Tadi siang trip ke Sby Barat, liat jarum indikator tangki uda sedikit di bawah 1/4 gauge. Ngurus cost bulanan rumah2 ane di Sby Barat, akhirnya melipir ke pom Kerang..
Eh, lagi ada truk tangki Kerang ukuran sedang lagi refuel, ane disambut dengan sangat ramah meski mobil dekil tingkat dewa...
Ane tanya BBM apa yg sedang direfill, ternyata Super. Ah, aman...
Minta full tank V-Power, sambil ngobrol sm operator. Mereka bilang ga ada masalah kl lagi proses refill, karena ada banyak filter di tangki, mesin dispenser, pipa2, dll. Myth busted dah...
Kecuali untuk BBM bertimbal... ada resiko nya endapan naik...
Sembari ngisi, kapal ane dibersihkan kaca anjungannya, tekanan ban di cek...
Habis 50 liter pas! @ 10,700/liter...
Trip meter di 450km, lumayan untuk kapal induk, 1:9 (perta+) dengan porsi 260km lukot (kadang full throttle) dan 190km dalkot (nyetir kayak mobil pengantin 2 hari terakhir, but fun nonetheless).
Ane coba melanjutkan perjalanan, dan sekitar 5 km kemudian, ane merasakan ada sedikit perubahan di karakter mesin.
Shifting semakin rendah rpm nya, dan kecepatan jelajah dalkot 40 kpj indikator gear di gear 4 dan rpm 800, idle rpm 600. Biasanya 40kpj pake gear 3 di 1100rpm.
Mungkin efek plasebo ya... Moga2 ada perubahan di konsumsi BBM...

Buat momod, kalo ada trit yang sejenis, monggo di merge...
