share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

ricz wrote:Silent recall donk ini berarti.. :mky_03:
Ya gapapa....
Yg penting ada perbaikan kinerja dan pelayanan...

btw gw dah bikin appointment di hr senin utk pengecekan...
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: share captiva - PART 05

Post by ripratama »

brantaqan wrote:thanks bro... btw, bro ripratama dapet 1:9 dengan perhitungan full tank to full tank atau cuman liat d MID? seumur2 blom pernah nyntuh 1:9 nih tp kalo d MID dpt 11.3L/100Km = 1:8.9km... soalnya stiap hari dpke kerja terus... pergi kerja macet, pulang kerja macet... power n torsi tinggi jd gk guna secara jalan cuman 10-30 kmh... haha
Perhitungan manual tiap isi solar; trip meter X Km langsung dibagi Z liter. Kalao di MID 10.9L/100 KM; cukup akurat.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

WK1 wrote:
ricz wrote:Silent recall donk ini berarti.. :mky_03:
Ya gapapa....
Yg penting ada perbaikan kinerja dan pelayanan...

btw gw dah bikin appointment di hr senin utk pengecekan...
Ini untuk captiva FL atau captiva non FL om?
Thanks
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

Utk FL

Info pastinya mungkin bisa ditanyakan ke om chevindo..
User avatar
chevindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Sep 11, 2012 12:54

Re: share captiva - PART 05

Post by chevindo »

Good_boy86 wrote:
WK1 wrote:
ricz wrote:Silent recall donk ini berarti.. :mky_03:
Ya gapapa....
Yg penting ada perbaikan kinerja dan pelayanan...

btw gw dah bikin appointment di hr senin utk pengecekan...
Ini untuk captiva FL atau captiva non FL om?
Thanks
untuk FL om....dari vin code 2011 - 2013, tapi tidak semuanya om...
ada kiriman surat untuk pengecekan secara resmi dari pihak GM sebagai ATPM untuk beberapa unit captiva diesel ( tidak untuk captiva bensin).
Pengecekan yg akan di lakukan nya adalah untuk seputar wiring dinamo stater...kalau dilihat setelah pengecekan perlu ada penggantian untuk kabel dinamo stater, akan dilakukan penggantian oleh beres setempat.
User avatar
brantaqan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 11, 2013 18:19

Re: share captiva - PART 05

Post by brantaqan »

teman2, ada yg ud pernah ngrasain ABS-nya captiva blum yah?
baru tadi nge-rem mendadak gra2 motor depan kpleset n jatoh, trus ane nge-rem mendadak n ABS-nya aktif, tp rem-ny aneh, gk rata antara kiri dan kanan padahal stir kondisi lurus, alhasil *grek grek grek grek grek n gk rata antara kiri n kanan jd kyk mobil jalan d offroad, bkn kyk kena speed trap..
dlu pas pake honda city, klo ABS nyala, pasti rem-ny rata, kiri dan kanan.. jd brasa kyk nglindes speed trap...
skrg jd pnsaran.. jd pengen coba dg sngja aktifin ABS-nya, tp bahaya gk yah? terutama buat kaki2nya..
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

chevindo wrote:
Good_boy86 wrote: Ini untuk captiva FL atau captiva non FL om?
Thanks
untuk FL om....dari vin code 2011 - 2013, tapi tidak semuanya om...
ada kiriman surat untuk pengecekan secara resmi dari pihak GM sebagai ATPM untuk beberapa unit captiva diesel ( tidak untuk captiva bensin).
Pengecekan yg akan di lakukan nya adalah untuk seputar wiring dinamo stater...kalau dilihat setelah pengecekan perlu ada penggantian untuk kabel dinamo stater, akan dilakukan penggantian oleh beres setempat.
wiring nya kenapa om?
besok saya coba mampir aja ke Beres Smart, sekalian klaim bunyi2 lagi di bagian bawah kemudi.
User avatar
chevindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Sep 11, 2012 12:54

Re: share captiva - PART 05

Post by chevindo »

