Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
selamat malam agan semua.
salam kenal sebelumnya.
ane pake vios 2004 awal.
sekarang kondisinya lagi nangkring aja ni dirumah. karena tadi pagi over heat.
setelah ane cek dibengkel katanya dexelnya kena (melengkung)..
mohon pencerahan apakah bener tu?
soalnya ane sedikit ragu sih. bengkel disini soalnya banyak yang nakal. meskipun bengkel ane tadi resmi loh gan.
Memang kalau kena overheat, salah satu yg rentan dan paling umum kena duluan ya dexel-nya tadi, itupun kadang dibilang "masih untung", secara jeroan mesin juga mesti dilihat, misalnya setang piston apakah ikut kena/melengkung
Omong2, gimana awalnya sampai bisa kena overheat? Kehabisan/kebocoran coolant?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Memang kalau kena overheat, salah satu yg rentan dan paling umum kena duluan ya dexel-nya tadi, itupun kadang dibilang "masih untung", secara jeroan mesin juga mesti dilihat, misalnya setang piston apakah ikut kena/melengkung
Omong2, gimana awalnya sampai bisa kena overheat? Kehabisan/kebocoran coolant?
om, kalo air radiator berkurang itu penyebabnya apa aja ya selain kebocoran??
ini swift ane pas 5000 KM air cadangan radiatornya tinggal setengah trus sempet ane tambahin air keran. eh sekarang di 11rb KM kok tinggal setengah lagi
padahal ane cek visual org awam sih ga ada kebocoran. oli mesin jg msh oke warnanya
kira2 kenapa ya??
rencana pas servis berkala nanti mo ane suruh cek + kuras soalnya sempet ane tambahin air keran
sama kasusnya nih kyk CRV ortu padahal baru jalan 5800 KM
@maulanaeboy
apa mungkin penyebab overheatnya electric fan mati??
sorry ga bisa bantu om ilmu ane msh cetek
paling ngeselin ya kalo maslah overheat gini
pernah ngalamin di mobil bokap dulu
jarang2 tuh, toyota sampai overheat ... mgkn enggak pernah memantau suhu mesin ya om, sebelum kejadian overheat ?
kemungkinannya ada beberapa :
- radiator dalemannya kesumbat karat sehingga aliran air enggak lancar atau mampet
- ada kebocoran, bisa di radiator, atau di selang2
- ada masalah pada cooling fan mungkin mati, atau kerjanya melambat, cek juga relay2 perangkat cooling fan
- ada masalah pada thermostat, atau pada sensor2 suhu yg mengaktifkan fan
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Coolant system itu teknisnya closed-circuit, jadi mestinya (secara teori) tidak ada pengurangan, kalaupun ada itu ngga signifikan banget
Kalau ada pengurangan, itu artinya ada bocor
Dari 5000 km ke 11000 km (jalan 6000 km), nambahnya setengah apa yah? Setengah liter?
Meski relatif ringan, tapi artinya memang ada kebocoran
Rasanya bocornya masih "halus", jadi bocornya berupa uap (saat coolant sudah panas dan ada sirkulasi/tekanan)
Coba di cek di gasket2, water pump, radiator cap sudah aus, selang2 radiator atau malah bocor masuk mesin (sepertinya tidak sih, secara oli mesin masih bagus)
Oya, konon kalau cek posisi coolant, lebih baik saat mesin+coolant dalam kondisi dingin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dexel itu silinder head ya? Boso mana sih, baru denger.
Belum tentu melengkung om. Dicek dulu apa oli dan air radiator bercampur. Apa air radiator sering berkurang.
Untuk itu perlu diketahui pertama2 penyebab overheating.
Motor saya Honda NSR sebulan overheat terus tiap hari sampai merah, gak ada masalah berarti. Penyebabnya skaklar kipas kebalik, jadi waktu dingin nyala tapi begitu panas malah mati.
imsus2c wrote:Coolant system itu teknisnya closed-circuit, jadi mestinya (secara teori) tidak ada pengurangan, kalaupun ada itu ngga signifikan banget
Kalau ada pengurangan, itu artinya ada bocor
Dari 5000 km ke 11000 km (jalan 6000 km), nambahnya setengah apa yah? Setengah liter?
