
saya nubie disini dan mohon diberikan izin untuk mereview mobil yang satu ini, berhubung ane belum pernah menemukan review tentang mobil ini di SM.. maka ane beranikan untuk membuat nubie review.. semoga mendapat respon yang baik

Preface
KIA Sportage adalah Compact SUV produksi dari KIA Motors Korea, saat ini sudah masuk ke generasi ketiga

Saat ini, Sportage Gen 1 masih banyak beredar di Indo karena ketangguhan off road nya
Sportage Gen 2, tidak begitu banyak beredar di Indo karena buruknya image brand korea pada saat penjualannya
dan Sportage Gen 3 pun kembali ke Indo, tapi desain dan fungsinya membuat saya merasa bahwa mobil ini lebih dikategorikan sebagai mobil "cantik" untuk perkotaan dan tidak didesain untuk offroad seperti pendahulunya
Unit mobil yang digunakan untuk review ini adalah type Platinum Pre-Release
Dimana, platinum pre-release ini awalnya hanya diimpor dari korea dalam jumlah terbatas pada bulan desember 2011-juli 2012 (sekitar 150 unit, tidak tahu angka pastinya) untuk digunakan kalangan direksi dan sebagian dijual test pasar..
maka karena tingginya permintaan untuk type ini, maka di bulan september di-release lah unit platinum secara resmi

Berikut adalah perbedaan-perbedaan dari tiap trim/type dari Sportage :
EksteriorKekurangan LX A/T (dibandingkan Option A/T):
1. Lampu DRL Neon (Option/EX/Platinum pake DRL Bulb)
2. Semua Chrome Ditiadakan (Hanya dicat Warna Silver)
3. Electric Seat
4. Rear Spoiler
5. Lampu Sein Spion
6. Auto Retractable Mirror
7. Setir dan tuas gear tidak lapis kulit
8. Center armrest for 2nd row
9. Bahan kursi fabric yg maaf, menurut ane meskipun sama2 fabric tp lebih buruk kualitasnya dibandig option&EX;
10. Single airbag
11. Cargo Tray
Kelebihan EX (dibandingkan option A/T):
1. Sunroof + Panoramic Roof + Roofrail
2. HU 2DIN OEM JVC with Nav System (IPOD,USB,AUX,Bluetooth Ready)
3. Bahan kursi fabric yang sama seperti option
Kelebihan Platinum (dibandingkan option A/T):
1. Leather Seat
2. Cruise Control
3. Electronic Stability Control/Program (ESC/ESP)
4. Downhill Brake Control
5. Smart Entry
6. Push Button Engine Start
7. Dual Zone Climate Control with CleanAir Ionizer
8. Rear Camera di Spion Tengah
9. Subwoofer 8"
10. TV Tuner (Untuk Platinum Pre-Relase)
11. Black Interior (Untuk Platinum Pre-Relase)
11. Headrest Monitor (Untuk Platinum Post-Relase)
12. Beige Interior (Untuk Platinum Post-Relase)
13. Sunroof + Panoramic Roof + Roofrail
13. HU 2DIN OEM CASKA with Nav System (IPOD,USB,AUX,Bluetooth Ready)
To the point, eksterior adalah keunggulan utama daripada mobil ini.. Ketika pertama saya melihat mobil ini, sejujurnya saya agak shock melihat bahwa ini mobil korea

ternyata usut punya usut, desainer mobil ini Pak Peter Schreyer adalah EX-Audi jadilah mobilnya seperti ini (Penjelmaan Audi Q series)
Tampak Belakang :
Dari gambar ini terlihat jelas bahwa mobil ini sangat gendut, dan ternyata benar.. dibanding SUV dari pabrikan lain, Sportage merupakan SUV dengan dimensi paling lebar..
Keunikan dari bagian belakang ini adalah bahwa lampu sen ada di kanan dan kiri bawah
Bagi saya, bagian belakang sportage ini tidak begitu bagus karena agak lowong dan kosong.. terdapat gap antara tail lamp dengan lampu sen yang ada di kiri dan kanan bawah..
Tampak Samping :
Dari samping terlihat bahwa SUV ini sudah cukup tinggi.. saya lupa ground clearancenya berapa namun cukup untuk melibas banjir dan polisi tidur yang tinggi..
Selain itu terlihat pula roof-rail tipis dibagian atas, roof-rail ini sekilas mirip dengan Q5 dan hanya ada pada unit yang dilengkapi dengan sunroof dan panoramic roof
Tampak Depan :
Hal signature dari mobil ini adalah DRL-nya, membuat mobil ini cukup eyecatching

Desain tampak depan pun saya nilai cukup baik dan tidak memberikan kesan bahwa ini mobil korea
Interior
Next kita akan masuk ke Interior
Center Console :
Menurut saya, desain seperti ini sudah cukup baik untuk mobil seharga 300 jt-an.. elegan dan tidak menimbulkan kesan yang cheap.. fitur2nya sudah lengkap seperti yang sudah saya jabarkan diatas..
materialsnya memang tidak sebagus CX-5 ataupun CRV gen 3.. tp udah kurang lebih setara ama CRV gen 4
Port/Colokan USB-AUX sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu penumpang (tidak perlu tarik2 kabel dari dalam laci dashboard), sangat membuat saya ilfeel kalo ada yang begitu

dari gambar dapat dilihat bahwa port tersebut terletak di bawah AC dan di depan gearbox bersama socket power supply.. Space yang diberikan juga cukup untuk mencolok Flash disk yang besar sekalipun, bahkan di tempat saya buat taro koin receh

Pintu :
Pintunya cukup berat bagi saya, materialsnya soft padded.. tidak ada yang spesial
Seating :
Sepertinya sudut pengambilan foto kurang baik ya

Oke, jadi bahan kursi ini sudah kulit.. dan khusus kursi pengemudi sudah ada 8 way adjustable electric seat
kulitnya cukup halus, dan ketika saya raba.. bahannya ndak kalah ama camry 2010..

