Review New Hyundai Santa Fe 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
sudahlah bro ricz, gk usah di ladeni sing waras ngalah. klo d ladeni nambah tambeng. lek gk d reken paling diam sendiri tuh bro RV. yg pny santi mana nih foto santinya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
WAH.... foto santi? santi sy mah semua standart pabrik ajeee uda bikin org2 pada melotot kok liat santi sy.... hehehe.....BODY NAN,,,[cencored],,,,,HEHEHEE,,,,,,,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Santi bensin 2.4 akan rilis dg harga 421jt.... Fiturnya samakah dengan yg disel?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Tp kl sama , ttp berasa kopong ya . Mending crv aja yg skrg dah mayan kumplit atau lsg ke cx5 . Wa post gini ntar ada yg attack lsg perasaan ane.
Kl compare ama sorento jd terlalu mahal ya ?kl 399jt br dijamin laris manis
Kl compare ama sorento jd terlalu mahal ya ?kl 399jt br dijamin laris manis
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Maunya ditambah head unit TV, soalnya udh nempel ama Prestige harganya, blom lg ad CX5 2.5....
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Biarin aja om... paling di counter sama master2 SM...campoeran wrote:Tp kl sama , ttp berasa kopong ya . Mending crv aja yg skrg dah mayan kumplit atau lsg ke cx5 . Wa post gini ntar ada yg attack lsg perasaan ane.
Kl compare ama sorento jd terlalu mahal ya ?kl 399jt br dijamin laris manis
Terkait Santi 2.4, ane penasaran sama inden nya mobil2 keren Korea ini (Santi dan Sorento)... Apakah lama? Kalo lama, bisa2 diskon minimal nih...
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Sorento sekitar 3 minggu (alasannya krn CBU korea)
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Cukup cepat menurut ane bro... Good job Hyuna...ricz wrote:Sorento sekitar 3 minggu (alasannya krn CBU korea)
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
http://www.dapurpacu.com/hyundai-santa- ... ingi-cr-v/
JOGJAKARTA (DP) — Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memastikan bakal segera memasarkan Hyundai Santa Fe 2.4L MPI untuk memperkuat posisi di segmen SUV di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan langsung wakil presiden HMI Mukiat Sutikno di Jogjakarta, hari ini, Jumat (5/7).
“Hyundai Santa Fe 2.4L MPI akan melengkapi varian diesel Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi, yang diperkenalkan sejak tahun lalu,” kata Mukiat. Namun dia belum bisa menjawab kepastian tanggal peluncuran rival dari Honda CR-V dan Toyota Fortuner tersebut.
Mukiat juga mengatakan bahwa harga Santa Fe bermesin bensin tersebut sangat kompetitif mengingat desain, teknologi, dan fitur-fitir yang dimiliki. “Harganya lebih murah dari CRDi, yakni Rp 421 juta,” tambahnya.
Hyundai Santa Fe 2.4L MPI dipersenjatai mesin bensin Theta II 2,4 liter 4-silinder MPI. Dengan tenaga mencapai 176 hp, model ini dilengkapai transmisi otomatis 6-speed, yang diklaim memberi manfaat pada efisiensi bahan bakar.
Santa Fe MPI juga dilengkapi beberapa fitur menarik, seperti panoramic sunroof, ECO Drive, AC otomatis dual zone, 2 airbag, rem ABS+EBD. Sementara fasilitas tujuh bangku diyakini akan menjadi daya tarik bagi konsumen Indonesia. [dp/Ind]
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013


jangan jangan nanti ada kia sorento dieselnya juga nehhh dgn harga 400jutaan ,,,,,,,
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Oh, Honda... mana mesin diesel mu....?liora wrote:![]()
wah wah semakin seru nehh persaingan mobil Hyundai santa fe...