Good_boy86 wrote:
chevindo wrote:
Good_boy86 wrote: Ini untuk captiva FL atau captiva non FL om?
Thanks
untuk FL om....dari vin code 2011 - 2013, tapi tidak semuanya om...
ada kiriman surat untuk pengecekan secara resmi dari pihak GM sebagai ATPM untuk beberapa unit captiva diesel ( tidak untuk captiva bensin).
Pengecekan yg akan di lakukan nya adalah untuk seputar wiring dinamo stater...kalau dilihat setelah pengecekan perlu ada penggantian untuk kabel dinamo stater, akan dilakukan penggantian oleh beres setempat.
wiring nya kenapa om?
besok saya coba mampir aja ke Beres Smart, sekalian klaim bunyi2 lagi di bagian bawah kemudi.
ada beberapa unit di captiva diesel FL...kabel dinamo stater menempel pada body...(massa) dan bergesekan, di karenakan arus ke dinamo stater cukup besar...perlu dilakukan pengecekan..apabila memang ternyata tidak ada masalah pada kabel tersebut maka penanganannya hanya sebatas menjauhkan kabel tersebut dari massa, apabila sudah mulai ada perubahan pada kabel tersebut..(misal mulai terkelupas akibat gesekan, maka penanganannya adalah penggantian pada kabel tersebut om)..
cmiiw
User avatar
chevindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Sep 11, 2012 12:54

Re: share captiva - PART 05

Post by chevindo »

captivaism wrote:Saya baru terima unit cvt 2.0 diesel FL tapi belum bisa dipake soalnya platnya belum keluar katanya siih 1 - 1.5 bulan, lama banget ya? Jadi cuma test drive di komplek perumahan aja, jadi belum tau nih ada masalah/gak.

Saya mau tanya dong jika ada yang berkenan, head unit bisa gak diganti merek2 jepun kaya pioner, alpine, atau merek2 cina yang ada integrated GPS dan apakah compatible dengan steering controlnya?

Beres sih nawarin ganti yang OEM harganya 7 juta, apakah bagus ya?

mampir dimari om
http://www.kaskus.co.id/post/508fbb6beb ... d461000074
captivaism
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 16, 2013 14:44

Re: share captiva - PART 05

Post by captivaism »

chevindo wrote:
captivaism wrote:Saya baru terima unit cvt 2.0 diesel FL tapi belum bisa dipake soalnya platnya belum keluar katanya siih 1 - 1.5 bulan, lama banget ya? Jadi cuma test drive di komplek perumahan aja, jadi belum tau nih ada masalah/gak.

Saya mau tanya dong jika ada yang berkenan, head unit bisa gak diganti merek2 jepun kaya pioner, alpine, atau merek2 cina yang ada integrated GPS dan apakah compatible dengan steering controlnya?

Beres sih nawarin ganti yang OEM harganya 7 juta, apakah bagus ya?
mampir dimari om
http://www.kaskus.co.id/post/508fbb6beb ... d461000074
Makasih om Chevindo....
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

brantaqan wrote:teman2, ada yg ud pernah ngrasain ABS-nya captiva blum yah?
baru tadi nge-rem mendadak gra2 motor depan kpleset n jatoh, trus ane nge-rem mendadak n ABS-nya aktif, tp rem-ny aneh, gk rata antara kiri dan kanan padahal stir kondisi lurus, alhasil *grek grek grek grek grek n gk rata antara kiri n kanan jd kyk mobil jalan d offroad, bkn kyk kena speed trap..
dlu pas pake honda city, klo ABS nyala, pasti rem-ny rata, kiri dan kanan.. jd brasa kyk nglindes speed trap...
skrg jd pnsaran.. jd pengen coba dg sngja aktifin ABS-nya, tp bahaya gk yah? terutama buat kaki2nya..
kalau tidak salah, sepengetahuan saya, captiva ada ebd electronic brake force distribution, sensor yg fungsinya memberi brake force lebih besar di roda yg paling bagus grip nya.

