sih msh oke bgt kalo menurut ane
Mod DOHC jg pengguna motul htech tuh
Bro jambangan, ane beli motul di TODA radio dalam.. Ane pake yang api SN, pake juga di freed.. Hasil nya sejauh ini puasss... Tapi ane lupa habis berapa, kalo ga salah inget +- 480-500rb an bro...
For everything, there is a season, there is a reason...
azu wrote:Om turbo, saya udah lihat technical data sheet HX8
TD Helix HX8 5W-30: HX8
TD New SHU 5w-30 yang kemaren2 saya lihat di Sunda Motor Bandung : SHU
dan ternyata....tampaknya kedua oli ini sama persis hanya beda branding saja dan harga yang lebih murah kecuali bedanya di HX8 tidak comply BMW LL-01 (katanya 100rb/l atau 400/gl sedangkan SHU 125rb/l)
Screenshot Technical Data
Saya lihat masih ada beda lainnya juga, bukan hanya yg comply BMW LL-01 saja
Yang SHU sudah approved MB 229.5
Yang HX8 baru level MB 229.3
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Maaf kalo off-topic sebentar. Om Turbo, kalo untuk ATF, oli apa yg direkomendasi ya? Saya rencana masukin oli Mobil1 Series 2000 10W-40 yang semi-synthetic ke mobil Toyota RAV4 saya. Kira2 ATF apa yang se-level ya?
Saya baru pulang dari Sentral Mas Motor, Ko Ayung ini bener2 sesuatu banget deh. Saya akhirnya beli Shell HX8 soalnya SHU lagi kosong dan ATF saya pake Eneos Multi. Harganya lumayan bersahabat, harga oli merk lain juga ngak mahal kok. Keliatan Sentral Mas ini distributor oli partai besar, walaupun dagangan sampingan nya ada minyak gemuk dan tools. Bener2 recommended!
Jalan Kebon Jeruk 3 no 86
(021) 659-4921
*Disclaimer: Saya ngak kerja/dapet komisi dari Sentral Mas/Ko Ayung.*
limsandy wrote:Saya baru pulang dari Sentral Mas Motor, Ko Ayung ini bener2 sesuatu banget deh. Saya akhirnya beli Shell HX8 soalnya SHU lagi kosong dan ATF saya pake Eneos Multi. Harganya lumayan bersahabat, harga oli merk lain juga ngak mahal kok. Keliatan Sentral Mas ini distributor oli partai besar, walaupun dagangan sampingan nya ada minyak gemuk dan tools. Bener2 recommended!
Jalan Kebon Jeruk 3 no 86
(021) 659-4921
*Disclaimer: Saya ngak kerja/dapet komisi dari Sentral Mas/Ko Ayung.*
Shell HX8 dapet brp bro? untuk patokan harga nih
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Wah saya rasa ngak etis ya saya bocorin harga dari toko tersebut. Yang pasti saya yakin saya dapet harga bagus soalnya lebih murah dari bocoran harga pasaran di post beberapa halaman yang lalu.
Kalo bener2 penasaran, telp ke toko nya aja.... Saya yakin Ko Ayung mau kasih tau harga per botol nya kok kalo emang minat beli. Hehehehe
Para masters2 mohon di liat spek sbb apakah cukup bagus:
AMSOIL Signature Series 100% Synthetic
5W-30 Motor Oil (ASL)
Kinematic Viscosity @ 100°C, cSt (ASTMD-445)10.5
Kinematic Viscosity @ 40°C, cSt (ASTMD-445)60.3
Viscosity Index (ASTM D-2270)166
CCS Viscosity, cP @ (°C) (ASTMD-5293)4911 (-30)
Flash Point °C (°F) (ASTM D-92)228 (442)
Fire Point °C (°F) (ASTM D-92)246 (475)
Pour Point °C (°F) (ASTM D-97)-51 (-60)
NOACK Volatility, % weight loss (g/100g)
(ASTM D-5800)7.0
High Temperature/High Shear Viscosity
@ 150°C, 1.0 X 106 s.-1), cP (ASTM
D-5481)3.2
Four-Ball Wear Test @ 40 kgf, 75ºC,
1200 rpm, 1 hr, scar diameter, mm
(ASTM D-4172)
Total Base Number (ASTM D-2896)12.6
Ekspektasi nya agar mesin bersih...fungsi pelumasan baik (e.g. Cold crank yang cepat mengalir ke atas oli nya), oli yg gak susceptible to enviromental changes (secara mobil kebanyakan diparkir dlm keadaan mesin mati, jalan pun jarak2 dekat dan berdebu)...penggantiannya annually; mileage kurang lebih di 4000km.
Ga ada ekspektasi mengenai performa dan FC dah..ehehee
Kamsia master2 suhu2 sekalian...
Kalo dari pengamatan ane td bbrp teman yg pernah pake Ams ASL ini sih yah :
- Ada yg merasa cocok dan enak sekali
- Ada yg merasa biasa2 aja
penilaian jadi kritis krn mengingat harganya
Kalo hanya dipake 4000 Km menurut ane sih bener2 buang duit sia2......oli ini bisa dipakai 13 bulan / mau jalan 15.000 Km pun asal ga lebih dr 13 bulan juga monggo (filter oli ganti di 10 rb Km)
ZombiEE wrote:Ekspektasi nya agar mesin bersih...fungsi pelumasan baik (e.g. Cold crank yang cepat mengalir ke atas oli nya), oli yg gak susceptible to enviromental changes (secara mobil kebanyakan diparkir dlm keadaan mesin mati, jalan pun jarak2 dekat dan berdebu)...penggantiannya annually; mileage kurang lebih di 4000km.
Ga ada ekspektasi mengenai performa dan FC dah..ehehee
Kamsia master2 suhu2 sekalian...
Ane tmsk yg dalam camp yg impresi nya biasa2 aja...konsistensi nya yg memang pantas diapresiasi memang...tapi ya itu berdasar butt-o-meter..
Yap, boleh dibilang waste of money,,dilihat dari jarak tempuh nya, tapi krn ane ganti nya setaun sekali sih jujur gak terasa terlalu mengrogoti kantong..ehehe...karena waktu yg lama itu lah ane berharap oli ini tidak rentan thd pengaruh lingkungan...
Kalau oom turbo lihat, liat secara TDS apakah cukup bagus dibandingkan misalkan dgn m1 sekelas/viskositas rating sama?
ZombiEE wrote:Ane tmsk yg dalam camp yg impresi nya biasa2 aja...konsistensi nya yg memang pantas diapresiasi memang...tapi ya itu berdasar butt-o-meter..
Yap, boleh dibilang waste of money,,dilihat dari jarak tempuh nya, tapi krn ane ganti nya setaun sekali sih jujur gak terasa terlalu mengrogoti kantong..ehehe...karena waktu yg lama itu lah ane berharap oli ini tidak rentan thd pengaruh lingkungan...
Kalau oom turbo lihat, liat secara TDS apakah cukup bagus dibandingkan misalkan dgn m1 sekelas/viskositas rating sama?
Maaf kalo sampai 13 bulan apa g berubah senyawa olinnya,baek di pakai jarang2 atau tiap hari,kalo tahan wwwwoooww wonderpul laip om