Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
permisi om momod & kawan2 yang lain...nubie saking bingung & penasaran ahirnya memberanikan diri untuk share gambar rush yang (mohon maaf) hancur lebur berkeping2. koq bisa ya sampe ancur2an gitu? monggo para sesepuh disini mengeluarkan tanggapannya.
catatan : nubie tidak bermaksud menyudutkan merk tertentu melalui thread ini tapi bolehlah kalau diselingi OOT bergizi tinggi nan menyehatkan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
itu sampe kelipet 2 ya? sampe bannya ada diatas gitu?
itu berarti sasisnya ikut melengkung juga dong? tabrakan sama apa? serem amat..
ada link beritanya ga om? penasaran
Klo liat Rush ampe kyk gini, trus kmrn body Xenia yg ancur dihantam Juke.. ane jadi bertanya2, rangka body yg ditawarkan toyota dan daihatsu ini seperti apa.. kok kyknya ringkih bgt, klo orang sunda bilang kok bisa ampe 'rejet..',
Apa sbnernya kerangka bodynya udah kokoh, cuma faktor luar misal kecepatan yg tinggi, atau benda yg menghantam terlalu besar,, atau bgmna ya..
Coba para fanatik dari ToyotaDaihatsu, atau para petingginya boleh dishare dsni..
ane tidak bermaksud menyudutkan brand tertentu,, peace =)
Turut berduka cita atas korban jiwa dalam kecelakaan ini...
Menurut nubie... Untuk impak sekuat apapun, bakal tergantung sama ketahanan logam dari chassis yang digunakan mobil...
Asumsikan kecepatan truk sekitar 60 kpj dan bobot truk 10 ton, maka momentum yang dihasilkan adalah 166,667 kg m/s^2 atau 166.6 KN.
Setara dengan 16,995 kgf atau benturan dengan kekuatan hampir 17 ton pada area sebesar bokong terios atau rush tersebut yang hanya beberapa meter persegi.
momen tumbukan nya gila tuh.. mobil nya aja ga sampe 2 ton di hantam truk yang beratnya bisa diatas 10 ton.. mobil apapun juga hancur kalau begitu ceritanya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Turut berduka cita atas korban jiwa dalam kecelakaan ini...
Menurut nubie... Untuk impak sekuat apapun, bakal tergantung sama ketahanan logam dari chassis yang digunakan mobil...
Asumsikan kecepatan truk sekitar 60 kpj dan bobot truk 10 ton, maka momentum yang dihasilkan adalah 166,667 kg m/s^2 atau 166.6 KN.
Setara dengan 16,995 kgf atau benturan dengan kekuatan hampir 17 ton pada area sebesar bokong terios atau rush tersebut yang hanya beberapa meter persegi.
Nah, kembali ke rush yg naas ini. Bayangkan aja plat besi sebesar bbrp meter persegi dengan ketebalan beberapa milimeter, blum lagi kaca belakang, lampu akrilik, panel2 dan material lainnya harus menahan impak sedemikian besar.
Kalau dilihat dari moncong mobil yg remuk, keliatannya di depannya rush ini ada kendaraan. Chassis menyerap tumbukan tetapi sudah melebihi limit stress/strain tensile nya dan energi tersebut harus terdisipasi. Akibat nya chassis bergerak melekuk, yang kebetulan malah membuat nya terlipat. Seandainya di depan nya kosong, energi tumbukan bisa terdisipasi menjadi energi kinetis, paling tuh rush terdorong ke depan dengan bokong remuk.
Betul sekali bro ricz. Assesmen GoA pasti ada limitnya seperti NCAP. Cuman variasi insiden di jalan sangat beragam. Salah satu yg nyata diluar limit ya ini.
Ane sempat berpikir, ada poros kopling yang cukup rigid untuk jadi sejenis struktur pendukung. Kayaknya hancur juga kalau melihat mobil yg terlipat.