jangan jangan nanti ada kia sorento dieselnya juga nehhh dgn harga 400jutaan ,,,,,,,







Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Bukannya diluar sana Honda mesin diesel udah ada? 1.6 sama 2.2 berarti tinggal HPM masukin saja tuh. Whew kalo CRV masukin dieselnya, tambah panas nih persaingannya

madcat015 wrote: Oh, Honda... mana mesin diesel mu....?![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ya... itu maksud ane... Diesel series nya Honda sudah ada... Tapi entah mengapa masih belum ada bau2 solar nya di Indonesia. Ane rasa investment nya bakal gede utk masukin line up diesel...papico wrote:Bukannya diluar sana Honda mesin diesel udah ada? 1.6 sama 2.2 berarti tinggal HPM masukin saja tuh. Whew kalo CRV masukin dieselnya, tambah panas nih persaingannya![]()
madcat015 wrote: Oh, Honda... mana mesin diesel mu....?![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Pas liat pameran santa fe, ada salew samperin, ane iseng tanya minum solar biasa bisa ga
Dijawabnya bisa n tidak kenggugurkan garansi... Hmmmm
Kalo h1 sih ane langsung percaya, dah terbukti di travel2
Dijawabnya bisa n tidak kenggugurkan garansi... Hmmmm
Kalo h1 sih ane langsung percaya, dah terbukti di travel2
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kalo sales mah, apapun dijawab bisa.... M-B kalo gk ad perjanjian gk boleh pake solar selain DEX juga bakal dibilang bisa pake solar biasa.... 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Baru dapat info juga dari sales H miring, ini baru ditest rute Jawa-Bali pakai bio solar. Tapi gak tau metodenya sering full throttle atau eco mode. Kalo cuman eco mode jalan 60-100 km/jam, tekanan gak maksimal ya sama aja dunk. Cuman (katanya) kedepan bisa jadi ada improve di sektor saluran bahan bakar. Kemungkinan ada penambahan filter, jadi double filter. Membantu gak yah?? (btw buat yang tahu permesinan, itu pompa solarnya jadi satu dengan modul filter solar? Kalo jadi satu berarti ntar kekuatan pompanya bisa 2 kali yah?)
Ya smoga nanti hasilnya gak mengecewakan
*sementara masih menggunakan metoda 50:50 dah, hehehehe
Ya smoga nanti hasilnya gak mengecewakan

*sementara masih menggunakan metoda 50:50 dah, hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
#menyimak sambil nunggu ada update OEM fitur dari santi 

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Sekali kali minum biosolar pasti ngak masalah. Namun saya rasa sayang aja dan ngak jamin bebas risiko pakai biosolar untuk mobil yang sudah 400 juta lebih ini. Bisa hemat berapa sebenernya ?
Asumsi tiap bulan jalan 1800 km. Jika pakai DEX, uang BBMnya sebulan habis :
1800/10 X 10400 = 1.872 juta
Pakai bio
1800/9.5 X 5500 (assume DEX lebih irit) = 1.042 juts
Selisih sebulan = 830,000
Namun tau sendiri mutu biosolar susah di prediksi di SPBU Pertamina di mana mana. DEX aja juga ngak jamin, apalagi biosolar ?
Jadi tinggal nimbang risiko mesin makin kasar, ada gangguan dll memadai ngak banding hemat sekitar 830,000 sebulan.
Uang segitu nanggung, bukan uang kecil, namun bukan uang yang besar juga (untuk ukuran orang yang mampu beli mobil 400 juta lebih).
IMO, jangan pakai biosolar, kecuali emergency misalnya udah mau habis tapi ngak ketemu DEX. Ya jelas sekali kali ngak bakal ada masalah. Namun untuk jaga kondisi mesinnya long term, saya rasa lebih baik hindari biosolar jika bisa.
Kecuali sudah yakin mutu biosolar sudah stabil di mana mana.
Asumsi tiap bulan jalan 1800 km. Jika pakai DEX, uang BBMnya sebulan habis :
1800/10 X 10400 = 1.872 juta
Pakai bio
1800/9.5 X 5500 (assume DEX lebih irit) = 1.042 juts
Selisih sebulan = 830,000
Namun tau sendiri mutu biosolar susah di prediksi di SPBU Pertamina di mana mana. DEX aja juga ngak jamin, apalagi biosolar ?
