Grand Livina Users..! - PART 04
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:21
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Met sore suhu SM sekalian. Saya pengguna a*v**a 2011, rencana mau ganti all new GL. Untuk all new masalah2 (AC, Stir dll) sudah ga ada lagi ya? Untuk tipe XV m/t indent brp lama ya? soalnya mau diestimasi jual si toy*** dl. makasih infonya....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Jan 26, 2011 9:39
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Harusnya 1.8jt sudah termasuk pergantian part deh.Senut wrote:Salam kenal om-bro N sist,
Berbagi pengalaman dong, Sy pemakai GL Ultimate 1,5 matic thn 2012 awal so far alhamdulillah blom ada kendala dan rasio BBM pun antara 1ltr 10Km sampe 12km.
Sekarang mbl mau service memasuki KM 40rb (maklum ane dan keluarga sdh pernah bawa PP Purwakarta-seluruh SumUt Dan pernah jg tambah PP Pwkrt-Jogja).
Kira2 berapa cost pastinya ya utk service sekarang, sy sdh tanyakan langsung dibeberapa bengkel resmi Nissan (Nissan roxy, Nissan Cibubur dan Nissan Pulo Gadung), mengatakan utk service 40k berkisar kurang lebih 1,8jt blom termasuk biaya dan pergantian part jg potongan 15%.
Mohon pencerahan dan masukan2nya ya.
Maaf ya Nowbie nihh
Salam
Dulu pas 40km mau dimasukin ke beres tapi lagi penuh (menjelang lebaran), jadinya dimasukin ke bengkel umum khusus nissan. Cuma habis 600rb-an termasuk ganti kampas rem. Tp kerjaan ga beres2 harus bolak-balik ke bengkel

