Ngakak bacanya om.... racun terselubungasudarsono wrote:Pelistrikan Partner sama sekali gak masalah om, karena elektroniknya emang gampang. Yang paling sering adalah airbag light nyala, karena airbagnya perlu diperhatikan / servis. (Waduh kok malah cerita ada airbagnya, tambah seneng dong ama ini mobil). Biar gak seneng kasih tunjuk aja ama istrinya, jendela perlu diturunin pakai engkol. Emang sih banyak yang udah modif ke power window, tapi saya belum pernah lihat modifikasi power window yg memuaskan.
Mesin sih normal2 aja, karena menggunakan mesin 206. Irit dan bandel. Rata2 1:15, ya lebih irit dari Avanzalah.
O ya, kalau mesin Pug yg gede2 emang ada yg 8 dan 16 katup. Kenapa harus beda bandelnya? Dari pengalaman saya, dua2 sama aja bandelnya. Kalau mesin Pug diesel emang kurang ketersediaan partsnya, karena jarang bengkel impor sendiri, rata2 mengandalkan parts dari gudang Astra. Tahu sendiri Astra suka gak lengkap stok barang. Perbedaan mendasar partner dan 206 adalah posisi fuel pump di mana untuk fuel pump Partner harus membongkar tanki bensin.
Untuk perawatan Peugeot emang beda. Mobil ini didesain dirawat setahun sekali. Metode perawatan juga udah baku. jadi kalau bengkel merawat gak sesuai ketentuan, pasti jebol mobilnya. Saya sering heran mobil Citroen malah bisa dirawat sembarangan, tapi Peugeot ini lebih manja. Aneh, padahal parbriknya sama.
kalau emang gak suka ama ini mobil, satu hal yang harus dihindari : jangan test drive. Kalau udah test drive terus bisa bilang ada MPV yg lebih nyaman, mungkin cuma Oddessy aja. Jangan deh test drive. Bener ya jangan test drive. Apalagi test drive di tol. Emang larinya gak seberapa cuma 140 kpj, tapi mesinnya cukup halus dan senyap. Lebih senyap dari 307.

Ane cuma pernah baca di forum 806, katanya mesin yg 16v itu lebih rentan kena seal injektor gitu (CMIIW) yg tidak terjadi di mesin 8v.
Diluar urusan mesin dll yg ane kurang paham, kalo diliat, pug partner ini adalah mobil ideal buat sehari2. Antar jemput ke sekolah, belanja harian smpe bulanan, angkut2 barang (kabinnya lega banget). Anak2 juga pasti senang karena atapnya tinggi. Dibawa keluar kota juga ayo...sekali coba pug pasti ngerasa mobil lain kurang nyaman...


Tapi seperti master2 bilang diatas, cek dulu ada nggak bengkel spesialis pug disana. Juga toko2 spare partsnya, karena ini mobil bakal buat harian.
Matrix sih mobilnya bagus, atap juga tinggi, kabin lebih lega dari hatchback lain. Desain body oleh Pininfarina, memang bukan selera semua orang, apalagi ukuran roda standarnya terlihat kecil utk dimensi mobilnya. Di belakang jok depan ada meja kecil, bisa buat makan anak2. Mesin 1600cc, handlingnya mantap walau di kecepatan tinggi. Cuman katanya banyak orang yg bilang relatif lebih manja dari mobil hyundai lain sih...