ricz wrote:Oh, jadi awal mula A380 ini adlh Concorde ya bro? Ato basisnya benar2 berbeda?
Basis A380 benar-benar berbeda, dulu diawali dengan konsep A3XX... Gara2 segerombolan enjineer Airbus gatal ngeliat B-747 melenggang kangkung sendirian di taon 1988. Taon 1994, project A3XX lahir dengan konsep very large airliners, dan setelah mengalami beberapa kali restrukturisasi, maiden flight A380 dilakukan di bulan Oktober 2005.
Concorde, beda generasi dengan A3XX.
Prototype pertama di buat tahun 1965 dan maiden flight di tahun 1969.
Satunya supersonic airliners, satu nya very large airliners... analogi nya mobil F1 vs bus double decker...
Cmiiw...
DigitALL wrote:
Jd sebelum terbentuknya Airbus, dulu namanya BAC ya bro. Kalo gitu Airbus sebenernya punya Inggris dan Prancis?
Gila jg ya pesawat super sonic Concorde thn 1969 sudah dioperasikan, termasuk canggih sekali dijamannya. Copy aja dr wiki:
Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000 kaki. Itu artinya kecepatan Concorde 2 kalinya kecepatan suara, yakni 1.200 km/jam. Dengan kecepatan luar biasa ini, Concorde hanya membutuhkan waktu 2 setengah jam dari Paris ke New York. Padahal, rata-rata pesawat biasa menempuh jarak tersebut harus membutuhkan waktu lebih dari 7 jam.
ketika menembus kecepatan luar biasa itu, Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut SONIC BOOM. Jika terjadi di atas daratan yang penuh dengan perumahan, pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah! Makanya, Concorde hanya diperbolehkan terbang dengan kecepatan luar biasa tersebut ketika sudah berada di atas Samudera Atlantik. Saat Concorde masih terbang di atas daratan Eropa dan Amerika, Concorde melaju dengan menggunakan kecepatan pesawat biasa, yaitu 600 km/jam.
Tidak sepenuhnya BAC om...
Dulu konsorsium nya terdiri dari BAC dan Aerospatiale... dan tahun 1970 melakukan merger dengan nama Airbus Industrie hingga perubahan nama setelah restrukturisasi di tahun 2001 menjadi Airbus.
Itu aja yang ane masih ingat om...
Memang Concorde akan menjadi icon pesawat penumpang selain B-747... Terutama setelah Boeing membatalkan proyek SST (Super Sonic Transport) nya di akhir 1990an.
Yang bikin tambah miris, ternyata Concorde menghasilkan keuntungan yang lumayan selama 27 taon masa operasinya. Nah lho...