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
kalo head unit 1,5 XV 2013, seingat ane bawaan aslinya belum pake layar om.qunted wrote:
Btw, saya pengen pasang kamera mundur. Kalo head unit gl 1.5xv a/t 2013, itu udah support dipasang camera mundur belum sih? Makin ngimpi2 ama ni GL nih.
yg pake layar kalo ga salah type ultimate & HWS.
malah kalo ga salah utk yg all new GL 1,8 udah dilengkapi kamera mundur
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
utk servis 40 rebu... biasanya beres blg uda termasuk servis besar (walaupun sebenernya biasa aja sehh)...
utk penggantian wajib itu biasanya minyak transmisi, vbelt dan kampas rem utk matic... kalo baca keterangan d btol minyak rem., sharus nya minyak rem jg wajib kuras... oli mesin dan filter oli jg biasanya di ganti... kira2 utk parts wajib sehh sgitu...
nahh yg agak lmayan bkin berat tuh embel2 nya... sperti engine cleaner, injector cleaner, air aki, brake cleaner, dan entah cleaner2 apa lagi ditawarin... dari smua itu, kalo mau hemat yahh ambil yg engine cleaner (ini sperti carbjet atau dcs engine conditioner) aja.. sisanya ga usa karena totally useless.. penghematan dari itu smua aja uda bsa saving ampe ratusan rebu lohh..
kalo rem berdecit.. coba pas bersihin rem, itu kan di buka tuh kaliper nya... brake pad nya di cuci aja, trus ujung atas dan bawah brake pad yg dari besi tsb dikasi gemuk dikittttt... dan pegas nya yg buat bantu disengage brake pad pas lagi lepas rem itu jg dikasi gemuk dikit.. kalo ane sehh dulu rutin ngerjain hal2 diatas, sunyi senyap aja sehh kalo di rem.... kalo masi berdecit jg.. biasanya sehh terjadi kalo kampas rem masi tebel malah.. kalo uda agak tipis, ilang tuh decit2an nya...
utk penggantian wajib itu biasanya minyak transmisi, vbelt dan kampas rem utk matic... kalo baca keterangan d btol minyak rem., sharus nya minyak rem jg wajib kuras... oli mesin dan filter oli jg biasanya di ganti... kira2 utk parts wajib sehh sgitu...
nahh yg agak lmayan bkin berat tuh embel2 nya... sperti engine cleaner, injector cleaner, air aki, brake cleaner, dan entah cleaner2 apa lagi ditawarin... dari smua itu, kalo mau hemat yahh ambil yg engine cleaner (ini sperti carbjet atau dcs engine conditioner) aja.. sisanya ga usa karena totally useless.. penghematan dari itu smua aja uda bsa saving ampe ratusan rebu lohh..
kalo rem berdecit.. coba pas bersihin rem, itu kan di buka tuh kaliper nya... brake pad nya di cuci aja, trus ujung atas dan bawah brake pad yg dari besi tsb dikasi gemuk dikittttt... dan pegas nya yg buat bantu disengage brake pad pas lagi lepas rem itu jg dikasi gemuk dikit.. kalo ane sehh dulu rutin ngerjain hal2 diatas, sunyi senyap aja sehh kalo di rem.... kalo masi berdecit jg.. biasanya sehh terjadi kalo kampas rem masi tebel malah.. kalo uda agak tipis, ilang tuh decit2an nya...
noinx wrote:Harusnya 1.8jt sudah termasuk pergantian part deh.Senut wrote:Salam kenal om-bro N sist,
Berbagi pengalaman dong, Sy pemakai GL Ultimate 1,5 matic thn 2012 awal so far alhamdulillah blom ada kendala dan rasio BBM pun antara 1ltr 10Km sampe 12km.
Sekarang mbl mau service memasuki KM 40rb (maklum ane dan keluarga sdh pernah bawa PP Purwakarta-seluruh SumUt Dan pernah jg tambah PP Pwkrt-Jogja).
Kira2 berapa cost pastinya ya utk service sekarang, sy sdh tanyakan langsung dibeberapa bengkel resmi Nissan (Nissan roxy, Nissan Cibubur dan Nissan Pulo Gadung), mengatakan utk service 40k berkisar kurang lebih 1,8jt blom termasuk biaya dan pergantian part jg potongan 15%.
Mohon pencerahan dan masukan2nya ya.
Maaf ya Nowbie nihh
Salam
Dulu pas 40km mau dimasukin ke beres tapi lagi penuh (menjelang lebaran), jadinya dimasukin ke bengkel umum khusus nissan. Cuma habis 600rb-an termasuk ganti kampas rem. Tp kerjaan ga beres2 harus bolak-balik ke bengkelkarena remnya berdecit mulu. Pas 50km, balik maning ke beres....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Jangan mau 27,5 jt om, minta 30 jt.qunted wrote:Dpt diskon 27.5jt trus cicilan pake bca finance.Bhanaspati wrote:Salam kenal juga om, saya jg masih newbie bau asem.
Dapat discount berapa om?
Ane jg di BCAF, dapat 30 jt dan sampai unit diterima ga ada tambahan biaya apapun, bonus tetap komplit
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 19, 2013 4:28
- Location: jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
dear om2 sesepuh,
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Sun Jul 06, 2008 16:21
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Gw sih nubie, bukan sepuh, tapi coba sotoy2 dikit buat jawab lahchris_jay wrote:dear om2 sesepuh,
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..