Jadi tinggal nimbang risiko mesin makin kasar, ada gangguan dll memadai ngak banding hemat sekitar 830,000 sebulan.
Uang segitu nanggung, bukan uang kecil, namun bukan uang yang besar juga (untuk ukuran orang yang mampu beli mobil 400 juta lebih).
IMO, jangan pakai biosolar, kecuali emergency misalnya udah mau habis tapi ngak ketemu DEX. Ya jelas sekali kali ngak bakal ada masalah. Namun untuk jaga kondisi mesinnya long term, saya rasa lebih baik hindari biosolar jika bisa.
Kecuali sudah yakin mutu biosolar sudah stabil di mana mana.
papico wrote:Baru dapat info juga dari sales H miring, ini baru ditest rute Jawa-Bali pakai bio solar. Tapi gak tau metodenya sering full throttle atau eco mode. Kalo cuman eco mode jalan 60-100 km/jam, tekanan gak maksimal ya sama aja dunk. Cuman (katanya) kedepan bisa jadi ada improve di sektor saluran bahan bakar. Kemungkinan ada penambahan filter, jadi double filter. Membantu gak yah?? (btw buat yang tahu permesinan, itu pompa solarnya jadi satu dengan modul filter solar? Kalo jadi satu berarti ntar kekuatan pompanya bisa 2 kali yah?)
Ya smoga nanti hasilnya gak mengecewakan![]()
*sementara masih menggunakan metoda 50:50 dah, hehehehe
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Bukannya attack, tapi counter / meluruskan fakta / opini kedua.
Seperti kasus Carens, jangan lupa Santi, bensin maupun diesel, adalah CBU ex-Korea. Udah kena handicap pajak jauh lebih besar. Dan perhatiin deh, tetap beda barang CKD ama CBU. Lihat aja engine room crv CKD, selain insulator hood di copot, juga enginenya ngak ada cover, juga overall engine roomnya agak berantakan dan telanjang, besi rangka dimana mana. Wiring juga berapa yang telanjang kelihatan.
Saya yakin beda banget ama engine room crv versi Jepang atau Eropa atau Amrik.
Banding engine room Santi / Sorento CBU, selain insulator hood ada, juga engine ada covernya, dan bagian besi rangka depan samping juga banyak yang sudah di tutup rapih ama plastic cover. Gituan biasa, CKD merek Jepang, terutama toyota dan honda, paling sering main sunat gini.
No big deal ? Untuk saya lumayan, karena orang udah bayar 400 jutaan, dapatnya barang CKD, yet urusan engine room aja gitu. Rasanya gimana gitu. Orang yang ngak perhatiin sih masa bodoh. Kecuali harganya 330 juta gitu masih mending.
Belum urusan pajaknya, belum juga local content crv lebih tinggi, modal material udah advantage banding duo Korea yang udah pasti mayoritas component masih dari Korea Selatan.
Toh fitur crv sebanyak apa ? Jika CX-5 CBU, saya setuju tu SUV banyak fiturnya.
Jadi yang sama worth it banding Santi menurut saya cuman CX-5. crv mah ngak ada apa apanya (banding statusnya sebagai mobil CKD yang sudah menikmati pajak kecil, modal material lebih murah, dan harganya 400 juta lebih pula)
Kemarin juga sempat lihat pameran nav1 CKD, sama juga, engine roomnya telanjang, plastik cover sedikit, cables, wiring banyak yang telanjang kelihatan lari kemana mana, sama seperti crv, lebih parah iya, berantakan banget engine roomnya. Saya yakin versi Jepangnya noah / voxy ngak seperti nav1 ini engine roomnya.
Dan saudara malah bilang tu mobil yang udah +- 400 juta, ternyata rem belakangnya juga masih tromol, belum disc. Entah benar ngak. Apakah noah / voxy di Jepang juga demikian ? Saya ragu.
