Piaggio Zip ..... Sip
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26
Re: Piaggio Zip ..... Sip
bagaimana dengan piagio liberty 100 cc
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Kalau seri Liberty ini kurang ngetop baik di Indonesia maupun di penjuru dunia lainnya. Bannya gede sih, sehingga makan storage compartment. Juga meliuk2 di kecepatan rendah (filtering) kurang ringan. Kalau Zip ringan kayak naik sepeda aja. Sebaliknya, ban gede berarti lebih stabil di kecepatan tinggi. Yah, semua ada plus minusnya.
Kalau hobi, Liberty ini suatu saat bisa jadi collector's item. Sama kayak Vespa Corsa, mungkin 50% ada di Indonesia. Bahkan di Italia sekalipun, dokumentasinya sangat sedikit. Makanya Corsa cukup mahal di antara Vespa lainnya.
Kalau hobi, Liberty ini suatu saat bisa jadi collector's item. Sama kayak Vespa Corsa, mungkin 50% ada di Indonesia. Bahkan di Italia sekalipun, dokumentasinya sangat sedikit. Makanya Corsa cukup mahal di antara Vespa lainnya.
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26
Re: Piaggio Zip ..... Sip
terima kasih infonya. karena kakak saya sedang menimbang nimbang untuk ambil liberty. soal suku cadang saya rasa tidak ada masalah ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26
Re: Piaggio Zip ..... Sip
bener juga ya. pilihannya antara vario vs liberty.
saya sih sedang mendorong ke liberty. supaya saya juga bisa nyobain tuh motor.
saya sih sedang mendorong ke liberty. supaya saya juga bisa nyobain tuh motor.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
numpang tanya, klu zip ada bagasi depan ga ya? trus klu utk lewat genangan maksimum brp cm yang msh aman?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piaggio Zip ..... Sip
yg jelas, semua type Piaggio kayaknya rasio kompresinya sekitaran 11 : 1 ya... harusnya pake bbm oktan 97 (mana ada ?)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
yaa tinggal cemplungin minyak urut tipe super ultra tonikum...... 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piaggio Zip ..... Sip
ya .. ya ... bener...y_anjasrana wrote:yaa tinggal cemplungin minyak urut tipe super ultra tonikum......
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Piaggio Zip ..... Sip
ada hook buat cantelin tas deh. Bagasi di bawah jok. Seingat saya ada bagasi di depan, tapi aku lupa. Lumayan pas hujan buat naruh hape, kalau yg di bawah jok cenderung panas, org bilang itu pet warmer
Ruang di antara kaki lumayan masbro, dan datar. Bawa bagasi yg dimensinya boleh masuk kabin pesawat bisa gampang. Waktu itu aku bawa blender Philips hasil doorprize dari Puncak ke Jakarta, gak kerasa apa2, dijepit kaki rileks. Kalau cantelannya kokoh, lebih kokoh daripada Vespa punya.
Walau karbu Piaggio di dalam dan cukup tinggi, tapi pakai CVT. Motor metik gak bisa nerjang banjir om, CVTnya kalau kerendem pasti slip. Coba aja perhatikan kalau banjir. Metik pasti gak ada yg lewat. Jadi amannya sih, nerjang setinggi batas bawah CVTnya.
Kalau untuk lewat genangan itu bisa aja, tapi kalau banjir lebih dari 50 m, selip deh, jadi kita turun dorong. Satu hal ttg Piaggio, maunya aerodinamis, tapi kalau ngebut lewat genangan, lama2 air mengalir ke atas melewati stang, ke muka kita. Jadi kalau lewat air, yg sopan2 aja, gak usah gaya2 bikin gelombang kayak kapal.
Ruang di antara kaki lumayan masbro, dan datar. Bawa bagasi yg dimensinya boleh masuk kabin pesawat bisa gampang. Waktu itu aku bawa blender Philips hasil doorprize dari Puncak ke Jakarta, gak kerasa apa2, dijepit kaki rileks. Kalau cantelannya kokoh, lebih kokoh daripada Vespa punya.
Walau karbu Piaggio di dalam dan cukup tinggi, tapi pakai CVT. Motor metik gak bisa nerjang banjir om, CVTnya kalau kerendem pasti slip. Coba aja perhatikan kalau banjir. Metik pasti gak ada yg lewat. Jadi amannya sih, nerjang setinggi batas bawah CVTnya.