city setau sy ga ada ebd. tp gak perlu khawatir, selama mobil nya berhenti dan ga nubruk.

penyakit ctv abs nya sensor speed (tiap roda ada sensor) nya suka kotor, solusi nya hrs ganti, gak bisa di fix. symptom nya 1. mobil berhenti kadang speedo naik sendiri dan tanpa di rem, 2. kadang abs nya tau2 aktif sendiri dan ngagetin, misalnya lagi jalan (tidak ngerem) tau2 ada getaran dan bunyi gruk gruk.

cmiiw
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

wllaw2 wrote:
roadtrain99 wrote: ooo...bebrp ace di jkt, utk crc botol silver besar ada, skrg bebrp bulan ini sudah ada crc baru botol 400ml.

coba cari liqui moly yg botol kecil, mungkin mereka stock. kalo di sini dulu ace sempet jual liqui moly botol ukuran sedang utk purging, tp skrg sptnya mereka ga stock lagi. kebanyakkan hny yg bensin. redline jg utk bensin.
Hari Minggu kemarin pas ke Ace cek lagi, udah ketemu yang CRC. Botolnya yang agak gemuk bukan? Harganya sekitar 318 ribu.
Liquimoly gak ketemu sih. Cuma kayaknya Redline masih ada. Pas pagi saya ke sana mereka lagi susun Redline yang bensin di rak, baru masuk katanya. Cuma yang diesel belum masuk. Mudah2an sih masih dijual.
betul, crc nya agak bongsor, sepertinya yg skrg ganti labelling sticker jd wrn item. kalo di ace jkt hrg nya skitar 299an lah. kalo red line, hrs hati2 liat label nya, sebab yg utk bensin dan diesel mirip2.
liqui moly dulu di ace ada yg utk purging dan additive. kalo yg purging, krn ctv gak bisa di purge selayaknya ipah/pajero, jadi nunggu tanki hampir kosong, baru isi liqui ke tanki.
saya pake crc cara nya jg begitu. lampu fuel nyala kalo ga salah sisa sekitar 5ltr, 1 ltr bisa 8-9km, sy taker dari situ aja. jd setelah sekitar 35km fuel light nyala, br sy isi racun nya biar lebih concentrated, lalu tinggal geber2 aja sembari jalan. efeknya lumayan.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

brantaqan wrote:hi smua.. newbi nih.. kbtulan blom lma ini bru ambil captiva AWD nfl 2nd..
FC-nya rda mayan boros nih...
awal2 baru beli nih badak sampe 1L:6km gra2 kakinya gatel :mky_01:
trus brusaha mnahan kaki biar gk bejeg2 melulu, n dibawa santai, dg trafic jakarta dapetnya 1L:7km
trus blakangan coba test pk racun CRC 1 fuel tank power renew dcampur norival, skrg dpt 1:8
br coba pake additive 2x, n efekny c tenaga nmbah dkit, lbh enteng dkit, n ngurangin bau asem dr knalpot...
kondisi mobil dr lahir dicekokin biosolar...
normal gk c ini FC-nya? ada cara biar bs lbh irit lg gk yah? :mky_03:

trus kmren ini nglewatin polisi tidur yg landai bgt, biasa pake sedan lewatin tuh polisi tidur dg kec 20kmh gk msalah...
trus g lewatin tuh polisi tidur pk captiva dg kec 10kmh, n pas roda depan mendarat, ada suara *greeeekkkk semacam suara gesekan dr bawah tengah, n gesekannya berasa d kaki pengemudi... tp nih suara kdang muncul kadang kgak muncul... gk jelas nih suara... lbh sering gk muncul sih suaranya, tp pas muncul jd jiper gtuh...
ada yg mengalami hal yang sama kah?
topic fc selalu menarik nih, gak ngebosenin...