- Ikutin aja jadwal service rutin supaya garansi ga angus, tapi kalo mau tune up atau yang lainnya, bawa ke bengkel luar yang recommended aja.
- Soal oli gw kaga tau deh, mungkin sesepuh nanti ada yang mau jawab
- Benar, coba deh ganti pake AF replacement KNN, kerasa beda di tarikan bawah
- Kan GLnya masih baru ruh, jadi sebenernya perlu ga perlu tuh.
CMIIW
Ga usah kebut-kebut, yang penting cepet sampe aja.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 19, 2013 4:28
- Location: jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
thx om masukannya, iya sih klo dipikirin segi waranty nya emang sayang jg yah, untuk replacement filter kmaren nubir ditawarin pake merk lain tapi lupa apa, tp seller claimnya ga usah diberihin pake obat2 khusus kek KNN gt om.dianw wrote:Gw sih nubie, bukan sepuh, tapi coba sotoy2 dikit buat jawab lahchris_jay wrote:dear om2 sesepuh,
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..![]()
- Ikutin aja jadwal service rutin supaya garansi ga angus, tapi kalo mau tune up atau yang lainnya, bawa ke bengkel luar yang recommended aja.
- Soal oli gw kaga tau deh, mungkin sesepuh nanti ada yang mau jawab
- Benar, coba deh ganti pake AF replacement KNN, kerasa beda di tarikan bawah
- Kan GLnya masih baru ruh, jadi sebenernya perlu ga perlu tuh.
CMIIW
om2 yang lain? ditunggu masukannya.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Jan 26, 2011 9:39
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Iya om... Kesel juga tuh sama bengkel umum yg katanya khusus nissan. Bolak-balik msh berdecit katanya harus ganti disc brake lahh... Ane ngotot bukan di situ masalahnya krn bukan di situ masalahnya. Setelah salah satu mekaniknya nelpon sodaranya yg di beres nissan, baru ketauan cuma diolesin gemuk di dalem kalipernya.
Pas service 50rb ke beres BSD, katanya shockbreaker belakang kanan bocor. Awalnya ga mau ganti gratis karena service 40rb ga di beres. Akhirnya setelah ngotot2an, mau deh tuh diganti. Plus komplen ngelitik jadi ilang. Cost-nya standard deh, ga ditambah embel2 cleaner2an...
Pas service 50rb ke beres BSD, katanya shockbreaker belakang kanan bocor. Awalnya ga mau ganti gratis karena service 40rb ga di beres. Akhirnya setelah ngotot2an, mau deh tuh diganti. Plus komplen ngelitik jadi ilang. Cost-nya standard deh, ga ditambah embel2 cleaner2an...
DOHC wrote:utk servis 40 rebu... biasanya beres blg uda termasuk servis besar (walaupun sebenernya biasa aja sehh)...
utk penggantian wajib itu biasanya minyak transmisi, vbelt dan kampas rem utk matic... kalo baca keterangan d btol minyak rem., sharus nya minyak rem jg wajib kuras... oli mesin dan filter oli jg biasanya di ganti... kira2 utk parts wajib sehh sgitu...
nahh yg agak lmayan bkin berat tuh embel2 nya... sperti engine cleaner, injector cleaner, air aki, brake cleaner, dan entah cleaner2 apa lagi ditawarin... dari smua itu, kalo mau hemat yahh ambil yg engine cleaner (ini sperti carbjet atau dcs engine conditioner) aja.. sisanya ga usa karena totally useless.. penghematan dari itu smua aja uda bsa saving ampe ratusan rebu lohh..
