Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:kalo Q8 dgn spec nya sehh ane brani hajar ampe minimal 8000an km bro... tohh dia jg comply ke BMW longlife LL-01..
abis googling2 nih bro nemu :
Q8 Formula Special 5W-30
Q8 Formula V Long Life 5W-30
bedanya apa yak??
beda kandungan nya kali bro...
setau ane malah kalo formula G long life 5-30 uda api SN atau ilsac GF-5.. sdgkan formula special ga dicantumin...
kalo formula special sehh oli q8 kelas 5-30 versi generik nya...
Turboman wrote:wah sebaiknya jika kita menyebut interval ganti oli disebutkan juga type olinya scr spesifik dan mesin mobilnya
Oli Low SAPS dan High SAPS kemampuan long drain-nya beda jika dihadapkan dgn BBM sulphur tinggi.
ane stuju.. beda mesin beda jg jenis oli nya... kapasitas oli, suhu kerja mesin, jenis bbm.. dsb.. baca2 tret oli dsini lama2 bsa banyak ngisap info nya nehh..
kalo ane sehh rule of thumb nya... utk mobil2 flat tappet ane, cari oli yg comply ke MB 229.1atau 3 atau 5.. pokoknya haram yg low saps sperti yg akhiran [cencored].x1
kalo yg roller rocker... hajar aja pake oli 5-30 apa aja..
toda gading sehhh taon lalu ane liat ada nyetok bro.. coba aja di kontek dulu... atau toda di serpong.. dulu nganterin temen ane nyerpis dsana kayanya lmayan lengkap koleksi oli2 nya..
mampir aja bro ke dtmf... ane jg membranikan diri ksana walaupun kesan nya tempat nya agak2 gmana gt... apalagi kmaren pas beli filter oli (bukan di graha) kayanya kena yg aspal dehh... untung oli yg ane beli kayanya fine2 aja..
DOHC wrote:mampir aja bro ke dtmf... ane jg membranikan diri ksana walaupun kesan nya tempat nya agak2 gmana gt... apalagi kmaren pas beli filter oli (bukan di graha) kayanya kena yg aspal dehh... untung oli yg ane beli kayanya fine2 aja..
di toda sehh lengkap bro coolant nya..
iya boleh jg sih dicoba bro
ntar deh msh lama kok ini waktunya ganti oli lagi
ntar kalo ada waktu luang coba ane main ke DTMF
ngeri bgt om dapet filter palsu
beli dmn tuh??
biasa... kalo ane ke tempat sentra onderdil gt.. temen2 ane pasti pada nitip ini itu... nahh kebetulan ada yg nitip filter oli batu makam T30 nya...
soal aspal atau kaga nya sehh lg dalam tahap investigasi bro... dari bungkus sehh skilas mirip asli.. rapih... dan masi dilem... makanya ane hajar aja... tp bgitu ane buka di rumah, agak2 mencurigakan.. print an di fisik oli tsb tulisan nya agak bold tebel tapi miring2... liat finishing daleman tuh filter oli koq jg agak kasar yahh... gt ane raba ulir drat filter nya.. jari ane malah ampe berdarah saking tajam nya... perasaan dulu filter oli batu makam ane ga kaya gini.. makanya bsok2 ane mau beli filter oli asli di beres buat bandingin...
toko nya yahh... di dtmf uda terkenal lahh toko itu yg jualan merek batu makam...
DOHC wrote:biasa... kalo ane ke tempat sentra onderdil gt.. temen2 ane pasti pada nitip ini itu... nahh kebetulan ada yg nitip filter oli batu makam T30 nya...
soal aspal atau kaga nya sehh lg dalam tahap investigasi bro... dari bungkus sehh skilas mirip asli.. rapih... dan masi dilem... makanya ane hajar aja... tp bgitu ane buka di rumah, agak2 mencurigakan.. print an di fisik oli tsb tulisan nya agak bold tebel tapi miring2... liat finishing daleman tuh filter oli koq jg agak kasar yahh... gt ane raba ulir drat filter nya.. jari ane malah ampe berdarah saking tajam nya... perasaan dulu filter oli batu makam ane ga kaya gini.. makanya bsok2 ane mau beli filter oli asli di beres buat bandingin...
toko nya yahh... di dtmf uda terkenal lahh toko itu yg jualan merek batu makam...
oh T30 yak
ane kalo ganti filter2 T30 bokap di bengkel deket rumah om
ga tau deh asli apa kaga wakakakak...
hajar bleh aja dah
t30 lmayan mantep tuh tarikan nya... kalo nebeng pulang bareng t30 temen ane itu... tarikan awal selepas gerbang tol, biasa lgs di bejeg ama temen ane... berasa banget terbenam ke jok nya...
padahal tuh mobil dirawat ala kadar nya... jarang tune up... glitik all the way... oli pun cuman 10W-40 merek apa aja yg lg didiskon..
DOHC wrote:t30 lmayan mantep tuh tarikan nya... kalo nebeng pulang bareng t30 temen ane itu... tarikan awal selepas gerbang tol, biasa lgs di bejeg ama temen ane... berasa banget terbenam ke jok nya...
padahal tuh mobil dirawat ala kadar nya... jarang tune up... glitik all the way... oli pun cuman 10W-40 merek apa aja yg lg didiskon..
ya mayanlah om buat mobil 10 taun
tapi ga enaknya kalo lagi macet sering bgt ngerem2 saking tenaganya kegedean
kalo CRV RE1 pas macet msh bisa lepas gas doang ga perlu kebanyakan ngerem walaupun matik
oh iya T30 ane dah ga ngeltik nih om. abis tune up + dibersihin lubang businya pake cairan gitu. trus BBM pake shell v-power
padahal oli cuma pake magnatec 10-40 doang
Persyaratan utk Wear factor si .5 VS .51 sih sama beratnya, hanya di .51 disyaratkan juga "keramahan" thd sistem emisi gas buang (Katalik / DPF / NOx SCR)
Scr teoritis MB 229.51 mestinya bisa utk flat tappet, apalagi mesin2 flat tappet modern yg konon per-nya gak sekeras flat tappet zaman dulu.