Kalau untuk lewat genangan itu bisa aja, tapi kalau banjir lebih dari 50 m, selip deh, jadi kita turun dorong. Satu hal ttg Piaggio, maunya aerodinamis, tapi kalau ngebut lewat genangan, lama2 air mengalir ke atas melewati stang, ke muka kita. Jadi kalau lewat air, yg sopan2 aja, gak usah gaya2 bikin gelombang kayak kapal.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
oww... jd ga bis ngambang yaa... 
klu kyk zip lewat genangan sambil didorong berpotensi masalah ga om? note : tanpa tutup lubang2 yg ada kyk knalpot, cvt dll..

klu kyk zip lewat genangan sambil didorong berpotensi masalah ga om? note : tanpa tutup lubang2 yg ada kyk knalpot, cvt dll..
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Selama ini gak masalah, bisa aja dibuka dan jeroannya dibersihin, takut lumpur merembes masuk. Kalau saya, paling dinyalain terus disemprot air hi - pressure. Kalau lumpur bisa masuk, air pembersih yg hi-pres juga masuk dong?
Saya gak tahu masuknya dari kipas pendingin atau celah2 casing CVT. Apa bisa dikasih sealant akuarium misalnya, dan bagian mana yg dikasih, kayaknya belum pernah ada yang coba. Jadi yang selip CVTnya, kalau mesinnya sendiri sih gak ada masalah. Seperti belt kipas mobil kalau kena air terus selip, kalau udah kering juga jalan lagi. Maksudnya dijalanin aja semenit dua menit kalau selip, nanti nggigit lagi. Krn CVT melulu mekanis gak ada elektroniknya, saya gak terlalu kawatir.
Aku kena kasus ini, di bundaran air mancur (patung Arjunawiwaha) waktu air banjir naik sampai masuk air bundaran HI. Tengok kiri tengok kanan, makanya kok kawan2 Beat , Mio dkk kok gak ada yg keluar.
Kalau mau aman keluyuran di banjir, pakai motor trail yg 2 tak, apalagi yg pakai snorkel. Itu kalau kemasukan air sampai ruang bakarnya sekali pun, tinggal dimatiin, roda depan diangkat sampai sepeda motor vertical, terus diengkol / distarter. Gerakan engkol itu akan mendorong air keluar knalpot. Kalau airnya udah keluar, businya udah kering umumnya jalan lagi. Jarang kena water hammer (gak punya klep sih). Ini sampai air sebatas jok juga aman aja (biasanya kemasukan air krn jatuh ke dalam sungai pas penyeberangan).
Saya gak tahu masuknya dari kipas pendingin atau celah2 casing CVT. Apa bisa dikasih sealant akuarium misalnya, dan bagian mana yg dikasih, kayaknya belum pernah ada yang coba. Jadi yang selip CVTnya, kalau mesinnya sendiri sih gak ada masalah. Seperti belt kipas mobil kalau kena air terus selip, kalau udah kering juga jalan lagi. Maksudnya dijalanin aja semenit dua menit kalau selip, nanti nggigit lagi. Krn CVT melulu mekanis gak ada elektroniknya, saya gak terlalu kawatir.
Aku kena kasus ini, di bundaran air mancur (patung Arjunawiwaha) waktu air banjir naik sampai masuk air bundaran HI. Tengok kiri tengok kanan, makanya kok kawan2 Beat , Mio dkk kok gak ada yg keluar.
Kalau mau aman keluyuran di banjir, pakai motor trail yg 2 tak, apalagi yg pakai snorkel. Itu kalau kemasukan air sampai ruang bakarnya sekali pun, tinggal dimatiin, roda depan diangkat sampai sepeda motor vertical, terus diengkol / distarter. Gerakan engkol itu akan mendorong air keluar knalpot. Kalau airnya udah keluar, businya udah kering umumnya jalan lagi. Jarang kena water hammer (gak punya klep sih). Ini sampai air sebatas jok juga aman aja (biasanya kemasukan air krn jatuh ke dalam sungai pas penyeberangan).
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
jd karakternya mirip mio ya? klu banjir mending minggir aja yaa....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Kalo banjir pake banana boat om,aman dahy_anjasrana wrote:jd karakternya mirip mio ya? klu banjir mending minggir aja yaa....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
barusan baca2 di forum sebelah, ktnya zip lmyn bandel biarpun terendam (semotor). ga diapa2in tinggal starter lgsg nyala. klu matic jepun mah udah tewas.... lewat genangan ya bagusnya dituntun. soalnya (menurut info forum sebelah), bannya lumayan licin.
btw bedanya zip buatan china dgn vietnam apa ya?
btw bedanya zip buatan china dgn vietnam apa ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Buatan China atau Vietnam bisa dilihat dari label di sekitaran pet warmer (bagasi tengah). Bedanya yg China pakai ban China yg lumayan licin. Kualitas Vietnam yg awal2 di bawah China, tapi setelah facelift kayaknya udah imbang. Zip yg facelift, jok boncengannya lebih panjang.
