share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

wllaw2 wrote: Kalau gak salah biayanya kena 176.000 untuk obatnya. Kalau biaya jasanya juga sekitar 176.000. Jadi total biaya untuk purging sekitar 350an ribu. Gak tahu sih ini termasuk mahal atau gak. Soalnya kurang tahu untuk merek mobil lain biaya purgingnya kena berapaan.

Gan, itu filter solar yang udah berapa lama? Itu filter solar yang bagian atas atau yang bawah?
kalau di jkt seinget sy ongkos nya saja sekitar 110rb. liqui boleh bawa dari luar, yg jelas sih lebih murah bawa sendiri.

gbr itu filter solar setelah 15rb km, sesuai rekomen pabrik..kalo ga salah ya.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

wllaw2 wrote: Iya gan, yang diesel sama bensin hampir mirip Redline nya.
Itu maksudnya tanki nya sengaja dibiarkan hampir kosong supaya semua cairan CRC nya lebih banyak kesedot ke ruang mesinnya ya?
betul. krn ctv gak bisa purging konvensional, jadi ya cara gampang nya begitu. sy pakai crc/liqui sih seperti ini. kalo gak salah ada instructionnya di botol. teknisi jg nyaranin seperti itu, kalo gak punya alat purging nya.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

brantaqan wrote: wah, trik ini udah ane pake sejak masih duduk d bangku SMA.. haha
skrg ane bawa ctv ane gk pernah lewat 2000rpm, nge-rem minim bgt, n pk trik gliding, n sesekali kaki n tangan gatel klo ada mobil yg ngebut2.. :mky_01:
tetep ja gk bisa tembus 8km/L (11.2L/100km di MID)

btw, purging tuh fungsi-ny apa sih? n beres chevy paling recomended tuh yg mna yah?
kmren ini ke beres d jln panjang, n rada kecewa dikit..
g minta bnerin lampu airbag yg nyala terus d dashboard, n water spray blakang nggak nyala.. smua masalah sih berhasih dibenerin.. tp sempet nanya2, ada bbrp konektor kabel yg gk kepake di blakang air filter, ane nanya fungsinya apa.. n dijawab "waduh, kurang tahu juga yah.."
trus ane sempet curhat ttg FC captiva AWD.. n dijawab "nggak gituh tahu juga nih tentang pemakaian bahan bakar captiva"
trus ane nanya lagi kalo geteran nih mobil msh wajar ato gk.. n dijawab "kayaknya sih normal deh.. atau mau di tune up aja sekalian?"
bener2 gk menjawap pertanyaan ane sama sekali...
trik gliding nya lebih niat aja masbro, pasti lumayan.

purging sesuai artinya purge, kira2 ngebersihin atau cleansing..bilas. ya istilah nya ngebersihin fuel line di mesin lah kira2. krn yah, solar kita blm bagus bagus amat kualiltas nya. tp untung aja ctv diesel gak sesensitif yg dikhawatirkan spt dulu wkt awal2 nih mobil muncul.

soal BeRes, mending nanya ke supervisor nya. kalo ke teknisi ya mereka spt nya lebih ke teknikal, kadang cuma tau pasang, bongkar tapi gak tau general function. apalagi nanya ke soal boros nggak nya.
soal kabel konektor yg gak kepake..mungkin krn ctv yg di negara kita ini byk fungsi yg di"spec down". coba aja browsing, ctv di luar sana lebih banyak feature nya.
Triads
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 27, 2013 10:21

Re: share captiva - PART 05

Post by Triads »

Captiva ane susah distarter kalo pagi atow mesin pas dingin, ada yg punya solusi enggak?
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: share captiva - PART 05

Post by maswewe »

@Triad: domisili di mana? Surabaya? Jika di Sby, langsung curhat aja ke Mas Adi Sun Motor.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Just info..
Tadi uda di cek untuk wiring dinamo starter..
Langsung diperbaiki atau dilakukan pencegahan. Karena menurut mekaniknya, kalo sampe kabel positif yg nempel ke ground, bisa kebakar mobilnya..
Jd meskipun ga dapat surat recall, menurut saya sebaiknya dicek ulang.
Triads
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 27, 2013 10:21

Re: share captiva - PART 05

Post by Triads »

maswewe wrote:@Triad: domisili di mana? Surabaya? Jika di Sby, langsung curhat aja ke Mas Adi Sun Motor.
Lokasi di jgj sih gan. ada telponnya Mas Adi enggak? biar bisa janjian. chevy jgj parah layanannya.
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: share captiva - PART 05

Post by maswewe »

@Triads: udah saya emailkan. Lihat di inbox private messages.
Sipower81
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jun 30, 2013 7:21

Re: share captiva - PART 05

Post by Sipower81 »

