Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by VanzMatic »

Jambangan wrote:@VM
Oke thx om infonya
Keknya ane tau deh ini bengkelnya
Yg jadi satu ama bengkel 2S daihatsu itu bukan om??
Bukan, om, tokonya punya pagar yang puanjaaangng....warna ijo...ada nama sponsor ban nya disitu..
:mky_01:
imsus2c wrote:
Jambangan wrote:
ipahturbo wrote: saya minat juga tuh sama magnatec 05w-30 jarang dipasaran...
better mana yah sama castrol edge 05w-30 juga...
hihihi
Magnatec 5w-30 ada tuh om di toda
Kalo edge setau ane yg di indo adanya yg 5w-40
CMIIW
Berapa sih selisih harga Magnatec dibanding Edge?
Seinget ane, magna 110k/liter, edge 125-130k/liter.
Cmiiw juga..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Seingat saya, beda harga magnatec (yg 10w40) dibanding edge, bisa 2x lipatnya lebih...

Cuma kalau harga Magnatec yg 5w30 betis sama Edge, mendingan pakai Edge sekalian kali ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by salah obat »

karena udah 6000 km, tadi siang nubie ganti oli ipah d4d, oli yg dulu pakai FK GT Diesel 10w-40 td ganti pakai Shell HX7 API SN/CF. Habis 6,5 liter plus ganti filter. Tapi filter olinya pakai sakura. Gimana ya bagus gak filter ini dibanding ori? Thanks
ipahturbo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Apr 21, 2013 2:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ipahturbo »

Turboman wrote:
ipahturbo wrote:bung turboman. saya ingin bertanya tempat jual oli mobil yg lengkap dan harga bagus dmn yah?
ada pengalaman buruk beli oli, oli bisa kentel dan menggumpal...
thanks before
yg lengkap ya Toda

harga bagus ya Graha

Oli menggumpal ? belinya dimana ?
permisi om mao kasi tesi mengenai inpo nya...

om saya hari ini sudah datangi graha dan bener harga oli bagus... thanks atas infonya...
saya td direkomen sama enci nya oli Q8 untuk innova diesel, tanpa pikir panjang lgsg sikat...
:e-clap:
sondimanamana
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Jan 10, 2013 9:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by sondimanamana »

selamat malam, mau tanya oli yang bagus untuk w204 2010 cgi yang bagus apa ya ? apa mobil1 atau SHU ? atau yang lain ? many thanks buat reply nya
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

awalya w204 tendernya pake oli mobil1 0-50...terus ganti shu 5-30..mungkin krn mahal mobil 1..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

ZombiEE wrote:sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
:n00b: numpang komen,

Sejauh pernah ngobrol2, konon katanya, sebagian besar produsen oli lebih banyak "meracik" dibanding "membuat"
Maksudnya, beberapa bahan aktif/additif yg penting, dibuat oleh sub-supplier yg sama antar merk oli
Nah, seberapa banyak yg dipakai dan dicampurkan, itulah yg dikerjakan "kebanyakan" pabrik oli
Pabrik oli mungkin hanya membuat base oil nya saja, (refinery), tapi bahan additif saat blending tetep pakai supplier

Kasusnya sama dengan misalnya BBM, mungkin antar pembuat (misalnya Pertamina vs Petronas), mungkin lho..., pakai supplier dan material yg sama untuk additif dan peningkat oktan-nya

Cmiiw yah...sekedar komen saja :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
:n00b: numpang komen,

Sejauh pernah ngobrol2, konon katanya, sebagian besar produsen oli lebih banyak "meracik" dibanding "membuat"
Maksudnya, beberapa bahan aktif/additif yg penting, dibuat oleh sub-supplier yg sama antar merk oli
Nah, seberapa banyak yg dipakai dan dicampurkan, itulah yg dikerjakan "kebanyakan" pabrik oli
Pabrik oli mungkin hanya membuat base oil nya saja, (refinery), tapi bahan additif saat blending tetep pakai supplier

Kasusnya sama dengan misalnya BBM, mungkin antar pembuat (misalnya Pertamina vs Petronas), mungkin lho..., pakai supplier dan material yg sama untuk additif dan peningkat oktan-nya

Cmiiw yah...sekedar komen saja :D
maksudnya pertamina hanya meracik om? :e-think:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by reinhard_harley »

ipahturbo wrote:
Turboman wrote:
ipahturbo wrote:bung turboman. saya ingin bertanya tempat jual oli mobil yg lengkap dan harga bagus dmn yah?
ada pengalaman buruk beli oli, oli bisa kentel dan menggumpal...
thanks before
permisi om mao kasi tesi mengenai inpo nya...