kalo rem berdecit.. coba pas bersihin rem, itu kan di buka tuh kaliper nya... brake pad nya di cuci aja, trus ujung atas dan bawah brake pad yg dari besi tsb dikasi gemuk dikittttt... dan pegas nya yg buat bantu disengage brake pad pas lagi lepas rem itu jg dikasi gemuk dikit.. kalo ane sehh dulu rutin ngerjain hal2 diatas, sunyi senyap aja sehh kalo di rem.... kalo masi berdecit jg.. biasanya sehh terjadi kalo kampas rem masi tebel malah.. kalo uda agak tipis, ilang tuh decit2an nya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Ane bukan suhu om, ane jg newbie yg mencoba urun rembug.yo2xxx wrote:Met sore suhu SM sekalian. Saya pengguna a*v**a 2011, rencana mau ganti all new GL. Untuk all new masalah2 (AC, Stir dll) sudah ga ada lagi ya? Untuk tipe XV m/t indent brp lama ya? soalnya mau diestimasi jual si toy*** dl. makasih infonya....
Ane jg baru pake GL dan kemarin sebelum beli, ane coba cari2 info tentang kelemahan GL.
Dari sekian banyak masukan memang ada masalah disitu yg om maksud.
Tapi banyak jg info dan masukan utk GL tahun 2012 keatas masalah2 dr pendahulunya udah pada ilang.
Ane sih pake yg facelift 2013 bukan all new.
Nah kalo all new kemungkinan besar jg udah ga ada masalah, mengingat yg facelift aja udah pada aman, tapi ya ga tau juga sih.
Utk inden all new ane waktu itu tanya ke nissan ya sekitar 1 bulan om.
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
ane bantu jawab yahh...
- kalo emg ga tralu pusingin soal claim garansi sehh... lupakan beres... masi banyak bengkel2 yg lebi mumpuni... apalagi kalo cuman sekedar ganti oli dan tune up doank... selama throttle body ga dikutak katik sehh, prosedur tune up livina gampang koq.. malah bsa skalian bersihin klep intake ...
- tergantung dompet.. tp kalo yg ane pake sehh oli 5-30... tarikan enteng.. walaupun suara mesin agak nyaring jadi nya..
- kalo yg ane rasain waktu pake JFC (konon ini mirip ama si k&n) malah berasa utk putaran atas... kalo putaran bawah (dgn catatan filternya ori masi bersih) ga beda jauh ama si JFC... worth to buy ga si aftermarket ?? worth kalo utk dipake rute lurkot atau tol lancar mulu, atau less dusty...
- ga perlu banyak2... bkin ground ke throttle body dan firewall.. uda berasa enak nya..
- kalo emg ga tralu pusingin soal claim garansi sehh... lupakan beres... masi banyak bengkel2 yg lebi mumpuni... apalagi kalo cuman sekedar ganti oli dan tune up doank... selama throttle body ga dikutak katik sehh, prosedur tune up livina gampang koq.. malah bsa skalian bersihin klep intake ...
- tergantung dompet.. tp kalo yg ane pake sehh oli 5-30... tarikan enteng.. walaupun suara mesin agak nyaring jadi nya..
- kalo yg ane rasain waktu pake JFC (konon ini mirip ama si k&n) malah berasa utk putaran atas... kalo putaran bawah (dgn catatan filternya ori masi bersih) ga beda jauh ama si JFC... worth to buy ga si aftermarket ?? worth kalo utk dipake rute lurkot atau tol lancar mulu, atau less dusty...
- ga perlu banyak2... bkin ground ke throttle body dan firewall.. uda berasa enak nya..
chris_jay wrote:dear om2 sesepuh,
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
mengenai all new GL... ada yg punya foto enjin nya ??
barusan ada temen ngasi info di GL baru (entah GL FL atau all new) uda ga pake EGR dan tumble flaps lagi... lahh ini jd kmunduran atau kemajuan nehh..
barusan ada temen ngasi info di GL baru (entah GL FL atau all new) uda ga pake EGR dan tumble flaps lagi... lahh ini jd kmunduran atau kemajuan nehh..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
@DOHC
bro, kalo XR/X-Gear matic transmisinya bermasalah jg ga??
Kalo yg manual katanya kan suka bunyi2 tuh
bro, kalo XR/X-Gear matic transmisinya bermasalah jg ga??