Menurut saya ban ori Zip gak bagus, enak ganti yg Pirelli atau yg ori LX.
Menurut saya ban ori Zip gak bagus, enak ganti yg Pirelli atau yg ori LX.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
oww.. ic ic... emang orinya pakai ban merk apaan om?
oiya, ASS piaggio sebenarnya dibawah siapa sih? abis ane googling, malah ketemu 2 website :
www.id.piaggio.com dan www.id.vespa.com
perusahaannya sama2 ada 2 : meta dwiguna transcorp dan prima inti motor. tp ada yg tercantum di kedua website tsb, ada yg cuma salah satu aja. klu memang satu atap, sehrsnya tercantum di kedua websitenya ya....

oiya, ASS piaggio sebenarnya dibawah siapa sih? abis ane googling, malah ketemu 2 website :
www.id.piaggio.com dan www.id.vespa.com
perusahaannya sama2 ada 2 : meta dwiguna transcorp dan prima inti motor. tp ada yg tercantum di kedua website tsb, ada yg cuma salah satu aja. klu memang satu atap, sehrsnya tercantum di kedua websitenya ya....

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Pakdhe om anjas lagi galau tuh,nyari motor buat anaknya,racunin aja biar puyeng sekalianasudarsono wrote:Buatan China atau Vietnam bisa dilihat dari label di sekitaran pet warmer (bagasi tengah). Bedanya yg China pakai ban China yg lumayan licin. Kualitas Vietnam yg awal2 di bawah China, tapi setelah facelift kayaknya udah imbang. Zip yg facelift, jok boncengannya lebih panjang.
Menurut saya ban ori Zip gak bagus, enak ganti yg Pirelli atau yg ori LX.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip

iya nihh... anak ane baru ditrima di sma. lokasinya rada jauh dr rumah. klu pake angkot jalurnya lmyn macet. bisa2 hrs brangkat jam 5an
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Wah, jangan langsung dinyalain, kalo tergenang sebatas cvt n gak masuk mesin gk masalah, yang dikhawatirkan kalo genangan masuk lewat filter udara, masuk ke intake. bisa water hammer. amannya, buka busi terus diengkol berkali2 ato distarter. kalo terbukti tak ada air masuk, boleh dinyalakan. di cvt juga, lebih baik dibuka selang pembuangan air, kalo sudah keluar semua airnya, baru dihidupkan. lebih cepat cvt kembali normal, dan menghindari kerusakan kalo seandainya air yang ad adi cvt kotor (ruang cvt juga biasanya kotor, ada serbuk kampas n serbuk karet belt)y_anjasrana wrote:barusan baca2 di forum sebelah, ktnya zip lmyn bandel biarpun terendam (semotor). ga diapa2in tinggal starter lgsg nyala. klu matic jepun mah udah tewas.... lewat genangan ya bagusnya dituntun. soalnya (menurut info forum sebelah), bannya lumayan licin.
kasus diatas mungkin pas terendam gk masuk sampai filter udara, dan kebetulan posisi klep buang menutup. kalo posisi klep buang sedang terbuka dan knalpot terendam, air bisa masuk dan mesin bisa jebol pas distater.
kalo mesin 2 tak, kalo air masuk lewat intake, sebelum kena water hammer ruang kompresi primer sudah kena duluan, jadi kalo rpm rendah mesin cenderung mati dulu sebelum kena water hammer. namun ini juga bahaya, kalo air di ruang kompresi primer banyak n rpm tinggi, seal kruk as bisa jebol, reed valve juga bisa kena. dan bisa kena water hammer juga, piston bolong.
biasanya, water hammer di 2 tak masuk lewat knalpot, karena posisi yang lebih rendah daripada intake. terjadi krn rpm drop, sehingga gas buang gk bisa mendorong air. ketika air masuk, justru bisa tersedot masuk krn efek back pressure meski mesin masih sedikit lebih tinggi dari air. jadi, amannya, rpm harus dijaga kalau knalpot sudah mulai terendam. kalo intake sudah dekat permukaan air, mending dorong aja, daripada menyesal,
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 01, 2012 19:22
Re: Piaggio Zip ..... Sip
prima inti motor udah diambil sama orang pontianak klo gak salah om.y_anjasrana wrote:oww.. ic ic... emang orinya pakai ban merk apaan om?
