anshary wrote:salam kenal,
suhu-suhu yang budiman...
saya punya f78 dalam keadaan standar dan ingin sekali memasang diff locker untuk f78 saya. setelah melalui pencarian, beberapa bulan yang lalu saya menemukan sebuah situs pembuat air locker untuk daihatsu rocky/taft:
http://www.protrack.gr/proionta/daihats ... ocker.html. setelah saya konsultasi beberapak kali melalui email dengan protrak, harga untuk satu buah air locker beserta perlengkapannya serta ongkir ke dari yunani ke indo 820 euro atau sekitar 10,5jt an (kurs 1 euro = 12.300 an), dan pihak protrack memerlukan beberapa ukuran diff. rocky saya.
ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan..
1. dengan harga tersebut diatas apakah termasuk murah, sedang atau mahal untuk ukuran satu buah air locker dibandingkan dengan merek yang lain?
2. kalau harus memilih, lebih baik mana antara upgrade ban kendaraan dengan memasang sebuah locker? (saat ini saya memakai ban at 30")
3. lebih bermanfaat mana pemasangan locker di gardan depan atau belakang? (saat ini saya sudah memasang LSD di gardan belakang hanya saja merasa kurang maksimal dengan kinerjanya, kalau dipasang di depan apakah kekuatan IFS sudah teruji?)
4. kalau saya memasang LSD di gardan depan, apakah dalam posisi gardan tidak di lock (lock hub) apakah LSD memberikan pengaruh terhadap roda depan?
5. Mobil saya pakai untuk keperluan sehari2, hanya kadang2 weekend dipakai offroad lucu2an sampai sedang...sering iri lihat pasukan jimny yang main hajar kalau off road (maklum mungkin karena kemudahan dan harga spare partnya yg terjangkau

). saya ingin ber off road dengan lebih santai..kan sayang kalau pakai f78 main hajar
sory agak kepanjangan nulisnya....trims atas sharingnya...
jelas mending beli ban yg extreme aja kya simex,bogger atw minimal komodo ban yg skrng bwat harian aja..... locker sih pelengkap aja, setelah semua kebutuhan kebeli bru terakhir locker. itu klw om di indonesia, yg mayoritas trek lumpur bukan batu/rockcrawling. d tempat licin tampa traksi yg bagus ya percuma pke locker
ditambah lg penggunaanya, locker musti apik, apalagi klw air locker, yg arb aja ga awet2 amet umur d gw 3thnan, setelah itu jebol dpn blkng, perawatanya jg bnyk, sering aja buka carrier, blm lg resiko ke as roda dan komponen yg lain. itu om harga sgtu blm termasuk compressornyakah? dan pajak masuk ke indonya...
lucunya setelah locker d lepas, sampe skrng g kangen tuh, trek yg sama bisa2 aja lewat, dulu juga main dgn temen2 yg opendiff g beda gw lewat yg lain lewat juga.
klw rock crawling bru locker, ban AT bisa jd lebih gigit d batu. locker kepake klw d trek kering dan gripnya bagus, karna kondisi tertentu yg nempel ketanah bisa satu roda klw itu d tempat licin 1 roda g akan bisa gerakin mobil, klw d batu atw tempat kering bisa.
yg paling penting pastiin setelah ganti ban, ga ada ban yg ngosot ke fender saat artikulasi...... ngosot tu jgn di remehin, itu sama aja kaya bannya d tahan sebelah, pke lsd jd percuma klw ngosot. setelah ganti ban mesti di timbang gerak extent dan compress bannya.
ninggiinya jgn puter baut torsi, selain mempercepat umur komponen, cvjoint rsikan patah, juga dijamin g enak, artikulasi extent berkurang bngt.... lift f78 pling aman body lift. atw coak fendernya
terus shock blkng ganti yg lebih panjang jgn lupa di timbang jg sesuaikan stopper. arm blkng wajib di reinforce idealnya pke pillow ball. ini yg langganan patah tu..
stabillizer dpn klw oprut cabut aja.
cross member tengah d lepas ganti skid plate yg lebih pipih, dan ga bakal ganjel....
well bnyk critanya f78 dpke oprut tu hehehe *uda8thn oprut pke f78* pling mantep ganti gardan dpnya ke rigid hehe..
lsd rugger tu masih clucth, jd ada umurnya klw dpt bekas clucth nya uda g bagus sih ya nasib. dan olinya mesti pke oli lsd khusus. bisa dpke d dpn blkng, karna sama bonggolnya.