Salam kenal om di mari newbie pengguna ctv 2011 2.4FL
Ada renca ganti sepatu niih menurut suhu di sini untuk luar kota pake R20" recomend ga tq
User avatar
brantaqan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 11, 2013 18:19

Re: share captiva - PART 05

Post by brantaqan »

roadtrain99 wrote:
trik gliding nya lebih niat aja masbro, pasti lumayan.

purging sesuai artinya purge, kira2 ngebersihin atau cleansing..bilas. ya istilah nya ngebersihin fuel line di mesin lah kira2. krn yah, solar kita blm bagus bagus amat kualiltas nya. tp untung aja ctv diesel gak sesensitif yg dikhawatirkan spt dulu wkt awal2 nih mobil muncul.

soal BeRes, mending nanya ke supervisor nya. kalo ke teknisi ya mereka spt nya lebih ke teknikal, kadang cuma tau pasang, bongkar tapi gak tau general function. apalagi nanya ke soal boros nggak nya.
soal kabel konektor yg gak kepake..mungkin krn ctv yg di negara kita ini byk fungsi yg di"spec down". coba aja browsing, ctv di luar sana lebih banyak feature nya.
bro, mo nanya dong ttg trik gliding ini... klo pake nih trik, brarti lebih sering ganti2 pedal transmisi (dr D ke N trus ke D dst), klo lebih sering pake nih trik brarti lebih daring ganti2 dr D ke N kn? pengaruh ke umur transmisi gk c? cos stau ane, matik tuh klo dah bermasalah dkit ja ud lgsg rewel gtuh...
Sipower81 wrote: Salam kenal om di mari newbie pengguna ctv 2011 2.4FL
Ada renca ganti sepatu niih menurut suhu di sini untuk luar kota pake R20" recomend ga tq
salam kenal juga om..
duh, klo ngliat captiva FL pk rims 20 tuh keren abissss.... haha
tp g pribadi gk gtuh suka pk rims gede c.. bantingannya jd rda keras, n brasa lbh boros... haha
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

Lama ga mampir dimarih sudah sampai part 5. Emang ga ada matinye nih Captiva.

Mau sharing pengalaman peliara Captiva diesel 2010. Saat ini km sudah di angka 21rb-an. Selama ini sih ga ada major issue dengan mobil ini. Hanya kira2 1 bulan yang lalu ngalamain feeder hose dari fuel filter ke injector pecah dan fuelnya nyembur ke engine yang panas. Apalagi baru ketahuan ketika sampai di rumah setelah perjalanan -+ 20 menit.

Ketika di cek sama mekanik, feeder hose yang terbuat dari rubber sudah getas, hampir sepanjang hosenya. Ngeri juga bayanginnya kalau pas jalan jauh kejadiannya dan fuel tumpah ruah mengenai engine yang panas.
Baca2 di web australia, ternyata mereka juga mengalami hal yang mirip2 dengan yang saya alami dan akhirnya dilakukan recall untuk produksi VCDi 2010.

Apakah bro2 yang pakai captiva pernah mengalami hal yang sama? Oh ya, selama 3 tahun ini, Captiva saya sudah minta ganti 4 sensor ABS nya. :mky_01:

Kalau performa dan kenyamanan sih memang mantab, tp kalau ngomongin service beres nya? ya gitu tuh.. :mky_04:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

brantaqan wrote:bro, mo nanya dong ttg trik gliding ini... klo pake nih trik, brarti lebih sering ganti2 pedal transmisi (dr D ke N trus ke D dst), klo lebih sering pake nih trik brarti lebih daring ganti2 dr D ke N kn? pengaruh ke umur transmisi gk c? cos stau ane, matik tuh klo dah bermasalah dkit ja ud lgsg rewel gtuh...
Sepertinya kalo Captiva FL ga bisa pake trik Gliding gitu deh...krn transmisi Captiva FL lebih smart dibandingkan yg non FL...
Akan terasa engine brake nya kalo udah mencapai 2000 RPM. Hasilnya kecepatan akan menurun secara cepat, lalu kita hrs gas lagi...Utk FL gw saranin sih, tekan halus aja pedal gasnya dan di urut. Kalo di N wah bahaya yah sepertinya....jgn deh...seyem...
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 05

Post by boed2 »

roadtrain99 wrote:
wllaw2 wrote: Iya gan, yang diesel sama bensin hampir mirip Redline nya.
Itu maksudnya tanki nya sengaja dibiarkan hampir kosong supaya semua cairan CRC nya lebih banyak kesedot ke ruang mesinnya ya?
betul. krn ctv gak bisa purging konvensional, jadi ya cara gampang nya begitu. sy pakai crc/liqui sih seperti ini. kalo gak salah ada instructionnya di botol. teknisi jg nyaranin seperti itu, kalo gak punya alat purging nya.
Apa cara purging seperti ini pasti aman bro?
Cairan purgingnya kan akan bikin kotoran2 rontok,
Kalo dengan cara ini kotoran dari injector, fuel line dan juga yg di dalam tangki,
Bakalan ngumpul di tangki dan fuel filter.
Dan apa cairan tsb. pasti aman untuk bahan fuel filter yg seperti kapas?
Kalau dengan alat purging, kotorannya di filter di alatnya, dan cairannya ga lewat fuel filter dan tangki.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

hwizzy wrote:Lama ga mampir dimarih sudah sampai part 5. Emang ga ada matinye nih Captiva.