Kalo yg manual katanya kan suka bunyi2 tuh
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
matic nya sehhh kayanya aman2 aj bro... matic jadul 4 speed lemot soalnya... cuman kalo yg ane denger2 sehh.. asal jgn males kuras atau ngetap oli matic nya aja... dan disarankan gunakan oli matic batu makam...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 19, 2013 4:28
- Location: jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
wah dijawab sama om mod DOHC,DOHC wrote:ane bantu jawab yahh...
- kalo emg ga tralu pusingin soal claim garansi sehh... lupakan beres... masi banyak bengkel2 yg lebi mumpuni... apalagi kalo cuman sekedar ganti oli dan tune up doank... selama throttle body ga dikutak katik sehh, prosedur tune up livina gampang koq.. malah bsa skalian bersihin klep intake ...
- tergantung dompet.. tp kalo yg ane pake sehh oli 5-30... tarikan enteng.. walaupun suara mesin agak nyaring jadi nya..
- kalo yg ane rasain waktu pake JFC (konon ini mirip ama si k&n) malah berasa utk putaran atas... kalo putaran bawah (dgn catatan filternya ori masi bersih) ga beda jauh ama si JFC... worth to buy ga si aftermarket ?? worth kalo utk dipake rute lurkot atau tol lancar mulu, atau less dusty...
- ga perlu banyak2... bkin ground ke throttle body dan firewall.. uda berasa enak nya..
chris_jay wrote:dear om2 sesepuh,
mau minta masukan donk, nubie pake GL sv 1.5 m/t 2012, KM 28.000. selama ini sevice rutin di BEREs nissan BSD,sejauh ini GL sy ga ada masalah sama sekali semuanya normal2 aj, tapi sy dikasih masukan sama temen katanya ga usah dibengkel resmi, nah yang sy mau minta pendapat:
- lebih baik service rutin di bengkel nissan secara kalo di beres nissan kan dikasih tau jadwal tiap KM penggantian partnya, atau dibengkel biasa harus ada masalah dulu baru kita ganti partnya tapi ya pasti lebih murah costnya?
- oli mesin apa ya yang bagus buat GL sy? ada yg menganjurkan sih pake castrol magnetic apakah bagus?
- apa bener dengan mengganti replacement filter bisa sedikit dongkrak tarikan bawah?
- and terakhir perlukah pakai kabel ground di GL?
ditunggu jawaban dan masukan dari temen2 dan sesepuh GL yak.. thx before..