Meski relatif ringan, tapi artinya memang ada kebocoran
Rasanya bocornya masih "halus", jadi bocornya berupa uap (saat coolant sudah panas dan ada sirkulasi/tekanan)
Coba di cek di gasket2, water pump, radiator cap sudah aus, selang2 radiator atau malah bocor masuk mesin (sepertinya tidak sih, secara oli mesin masih bagus)
Oya, konon kalau cek posisi coolant, lebih baik saat mesin+coolant dalam kondisi dingin
tadi dah ngecek sekilas om ga ada kebocoran di sekitar waterpump & selang2
kyknya bawa ke bengkel aja nih
bingung dah kenapa ini mobil padahal baru 11rb KM
oh iya kalo darurat bagusnya pake air apa ya om buat nambahin air radiator??
asudarsono wrote:Dexel itu silinder head ya? Boso mana sih, baru denger.
Belum tentu melengkung om. Dicek dulu apa oli dan air radiator bercampur. Apa air radiator sering berkurang.
Untuk itu perlu diketahui pertama2 penyebab overheating.
Motor saya Honda NSR sebulan overheat terus tiap hari sampai merah, gak ada masalah berarti. Penyebabnya skaklar kipas kebalik, jadi waktu dingin nyala tapi begitu panas malah mati.
^^^
Kemungkinan dari Bahasa Belanda
Motor Deksels = Penutup Mesin
Montir alami alias yg otodidak, biasanya suka pakai istilah2 peninggalan jaman dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:Coolant system itu teknisnya closed-circuit, jadi mestinya (secara teori) tidak ada pengurangan, kalaupun ada itu ngga signifikan banget
Kalau ada pengurangan, itu artinya ada bocor
Dari 5000 km ke 11000 km (jalan 6000 km), nambahnya setengah apa yah? Setengah liter?
Meski relatif ringan, tapi artinya memang ada kebocoran
Rasanya bocornya masih "halus", jadi bocornya berupa uap (saat coolant sudah panas dan ada sirkulasi/tekanan)
Coba di cek di gasket2, water pump, radiator cap sudah aus, selang2 radiator atau malah bocor masuk mesin (sepertinya tidak sih, secara oli mesin masih bagus)
Oya, konon kalau cek posisi coolant, lebih baik saat mesin+coolant dalam kondisi dingin
tadi dah ngecek sekilas om ga ada kebocoran di sekitar waterpump & selang2
kyknya bawa ke bengkel aja nih
bingung dah kenapa ini mobil padahal baru 11rb KM
oh iya kalo darurat bagusnya pake air apa ya om buat nambahin air radiator??
Iya, segera cek ke Bengkel
Kalau buat top up, paling bagus tentunya coolant yg semerk dgn yg dipakai
Alternatif lainnya Aqua Destilata alias air murni/suling alias air aki botol biru (bukan Accuzuur/air aki merah)
Hindari pakai air tanah atau air mineral
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:
Oya, konon kalau cek posisi coolant, lebih baik saat mesin+coolant dalam kondisi dingin
stuju... di lipina ane dulu jg kejadian kaya gt... malah dulu di lipina ane sering kejadian aer menyusut mendekati low.. tp beberapa ari kmudian muncul di tengah2 lg..
problem ini sembuh sendiri setelah ane kuras coolant bawaan.. anehh..
Memang kalau kena overheat, salah satu yg rentan dan paling umum kena duluan ya dexel-nya tadi, itupun kadang dibilang "masih untung", secara jeroan mesin juga mesti dilihat, misalnya setang piston apakah ikut kena/melengkung
Omong2, gimana awalnya sampai bisa kena overheat? Kehabisan/kebocoran coolant?
tadi pagi sih ane cek radiator penuh ko airnya.
nah pas jalan baru 2KM keluar komplek rumah malah indikator temp kedip2 merah gan.
kan aneh jg baru dipake jarak segitu.
