ANSdream wrote:ricz wrote:Kan di matic ada P R N D 3 2 1, tinggal turunkan pake 3-2-1 aja..
Kalo pake transmisi spt P R N D S L tinggal turunkan ke L ato pindah ke S trus mainkan tiptronic / paddleshift (kalo ada)
Begitulah pendapat nubitol [cencored] ini...
Makin keliatan dech ga punya mobil matic
Hahaha
Makasi infonya Um...

Nubie djadoel hanya nambahkan sedikit...
Untuk tanjakan yang panjang, misalnya tanjakan panjang Cipul arah bandung, silakan geser tuas ke posisi 3, supaya masih dapet torsi melimpah, karena: Trek tanjakan nya panjang, sehingga kalau hanya kickdown / tekan pedal gas lebih dalam, awalnya memang iya ECU nurunin gigi. Tapi berhubung RPM nya masih manteng di 4.000rpm, ECU akan menaikkan secara otomatis gear ke level atasnya. Torsi akan drop, power kurang, kita injek gas lebih dalam lagi untuk turunin gigi otomatis, itu juga akan berefek pemborosan bahan bakar.
Untuk keawetan bonggol transmisi, saat pindah ke lever 3 atau up secara manual ke lever D, boleh lepas gas sebentar, pindah tuas, gas lagi.
Begitu juga sebaliknya untuk turunan yang panjang dan lebar. Kalau tanjakan atau turunannya pendek, silakan kick down saat menemui tanjakan pendek, atau lepas gas dan rem sedikiit, ECU bakal langsung downshift secara otomatis untuk menciptakan efek engine brake..
CMIIW sangat..