oiya, ASS piaggio sebenarnya dibawah siapa sih? abis ane googling, malah ketemu 2 website :
http://www.id.piaggio.com dan http://www.id.vespa.com
perusahaannya sama2 ada 2 : meta dwiguna transcorp dan prima inti motor. tp ada yg tercantum di kedua website tsb, ada yg cuma salah satu aja. klu memang satu atap, sehrsnya tercantum di kedua websitenya ya....
ganti nama jadi apa gitu..
untuk piaggio/vespa sendiri makin kesini makin aneh, gak ada servis pertama, gak dapet helm&jaket.
mau bangkrut kah?
Hotwheels Collector
@kidutstuff
@kidutstuff
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Piaggio Zip ..... Sip
klu bangkrut ga tau deh. soalnya mereka ga punya pabrik disini. jd lebih ke dagang motor aja. masa sampe bangkrut sih? klu pun bangkrut lebih ke ASSnya aja. mungkin mereka gagal membina jaringan ASS. blum lg orang byk yg ngebandingin dgn ASS pabrikan jepang yg sudah stabil.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Piaggio Zip ..... Sip
sbenernya lg nungguin piaggio sini ngeluarin Fly, kalo bisa yg 150cc, udah lama bgt naksir fly yg model baru. harganya mungkin bs diset dibawah LX. 20-an. alternatif terbaik buat gantiin Kymco. tapi sptnya dia malah melengkapi line up vespanya bukan piaggio,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Piaggio Zip ..... Sip
Kalau masalah perusahaan aku gak ngerti deh. Gak perduli juga, soalnya depan rumahku ada bengkel Vespa (eh Piaggio) CBU. Mau modif atau sekedar servis biasa, aman aja. Di Jakarta banyak bengkel sejenis.
Bodoh aja ada perusahaan motor bisa kalah di pasaran Indonesia. Ngapain bikin pabrik gede2 di Vietnam dan Cina.
Setahu saya, Fly gak dibuat di Asia. Jadi gak bisa ditunggu, krn yg masuk sini yg produksi Asia, krn pajak masuknya lebih murah dari datangin dari Italia. Bisa aja diimpor sendiri lewat IU, tapi harganya berapa, pasti mahal. Kalau urusan mesin, masih 150 cc Leader, semua bengkel Vespa (eh, Piaggio) juga mampu.
Bodoh aja ada perusahaan motor bisa kalah di pasaran Indonesia. Ngapain bikin pabrik gede2 di Vietnam dan Cina.
Setahu saya, Fly gak dibuat di Asia. Jadi gak bisa ditunggu, krn yg masuk sini yg produksi Asia, krn pajak masuknya lebih murah dari datangin dari Italia. Bisa aja diimpor sendiri lewat IU, tapi harganya berapa, pasti mahal. Kalau urusan mesin, masih 150 cc Leader, semua bengkel Vespa (eh, Piaggio) juga mampu.
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 01, 2012 19:22
Re: Piaggio Zip ..... Sip
fly buatnya di cina kayaknya om. cmiiw.asudarsono wrote:Kalau masalah perusahaan aku gak ngerti deh. Gak perduli juga, soalnya depan rumahku ada bengkel Vespa (eh Piaggio) CBU. Mau modif atau sekedar servis biasa, aman aja. Di Jakarta banyak bengkel sejenis.
Bodoh aja ada perusahaan motor bisa kalah di pasaran Indonesia. Ngapain bikin pabrik gede2 di Vietnam dan Cina.
Setahu saya, Fly gak dibuat di Asia. Jadi gak bisa ditunggu, krn yg masuk sini yg produksi Asia, krn pajak masuknya lebih murah dari datangin dari Italia. Bisa aja diimpor sendiri lewat IU, tapi harganya berapa, pasti mahal. Kalau urusan mesin, masih 150 cc Leader, semua bengkel Vespa (eh, Piaggio) juga mampu.
dan, hampir semua produk piaggio sebelum pt pi itu masuk dari cina.
kecuali x9 amalfi, et4, dna, .. apalagi ya

di jkt yang saya tau tuh ada rawamangun, kemang, gandaria, lebak bulus, fatmawati.. berarti rumah om sekitar situ ya?

Hotwheels Collector
@kidutstuff
@kidutstuff