krn ctv awd nya bukan full time, alias on demand, sehrsnya fc nya bedanya ga sejauh itu dari non awd. *imho*

mau irit bisa aja masbro. pulse n glide driving method. sy tau ini awalnya dari tulisan turboman di sm. cara nya gas (sebaiknya gas santai) sampai speed (misalnya)100, lalu lepas gas (kalo m/t di netral in) biarkan mobil glide (gelinding) turun ke 80kmh, lalu gas lagi. sangat efek. bisa di google. murmer gak perlu piggy back dan ecu gadget lain lain. Kalo di mobil m/t, hasilnya lebih dahsyat lagi.

mobil yg ada mid nya lsg bisa kebaca improvement nya.

bisa di baca dimari http://www.metrompg.com/posts/pulse-and-glide.htm

faktor lain yg ngebantu juga sepertin air filter yg bersih dan bbm yg bagus.

selama ini separah2 nya sy betot ctv dpt 1:7, sekian. the best yg sy dpt 1:11. tp rata2 yg sering sy dpt 1:9. yes, dgn kondisi jkt macet2an, and yes most of the time bio solar, sering pakai tip tronic, campur additive paling 2-3bulan sekali. isi solar total/shell/dex mungkin sebulan 2x, tp klo price nya lg drop lebih sering isi.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 05

Post by Turboman »

@brantaqan :

Coba di purging juga

setahu ane BeRes Chevy punya alat buat Purging, dia pakai tabung bertekanan krn mekanisme fuel delivery nya beda ama D4 D, si VCDi pakai electric fuel pump en pompa injeksinya gak ada sucker section.
* Bukan ajakan Beli *
spersonal
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Feb 22, 2009 22:54

Re: share captiva - PART 05

Post by spersonal »

kali aja ada pecinta Captiva disini ada yg minat u ganti Velg..

http://kask.us/hduHH

thx gan..... :big_peace:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva - PART 05

Post by roadtrain99 »

alat purging captiva diesel. hanya ada di bengkel resmi, blm nemu di tempat lain.
captiva harus pakai ini krn system diesel nya beda dgn mobil diesel crdi lain. lupa istilahnya

kena charge namun ongkos nya relatif murah, boleh bawa liqui sendiri.

Image
proses kerja nya, selang dari alat ini langsung disambung ke fuel line crdi, obat liqui masuk ke tabung dan tabung dipump manual.
sedangkan fuel line dari fuel filter, dibalikkin lagi ke arah pump, kata mekaniknya fuel yg tidak terpakai ada saluran balik lagi ke pump.
lalu mesin mobil dihidupkan. idle aja (gak digas geber seperti diesel lain). nanti kalo mesin kedengeran brebet, berarti obat nya sudah hampir habis.

new solar filter
Image

old solar filter
Image
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

Good_boy86 wrote:
wiring nya kenapa om?
besok saya coba mampir aja ke Beres Smart, sekalian klaim bunyi2 lagi di bagian bawah kemudi.
Sama gan ini. Belum 100% hilang. Ini bunyi baru muncul persis setelah bunyi "kriet2" di sekitar tuas gear itu dihilangkan. Yang bunyi sekarang kayak 2 benda plastik yang saling adu. Yang susahnya ini cuma bunyi ketika di pagi hari atau suhu lagi dingin. Jadi seringkali pas bawa sampai ke bengkel bunyi udah hilang. Jadi gak bisa terdeteksi. Udah lebih dari 5x bolak-balik cuma khusus untuk hilangin bunyi ini dan ternyata belum sanggup dihilangkan :frm_bang_head:
Kalau bunyi lain "drrt" yang di bawah tombol pengatur spion luar sih udah tahu lokasi penyebab bunyinya. Namun tinggal dikit bunyinya. Kalau ditekan, langsung hilang bunyinya.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