om saya hari ini sudah datangi graha dan bener harga oli bagus... thanks atas infonya...
saya td direkomen sama enci nya oli Q8 untuk innova diesel, tanpa pikir panjang lgsg sikat...
:e-clap:
om graha ini dimana ya tokonya?
bs sekalian ganti oli gak digraha itu?
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by mojacko »

untuk mesin bmw m54 - 2200cc,, bagusnya pake oli apa yah?
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
:n00b: numpang komen,

Sejauh pernah ngobrol2, konon katanya, sebagian besar produsen oli lebih banyak "meracik" dibanding "membuat"
Maksudnya, beberapa bahan aktif/additif yg penting, dibuat oleh sub-supplier yg sama antar merk oli
Nah, seberapa banyak yg dipakai dan dicampurkan, itulah yg dikerjakan "kebanyakan" pabrik oli
Pabrik oli mungkin hanya membuat base oil nya saja, (refinery), tapi bahan additif saat blending tetep pakai supplier

Kasusnya sama dengan misalnya BBM, mungkin antar pembuat (misalnya Pertamina vs Petronas), mungkin lho..., pakai supplier dan material yg sama untuk additif dan peningkat oktan-nya

Cmiiw yah...sekedar komen saja :D
nah ini lebih dalam lagi meneer.... hehehe
sebelum nya ane membandingkan sampel yang sama dari merk A misalkan dgn merk A yg didagangkan diluar negeri (given viskositas nya sama) harga nya memang lebih mahalan di Indonesia secara signifikan.. :upss:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

ZombiEE wrote:
imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
:n00b: numpang komen,

Sejauh pernah ngobrol2, konon katanya, sebagian besar produsen oli lebih banyak "meracik" dibanding "membuat"
Maksudnya, beberapa bahan aktif/additif yg penting, dibuat oleh sub-supplier yg sama antar merk oli
Nah, seberapa banyak yg dipakai dan dicampurkan, itulah yg dikerjakan "kebanyakan" pabrik oli
Pabrik oli mungkin hanya membuat base oil nya saja, (refinery), tapi bahan additif saat blending tetep pakai supplier

Kasusnya sama dengan misalnya BBM, mungkin antar pembuat (misalnya Pertamina vs Petronas), mungkin lho..., pakai supplier dan material yg sama untuk additif dan peningkat oktan-nya

Cmiiw yah...sekedar komen saja :D
nah ini lebih dalam lagi meneer.... hehehe
sebelum nya ane membandingkan sampel yang sama dari merk A misalkan dgn merk A yg didagangkan diluar negeri (given viskositas nya sama) harga nya memang lebih mahalan di Indonesia secara signifikan.. :upss:
Dulu sekali pernah ngobrol sama yg punya gerai olimart
Tapi karena sekedar omongan basa-basi bengkel, tentunya jangan dipertanyakan validitas-nya ya...

Banyak produsen oli yg beberapa active ingredients -nya itu sama supplier/merk-nya
Apesnya, rata2 produsen additif itu dari luar negeri
Nah produsen lokal yg kilang/blending-nya disini, tentunya barang tersebut mesti diimport, yg akhirnya timbul biaya2 (transport, tax, dll..)
Termasuk oli merk import tapi produksi lokal, mereka juga harus import material2 ini
Yah, saya sih ngga tau peraturan diluar sana, tapi mestinya, jika lokasi produksi sama dgn asal produsen additif, tentunya ini bisa pangkas biaya...cmiiw looh
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

c_adhi_k wrote:
imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:sebenar nya ada persoalan mengenai harga oli lokal yang ane kurang ngerti...
harga nya kok mahal ya? :e-think: :e-think:

masters, suhus, connoisseurs oli monggo utarakan opini nya.. :thanks:
:n00b: numpang komen,

Sejauh pernah ngobrol2, konon katanya, sebagian besar produsen oli lebih banyak "meracik" dibanding "membuat"
Maksudnya, beberapa bahan aktif/additif yg penting, dibuat oleh sub-supplier yg sama antar merk oli
Nah, seberapa banyak yg dipakai dan dicampurkan, itulah yg dikerjakan "kebanyakan" pabrik oli
Pabrik oli mungkin hanya membuat base oil nya saja, (refinery), tapi bahan additif saat blending tetep pakai supplier

Kasusnya sama dengan misalnya BBM, mungkin antar pembuat (misalnya Pertamina vs Petronas), mungkin lho..., pakai supplier dan material yg sama untuk additif dan peningkat oktan-nya