Memang kalau kena overheat, salah satu yg rentan dan paling umum kena duluan ya dexel-nya tadi, itupun kadang dibilang "masih untung", secara jeroan mesin juga mesti dilihat, misalnya setang piston apakah ikut kena/melengkung
Omong2, gimana awalnya sampai bisa kena overheat? Kehabisan/kebocoran coolant?
om, kalo air radiator berkurang itu penyebabnya apa aja ya selain kebocoran??
ini swift ane pas 5000 KM air cadangan radiatornya tinggal setengah trus sempet ane tambahin air keran. eh sekarang di 11rb KM kok tinggal setengah lagi
padahal ane cek visual org awam sih ga ada kebocoran. oli mesin jg msh oke warnanya
kira2 kenapa ya??
rencana pas servis berkala nanti mo ane suruh cek + kuras soalnya sempet ane tambahin air keran
sama kasusnya nih kyk CRV ortu padahal baru jalan 5800 KM
@maulanaeboy
apa mungkin penyebab overheatnya electric fan mati??
sorry ga bisa bantu om ilmu ane msh cetek
paling ngeselin ya kalo maslah overheat gini
pernah ngalamin di mobil bokap dulu
tuh blom lama apansa temen ane mendadak ngebul di tol.. electric fan nya mendadak tewas di tengah jalan gt.. padahal sblom nya tuh mobil masi dipake bermacet2 ria..
asudarsono wrote:Dexel itu silinder head ya? Boso mana sih, baru denger.
Belum tentu melengkung om. Dicek dulu apa oli dan air radiator bercampur. Apa air radiator sering berkurang.
Untuk itu perlu diketahui pertama2 penyebab overheating.
Motor saya Honda NSR sebulan overheat terus tiap hari sampai merah, gak ada masalah berarti. Penyebabnya skaklar kipas kebalik, jadi waktu dingin nyala tapi begitu panas malah mati.
tadi terakhir pas ane mau balik dengan cara diderek, air udah tercampur dengan oli gan
gmn ya tu??
Kalau buat top up, paling bagus tentunya coolant yg semerk dgn yg dipakai
Alternatif lainnya Aqua Destilata alias air murni/suling alias air aki botol biru (bukan Accuzuur/air aki merah)
Hindari pakai air tanah atau air mineral
oke om. thx infonya
bsk mo ane bawa ke bengkel minta dicek + kuras coolant baru
kita liat hasilnya
DOHC wrote:
stuju... di lipina ane dulu jg kejadian kaya gt... malah dulu di lipina ane sering kejadian aer menyusut mendekati low.. tp beberapa ari kmudian muncul di tengah2 lg..
problem ini sembuh sendiri setelah ane kuras coolant bawaan.. anehh..
nah sama nih kyk ane om
ini coolant jg bawaan pabrik
bsk pulang kuliah bawa ke bengkel ah minta dikuras. secara sempet ane tambahin air keran nih gara2 waktu itu dah hampir batas low
kalo mo kuras... selaen buang dari baut drain bawah.. usahakan buang yg sisa di water jacket..
kalo susah, cari jalur heater core.. masi ga ada jg ?? cari yg jalur yg ngelewatin throttle body... buka salah satu selang nya, tiup pake angin kompresor... nanti kedorong dehh air2 di water jacket...
