Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
etoh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Tue Aug 14, 2007 2:09

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by etoh »

gw pake tuh, belinya di shop n drive lupa namanya apa tpi yg jelas ga ada framenya.

puas sih, emang cuman bertahan 1,5thn.. tapi begitu pake. langsung kinclong kalo pas lagi nyapu air ujan.
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by daffydoff »

Salam kenal bro2 para SMers semua
Saya sneng baca thread ini seru2 bahasan mengenai d4d nya, akhirnya bikin id pgen ikutan ngbrl2 sm bro2 dsini.
Btw, d4d saya jg suka ada bunyi seperti yg di alami bro lebu kl di kisaran rpm 1,5an ampe 1,8an gt ky ada bunyi di kanan bwh, apa ya itu?
FYI d4d ane matic bln maret 2013 km 1200an
Pgen tanya jg nih ke om turbo kmrn km 800 ganti oli mesin dan oli gardan
Oli mesin di 6,9 ltr plus ganti filter,
oli gardan isi skitar 2,9 ltr.
Itu kbykan ga yah? Apa dampak nya kl kbykan?
Thx sblmnya
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by ricz »

Misi om2 smua...

Nubie mau nanya neh, nubie py ipah diesel posisi udh jalan 48 ribu km, nah tiap lewat jalan berlubang kek ada suara ngik ngek ngik ngek gt padahal nubie sudah kosongkan barang barang di laci depan... Apakah itu normal atau pertanda sokbreker sudah tewas?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

ricz wrote:Misi om2 smua...

Nubie mau nanya neh, nubie py ipah diesel posisi udh jalan 48 ribu km, nah tiap lewat jalan berlubang kek ada suara ngik ngek ngik ngek gt padahal nubie sudah kosongkan barang barang di laci depan... Apakah itu normal atau pertanda sokbreker sudah tewas?
di body sokbreker ada leleran oli ngga ?

Bantingan suspensi depan sudah ngayun2 atau jadi mengeras ?

Sy juga pernah ngalamin bunyi2 dr roda belakang, tahunya shock belakang dah RIP
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

daffydoff wrote:Salam kenal bro2 para SMers semua
Saya sneng baca thread ini seru2 bahasan mengenai d4d nya, akhirnya bikin id pgen ikutan ngbrl2 sm bro2 dsini.
Btw, d4d saya jg suka ada bunyi seperti yg di alami bro lebu kl di kisaran rpm 1,5an ampe 1,8an gt ky ada bunyi di kanan bwh, apa ya itu?
FYI d4d ane matic bln maret 2013 km 1200an
Pgen tanya jg nih ke om turbo kmrn km 800 ganti oli mesin dan oli gardan
Oli mesin di 6,9 ltr plus ganti filter,
oli gardan isi skitar 2,9 ltr.
Itu kbykan ga yah? Apa dampak nya kl kbykan?
Thx sblmnya
Bunyi2-nya spt apa ?

Oli mesin asal jangan melewati batas F aja, cek nya lebih mudah dgn melihat sisi balik dipstick-nya juga

kalo sy sih oli mesin paling isi 6,5 L aja (ganti filter juga), spy tarikan sedikit lebih enak
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by ricz »

Turboman wrote:
ricz wrote:Misi om2 smua...

Nubie mau nanya neh, nubie py ipah diesel posisi udh jalan 48 ribu km, nah tiap lewat jalan berlubang kek ada suara ngik ngek ngik ngek gt padahal nubie sudah kosongkan barang barang di laci depan... Apakah itu normal atau pertanda sokbreker sudah tewas?
di body sokbreker ada leleran oli ngga ?

Bantingan suspensi depan sudah ngayun2 atau jadi mengeras ?

Sy juga pernah ngalamin bunyi2 dr roda belakang, tahunya shock belakang dah RIP
Laporan, td sudah gue periksa 4 sokbreker gk ada lelehan oli, tp bantingan mmg jadi lebih keras... Atau ada kaitannya dgn rack steer yg gue ganti kemaren ya?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

ricz wrote: Laporan, td sudah gue periksa 4 sokbreker gk ada lelehan oli, tp bantingan mmg jadi lebih keras... Atau ada kaitannya dgn rack steer yg gue ganti kemaren ya?
Tanda2 shockbreker dah mau RIP = jadi mengayun2 atau jadi mengeras......gak lama lagi sebaiknya diganti

Kalau menyangkut penggantian komponen2 setir, rack / tie rod, dll, lalu dicurigai jadi ada bunyi2, bisa minta tolong bengkel spooring utk cek

Yg sering nanganin Ipah = GBT - Meruya

*Bukan seles GBT*
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by ricz »

Makasi om turbo infonya :frm_salut:

Oh ya, maap kalo kebanyakan nanya, kira2 sokbreker yg lebih awet dari sokbreker Toyota merknya apa ya? Yg kenyamanannya sama tp lebih awet....