Nah, truk yg numbuk ini apakah hanya traktor head aja atau lagi narik trailer 3 axis. Bobotnya sanggup mencapai 30 ton full load... kalikan 3. dapat energi tumbukan ekuivalen dengan 51 ton pada area segede bokong rush.
Kayak meletakkan bobot seberat excavator Komatsu PC500 di bokong rush. Langsung remuk lah itu chassis.
Turut berduka cita atas korban jiwa dalam kecelakaan ini...
Menurut nubie... Untuk impak sekuat apapun, bakal tergantung sama ketahanan logam dari chassis yang digunakan mobil...
Asumsikan kecepatan truk sekitar 60 kpj dan bobot truk 10 ton, maka momentum yang dihasilkan adalah 166,667 kg m/s^2 atau 166.6 KN.
Setara dengan 16,995 kgf atau benturan dengan kekuatan hampir 17 ton pada area sebesar bokong terios atau rush tersebut yang hanya beberapa meter persegi.
Kecuali tank, ane rasa mobil apapun bakal bonyok.
Fisikanya bagus sekali ya bro
Iya kalo dari analisa bro diatas emang nih Rush ibaratnya sandwich yg kegencet dpn blkng. Paling fatal itu kalau dpn blkng truk / bus gede. Pernah liat di u tube ada sedan yg terekam cctv di suatu tunnel, sedannya udh berhenti pas dibelakang truk trailer kemudian dari belakang dateng truk trailer lagi sama gedenya. Itu sedan sampai hilang kegencet! Jd kepala truk trailer yg lari kenceng itu sampe ketemu dgn bagian belakang truk trailer yg ada di depan sedan!
Parah banget itu, liat videonya jg ngeri abis.
Turut berduka cita atas korban jiwa dalam kecelakaan ini...
Menurut nubie... Untuk impak sekuat apapun, bakal tergantung sama ketahanan logam dari chassis yang digunakan mobil...
Asumsikan kecepatan truk sekitar 60 kpj dan bobot truk 10 ton, maka momentum yang dihasilkan adalah 166,667 kg m/s^2 atau 166.6 KN.
Setara dengan 16,995 kgf atau benturan dengan kekuatan hampir 17 ton pada area sebesar bokong terios atau rush tersebut yang hanya beberapa meter persegi.
Kecuali tank, ane rasa mobil apapun bakal bonyok.
Fisikanya bagus sekali ya bro
Iya kalo dari analisa bro diatas emang nih Rush ibaratnya sandwich yg kegencet dpn blkng. Paling fatal itu kalau dpn blkng truk / bus gede. Pernah liat di u tube ada sedan yg terekam cctv di suatu tunnel, sedannya udh berhenti pas dibelakang truk trailer kemudian dari belakang dateng truk trailer lagi sama gedenya. Itu sedan sampai hilang kegencet! Jd kepala truk trailer yg lari kenceng itu sampe ketemu dgn bagian belakang truk trailer yg ada di depan sedan!
Parah banget itu, liat videonya jg ngeri abis.
serem banget om
tapi ada link videonya?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
madcat015 wrote:Betul sekali bro ricz. Assesmen GoA pasti ada limitnya seperti NCAP. Cuman variasi insiden di jalan sangat beragam. Salah satu yg nyata diluar limit ya ini.
Ane sempat berpikir, ada poros kopling yang cukup rigid untuk jadi sejenis struktur pendukung. Kayaknya hancur juga kalau melihat mobil yg terlipat.
Nah, truk yg numbuk ini apakah hanya traktor head aja atau lagi narik trailer 3 axis. Bobotnya sanggup mencapai 30 ton full load... kalikan 3. dapat energi tumbukan ekuivalen dengan 51 ton pada area segede bokong rush.
Kayak meletakkan bobot seberat excavator Komatsu PC500 di bokong rush. Langsung remuk lah itu chassis.
Cmiiw...
Pasti ada limitnya krn mobil2 yg diuji tabrak NCAP speednya 60-80 kalau tidak salah. Itu pun cuma menghantam dgn bobot mobil itu sendiri ke beton.