roadtrain99 wrote: betul, crc nya agak bongsor, sepertinya yg skrg ganti labelling sticker jd wrn item. kalo di ace jkt hrg nya skitar 299an lah. kalo red line, hrs hati2 liat label nya, sebab yg utk bensin dan diesel mirip2.
liqui moly dulu di ace ada yg utk purging dan additive. kalo yg purging, krn ctv gak bisa di purge selayaknya ipah/pajero, jadi nunggu tanki hampir kosong, baru isi liqui ke tanki.
saya pake crc cara nya jg begitu. lampu fuel nyala kalo ga salah sisa sekitar 5ltr, 1 ltr bisa 8-9km, sy taker dari situ aja. jd setelah sekitar 35km fuel light nyala, br sy isi racun nya biar lebih concentrated, lalu tinggal geber2 aja sembari jalan. efeknya lumayan.
Iya gan, yang diesel sama bensin hampir mirip Redline nya.
Itu maksudnya tanki nya sengaja dibiarkan hampir kosong supaya semua cairan CRC nya lebih banyak kesedot ke ruang mesinnya ya?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

roadtrain99 wrote: topic fc selalu menarik nih, gak ngebosenin...

krn ctv awd nya bukan full time, alias on demand, sehrsnya fc nya bedanya ga sejauh itu dari non awd. *imho*

mau irit bisa aja masbro. pulse n glide driving method. sy tau ini awalnya dari tulisan turboman di sm. cara nya gas (sebaiknya gas santai) sampai speed (misalnya)100, lalu lepas gas (kalo m/t di netral in) biarkan mobil glide (gelinding) turun ke 80kmh, lalu gas lagi. sangat efek. bisa di google. murmer gak perlu piggy back dan ecu gadget lain lain. Kalo di mobil m/t, hasilnya lebih dahsyat lagi.

mobil yg ada mid nya lsg bisa kebaca improvement nya.

bisa di baca dimari http://www.metrompg.com/posts/pulse-and-glide.htm

faktor lain yg ngebantu juga sepertin air filter yg bersih dan bbm yg bagus.

selama ini separah2 nya sy betot ctv dpt 1:7, sekian. the best yg sy dpt 1:11. tp rata2 yg sering sy dpt 1:9. yes, dgn kondisi jkt macet2an, and yes most of the time bio solar, sering pakai tip tronic, campur additive paling 2-3bulan sekali. isi solar total/shell/dex mungkin sebulan 2x, tp klo price nya lg drop lebih sering isi.

Saya punya sih paling top cuma bisa sentuh 7,6 km/l. Kebanyakan sih di sekitar 6,8 km/l. Kondisi jalannya sih menurut saya kebanyakan stop&go. Average speed di MID cuma 13-15 km/jam. Dan cara bawanya sih akselerasi pelan2 aja. Dan gak lewat 2500 rpm. Kebanyakan di 1800-2000 rpm.

Ngomong2, akhirnya PertaDex akan dijual melalui selang di Medan :frm_tumbleft: Katanya sih besok acara peresmiannya. Heran aja sih kok pakai acara peresmian segala :e-think: Harganya sih tadi saya lihat 11.500/liter. Ya jauh lebih murah sih dibanding kalau beli dari jerigen 14.500/liter.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

roadtrain99 wrote:alat purging captiva diesel. hanya ada di bengkel resmi, blm nemu di tempat lain.
captiva harus pakai ini krn system diesel nya beda dgn mobil diesel crdi lain. lupa istilahnya

kena charge namun ongkos nya relatif murah, boleh bawa liqui sendiri.

Image
proses kerja nya, selang dari alat ini langsung disambung ke fuel line crdi, obat liqui masuk ke tabung dan tabung dipump manual.
sedangkan fuel line dari fuel filter, dibalikkin lagi ke arah pump, kata mekaniknya fuel yg tidak terpakai ada saluran balik lagi ke pump.
lalu mesin mobil dihidupkan. idle aja (gak digas geber seperti diesel lain). nanti kalo mesin kedengeran brebet, berarti obat nya sudah hampir habis.

new solar filter
Image

old solar filter
Image

Kalau gak salah biayanya kena 176.000 untuk obatnya. Kalau biaya jasanya juga sekitar 176.000. Jadi total biaya untuk purging sekitar 350an ribu. Gak tahu sih ini termasuk mahal atau gak. Soalnya kurang tahu untuk merek mobil lain biaya purgingnya kena berapaan.

