Berhubung lg dibahas 'strata' mint vs resto, ijinin nubi sdikit sharing.. *sotoy detected
Sekedar bayangan, kl di kontes mustang klasik di Amrik sono, standar penilaian dan pembagian kelasnya udah jelas dan diatur oleh satu 'lembaga' resmi yaitu MCA (Mustang Club of America) yg merupakan wadah bersatunya ratusan klub Mustang di Amrik sono.
By the rules, 2 kelas tertinggi dan paling respectable adalah:
1) Thoroughbred Class
Ini restorasi super detail dan komprehensif, dan jelassss level restorasi bengkel di indonesia jauuuuuh di bawah hasil resto kelas Thoroughbred ini, yg bikin luar biasa sulit, mahal, lama, melelahkan, di antaranya:
- Semua brg yg dipake dlm proses resto harus klasifikasi NOS termasuk ban !! Aki not included tp harus setipe dan sebangun.
- Tidak ada 1 pun item/parts spek reproan (authorized/non auth) yg diperbolehkan nempel, sanksi? Diskualifikasi.
- semua factory markings (coretan kapur, cat di kepala baut, kode2 kusus per department saat perakitan misalnya di axle blakang) semuanya harus direplikasi. Researchnya luarrrr biasa.
- Mobil tdk boleh diisi cairan apapun. Oli, air, apapun. Pure mobil show purposes, pake trailer dan didorong.
Bangun mobil kelas ini makin lama makin sulit, karena parts NOS jelas makin habis, sebanyak apapun dulu populasi Mustang klasik jaman dia diedarkan.
2) Unrestored Concours Trailered Class
Mobil2 spek mint yg tidak boleh tersentuh proses restorasi dlm bentuk apapun di bagian manapun. Semua stiker, decal, dll harus ada, odo read paling2 ratusan/ribuan miles, beberapa baru puluhan miles (biasanya ex milik owner dealer Ford di masa lalu), kategori no 2 ini msh eksis beberapa puluh unit Mustang, kolektor plg terkenal Mustang mint ya om Bob Perkins, dulu Head Judge nya MCA.
Sekedar sharing aja.
