untuk pesawat militer, yang paling berkesan buat gw yaa..
- SR-71 Blackbird "sang Hantu Hitam"
- MiG-25 Foxbat "sang pemburu Hantu Hitam"
- SU-27 Flanker Family dengan manuver2 super ajaib
- AV-8B Harrier "no runway ? helipad only ? no problem

"
- F-15 Eagle Family "the unbeateable Air Dominance Fighter"
- JAS-39 Gripen "Airfield hancur ? masih ada jalanan biasa kan ?

"
- F-16 Fighting Falcon, jet tempur yang paling populer
- MiG-21 Fishbed, peninggalan perang dingin yang masih banyak berkeliaran di udara..kecil2 gini walaupun rada kuno..kalo jumlahnya banyak repot juga bro..
Om har, penasaran deh kenapa maskapai penerbangan di indonesia ga ada yg pake B757 atau B767??
Padahal pas musim haji garuda banyak menyewa B767 untuk tambahan armdanya
B757 ini unik. Bentuknya kyk pensil saking panjangnya

Bener2 penggemar pesawat sejati nih om har

Bahas B727 ama Airbus A300B4 di indo dong om

Setau ane yg pake B727 di indo cuma jatayu doang ya?? Sempet naik nih sekali dari PDG ke BTH

Kalo A300 family ada 3 maskapai setau ane garuda,sempati ama merpati. Merpati sempet pake A310 jg kalo ga salah tapi bentar doang ga nyampe setaun CMIIW
dulu Jatayu sempet ada wacana mau pake 757..tapi keburu tutup ya wassalam deh
767...dulu sih sempet ada Airline lokal yang pengen make (masih ada Airlinenya sekarang), tapi ya itu...manajemennya cuma mau datengin pesawatnya doang, tapi..malah bingung mau dipake kemana ini pesawat..jadinya kgk jadi datengin 767 deh
727 dulu yang pake di Indonesia: Mandala Airlines, Merpati, Jatayu, Indonesia Airlines, ama Efata Papua...sekarang Tri-MG make buat kargo doang..dulu waktu pas pulang dari kampus, dalam perjalanan ke Lenteng Agung dari Depok, ngeliat 727 Tri MG Take off dari Halim..langsung minggirin mobil masuk ke pom bensin negeri jiran yang sekarang udah tutup..menikmati pemandangan langka 727 lagi climbing sambil ninggalin jejak asep dari ketiga mesin Pratt and Whitney PW JT8D
untuk A300 ama A310, dulu juga ada Awair, Lion Air, ama Air Paradise International. A300 Air Paradise itu awalnya punya Garuda loh, trus ngungsi ke China Airlines..ujung2nya balik lagi ke Indonesia dengan Air Paradise..sayang, gara2 bom bali Air Paradise tutup..padahal pengamatan di lapangan, load factornya cukup bagus di kisaran 70-80%
duh gw jadi bingung yang mana yang pengen gw tulis di sini...the plane that change the Aviation World, A300B4...or the old work horse 727
Air Paradise International Airbus A300B4-600R PK-KDK
Lion Air Airbus A310-300...sekarang udah dipotong2 di padang pasir USA