setau sy om mod pake GL juga ya om? sy ga terlalu pusingin waranty sih coz untungnya sampe saat ini ga ada masalah ap2 di GL sy, cuma rada males ngantrinya itu di beres nissan, maksudnya om mod pake 5-30 castrol magnetic atau merek lain om?
iya klo ga salah sy ditawaran jfc jg deh om merknya, tapi jadi mikir kalo ternyata cuma mantep diputaran atas sepertinya percuma ya, karna sy berasanya putawaran bawahnya yg lelet uda gt rutinitas sehari2 kena macet tol jkt

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Pake nissan ATF D ya bro??DOHC wrote:matic nya sehhh kayanya aman2 aj bro... matic jadul 4 speed lemot soalnya... cuman kalo yg ane denger2 sehh.. asal jgn males kuras atau ngetap oli matic nya aja... dan disarankan gunakan oli matic batu makam...

Iya denger2 sih katanya lemot. Coba kapan2 ane nyobain GL 1.8 temen ane
Bro, tips2nya dong kalo mo ambil XR/X-Gear seken apa aja yg harus dicek

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
@jambangan gak masalah kok oli apa juga, biasanya ane mobil1 15-30 hhe. tranmisi lemot? betul sekali, matic nya memang lemot wkwkwkwk, tapi lebih lemot pas down-shift nya daripada up-shift nya.
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
yup nissan atf d... ane jg ga tau alesan nya knapa... ini cuman hasil baca2 forum sebelah ama nanya2 bengkel aja... tp yahh smua kembali ke customer... mau isi oli apa aja terserah dia... wong ada koq GL 1.5 member forum tetangga yg oli transmisi nya dikasi spirax GL5... dan tuh mobil dipake buat lintas akap..
XR xgear sehh ga ad yg special bro... mirip lahh ama mobil2 jepang lain nya kalo dbeli seken... poin2 khusus paling sejauh yg ane alamin, coba liat di sektor kaki2 depan nya tuh... link stabilizer, tie rod, dan bushin swing arm... yg ane alamin dan hasil curhat sana sini ama bengkel kaki2... ntuh 3 komponen yg agak gampang tewas di kluarga livina... nahh kalo uda servis gtuan, skalian aja ganti karet2 bushin stabilizer.. kalo shockbreaker.. yah standard lahh mobil2 jaman skrg... 3 taon ganti..
utk kasus khusus... perhatikan bushing subframe... ini resep yahud batu makam utk peredaman getaran dari jalan biar ga tralu menggetarkan body... kalo bushing nya rusak, bkin nangis karena denger2 musti ganti sgelondong utuh subframe nya.. dan muahallllll .. demikian jg mounting2 enjin... mahal ini.. karena mreka bukan karet padat, tp kaya smacam gel atau apalah gt..
perhatikan jg klakson, coba puter setir nya trus sambil klakson.. kalo klakson nyala nya makin ga nyaring pas diputer atau suara nya agak2 gmana gt, urungkan... salah satu penyakit batu makam yah di klakson nya... beda ama atoyot yg lebi simple, batu makam pake kabel fleksibel yg d tanam dalam suatu housing nya.. ini kalo rusak atau putus, mau ga mau di lembiru dan harganya muahallllllll.... 1.4 jutaan cuman buat fleksibel yg putus doank... dan ga bsa di reparasi pula...
kalo cuman soal glitik mahh gampang ituu... carbjet, ganti busi, ganti filter udara, bersihin filter bensin, kalibrasi injector... coolant encerin dgn aquades.. dan pakein vpower atau sekelas.. beresssss... tarikan lgs ganas kembali...
XR xgear sehh ga ad yg special bro... mirip lahh ama mobil2 jepang lain nya kalo dbeli seken... poin2 khusus paling sejauh yg ane alamin, coba liat di sektor kaki2 depan nya tuh... link stabilizer, tie rod, dan bushin swing arm... yg ane alamin dan hasil curhat sana sini ama bengkel kaki2... ntuh 3 komponen yg agak gampang tewas di kluarga livina... nahh kalo uda servis gtuan, skalian aja ganti karet2 bushin stabilizer.. kalo shockbreaker.. yah standard lahh mobil2 jaman skrg... 3 taon ganti..


utk kasus khusus... perhatikan bushing subframe... ini resep yahud batu makam utk peredaman getaran dari jalan biar ga tralu menggetarkan body... kalo bushing nya rusak, bkin nangis karena denger2 musti ganti sgelondong utuh subframe nya.. dan muahallllll .. demikian jg mounting2 enjin... mahal ini.. karena mreka bukan karet padat, tp kaya smacam gel atau apalah gt..
perhatikan jg klakson, coba puter setir nya trus sambil klakson.. kalo klakson nyala nya makin ga nyaring pas diputer atau suara nya agak2 gmana gt, urungkan... salah satu penyakit batu makam yah di klakson nya... beda ama atoyot yg lebi simple, batu makam pake kabel fleksibel yg d tanam dalam suatu housing nya.. ini kalo rusak atau putus, mau ga mau di lembiru dan harganya muahallllllll.... 1.4 jutaan cuman buat fleksibel yg putus doank... dan ga bsa di reparasi pula...
kalo cuman soal glitik mahh gampang ituu... carbjet, ganti busi, ganti filter udara, bersihin filter bensin, kalibrasi injector... coolant encerin dgn aquades.. dan pakein vpower atau sekelas.. beresssss... tarikan lgs ganas kembali...
Jambangan wrote:Pake nissan ATF D ya bro??DOHC wrote:matic nya sehhh kayanya aman2 aj bro... matic jadul 4 speed lemot soalnya... cuman kalo yg ane denger2 sehh.. asal jgn males kuras atau ngetap oli matic nya aja... dan disarankan gunakan oli matic batu makam...![]()
Iya denger2 sih katanya lemot. Coba kapan2 ane nyobain GL 1.8 temen ane
Bro, tips2nya dong kalo mo ambil XR/X-Gear seken apa aja yg harus dicek
numpang lewat aja....


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 19, 2013 4:28
- Location: jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
om DOHC klo ngomongin kaki2 itu karet suportnya lipina mahal yah? boil sy baru setahun ud kena karet suport plus shock depan uda lemahDOHC wrote:yup nissan atf d... ane jg ga tau alesan nya knapa... ini cuman hasil baca2 forum sebelah ama nanya2 bengkel aja... tp yahh smua kembali ke customer... mau isi oli apa aja terserah dia... wong ada koq GL 1.5 member forum tetangga yg oli transmisi nya dikasi spirax GL5... dan tuh mobil dipake buat lintas akap..
XR xgear sehh ga ad yg special bro... mirip lahh ama mobil2 jepang lain nya kalo dbeli seken... poin2 khusus paling sejauh yg ane alamin, coba liat di sektor kaki2 depan nya tuh... link stabilizer, tie rod, dan bushin swing arm... yg ane alamin dan hasil curhat sana sini ama bengkel kaki2... ntuh 3 komponen yg agak gampang tewas di kluarga livina... nahh kalo uda servis gtuan, skalian aja ganti karet2 bushin stabilizer.. kalo shockbreaker.. yah standard lahh mobil2 jaman skrg... 3 taon ganti..![]()
![]()
utk kasus khusus... perhatikan bushing subframe... ini resep yahud batu makam utk peredaman getaran dari jalan biar ga tralu menggetarkan body... kalo bushing nya rusak, bkin nangis karena denger2 musti ganti sgelondong utuh subframe nya.. dan muahallllll .. demikian jg mounting2 enjin... mahal ini.. karena mreka bukan karet padat, tp kaya smacam gel atau apalah gt..
perhatikan jg klakson, coba puter setir nya trus sambil klakson.. kalo klakson nyala nya makin ga nyaring pas diputer atau suara nya agak2 gmana gt, urungkan... salah satu penyakit batu makam yah di klakson nya... beda ama atoyot yg lebi simple, batu makam pake kabel fleksibel yg d tanam dalam suatu housing nya.. ini kalo rusak atau putus, mau ga mau di lembiru dan harganya muahallllllll.... 1.4 jutaan cuman buat fleksibel yg putus doank... dan ga bsa di reparasi pula...
kalo cuman soal glitik mahh gampang ituu... carbjet, ganti busi, ganti filter udara, bersihin filter bensin, kalibrasi injector... coolant encerin dgn aquades.. dan pakein vpower atau sekelas.. beresssss... tarikan lgs ganas kembali...

trus mengenai bbm selama ini sy pake shell super biasa, apa ternyata lebih bagus v-power ya?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
@DOHC
Mantap tipsnya bro
Ane pernah denger tuh engine mounting nya livina family dari gel katanya meredam getarannya lebih baik ya mod??
Kalo harga bushing subframe tuh emang brpaan bro??
Btw fast moving nya livina ini mahal ga sih bro kalo dibanding mobil jepangan lain??
Swift ane liat harga fast moving nya di web sijuki mahal2 bgt. Filter oli 90rb,kampas rem 800rb,kopling set 2,5 jt,SA depan belakang 3 jtaan
Biasa bawa terios filter oli cuma 35 rebu jadinya tiap ganti oli ane ganti filternya jg. Kopling set di beres cuma abis 1,8 jt dah sama pasang. Yg mahal kaki2 nya. Link stabilizer set 1 jt
@MonSTER
Jadi penasaran nih lemotnya kyk gmn
Ntar kapan2 TD GL 1.8 punya temen ane ah
Tapi kalo buat dalkot doang dah cukup kan bro??
Mantap tipsnya bro

Ane pernah denger tuh engine mounting nya livina family dari gel katanya meredam getarannya lebih baik ya mod??