Gan, itu filter solar yang udah berapa lama? Itu filter solar yang bagian atas atau yang bawah?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: share captiva - PART 05

Post by Hansen »

wllaw2 wrote: Ngomong2, akhirnya PertaDex akan dijual melalui selang di Medan :frm_tumbleft: Katanya sih besok acara peresmiannya. Heran aja sih kok pakai acara peresmian segala :e-think: Harganya sih tadi saya lihat 11.500/liter. Ya jauh lebih murah sih dibanding kalau beli dari jerigen 14.500/liter.
wah... :mky_02: di SPBU mana tuh bro jualnya?

wllaw2 wrote: Kalau gak salah biayanya kena 176.000 untuk obatnya. Kalau biaya jasanya juga sekitar 176.000. Jadi total biaya untuk purging sekitar 350an ribu. Gak tahu sih ini termasuk mahal atau gak. Soalnya kurang tahu untuk merek mobil lain biaya purgingnya kena berapaan.
di beres chevy medan ada jual obat purging liqui moly botolan ya bro?
Image
User avatar
chevindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Sep 11, 2012 12:54

Re: share captiva - PART 05

Post by chevindo »

wllaw2 wrote:
roadtrain99 wrote:alat purging captiva diesel. hanya ada di bengkel resmi, blm nemu di tempat lain.
captiva harus pakai ini krn system diesel nya beda dgn mobil diesel crdi lain. lupa istilahnya

kena charge namun ongkos nya relatif murah, boleh bawa liqui sendiri.

Image
proses kerja nya, selang dari alat ini langsung disambung ke fuel line crdi, obat liqui masuk ke tabung dan tabung dipump manual.
sedangkan fuel line dari fuel filter, dibalikkin lagi ke arah pump, kata mekaniknya fuel yg tidak terpakai ada saluran balik lagi ke pump.
lalu mesin mobil dihidupkan. idle aja (gak digas geber seperti diesel lain). nanti kalo mesin kedengeran brebet, berarti obat nya sudah hampir habis.

new solar filter
Image

old solar filter
Image

Kalau gak salah biayanya kena 176.000 untuk obatnya. Kalau biaya jasanya juga sekitar 176.000. Jadi total biaya untuk purging sekitar 350an ribu. Gak tahu sih ini termasuk mahal atau gak. Soalnya kurang tahu untuk merek mobil lain biaya purgingnya kena berapaan.

Gan, itu filter solar yang udah berapa lama? Itu filter solar yang bagian atas atau yang bawah?
ada yang sudah pernah coba di CAPTIVA DIESEL FL..? info yg ane dapet ada perbedaan antara NON FL dan FL ?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

Hansen wrote:wah... :mky_02: di SPBU mana tuh bro jualnya?
Di SPBU Anif gan, yang di Cemara Asri. :mrgreen:

Hansen wrote:di beres chevy medan ada jual obat purging liqui moly botolan ya bro?
Gak tahu sih apa mereka ada jual aja tanpa harus melakukan purging di beres. Kalau proses purgingnya sih mereka memang pakai Liquimoly. Saya pun lupa tanya sih apa dalam bentuk botolan atau gak :mky_01:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: share captiva - PART 05

Post by Hansen »

wllaw2 wrote:
Hansen wrote:wah... :mky_02: di SPBU mana tuh bro jualnya?
Di SPBU Anif gan, yang di Cemara Asri. :mrgreen:

Hansen wrote:di beres chevy medan ada jual obat purging liqui moly botolan ya bro?
Gak tahu sih apa mereka ada jual aja tanpa harus melakukan purging di beres. Kalau proses purgingnya sih mereka memang pakai Liquimoly. Saya pun lupa tanya sih apa dalam bentuk botolan atau gak :mky_01:
sip gan, thanks utk infonya :big_smoking: :mky_02:
Image
User avatar
brantaqan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 11, 2013 18:19