Mau sharing pengalaman peliara Captiva diesel 2010. Saat ini km sudah di angka 21rb-an. Selama ini sih ga ada major issue dengan mobil ini. Hanya kira2 1 bulan yang lalu ngalamain feeder hose dari fuel filter ke injector pecah dan fuelnya nyembur ke engine yang panas. Apalagi baru ketahuan ketika sampai di rumah setelah perjalanan -+ 20 menit.

Ketika di cek sama mekanik, feeder hose yang terbuat dari rubber sudah getas, hampir sepanjang hosenya. Ngeri juga bayanginnya kalau pas jalan jauh kejadiannya dan fuel tumpah ruah mengenai engine yang panas.
Baca2 di web australia, ternyata mereka juga mengalami hal yang mirip2 dengan yang saya alami dan akhirnya dilakukan recall untuk produksi VCDi 2010.

Apakah bro2 yang pakai captiva pernah mengalami hal yang sama? Oh ya, selama 3 tahun ini, Captiva saya sudah minta ganti 4 sensor ABS nya. :mky_01:

Kalau performa dan kenyamanan sih memang mantab, tp kalau ngomongin service beres nya? ya gitu tuh.. :mky_04:
Irit banget om kilometernya? Saya punya april 2012 uda 21rb. Malah di bengkel banyak yg umurnya lebih muda, km nya jauh diatas saya..
Selama pakai, ga ada masalah, kecuali bunyi2 dari interior. Feeder hose jg aman.
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

Good_boy86 wrote:Irit banget om kilometernya? Saya punya april 2012 uda 21rb. Malah di bengkel banyak yg umurnya lebih muda, km nya jauh diatas saya..
Selama pakai, ga ada masalah, kecuali bunyi2 dari interior. Feeder hose jg aman.
Ngobrol2 dengan teman d forum sebelah, ternyata sudah ada 3, termasuk Captiva saya yang mengalami masalah di fuel hose. Dan semuanya unit produksi 2010. Dan customer service GM ini parah banget, responnya luambat, kalau ga mau di sebut ga ada response. :frm_bang_head:

Mileage sedikit karena pemakaian hanya di Balikpapan aja Om :) 30 menit sudah ketemu ujung kota. Peliaraan yang satu lagi, sudah 2thn lebih juga masih 5rb-an km. :mrgreen:
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 05

Post by jco »

akhir nya project di badak sudah selesai, ganti HU + ganti setir ke versi eropa ( switch audio + bluetooth phone dan switch cruise + ac), cuma setir aja yg ga dirubah ke sisi kiri :mky_01:

berikut penampakan di bawah ini, enjoy it

Image
Image
Image
Image
Image
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

:big_smoking: mantab Om

Om Jco punya HU buat cruze ga?
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 05

Post by jco »

hwizzy wrote::big_smoking: mantab Om

Om Jco punya HU buat cruze ga?
bisa dipesankan kl mau om :big_smoking:
spersonal
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Feb 22, 2009 22:54

Re: share captiva - PART 05

Post by spersonal »

maaf titip lapak disini yha gan.....
kali aja ada yg berminat gan....
bekas dipasang di captiva FL....

4pcs Velg AMG BZ40 19”x8,5/9,5 5x112/114.3
Ban depan : 2pcs TOYO Proxes R36 New 99% 225/55/19
Ban Belakang : 2pcs Toyo Proxes ST2 97% 255/50/19

Gambar detail 4 Ban...

Harga : 17jt nego

Call or Sms aja gan... 081335322288

Thank u........ :big_peace:
monstar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Feb 25, 2013 15:54

Re: share captiva - PART 05

Post by monstar »

Salam kenal para captiva owners. Ane lagi ada minat ama captiva, tapi ane masih ada ragu2 nih, mohon advicenya. Ane cenderung cari yg bensin nih, soalnya ane udah ada ps-dakar.