Kalo harga bushing subframe tuh emang brpaan bro??
Btw fast moving nya livina ini mahal ga sih bro kalo dibanding mobil jepangan lain??
Swift ane liat harga fast moving nya di web sijuki mahal2 bgt. Filter oli 90rb,kampas rem 800rb,kopling set 2,5 jt,SA depan belakang 3 jtaan

Biasa bawa terios filter oli cuma 35 rebu jadinya tiap ganti oli ane ganti filternya jg. Kopling set di beres cuma abis 1,8 jt dah sama pasang. Yg mahal kaki2 nya. Link stabilizer set 1 jt
@MonSTER
Jadi penasaran nih lemotnya kyk gmn
Ntar kapan2 TD GL 1.8 punya temen ane ah
Tapi kalo buat dalkot doang dah cukup kan bro??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
kalo buat macet malah enak banget, tarikan nya. tinggal noel dikit, langsung ngacir hhe. kalo yang 1.8 ane gak tau gak pernah nyoba.
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
@MonSTER
Wah kebetulan kampus ane daerah macet hehe..
Btw dah laku GL nya bro??
Wah kebetulan kampus ane daerah macet hehe..
Btw dah laku GL nya bro??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
udah, 145 jt. tapi blm di ambil dan dibilang masih boleh dipake
kebetulan yang beli temen











Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
karet support shock nya yahh ?? ane sehh ga perna beli yg di beres punya bro... ane beli di bengkel kaki2 aja yg universal buat sedan.. murah, sepasang cuman 150 rebu...shock pun jg ane pake nya yg kayaba excel G japan... jauhh lebi murah dan lebi awet dari oem nya.. cuman bantingan entah knapa jd lebi firm (baca : keras)...chris_jay wrote: om DOHC klo ngomongin kaki2 itu karet suportnya lipina mahal yah? boil sy baru setahun ud kena karet suport plus shock depan uda lemah![]()
trus mengenai bbm selama ini sy pake shell super biasa, apa ternyata lebih bagus v-power ya?
kalo soal bbm sehh, ane malah dulu premium melulu..



bushing subframe jd satu ama subframe... harganya ?? bkin nangis aja pokok nya..Jambangan wrote:@DOHC
Mantap tipsnya bro![]()
Ane pernah denger tuh engine mounting nya livina family dari gel katanya meredam getarannya lebih baik ya mod??![]()
Kalo harga bushing subframe tuh emang brpaan bro??
Btw fast moving nya livina ini mahal ga sih bro kalo dibanding mobil jepangan lain??
Swift ane liat harga fast moving nya di web sijuki mahal2 bgt. Filter oli 90rb,kampas rem 800rb,kopling set 2,5 jt,SA depan belakang 3 jtaan![]()
Biasa bawa terios filter oli cuma 35 rebu jadinya tiap ganti oli ane ganti filternya jg. Kopling set di beres cuma abis 1,8 jt dah sama pasang. Yg mahal kaki2 nya. Link stabilizer set 1 jt




fast moving sehh ga terlalu mahal kalo dibeli di luaran yahh..
filter oli 25-30 rebu (aseli nissan), kampas rem merek paraut 250an rebu, kalo oem skitar 300an rebu, kopling set 1.4 juta, SA depan blakang merek kayaba excel G japan total 1.8 jt, filter udara 70 rebu, vbelt 90 rebu..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Wah bushing subframe kyknya harganya serem bgt deh ampe mod DOHC ga mau ngasih tauDOHC wrote:
bushing subframe jd satu ama subframe... harganya ?? bkin nangis aja pokok nya..![]()
![]()
![]()
![]()
fast moving sehh ga terlalu mahal kalo dibeli di luaran yahh..
filter oli 25-30 rebu (aseli nissan), kampas rem merek paraut 250an rebu, kalo oem skitar 300an rebu, kopling set 1.4 juta, SA depan blakang merek kayaba excel G japan total 1.8 jt, filter udara 70 rebu, vbelt 90 rebu..

Lah mayan murah tuh fast moving nya
Kalah nih swift ane. Padahal mesin teknologi jadul msh pake kabel busi tapi sparepart mahal

Itu filter udara cuma 70rb om?? Gile jauh bgt ama swift ane. Filter udara swift kena 131rb. Dulu terios 140rb kalo ga salah
Btw busi nya GL pakenya iridium kan om?? Awet ga tuh??