Thanks atas jawabannya...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

ricz wrote:Makasi om turbo infonya :frm_salut:

Oh ya, maap kalo kebanyakan nanya, kira2 sokbreker yg lebih awet dari sokbreker Toyota merknya apa ya? Yg kenyamanannya sama tp lebih awet....

Thanks atas jawabannya...
wah kalo umur sokbreker byk sekali faktor yg mempengaruhi ya

kalo bicara awet sih justru shock Original itu awet........sy pernah test ALKO gak sampe setahun dah mulai mengeras, Gabriel (depan) dulu bertahan mayan lama (tapi skg dah gak ada yg jual)

Shock depan MB W123 juga awet (buat blkg-nya Ipah), tapi travelnya lebih pendek, jadi gak gitu rekomen juga
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by ricz »

Berarti nanti ganti sok toyota aja dah....


Thx infonya om... :frm_salut:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
exhaust
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Mon Jul 04, 2011 7:39

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by exhaust »

etoh wrote:gw pake tuh, belinya di shop n drive lupa namanya apa tpi yg jelas ga ada framenya.

puas sih, emang cuman bertahan 1,5thn.. tapi begitu pake. langsung kinclong kalo pas lagi nyapu air ujan.
Pakai merk apa wipernya?
Kalau ada yg recomend kasih info om.


wah kalo umur sokbreker byk sekali faktor yg mempengaruhi ya
kalo bicara awet sih justru shock Original itu awet........sy pernah test ALKO gak sampe setahun dah mulai mengeras, Gabriel (depan) dulu bertahan mayan lama (tapi skg dah gak ada yg jual)

Shock depan MB W123 juga awet (buat blkg-nya Ipah), tapi travelnya lebih pendek, jadi gak gitu rekomen juga
Punya saya juga udah keras yang belakang cuma yang depan masih mengayun lembut cuma kalau kena lubang ada suar gluduk... gluduk :frm_bang_head:
apa ganti 4 sekalian ya?
Kalau shock depan MB W123 apa pnp untuk innova belakang?
kalau gak salah ingat om turboman pernah kasih saran ganti pernya punya MB depan untuk belakang innova dan potong 1,75 ulirnya.
life's simple... you make choice and you don't look back
User avatar
exhaust
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Mon Jul 04, 2011 7:39

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by exhaust »

Barusan sadar kalau innova saya bunyi bearingnya di vbelt ngik...ngik...ngik...dst, kapan hari pernah ganti 2 bearing yang kecil di area vbelt sekarang ada bunyi lagi "berisik" kalau di goyang2 yang terasa goyang 2 bearing besarnya. Kalau yang bearing kecil itu kena 600rb "bukan beres"
kalau yang besar kira2 kena berapa ya?

Maaf merepotkan :shrug:
life's simple... you make choice and you don't look back
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by daffydoff »

hmm, bunyi nya kaya rrrrr geter dengung gt, ga parah jg sih om turbo..
hmm, wah ane isi 6,9 lt klebian bgt apa? ngikutin buku sih takeran nya, malah si toda nya suru 7 lt aja, bgitu jg dgn olie gardan,di buku kan 2,8, toda nya blg smuanya aja 3 liter, akirnya krn bingung yauda ane isi 2,9 deh..kbykan ga sih om? apa ane kurangin aja lg yah?
thx atas info nya :frm_tumbright:
keju
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:12

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by keju »

Salam kenal master2 SMers...
Boil ane ipah d4d mt. Mohon bimbingan sepuh2 di marih...