Cmiiw yah...sekedar komen saja :D
maksudnya pertamina hanya meracik om? :e-think:
Maksudnya, dalam beberapa kasus, bisa saja antar Pertamina dan Petronas pakai supplier yg sama untuk bikin bbm

Ini artikel lawas (2007-2008)
http://finance.detik.com/read/2008/01/2 ... tahun-2007
HOMC merupakan produk hasil pengolahan minyak mentah yang biasa dicampur dengan nafta atau LOMC (Low Octane Mogas Component) sebagai bahan baku BBM seperti Premium beroktan 88.
"Makanya yang penting bagaimana kita produksi Premium 88, kan. Daripada beli premium 88 jadi, mending kita beli HOMC yang merupakan bahan bakunya. Kita campir dengan nafta kita. Lebih ekonomis jadinya," katanya.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

di graha ambil q8 jenis apa bro ?? dan dapet di harga brapa ?? ane jg lg mau beli q8 soalnya d graha .. :upss:
ipahturbo wrote: permisi om mao kasi tesi mengenai inpo nya...

om saya hari ini sudah datangi graha dan bener harga oli bagus... thanks atas infonya...
saya td direkomen sama enci nya oli Q8 untuk innova diesel, tanpa pikir panjang lgsg sikat...
:e-clap:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

imsus2c wrote: Dulu sekali pernah ngobrol sama yg punya gerai olimart
Tapi karena sekedar omongan basa-basi bengkel, tentunya jangan dipertanyakan validitas-nya ya...

Banyak produsen oli yg beberapa active ingredients -nya itu sama supplier/merk-nya
Apesnya, rata2 produsen additif itu dari luar negeri
Nah produsen lokal yg kilang/blending-nya disini, tentunya barang tersebut mesti diimport, yg akhirnya timbul biaya2 (transport, tax, dll..)
Termasuk oli merk import tapi produksi lokal, mereka juga harus import material2 ini
Yah, saya sih ngga tau peraturan diluar sana, tapi mestinya, jika lokasi produksi sama dgn asal produsen additif, tentunya ini bisa pangkas biaya...cmiiw looh
aa ya tetap masukan berharga juga ini meneer..ehehe

jadi maksud ane perbandingan yang sama ,... misalkan saja mobil 1 dgn viskositas yang sama kala diimpor kesini harga nya jadi mahal gak ketulungan...mungkin ada faktor pajak atau mungkin sang pengusaha cuan nya mau besar? cuma asumsi dan tebak2an ya...validitas jgn dipertanyakan :upss:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

ZombiEE wrote:
imsus2c wrote: Dulu sekali pernah ngobrol sama yg punya gerai olimart
Tapi karena sekedar omongan basa-basi bengkel, tentunya jangan dipertanyakan validitas-nya ya...

Banyak produsen oli yg beberapa active ingredients -nya itu sama supplier/merk-nya
Apesnya, rata2 produsen additif itu dari luar negeri
Nah produsen lokal yg kilang/blending-nya disini, tentunya barang tersebut mesti diimport, yg akhirnya timbul biaya2 (transport, tax, dll..)
Termasuk oli merk import tapi produksi lokal, mereka juga harus import material2 ini
Yah, saya sih ngga tau peraturan diluar sana, tapi mestinya, jika lokasi produksi sama dgn asal produsen additif, tentunya ini bisa pangkas biaya...cmiiw looh
aa ya tetap masukan berharga juga ini meneer..ehehe

jadi maksud ane perbandingan yang sama ,... misalkan saja mobil 1 dgn viskositas yang sama kala diimpor kesini harga nya jadi mahal gak ketulungan...mungkin ada faktor pajak atau mungkin sang pengusaha cuan nya mau besar? cuma asumsi dan tebak2an ya...validitas jgn dipertanyakan :upss:
Begini Meneer,
Kita tentunya ngga tau komponen biaya internal suatu barang, karena itu rahasia perusahaan dan kita hanya sebatas menduga2
Tapi kalau untuk biaya import, supaya dugaan2 tsb bisa lebih akurat, ada kok trik-nya

Yang pertama, kita cari tahu dulu nomor HS code komoditas tersebut
HS code, singkatan dari Harmonized Commodity Description and Coding System, link kebetulan sdh tersedia di Bahasa Indonesia

Setalah tahu nomor kode HS-nya, kita bisa lacak lewat web Departemen Keuangan kita.