Juga engine room crv dan nav1, dua mobil yang udah sekitar 400 juta, masih pakai tiang untuk nahan kap mesinnya. Seperti mobil murah. Duo Korea SUV Santi dan Sorento udah hydraulic, seperti Mercy / BMW.
CX-5 saya lupa.
Seperti kasus Carens, jangan lupa Santi, bensin maupun diesel, adalah CBU ex-Korea. Udah kena handicap pajak jauh lebih besar. Dan perhatiin deh, tetap beda barang CKD ama CBU. Lihat aja engine room crv CKD, selain insulator hood di copot, juga enginenya ngak ada cover, juga overall engine roomnya agak berantakan dan telanjang, besi rangka dimana mana. Wiring juga berapa yang telanjang kelihatan.
Saya yakin beda banget ama engine room crv versi Jepang atau Eropa atau Amrik.
Banding engine room Santi / Sorento CBU, selain insulator hood ada, juga engine ada covernya, dan bagian besi rangka depan samping juga banyak yang sudah di tutup rapih ama plastic cover. Gituan biasa, CKD merek Jepang, terutama toyota dan honda, paling sering main sunat gini.
No big deal ? Untuk saya lumayan, karena orang udah bayar 400 jutaan, dapatnya barang CKD, yet urusan engine room aja gitu. Rasanya gimana gitu. Orang yang ngak perhatiin sih masa bodoh. Kecuali harganya 330 juta gitu masih mending.
Belum urusan pajaknya, belum juga local content crv lebih tinggi, modal material udah advantage banding duo Korea yang udah pasti mayoritas component masih dari Korea Selatan.
Toh fitur crv sebanyak apa ? Jika CX-5 CBU, saya setuju tu SUV banyak fiturnya.
Jadi yang sama worth it banding Santi menurut saya cuman CX-5. crv mah ngak ada apa apanya (banding statusnya sebagai mobil CKD yang sudah menikmati pajak kecil, modal material lebih murah, dan harganya 400 juta lebih pula)
Kemarin juga sempat lihat pameran nav1 CKD, sama juga, engine roomnya telanjang, plastik cover sedikit, cables, wiring banyak yang telanjang kelihatan lari kemana mana, sama seperti crv, lebih parah iya, berantakan banget engine roomnya. Saya yakin versi Jepangnya noah / voxy ngak seperti nav1 ini engine roomnya.
Dan saudara malah bilang tu mobil yang udah +- 400 juta, ternyata rem belakangnya juga masih tromol, belum disc. Entah benar ngak. Apakah noah / voxy di Jepang juga demikian ? Saya ragu.
Juga engine room crv dan nav1, dua mobil yang udah sekitar 400 juta, masih pakai tiang untuk nahan kap mesinnya. Seperti mobil murah. Duo Korea SUV Santi dan Sorento udah hydraulic, seperti Mercy / BMW.
CX-5 saya lupa.
campoeran wrote:Tp kl sama , ttp berasa kopong ya . Mending crv aja yg skrg dah mayan kumplit atau lsg ke cx5 . Wa post gini ntar ada yg attack lsg perasaan ane.
Kl compare ama sorento jd terlalu mahal ya ?kl 399jt br dijamin laris manis
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Sama Serena bagusan mana?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
@bro ricz: Serena itu CBU ya? Trutama yg panoramic? 
Kl dr trio roti tawar, yg paling least impressive itu NAV-1. Biante oke eksterior nya. Serena bagus interiornya...

Kl dr trio roti tawar, yg paling least impressive itu NAV-1. Biante oke eksterior nya. Serena bagus interiornya...
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Gw cuman nanya pendapat RV, bukan mau berantem bro....
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Serena.... Setau gw CKD dah....madcat015 wrote:@bro ricz: Serena itu CBU ya? Trutama yg panoramic?
Kl dr trio roti tawar, yg paling least impressive itu NAV-1. Biante oke eksterior nya. Serena bagus interiornya...
NAV1 paling jelek mmg, tp pas liat yg versi G Sportsnya cakep juga...
Biante agak plain interiornya...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165