Sy mo tanya nih om turbo,
Kl psg ground cable ada kemungkinan buruknya gak yah di kemudian hari ky misalnya overcharge, korslet, kesetrum, etc. Maklum ane awam soal electrical.
Sebenarnya perlu gak sih om pasang GC krn ane rada gregetan ama gasnya ipah..ga bs responsif ky kabel gas yg toel dikit dah respon. Kl perlu lalu knp dr pabrikan gak lgs disempurnakan aja GC nya.
Ane rencana mo pasang GC di titik engine, alternator, AC, TB, ECU, EDU, ama crank angle sensor kl gak salah (depannya pompa injeksi). Mohon direvisi om kl ada yg ga perlu. Ama di kick panel penumpang dpn itu panel apa yah om?, perlu dikasi GC gak yah?, kl GC nya saya seri kan dgn GC ECU blh gak om?

Tq ya om.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

keju wrote:Salam kenal master2 SMers...
Boil ane ipah d4d mt. Mohon bimbingan sepuh2 di marih...

Sy mo tanya nih om turbo,
1. Kl psg ground cable ada kemungkinan buruknya gak yah di kemudian hari ky misalnya overcharge, korslet, kesetrum, etc. Maklum ane awam soal electrical.
Sebenarnya perlu gak sih om pasang GC krn ane rada gregetan ama gasnya ipah..ga bs responsif ky kabel gas yg toel dikit dah respon. 2. Kl perlu lalu knp dr pabrikan gak lgs disempurnakan aja GC nya.
3. Ane rencana mo pasang GC di titik engine, alternator, AC, TB, ECU, EDU, ama crank angle sensor kl gak salah (depannya pompa injeksi). Mohon direvisi om kl ada yg ga perlu. Ama di kick panel penumpang dpn itu panel apa yah om?, perlu dikasi GC gak yah?, kl GC nya saya seri kan dgn GC ECU blh gak om?

Tq ya om.
1. sama sekali tidak karena dia adalah kabel ground, bukan kabel 12 V +
Body mobil / chassis mobil sebetulnya juga merupakan jalur ground bagi sistem elektrikal, hanya saja sgt jelek krn resistansi-nya sgt tinggi sekali.

2. It's all about cost

3. Alternator gak usah, yg laen pasangin semua kalo mau enak, ya bagusnya di seri aja
* Bukan ajakan Beli *
keju
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:12

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by keju »

Turboman wrote:
keju wrote:Salam kenal master2 SMers...
Boil ane ipah d4d mt. Mohon bimbingan sepuh2 di marih...

Sy mo tanya nih om turbo,
1. Kl psg ground cable ada kemungkinan buruknya gak yah di kemudian hari ky misalnya overcharge, korslet, kesetrum, etc. Maklum ane awam soal electrical.
Sebenarnya perlu gak sih om pasang GC krn ane rada gregetan ama gasnya ipah..ga bs responsif ky kabel gas yg toel dikit dah respon. 2. Kl perlu lalu knp dr pabrikan gak lgs disempurnakan aja GC nya.
3. Ane rencana mo pasang GC di titik engine, alternator, AC, TB, ECU, EDU, ama crank angle sensor kl gak salah (depannya pompa injeksi). Mohon direvisi om kl ada yg ga perlu. Ama di kick panel penumpang dpn itu panel apa yah om?, perlu dikasi GC gak yah?, kl GC nya saya seri kan dgn GC ECU blh gak om?

Tq ya om.
1. sama sekali tidak karena dia adalah kabel ground, bukan kabel 12 V +
Body mobil / chassis mobil sebetulnya juga merupakan jalur ground bagi sistem elektrikal, hanya saja sgt jelek krn resistansi-nya sgt tinggi sekali.

2. It's all about cost

3. Alternator gak usah, yg laen pasangin semua kalo mau enak, ya bagusnya di seri aja
Nice info, om

Sorry kl postingnya belepotan, maklum nubie...

Ane mo nanya lg om soal gambaran extra ground pd jaringan ecu. Apa ada modifikasi di kabel2 ecu nya ato gmn. Menurut om, perlu ditambahkan extra ground ato GC biasa dah cukup?. Kl perlu extra GC, blh sy tanya referensi pemasangan extra GC?

