Berhubung BBM mau naik nih,
Mau tanya bagaimana cara hemat BBM versi suhu2 di SMers nih...
(selain belajar nge-gas yg bener)
Please share yah...
om momod klo udah pernah ada trit yg serupa tolong dimerge aja yah...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kaapur barus/kamper ??ALX7 wrote:klo yg saya pernah baca2 sih, kata nya ada yg pernah pake kapur barus/kamper segala...
ato dipasangin alat2 simple macam ferite ato baling2 di saluran antara filter udara ke throtle body...
Bener ga yah?
waktu itu lagi iseng2 pernah search di google om, dan pernah dapet result nya yg ada bilang pake kamper... iya seinget saya sih utk naikin oktan, tp bukan nya nilai oktan naik maka pemakaian bbm juga otomatis lbh irit yah om? selain utk menghilangkan efek menggelitik..doq wrote:kaapur barus/kamper ??ALX7 wrote:klo yg saya pernah baca2 sih, kata nya ada yg pernah pake kapur barus/kamper segala...
ato dipasangin alat2 simple macam ferite ato baling2 di saluran antara filter udara ke throtle body...
Bener ga yah?
baca dimana oom?........itu sih trik jadul semenjak taon 80an kali, dan bukan utk bikin irit melainkan menaikan nilai oktan di bensin.
tp lebih baik jangan diterapkan deh, punya efek samping ngerusak seal2 karet setau saya.......belom lagi resiko bikin mampet saluran bensin plus injektor cmiiw
imho lebih banyak mudharat dr pada manfaat nya oom.ALX7 wrote:waktu itu lagi iseng2 pernah search di google om, dan pernah dapet result nya yg ada bilang pake kamper... iya seinget saya sih utk naikin oktan, tp bukan nya nilai oktan naik maka pemakaian bbm juga otomatis lbh irit yah om? selain utk menghilangkan efek menggelitik..doq wrote:kaapur barus/kamper ??ALX7 wrote:klo yg saya pernah baca2 sih, kata nya ada yg pernah pake kapur barus/kamper segala...
ato dipasangin alat2 simple macam ferite ato baling2 di saluran antara filter udara ke throtle body...
Bener ga yah?
baca dimana oom?........itu sih trik jadul semenjak taon 80an kali, dan bukan utk bikin irit melainkan menaikan nilai oktan di bensin.
tp lebih baik jangan diterapkan deh, punya efek samping ngerusak seal2 karet setau saya.......belom lagi resiko bikin mampet saluran bensin plus injektor cmiiw
*bukan sales kapur barus
Setuju, ini cara paling efektif + sabar di jalanricz wrote:Sekolahkan kaki biar gk bejek gas mulu kerjaannya...
ALX7 wrote:Aloha... para SMers
Berhubung BBM mau naik nih,
Mau tanya bagaimana cara hemat BBM versi suhu2 di SMers nih...
(selain belajar nge-gas yg bener)
Please share yah...
om momod klo udah pernah ada trit yg serupa tolong dimerge aja yah...
Intinya :MonSTER_GTR wrote:@turboman boleh diajarin um tekniknya?![]()
![]()
![]()
Wah... Tips yg sangat bermanfaat..Turboman wrote:Intinya :MonSTER_GTR wrote:@turboman boleh diajarin um tekniknya?![]()
![]()
![]()
- Injak gas se jarang2-nya
- Injak rem se jarang2-nya (antisipasi traffic)
- Meluncur se banyak2-nya
Ibarat kita nge gowes sepeda jarak jauh, gimana strategy spy kita gak cepat lelah.
Disebut Pulse krn kita nge-gas nya nge-pulse.....tekan sebentar dah itu lepas, biarkan meluncur
Pahami betul karakter deselerasi mobil anda, sangat penting, jadi kita akan bisa memperkirakan berapa dalam gas hrs ditekan / mencapai speed dlm situasi tertentu, agar di depannya kita gak perlu sering2 nge-rem.
Jika dlm situasi padat sebisa mungkin hindari mobil berhenti scr total, biarkan ada meluncur sedikit, spy saat di gas lagi beban mesin gak berat.
Perlu dicatat bahwa P&G bukanlah mengemudi lambat spt keong, anda bisa praktekkan dlm mengemudi scr cepat / gesit, tetap ingat kaidah "Pulse throttle" & karakter deselerasi mobil kita.
PENTING :
Saat meluncur pastikan posisi trans di D atau trans manual posisi masuk gigi, agar mekanisme fuel cut berjalan.