-Kenyamanan dan performancenya gimana?
-Captiva bensin katanya boros banget ya? Ada yg bilang bisa 1:6, apa beneran tuh?
-Captiva diesel beneran aman2 aja pake biosolar? Sales disini bilang "dijamin bisa dan aman"
-Ada komponen2 tertentu yg gampang rusak ga? Ato ada assembly problems gitu?
-Dealer lokal ane nawarin captiva bensin 350 masih bisa nego, kalo warna putih 355 ga bisa nego lagi. Kemahalan ga yah?
-Layanan after salesnya gimana?

Itu aja dulu, mohon bantuan para suhu yah.

Thankyou.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Nubie bantu jawab sebisa ane ya:

1. Bantingan medium firm, leg room baris ke 2 termasuk lega untuk SUV, meski ngga selega CRV, kursi somehow kurang nyaman, ane lebih demen yg semi bucket model di CX-5, performance yg diesel mantap sekali di rpm tengah, kalo yg bensin saya ga bisa komen, karena belum pernah pakai.

2. Menurut teman yg sdh pakai untuk dalkot sih memang benar 1:6an

3. Captiva diesel kalo pake "full" biosolar sih menurut ane agak maksa ya, mungkin itu hanya "gimmick" sales agar pembeli jadi tertarik. Yang ada nanti injector tersumbat lebih banyak keluar duitnya.

4. Setelah pakai hampir 1,5 thn sih so far belum ada komponen yg rusak selain aki.

5. No comment

6. Layanan after sales menurut ane udah cukup baik, hanya beberapa SDMnya perlu ditingkatkan lagi skillnya.



CMIIW
captivaism
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 16, 2013 14:44

Re: share captiva - PART 05

Post by captivaism »

monstar wrote:Salam kenal para captiva owners. Ane lagi ada minat ama captiva, tapi ane masih ada ragu2 nih, mohon advicenya. Ane cenderung cari yg bensin nih, soalnya ane udah ada ps-dakar.

-Kenyamanan dan performancenya gimana?
-Captiva bensin katanya boros banget ya? Ada yg bilang bisa 1:6, apa beneran tuh?
-Captiva diesel beneran aman2 aja pake biosolar? Sales disini bilang "dijamin bisa dan aman"
-Ada komponen2 tertentu yg gampang rusak ga? Ato ada assembly problems gitu?
-Dealer lokal ane nawarin captiva bensin 350 masih bisa nego, kalo warna putih 355 ga bisa nego lagi. Kemahalan ga yah?
-Layanan after salesnya gimana?

Itu aja dulu, mohon bantuan para suhu yah.
Thankyou.

Jangan beli yang bensin bro karena sangat boros, kata temen sih mirip2 crv deh borosnya, mending ambil yang diesel.

Berikut ini pengalaman saya ambil cvt vdci diesel 2.0 :
1. Mobil nyaman dan senyap dalam kabin, konsumsi solar 1:8-9
2, 3. Belum coba sih pake solar busuk soalnya masih baru dan sayang, mungkin nanti mau coba
4. No idea, soalnya gak interest dengan bensin, kalo mau bensin mending ambil merek lain
5. Kudu banyak sabar soalnya apa2 lama prosesnya

STNK dan plat baru jadi 39 hari dari tanggal mobil nongkrong di garasi, alasannya beli nomor khusus dan memang prosesnya
lama kalo mobil CBU. Trik : kudu sabar, jangan mau mobil dikirim sebelum stnk jadi, biarin aja diparkir di showroom

Karpet bludru sampai hari ini belum tersedia alasannya stock habis dan tunggu kiriman dari GMI
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

captivaism wrote:

STNK dan plat baru jadi 39 hari dari tanggal mobil nongkrong di garasi, alasannya beli nomor khusus dan memang prosesnya
lama kalo mobil CBU. Trik : kudu sabar, jangan mau mobil dikirim sebelum stnk jadi, biarin aja diparkir di showroom

Karpet bludru sampai hari ini belum tersedia alasannya stock habis dan tunggu kiriman dari GMI
Kalo menurut saya justru mobil harus segera dikirim ke rumah. Klo dibiarin di showroom, bakalan banyak dipegang2 sama pengunjung showroom / bengkel. Yg ada malah kotor atau baret.
titoya
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Jun 19, 2013 1:02

Re: share captiva - PART 05

Post by titoya »

Salam kenal, mo nanya kalo mobil baru dari dealer km ud 260 km wajar gak ya, soalnya heran baru terima unit km kok ud tinggi begitu ya
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: share captiva - PART 05

Post by OakTree25 »

titoya wrote:Salam kenal, mo nanya kalo mobil baru dari dealer km ud 260 km wajar gak ya, soalnya heran baru terima unit km kok ud tinggi begitu ya

wah tinggi bgt tu om!

jgn mau! teken salesnya minta unit lain!

bisa2 bekas unit test drive tuh om..
Image