DOHC wrote:kalo mo kuras... selaen buang dari baut drain bawah.. usahakan buang yg sisa di water jacket..
kalo susah, cari jalur heater core.. masi ga ada jg ?? cari yg jalur yg ngelewatin throttle body... buka salah satu selang nya, tiup pake angin kompresor... nanti kedorong dehh air2 di water jacket...
imaly dan cmiiw..
nah biasanya bengkel banyak yg sotoy nih bro udh dibilangin gitu tetep aja pasti kuras cuma buka baut drain doang
mo nguras sendiri ga bisa wkwk...
btw emang coolant yg di water jacket harus keluar jg kenapa bro??
takut kecampur ama coolant baru gitu bro??
tuh blom lama apansa temen ane mendadak ngebul di tol.. electric fan nya mendadak tewas di tengah jalan gt.. padahal sblom nya tuh mobil masi dipake bermacet2 ria..
tadi terakhir ane cek nyampur sama oli dan air gan..
trus gmn dong??
tuh blom lama apansa temen ane mendadak ngebul di tol.. electric fan nya mendadak tewas di tengah jalan gt.. padahal sblom nya tuh mobil masi dipake bermacet2 ria..
tadi terakhir ane cek nyampur sama oli dan air gan..
trus gmn dong??
om berarti head dah melenting tuh
satu2nya cara ganti head CMIIW
DOHC wrote:kalo mo kuras... selaen buang dari baut drain bawah.. usahakan buang yg sisa di water jacket..
kalo susah, cari jalur heater core.. masi ga ada jg ?? cari yg jalur yg ngelewatin throttle body... buka salah satu selang nya, tiup pake angin kompresor... nanti kedorong dehh air2 di water jacket...
imaly dan cmiiw..
nah biasanya bengkel banyak yg sotoy nih bro udh dibilangin gitu tetep aja pasti kuras cuma buka baut drain doang
mo nguras sendiri ga bisa wkwk...
btw emang coolant yg di water jacket harus keluar jg kenapa bro??
takut kecampur ama coolant baru gitu bro??
karena cara ane itu nyeleneh dan makan waktu dan cape2 in ajee...
makanya biasanya kalo servis2 rutin gt ane kerjain sendiri.... toh kalo ngerjain sendiri, mau nguras radiator ampe dari pagi ampe malem jg ga bakal ada yg marahin kann..
yahh kalo ganti coolant kan biar lebi plong aja gt.. drpd ada sisa2 kan mendingan kebuang smua...
ada beberapa coolant sehh blg gapapa nyampur tp ane lebi sreg aja kalo bener2 bersih kluar smua..
MaulanaEboy wrote:
DOHC wrote:kalo enjin overheat.. sperti saran2 temen2 d atas... coba cek oli dulu... kalo blom nyampur yahh mungkin masi gapapa..
tuh blom lama apansa temen ane mendadak ngebul di tol.. electric fan nya mendadak tewas di tengah jalan gt.. padahal sblom nya tuh mobil masi dipake bermacet2 ria..
tadi terakhir ane cek nyampur sama oli dan air gan..
trus gmn dong??
kemungkinan enjin head uda kena bro... mungkin turun stengah mesin jd salah satu jalan kluar biasanya... skalian liat komponen apa aja yg uda kena... siapa tau cuman rusak di packing nya doank... murah itu..
aman nya yah bawa ke bengkel toyota nya aja... toh mreka kalo mau ngibul musti nya ga ampe afgan...
tuh blom lama apansa temen ane mendadak ngebul di tol.. electric fan nya mendadak tewas di tengah jalan gt.. padahal sblom nya tuh mobil masi dipake bermacet2 ria..
tadi terakhir ane cek nyampur sama oli dan air gan..
trus gmn dong??
om berarti head dah melenting tuh
satu2nya cara ganti head CMIIW
kena harga berapa biasanya gan?
moga-moga ga mahil
MaulanaEboy wrote:
kena harga berapa biasanya gan?
moga-moga ga mahil
tadi ane sotoy om
tanya om DOHC aja tuh pakar teknik permesinan
iya saran mending ke beres toyota aja kalo kasus berat gini. secara kan mereka ada garansi pengerjaan jadi kalo ada masalah lagi tinggal balik lagi deh
seinget ane kalo di daihatsu garansi turun mesin 6 bulan. mungkin kalo di toyota sekitaran itu jg