Tq
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by porsea »

hari ini bawa ipah ke beres toyota di serpong, setelah cerita semua keluhan dan di test lalu di benerin cuma bayar 53ribu kata mereka sudah beres, saya test di tol masih geter juga. balik lagi ke toyota itu trus mereka bilang lebih baik bawa ke toyota yang ganti disc rotor karena mungkin defect barangnya.. aneh lempar batu semua toyota gimana yah kalo kaya gini pelayanannya.. mau coba bawa ke gbt aja deh.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by DOHC »

uda coba cek balancing roda nya om ?? dulu ipah ane jg perna kaya gt... di rem geter2.. bawa lari jg geter2.. gt ane balancing ulang ban nya... sembuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by porsea »

sudah di spooring dan balancing bro di a2k. daripada cape ke beres lagi complaint2, gw putuskan drop di GBT ajalah suruh mereka beresin dari awal, rasanya pasti lebih bisa kasih solusi daripada beres
User avatar
lebu777
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Apr 13, 2013 8:08

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by lebu777 »

daffydoff wrote:hmm, bunyi nya kaya rrrrr geter dengung gt, ga parah jg sih om turbo..
hmm, wah ane isi 6,9 lt klebian bgt apa? ngikutin buku sih takeran nya, malah si toda nya suru 7 lt aja, bgitu jg dgn olie gardan,di buku kan 2,8, toda nya blg smuanya aja 3 liter, akirnya krn bingung yauda ane isi 2,9 deh..kbykan ga sih om? apa ane kurangin aja lg yah?
thx atas info nya :frm_tumbright:
bunyi nya kaya baut kendor gitu yah....
karena beli di Tunas cimone, kemarin itu sy bawa ke tunas cimone untuk complain, mereka bilang memang ada ruang sela dudukan lampu depan kanan...mrk setel lampu nya (posisikan yang benar)...getar itu hilang (masih ada sih dikiiittt..hampir hilang sih)...1 hari enak...hari ke 2 kadang masih bunyi getar...(sudah jarang sih)

mereka tidak ganjel "ruang sela" tsb pakai double tip krn mobil relatif baru...

ada beberapa yang pernah betulin ke A2*** daan mogot, kepala bengkel nya sudah ngerti banget masalah gituan...dan beres...mungkin besok2 sy bawa kesana dah...
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by daffydoff »

Oh bgitu ya bro lebu, sbnrnya ga gt mslh sih geter nya gt, ga ganggu jg, kl nyala tape dkit aja jg uda ga ketara, emg bro lebu punya bunyi nya lumayan brasa?

Yang ane bingung nih ipah kynya kok steer nya sdikit berat ya.
Ac jg ga gt dingin, kl dibanding all new avz tmn ane
Cm nyala depan aja uda adem bnr, apa krn kabin kecil apa gmn ya,
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Hansen »

Kacafilm nya pake yg bonus bawaan dealer? :e-think:
Image
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by daffydoff »

Yups bro hansen, kan dpan dpt vkool drsananya
Samping jg std dpt nya aja blm di apain2,
Tmn ane avanza nya jg bgitu msh std smua kaca film nya kok
User avatar
Mr Q
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri May 31, 2013 9:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Mr Q »

Permisi om om semua salam kenalya

mau tanya nich
GNKI 2012 m/t
dp kansai
air filter apex
egr block
ganjal wastegate 5mm
piggyback CUBE 2map (med,high)
olie mesin shell HX7 diesel
biosolar + racun disel power
km 11000

Pertanyaan saya kenapa setelah pakai cube beberapa kali check engine menyala ya?

Kroniloginya setiap dipakai +- 300 km suara ketukan di mesin (kalau gak salah di fuel system) akan terdengar semakin jelas setelah itu tidak lama pada saat lepas gas lampu checkengine nyala kemudian saya matikan mesin dan start lagi kembali normal, ini terjadi di kedua map. Kira kira kenapa ya mobil saya ? Mohon bantuannya para master master semua. Thanks sebelumnya yaaa
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

retune ulang aja (de-tune).....mestinya di D4 D dgn EDU 3 soket gak akan CE

Pasang Cube dimana ?
Mr Q wrote: Pertanyaan saya kenapa setelah pakai cube beberapa kali check engine menyala ya?

Kroniloginya setiap dipakai +- 300 km suara ketukan di mesin (kalau gak salah di fuel system) akan terdengar semakin jelas setelah itu tidak lama pada saat lepas gas lampu checkengine nyala kemudian saya matikan mesin dan start lagi kembali normal, ini terjadi di kedua map. Kira kira kenapa ya mobil saya ? Mohon bantuannya para master master semua. Thanks sebelumnya yaaa
* Bukan ajakan Beli *