Bueuk_32 wrote:MonSTER_GTR wrote:@ricz tadi temen ngomong, dia ogah kalo bawa ertiga ke puncak ujan2 lagi, susah naek nya katanya
dubz wrote:Ini nanjaknya pada ngangkut apa sih? :p Saya sih pake rwd/fwd nanjak gak pernah masalah - soalnya yg diangkut wajar2 aja (manusia).
R3 mesin Swift kan? saya gak terlalu worried sih...udah teruji itu mesin.
GL gak kuat nanjak mungkin karena setting gearingnya buat nyari top speed, bukan buat narik awal...bukan karena fwdnya. Kali ye...ane juga belon pernah bawa ini mobil nanjak berat2.
ngangkut kebo
mungkin faktor tenaga juga kali ya? crv, xtrail, dll juga fwd kan? tapi ga pernah ah denger ga sanggup naek ke puncak..
yg pernah denger sih biantenya om siapa tuh yg tempo hari ga bisa nanjak di daerah jawa timur ya? itupun karena emang tanjakannya curam..
itu yg ertiga ga bisa nanjak karena licin aja kali ah, baru ada oli tumpah

FWD ga bisa nanjak??
LEBAY
seumur-umur bawa mobil fwd mulai dari sedan jepun, mpv jadi-jadian, city car dll nyaman-nyaman aja di tanjakan tuh,
selama tanjakannya aspal bener ya bukan tanah becek maupun pasir atau keramik basah 
sering saya ke dieng, ketep, sarangan, banyak juga tuh fwd disana dari jess sampai serena, tentunya mereka lewat tanjakan ya bukannya terbang trus mendarat disitu
FWD gampang kehilangan traksi pas tanjakan?
Bisa jadi
di tanjakan beban kendaraan otomatis pindah ke belakang, nah traksi roda depan otomatis berkurang, dalam kondisi seperti ini ya jangan terus di gas poll yang ada malah ngepot dah tu ban (spin). oh ya ban juga punya pengaruh besar dalam perolehan traksi.
Pernah pengalaman mau ke jogja dari wonosobo via jalur alternatif, saat itu pake stream isi 5 orang dewasa kondisi hujan lebat. Pas di tanjakan (lumayan sempit) papasan dengan truk pasir atau apalah, nah berhubung truk ga mau ngalah ane belokin ke kiri kena tanah becek, ngesot-ngesot dah tuh roda depan. Akhirnya truk ngalah dan saya mundur sedikit (untung pick up di belakang jaga jarak) dan pijak aspal start lagi di tengah tanjakan ga masalah.
lagian kalau FWD ga bisa nanjak kenapa mobil-mobil
MPV beneran sekarang banyak mengaplikasikan FWD, seperti Alphard, Serena, Stepwgn, Odyssey, Elysion, Grandis, NAV1, Biante dll. Tentunya insinyur sudah mikir kl MPV ini digunakan sesuai peruntukannya, bukan dipakai di medan yang semestinya cocok dilalui SUV
nah mengenai biante yang berat, kalau berat karena mesin / setingan gearbox beda dengan kondisi hilang traksi, beda karena kondisi setingan gearbox trus diberi RWD apa ga malah lebih berat lagi tuh? karena dalam RWD pasti ada tenaga yang hilang dalam penyalurannya. IMHO lho ya
ayolah, SM menurut saya adalah forum otomotif terbaik di Indo, dari dulu saya SR di SM sangat puas sekali karena member-membernya objektif sekali, pengetahuan otomotifnya sangat bermanfaat, review sangat oke dari master djay, no fanboys, kekerabatan oke dll. Tapi sekarang kok.......
jangan sampai SM tercinta ini jadi sepeti forum lain yang isinya hanya sekumpulan fanboy-fanboy anti kritik
*maaf nubie hanya menyampaikan unek-unek tentang SM, harap dimaklumi apabila menyerempet