Kursi 2nd row adalah non-recline.. ketika duduk di kursi 2nd row sebenernya cukup nyaman dan meski legroomnya tidak begitu besar (lebih luas fortuner & crv), tapi dapat diobati dengan material yang lebih baik
the only thing yang saya katakan tidak adalah untuk duduk di 2nd row pada perjalanan jarak jauh.. ga nyaman

salah satu kesalahan daripada mobil ini adalah kursi penumpang di kiri depan.. kursinya agak "ngejeblos" ke bawah bahkan saya sampai beli sebuah bantal agar yang duduk disana menjadi lebih nyaman.. sangat mengganggu
Fitur :
--Rear camera di Spion--
Rear camera terletak di Spion tengah dan menjadi salah satu hal menarik dari mobil ini..
Usut punya usut ternyata rear camera ini merupakan terobosan dari supplier head unit caska yang menempel di mobil ini
Unit camera di bagian belakang, tidak terlihat dari belakang.. Bravo

HU caska ini ternyata masih memiliki slot camera yang tidak digunakan, saya sempat menanyakan kemungkinan pemasangan front camera ke supplier HU dan yang suppliernya menolak memasang karena sebelumnya pemasangan front camera ini sudah ditolak oleh tim engineering.. jaringan kabel yang harus menembus di kap mesin, dirasa tidak akan tahan panas dan imbasnya, jika dipasang pun ndak tahan lama..
--ESP, HLA & DBC--
maaf agak blur
ada di kanan bawah.. posisi tombol mengarah ke bawah jadi agak sulit dilihat ketika mengemudi
--Car Trunk--
Dilengkapi subwoofer 8", gak terlalu nendang.. tp okelah untuk ukuran bawaan pabrik
ada cargo tray dan power supply juga dibelakang (tidak difoto, ada dibagian kiri)
Bagasinya sebenernya cukup luas, tp karena ada cargo tray justru malah agak mengganggu.. buat saya itu ndak begitu guna, tp karena sudah menjadi lengkapan yasudahlah mau gmn lg.. cargo tray ini membuat kita ga bisa bawa koper2 gede dalam kondisi berdiri di belakang mobil ini

--Sunroof & Panoramic--
Fitur ini cenderung membuat mobil jadi terasa "wah" karena pabrikan jepang umumnya jarang memasukkan fitur ini pada mobil dengan harga <400 jt.. Namun sekarang sudah menjadi fitur yang biasa saja pada pabrikan korea
Switch pembuka sunroof
Sunroof open
--Safety--
Dual Airbags, ABS, EBD, ESP.. cukup cuman lebih baik jika airbagsnya ditambah.. mobil ini juga sudah memperoleh bintang 5 safety NCAP..
Parking sensor juga sudah menjadi standar di tiap type
Performa & Pengalaman Berkendara
--Mesin--
pertama2 maap ga ada fotonya karena pas buka kap mesin ternyata lg jorok dan ga layak difoto

secara teori dibanding SUV 2000cc lainnya, Mesin Dual-Theta bawaan sportage ini menghasilkan horsepower terbesar (166 ps)
namun dari pengalaman yang saya dapatkan dari mengendarai ANS, OS, Tucson, CRV 2000cc dan Xtrail 2000cc
mesin ini justru merupakan mesin yang paling lemah di putaran bawah.. tarikannya terasa sangat berat, entah mengapa tapi menurut KIA ini karena transmisi otomatis.. tp aneh juga, wong yang lain juga matic tp enak2 aja kok

--Driving Experience--
seperti typical mobil asia, mobil ini menurut saya sangat user friendly dan mudah dioperasikan..
tatapan kedepan cukup nyaman karena kap mesin menjorok ke bawah..
hal yang sangat mengganggu adalah pilar A dan C yang dapat dilihat dibawah
terlihat bahwa pilar A, dan C ukurannya sangat besar dan cukup mengganggu pandangan..
namun bagusnya, bila ternyata pilar yang besar ini cukup kokoh dan mampu menahan berat sebesar 3 ton (entah bener apa kgk)
Peredaman suara sudah cukup baik, namun ban agak bising pada kecepatan tinggi.. Ban bawaan yang saya dapatkan adalah accelera iota dan rekan2 yang sudah mengganti ban merasa bahwa kabin lebih senyap lagi jika sudah mengganti ban
Transmisi A/T sudah dilengkap dengan manual shifter/triptonic.. dari pengalaman saya, konsumsi bensin dapat menjadi lebih irit jika menggunakan triptonic
Konsumsi bensin dalkot (full A/T) : 1:6-1:7
Konsumsi bensin dalkot (full triptonic) : 1:8an
Verdict
ANS Platinum adalah SUV yang memberikan fitur terbaik dengan harga yang reasonable..
Kelemahan utama daripada mobil ini adalah Branding mobil korea, aftersales yang dirasa kurang baik dan beberapa kelemahan yang saya sebutkan diatas
untuk saya yang sudah menggunakan mobil ini selama setahun dan memiliki mobil lain.. saya rasa mobil ini sangat value for money dan mirip lexus

saya ndak menyesal karena ngambil mobil ini dulu, meskipun tahu bahwa bulan depan CRV gen 4 bakal relase dan ga salah, karena seperti biasa si jonpis nyunat2 crv lagi

desainnya saya rasa bakal tahan lama dan definitely will keep this car
Sekian dan terima kasih