Re: share captiva - PART 05

Post by brantaqan »

roadtrain99 wrote: kalau tidak salah, sepengetahuan saya, captiva ada ebd electronic brake force distribution, sensor yg fungsinya memberi brake force lebih besar di roda yg paling bagus grip nya.

city setau sy ga ada ebd. tp gak perlu khawatir, selama mobil nya berhenti dan ga nubruk.

penyakit ctv abs nya sensor speed (tiap roda ada sensor) nya suka kotor, solusi nya hrs ganti, gak bisa di fix. symptom nya 1. mobil berhenti kadang speedo naik sendiri dan tanpa di rem, 2. kadang abs nya tau2 aktif sendiri dan ngagetin, misalnya lagi jalan (tidak ngerem) tau2 ada getaran dan bunyi gruk gruk.

cmiiw
iyah... kmren ini akhirnya memberanikan diri nge-test ABS-ny secara sengaja... ternyata fine... haha
baru inget, klo wktu itu kondisi ujan gede, n jalanan becek abis.. kmungkinan gra2 jalanan licin jd smua elektrik di kaki mengeluarkan semua kemampuannya.. haha (pemikiran newbie)
roadtrain99 wrote: topic fc selalu menarik nih, gak ngebosenin...

krn ctv awd nya bukan full time, alias on demand, sehrsnya fc nya bedanya ga sejauh itu dari non awd. *imho*

mau irit bisa aja masbro. pulse n glide driving method. sy tau ini awalnya dari tulisan turboman di sm. cara nya gas (sebaiknya gas santai) sampai speed (misalnya)100, lalu lepas gas (kalo m/t di netral in) biarkan mobil glide (gelinding) turun ke 80kmh, lalu gas lagi. sangat efek. bisa di google. murmer gak perlu piggy back dan ecu gadget lain lain. Kalo di mobil m/t, hasilnya lebih dahsyat lagi.

mobil yg ada mid nya lsg bisa kebaca improvement nya.
bisa di baca dimari http://www.metrompg.com/posts/pulse-and-glide.htm

faktor lain yg ngebantu juga sepertin air filter yg bersih dan bbm yg bagus.

selama ini separah2 nya sy betot ctv dpt 1:7, sekian. the best yg sy dpt 1:11. tp rata2 yg sering sy dpt 1:9. yes, dgn kondisi jkt macet2an, and yes most of the time bio solar, sering pakai tip tronic, campur additive paling 2-3bulan sekali. isi solar total/shell/dex mungkin sebulan 2x, tp klo price nya lg drop lebih sering isi.
wah, trik ini udah ane pake sejak masih duduk d bangku SMA.. haha
skrg ane bawa ctv ane gk pernah lewat 2000rpm, nge-rem minim bgt, n pk trik gliding, n sesekali kaki n tangan gatel klo ada mobil yg ngebut2.. :mky_01:
tetep ja gk bisa tembus 8km/L (11.2L/100km di MID)
Turboman wrote: Coba di purging juga

setahu ane BeRes Chevy punya alat buat Purging, dia pakai tabung bertekanan krn mekanisme fuel delivery nya beda ama D4 D, si VCDi pakai electric fuel pump en pompa injeksinya gak ada sucker section.
btw, purging tuh fungsi-ny apa sih? n beres chevy paling recomended tuh yg mna yah?
kmren ini ke beres d jln panjang, n rada kecewa dikit..
g minta bnerin lampu airbag yg nyala terus d dashboard, n water spray blakang nggak nyala.. smua masalah sih berhasih dibenerin.. tp sempet nanya2, ada bbrp konektor kabel yg gk kepake di blakang air filter, ane nanya fungsinya apa.. n dijawab "waduh, kurang tahu juga yah.."
trus ane sempet curhat ttg FC captiva AWD.. n dijawab "nggak gituh tahu juga nih tentang pemakaian bahan bakar captiva"
trus ane nanya lagi kalo geteran nih mobil msh wajar ato gk.. n dijawab "kayaknya sih normal deh.. atau mau di tune up aja sekalian?"
bener2 gk menjawap pertanyaan ane sama sekali...