Dugaan saya, jenis oli yg kita bicarakan disini, HS Code-nya 2710.19.620
Nah, sesuai tarif resmi pemerintah jika import Pelumas Cair sudah jadi adalah:
BM (bea Masuk) 30%
PPN 10%

Seingat saya, rumus perhitungannya:
(Invoice+BM)+PPN

Jadi, misalnya harga pelumas (sesuai invoice) 100, kena BM 30%, jadinya 130
Dan dasar pengenaan pajak (PPN) tadi adalah harga invoice yg sudah ditambah BM
Jadinya 130+(130x0.1)
= 143

Artinya, jika barang tersebut aslinya berharga 100, jika diimport kesini, komponen pajaknya sudah 43

Jadi, supaya balik modal saja, barang yg aslinya seharga 100, mesti dijual 143, belum termasuk biaya lain yg dihitung sebagai HPP (misalnya ongkos, freight, handling, THC, dll...) dan tentunya "cuan-nya"

Jadi, bisa saja komoditas yg sama, diluar dihargai 100, disini bisa selisih 50-70%nya, malah malah bisa berkali lipat dari harga invoice asal

Oya, besaran BM, PPN, PPN-BM, berbeda-beda antar komoditas, sekali lagi berdasarkan HS-Code nya

Ini dugaan saya, HS Code utk pelumas cair yg sudah jadi:
http://www.tarif.depkeu.go.id/tarif/HS9 ... &hs2dig=27
2710.19.620 ----Pelumas cair 30 10 -
Untuk HS code komoditas lainnya, bisa dilacak dari web itu juga

CMIIW lhaarrr....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Berbagai oli di pasaran additive nya ga jauh2 bikinan :
- Lubrizol
- Infineum
- Afton
- Chevron Oronite

Menambahkan ulasan master imsus :
Oli yg dijual di Indo juga hrs ada registrasi NPT nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

@meneer pak oom imsus: info nya sangat berharga ini...jadi ada alasan
masuk akal kenapa oli di indo termasuk mahal...cmiiw thanks oom:)
NPT itu apa?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

NPT = Nomor Pelumas Terdaftar?
http://www.migas.esdm.go.id/berita-kemi ... ndar-Wajib
Sebelum pelumas menjadi wajib SNI, sesuai dengan peraturan menteri ESDM No 053 tahun 2006 tentang Wajib Daftar Pelumas Yang Dipasarkan di Dalam Negeri, pemerintah mewajibkan setiap jenis pelumas yang dipasarkan di dalam negeri wajib memenuhi standar dan mutu yang ditetapkan Menteri ESDM dan wajib memiliki Nomor Pelumas Terdaftar (NPT).
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Turboman wrote:Berbagai oli di pasaran additive nya ga jauh2 bikinan :
- Lubrizol
- Infineum
- Afton
- Chevron Oronite

Menambahkan ulasan master imsus :
Oli yg dijual di Indo juga hrs ada registrasi NPT nya
Waduh..., master :mky_01:

Omong2, kalau penyedia bumbu-nya itu2 saja, jgn2 rasa masakannya juga mirip2 :mky_01:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

imsus2c wrote:
Turboman wrote:Berbagai oli di pasaran additive nya ga jauh2 bikinan :
- Lubrizol
- Infineum
- Afton
- Chevron Oronite

Menambahkan ulasan master imsus :
Oli yg dijual di Indo juga hrs ada registrasi NPT nya
Waduh..., master :mky_01:

Omong2, kalau penyedia bumbu-nya itu2 saja, jgn2 rasa masakannya juga mirip2 :mky_01:
resep dan bumbu sama tapi kalau koki beda rasa juga beda om
IMALY :big_smoking:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Setiap produsen additip punya beragam "additive package" yg ber beda2

Dan mungkin juga mrk bisa tailor made jika penggunaan besar sekali

Buat nerawang komposisi zat2 penting di tiap oli bisa longok : VOA - BITOG

VOA = Virgin (new) oil analysis
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

imsus2c wrote:NPT = Nomor Pelumas Terdaftar?
http://www.migas.esdm.go.id/berita-kemi ... ndar-Wajib
Sebelum pelumas menjadi wajib SNI, sesuai dengan peraturan menteri ESDM No 053 tahun 2006 tentang Wajib Daftar Pelumas Yang Dipasarkan di Dalam Negeri, pemerintah mewajibkan setiap jenis pelumas yang dipasarkan di dalam negeri wajib memenuhi standar dan mutu yang ditetapkan Menteri ESDM dan wajib memiliki Nomor Pelumas Terdaftar (NPT).
aa Thanks oom meneer imsus2c... i am enlightened :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

need help donk om turbo dan master2 oli lain nya...

utk oli global petro canada 5W-30 ini bagus ga ??

tech spec nya ada di .. http://lubricants.petro-canada.ca/resou ... anguage=en
tech spec.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: