Wah body-builder yg pukul gongnyaTurboman wrote:nah di sinilah diskusi ttg harga jual kembali berbagai mobil
Diskusi dimulai !!
((((((Gooongggg)))))))
Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
CX-5 memang masih blm jelas hrg bekasnya. Tp kalau liat CX7 dan CX9 keduanya lumayan banyak turunnya.g4ndalf wrote:Cx-5 kluar blom ada setaon bro.. Mana keliatan resale nya skrg? Kalau mau tau resalenya mazda ambil contoh cx7 cx9 lebih tepat, atau mazda 2 (dan kalau saya lihat dibanding benchmark mobil jepang, resalenya biasa aja cenderung jelek malah...) Sy gak jelek2in mazda lho, wong saya juga punya mazda - obyektif saja.
Rule of thumb, mobil yg gampang dijual (banyak peminatnya) resale cenderung bagus. Mobil yg sedikit peminat cenderung jelek.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
@hitutbaw: kalo kasus crv gen 3, ga bisa dijadikan patokan krn skrg udah gen 4. Kalau keluar model baru dgn harga +- sama (maksudnya gen3 lansiran terakhir sm gen 4 kan banderolnya mirip2) tentu menekan resale yg lama. Tapi di sisi lain, harga 210jt itu depresiasi juga mulai menurun, dgn asumsi depresiasi sebesar 40jt / thn (dr thn 08 - 13), bukan berarti tahun depan harganya turun ke 170jt, kemungkinan masih di 190an+.
Resale itu nggak bisa dipastikan, tergantung sikon... Ok sekarang avanza kuat resalenya, kalo toyota keluarin agya harga 90jt an diskon 10jt, bukan nggak mungkin menekan resale avanza.
Sebaliknya, kalau besok2 harga mobil baru naik, harga second juga ikut naik. Misal crv gen4 jadi 500jt, bisa jadi gen3 second naik 50jt.
Tapi secara umum saja, coba kita lihat kasus resale avanza vs xenia, knp avanza lebih bagus resalenya? bedanya di merk aja.
Resale itu nggak bisa dipastikan, tergantung sikon... Ok sekarang avanza kuat resalenya, kalo toyota keluarin agya harga 90jt an diskon 10jt, bukan nggak mungkin menekan resale avanza.
Sebaliknya, kalau besok2 harga mobil baru naik, harga second juga ikut naik. Misal crv gen4 jadi 500jt, bisa jadi gen3 second naik 50jt.
Tapi secara umum saja, coba kita lihat kasus resale avanza vs xenia, knp avanza lebih bagus resalenya? bedanya di merk aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
g4ndalf wrote:Cx-5 kluar blom ada setaon bro.. Mana keliatan resale nya skrg? Kalau mau tau resalenya mazda ambil contoh cx7 cx9 lebih tepat, atau mazda 2 (dan kalau saya lihat dibanding benchmark mobil jepang, resalenya biasa aja cenderung jelek malah...) Sy gak jelek2in mazda lho, wong saya juga punya mazda - obyektif saja.
Rule of thumb, mobil yg gampang dijual (banyak peminatnya) resale cenderung bagus. Mobil yg sedikit peminat cenderung jelek.
g4ndalf wrote:Madcat: iya mmg begitu kenyataan.. Soalnya brand2 spt toyota honda sudah melekat kuat di benak konsumen. Dan mmg produknya bagus, skrg ini ibaratnya mereka menikmati investasi awal mrk.
Mazda ini kan pemain baru, jadi mrk harus menawarkan value - dan mmg sy lihat produk2nya value nya bagus. Pendek kata dgn sejumlah duit yg sama kita dapet produk yg lebih value dr mazda. Masalah resale, ya kembali lagi buat mobil utk apa.. Kalau cari kesenangan turutin kata hati, tapi kalau sekedar alat transportasi mending ambil yg sudah pasaran - jualnya gampang.
Bener Om. Nah seperti ini nih yang berguna. Daripada ngomong resale value jelek hanya karena punya dendam kesumat sama suatu merk. Posting copas dari sana-sini. Kasian orang yg mau beli mobil (terutama mobil pertama) yg concern terhadap harga jual kembali tapi dicekokin info yg menyesatkan. Lebih bagus gini omong kenyataannya, fair dan jujur, kalau mobil itu harga jualnya lagi bagus ya akuin kalau bagus, kalau jelek ya bilang kalau jelek... apapun merk mobilnya.VanzMatic wrote:Lebih fair dan edukatif, alias tidak membohongi member SM ini kalau isinya bukan copas pepesan kosong artikel internet doang, sehingga, dimohon bagi para member untuk berbagi pengalaman riil menjual mobilnya dan membeli mobil seken di pasar mobil bekas LANGSUNG.
Biar bisa keliatan langsung, mana yang bohong dan alay jablay bertopengkan link link internet, mana yang pengalaman riil.
Saya tidak mengatakan semua link di internet itu bohong, tapi mostly memang bohong..
Mulai dari saya, Suzuki futura 1991 dibeli seharga 25 jutaan, dijual lagi laku 13 juta.
mitsu Colt T120ss, beli tahun 2005 akhir seharga 84 juta netto plus bonus2 KF, alarm, karpet karet, footstep belakang, jual lagi laku 49 juta.
Bapak ane, jual kijang Grand Extra 1992 dan BMW 320i ditukar mitsu Kuda diesel 2002 gres.
Next!!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
kalo GL tahun 2007 beli berapa dan sekarang dijual berapa ya?ricz wrote:Avanza 2006 sblom FL beli 118 juta..
Jual Mar 2009 120 juta...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Sy kurang tau skrg brp, tapi dulu tante saya beli GL 1.5 AT 2008 178 juta (kalo gk salah ingat), jualnya Mei 2011 150 juta...maskopat wrote:kalo GL tahun 2007 beli berapa dan sekarang dijual berapa ya?ricz wrote:Avanza 2006 sblom FL beli 118 juta..
Jual Mar 2009 120 juta...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
GL 2007 akhir beli 159 juta, jual 2010 awal 150 juta. Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. Odd abs 2005 beli 415 juta jual 2008 300 juta. Bmw thn 2000 beli 440 juta, jual 2007 125 juta
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Biemnya seri apa? Koq harga jualnya jatuh bgt?htannis wrote:GL 2007 akhir beli 159 juta, jual 2010 awal 150 juta. Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. Odd abs 2005 beli 415 juta jual 2008 300 juta. Bmw thn 2000 beli 440 juta, jual 2007 125 juta
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
318i om, iya jatoh lah wong dah 7 tahun.... Hehehericz wrote:Biemnya seri apa? Koq harga jualnya jatuh bgt?htannis wrote:GL 2007 akhir beli 159 juta, jual 2010 awal 150 juta. Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. Odd abs 2005 beli 415 juta jual 2008 300 juta. Bmw thn 2000 beli 440 juta, jual 2007 125 juta
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
jika sudah mulai muncul berapa kasus cx-5 yang usianya 1 tahun dan ternyata sangat tinggi, ya sudah goal ! sudah aman ! kenapa ? karena semua mobil depresiasinya dari tahun ke tahun (assumsi ngak ada kenaikan harga abnormal seperti toyota, honda, daihatsu di tahun 2007-2009), itu makin pelan.
maksudnya tahun 1 turun 40 jt, tahun 2 turun 30 jt, tahun 3 turun 20-25 jt and so on.
ngak ada tuh mobil apapun yang tahun 1 turun 40 jt, tahun ke 2 turun 50 jt, tahun 3 turun 70 jt. Jika demikian, ya banyak dong mobil yang nilainya tinggal 10-20 juta gitu.
juga jarang mobil yang turunnya linear, tiap tahun turun konstan misalnya tiap tahun turun 30 jt. Decelerate depresiasi itu hal yang terjadi di semua mobil. cuman tergantung mobilnya, dan yang lebih penting lagi, harga barunya main di level mana ? (lux, medium, low), akan pengaruh decelerationnya cepat atau ngak.
jelas mobil murah seperti avanza, xenia, ertiga, evalia, picanto dll deceleratenya cepat. maksudnya tahun pertama turun +- 15-20 jt, ngak lama kemudian cuman turun 5-10 jt per tahun doang. sangat minim. karena sudah main di level harga sangat terjangkau banyak orang.
juga model popular ramai seperti crv belum tentu resale valuenya kuat. buktinya hancur tuh, karena seperti salah 1 member bahas sebelumnya, jika stok bekasnya sangat banyak di pasar mobkas, ya semua calon pembeli pasti santai santai, banding, nekan sana sini. akibatnya balance of powernya di tangan pembeli. buyer's market.
sebaliknya, bisa jadi model yang kalah ramai, misalnya sportage baru, malah bisa sangat kuat resale valuenya. memang peminatnya di bawah peminat crv bekas, tapi karena stok bekasnya sangat sangat langka, dan yang penting, ini bukan mobil jelek yang banyak penyakit.
toh tiap 1 sportage bekas yang mau di jual ngak perlu ratusan peminat rebutan untuk ciptakan resale value yang tinggi. cukup misalnya 1 unit langka muncul di pasar, 5 peminatnya saja rebutan. 1 unit supply banding 5 unit demand aja udah pasti bagus resale valuenya.
sebaliknya, malah bisa jadi crv hancur karena meskipun peminatnya banyak, tapi jika tiap 1 orang yang minat supplynya ada banyak, entah 5 unit atau lebih, ya itu dia, akibatnya semua calon pembeli crv akan nekan sana sini. akibatnya seperti sekarang, resale valuenya jeblok.
jadi yang penting bukan total volume permintaannya, tapi RATIO demand vs supplynya. Udah pasti sportage sangat kuat, karena bekasnya sangat langka, namun peminatnya pasti ada.
contoh di pasar saham. saham yang sangat ramai banyak transaksinya seperti BUMI, kadang malah bisa anjlok, karena saat pasarnya oversupply (yang jual lebih banyak banding yang mau beli), iya, ramai, tapi anjlok.
sebaliknya, saham macam UNVR, Unilever, jelas kalah ramai ama BUMI, tapi karena barangnya bagus, meskipun ngak seramai BUMI, tapi buktinya jarang anjlok, malah sering naik, karena selalu DEMANDnya jauh lebih banyak banding SUPPLYnya.
Karena UNVR barang bagus, jarang yang mau jual. Jadi pantas nilainya ngak pernah anjlok seperti BUMI yang sangat ramai dan likuid.
crv saat ini seperti BUMI, yes, memang pasarnya besar, ramai, tapi udah pasti oversupply stok bekasnya, akibatnya, tuh, yang jual tahun 2010 udah rugi 100 juta lebih.
sebaliknya, sportage baru / mazda CX-5 seperti UNVR. pasar lebih kecil, tapi karena jarang banget orang yang mau jual, akibatnya demand > supply, jadilah resale valuenya sangat kuat. Cuman bedanya mobil ama saham adalah, resale value mobil ngak ada yang naik melebihi harga barunya, karena mobil adalah barang konsumsi, ada wear and tear.
ya saat sales toyota bilang pernah terjadi harga bekas avanza lebih tinggi banding dulu belinya berapa, ya jawabnya sudah jelas sebenernya " karena lo orang di tahun 2007-2009 naikin harganya ngak kira kira, bisa ngak lo tiap tahun naikin segitu terus menerus ? "
maksudnya tahun 1 turun 40 jt, tahun 2 turun 30 jt, tahun 3 turun 20-25 jt and so on.
ngak ada tuh mobil apapun yang tahun 1 turun 40 jt, tahun ke 2 turun 50 jt, tahun 3 turun 70 jt. Jika demikian, ya banyak dong mobil yang nilainya tinggal 10-20 juta gitu.
juga jarang mobil yang turunnya linear, tiap tahun turun konstan misalnya tiap tahun turun 30 jt. Decelerate depresiasi itu hal yang terjadi di semua mobil. cuman tergantung mobilnya, dan yang lebih penting lagi, harga barunya main di level mana ? (lux, medium, low), akan pengaruh decelerationnya cepat atau ngak.
jelas mobil murah seperti avanza, xenia, ertiga, evalia, picanto dll deceleratenya cepat. maksudnya tahun pertama turun +- 15-20 jt, ngak lama kemudian cuman turun 5-10 jt per tahun doang. sangat minim. karena sudah main di level harga sangat terjangkau banyak orang.
juga model popular ramai seperti crv belum tentu resale valuenya kuat. buktinya hancur tuh, karena seperti salah 1 member bahas sebelumnya, jika stok bekasnya sangat banyak di pasar mobkas, ya semua calon pembeli pasti santai santai, banding, nekan sana sini. akibatnya balance of powernya di tangan pembeli. buyer's market.
sebaliknya, bisa jadi model yang kalah ramai, misalnya sportage baru, malah bisa sangat kuat resale valuenya. memang peminatnya di bawah peminat crv bekas, tapi karena stok bekasnya sangat sangat langka, dan yang penting, ini bukan mobil jelek yang banyak penyakit.
toh tiap 1 sportage bekas yang mau di jual ngak perlu ratusan peminat rebutan untuk ciptakan resale value yang tinggi. cukup misalnya 1 unit langka muncul di pasar, 5 peminatnya saja rebutan. 1 unit supply banding 5 unit demand aja udah pasti bagus resale valuenya.
sebaliknya, malah bisa jadi crv hancur karena meskipun peminatnya banyak, tapi jika tiap 1 orang yang minat supplynya ada banyak, entah 5 unit atau lebih, ya itu dia, akibatnya semua calon pembeli crv akan nekan sana sini. akibatnya seperti sekarang, resale valuenya jeblok.
jadi yang penting bukan total volume permintaannya, tapi RATIO demand vs supplynya. Udah pasti sportage sangat kuat, karena bekasnya sangat langka, namun peminatnya pasti ada.
contoh di pasar saham. saham yang sangat ramai banyak transaksinya seperti BUMI, kadang malah bisa anjlok, karena saat pasarnya oversupply (yang jual lebih banyak banding yang mau beli), iya, ramai, tapi anjlok.
sebaliknya, saham macam UNVR, Unilever, jelas kalah ramai ama BUMI, tapi karena barangnya bagus, meskipun ngak seramai BUMI, tapi buktinya jarang anjlok, malah sering naik, karena selalu DEMANDnya jauh lebih banyak banding SUPPLYnya.
Karena UNVR barang bagus, jarang yang mau jual. Jadi pantas nilainya ngak pernah anjlok seperti BUMI yang sangat ramai dan likuid.
crv saat ini seperti BUMI, yes, memang pasarnya besar, ramai, tapi udah pasti oversupply stok bekasnya, akibatnya, tuh, yang jual tahun 2010 udah rugi 100 juta lebih.
sebaliknya, sportage baru / mazda CX-5 seperti UNVR. pasar lebih kecil, tapi karena jarang banget orang yang mau jual, akibatnya demand > supply, jadilah resale valuenya sangat kuat. Cuman bedanya mobil ama saham adalah, resale value mobil ngak ada yang naik melebihi harga barunya, karena mobil adalah barang konsumsi, ada wear and tear.
ya saat sales toyota bilang pernah terjadi harga bekas avanza lebih tinggi banding dulu belinya berapa, ya jawabnya sudah jelas sebenernya " karena lo orang di tahun 2007-2009 naikin harganya ngak kira kira, bisa ngak lo tiap tahun naikin segitu terus menerus ? "
g4ndalf wrote:Cx-5 kluar blom ada setaon bro.. Mana keliatan resale nya skrg? Kalau mau tau resalenya mazda ambil contoh cx7 cx9 lebih tepat, atau mazda 2 (dan kalau saya lihat dibanding benchmark mobil jepang, resalenya biasa aja cenderung jelek malah...) Sy gak jelek2in mazda lho, wong saya juga punya mazda - obyektif saja.
Rule of thumb, mobil yg gampang dijual (banyak peminatnya) resale cenderung bagus. Mobil yg sedikit peminat cenderung jelek.
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
karena cx7 dan cx9 sangat tinggi harga barunya. ya mobil gituan yang barunya +- 700 jt dan lebih ya lo jangan banding ama toyohonda yang cuman +- 400 jt dong. jauh.
mau coba cari mobil toyohonda yang barunya juga +- 700 jt. di jamin hancur juga resale valuenya. malah saya pernah banding resale value mazda 2 vs yaris. kuatan mazda 2 kemana mana.
mau coba cari mobil toyohonda yang barunya juga +- 700 jt. di jamin hancur juga resale valuenya. malah saya pernah banding resale value mazda 2 vs yaris. kuatan mazda 2 kemana mana.
DigitALL wrote:CX-5 memang masih blm jelas hrg bekasnya. Tp kalau liat CX7 dan CX9 keduanya lumayan banyak turunnya.g4ndalf wrote:Cx-5 kluar blom ada setaon bro.. Mana keliatan resale nya skrg? Kalau mau tau resalenya mazda ambil contoh cx7 cx9 lebih tepat, atau mazda 2 (dan kalau saya lihat dibanding benchmark mobil jepang, resalenya biasa aja cenderung jelek malah...) Sy gak jelek2in mazda lho, wong saya juga punya mazda - obyektif saja.
Rule of thumb, mobil yg gampang dijual (banyak peminatnya) resale cenderung bagus. Mobil yg sedikit peminat cenderung jelek.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Naah, yang saya mulai itu tadi kan harga jual kita ke orang yg kemungkinan besar adalah pedege...Yang mana sudah barang mesti jauh di bawah harga jual kembali.Penikmat_Kopi wrote: Bener Om. Nah seperti ini nih yang berguna. Daripada ngomong resale value jelek hanya karena punya dendam kesumat sama suatu merk. Posting copas dari sana-sini. Kasian orang yg mau beli mobil (terutama mobil pertama) yg concern terhadap harga jual kembali tapi dicekokin info yg menyesatkan. Lebih bagus gini omong kenyataannya, fair dan jujur, kalau mobil itu harga jualnya lagi bagus ya akuin kalau bagus, kalau jelek ya bilang kalau jelek... apapun merk mobilnya.
Kebetulan kan ada juga tuh yang kasih tau, kalau pedege nawar mentok 190 jt, sementara jual ke orang lain selain pedege bisa 210. Nah, bisa kebayang kan kira2nya harga jualnya bakal berapa?
So, bisa dikira kira kan, harga harga yang dicopas oleh Resale Value sang master Copy paste SM kita itu bener atu ngaco?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
tahun 2008 ke atas masih kurang mewakili kondisi sekarang, saat harga toyohondadai sudah naiknya dikit tiap tahun. karena tahun 2008-2009 dan 2009-2010 kenaikan harga toyohondai masih lumayan tinggi, meskipun ngak segila kenaikan harga 2007-2008.
paling bagus mulai banding mobkas yang mulai dari tahun 2010 ke atas !
paling bagus mulai banding mobkas yang mulai dari tahun 2010 ke atas !
ngencox wrote:ayoo di kompare harga mobil seken keluaran 2008 keatas saja
berdasarkan tipe-tipe terlaris saja biar gampang cari datanya
usulan dgn pembagian kelas sbb:
1. MPV small : Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia, Luxio, APV,
2. MPV medium: Innova, Grand Livina, Serena, Freed
3. Hatcback : Jazz, Yaris, Swift, Livina XR, Mazda2, Fiesta
4. SUV small : Rush, Terios, Juke, Sportage, Tucson
5. SUV medium: CRV, Fortuner, PajeroSport, XTrail, Captiva, Grand Vitara
daftar diatas sekedar yg saya ingat yg sering keliatan dijalan, silakan ditambahkan kalo perlu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Kenapa?Resale Value wrote:tahun 2008 ke atas masih kurang mewakili kondisi sekarang, saat harga toyohondadai sudah naiknya dikit tiap tahun. karena tahun 2008-2009 dan 2009-2010 kenaikan harga toyohondai masih lumayan tinggi, meskipun ngak segila kenaikan harga 2007-2008.
paling bagus mulai banding mobkas yang mulai dari tahun 2010 ke atas !
ngencox wrote:ayoo di kompare harga mobil seken keluaran 2008 keatas saja
berdasarkan tipe-tipe terlaris saja biar gampang cari datanya
usulan dgn pembagian kelas sbb:
1. MPV small : Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia, Luxio, APV,
2. MPV medium: Innova, Grand Livina, Serena, Freed
3. Hatcback : Jazz, Yaris, Swift, Livina XR, Mazda2, Fiesta
4. SUV small : Rush, Terios, Juke, Sportage, Tucson
5. SUV medium: CRV, Fortuner, PajeroSport, XTrail, Captiva, Grand Vitara
daftar diatas sekedar yg saya ingat yg sering keliatan dijalan, silakan ditambahkan kalo perlu
Takut ketauan boongmu?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
ngak juga. melekat di hati tapi jika seperti sekarang supply bekasnya kebanjiran di pasar mobkas dan kadang atpmnya hobby diskon gede gede untuk hentikan serangan pemain baru yang bagus bagus, anjlok juga resale value toyota honda. seperti kasus crv dan fortuner
g4ndalf wrote:Madcat: iya mmg begitu kenyataan.. Soalnya brand2 spt toyota honda sudah melekat kuat di benak konsumen. Dan mmg produknya bagus, skrg ini ibaratnya mereka menikmati investasi awal mrk.
Mazda ini kan pemain baru, jadi mrk harus menawarkan value - dan mmg sy lihat produk2nya value nya bagus. Pendek kata dgn sejumlah duit yg sama kita dapet produk yg lebih value dr mazda. Masalah resale, ya kembali lagi buat mobil utk apa.. Kalau cari kesenangan turutin kata hati, tapi kalau sekedar alat transportasi mending ambil yg sudah pasaran - jualnya gampang.
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
tentu tidak. jika saya boong, pakai kasus 2010 ke atas juga sama aja kan ?
saya takutnya member lain ngak sadar bahwa resale value sangat kena distorsi saat atpmnya naikin harga barunya 20% atau lebih dalam setahun. jadi resale value yang kuat itu " ngak bakal terjadi lagi ".
kecuali yakin tiap tahun toyohondadai mampu naikin harga mereka 20% atau lebih tiap tahun. apa hubungannya ama bohong ? mau juga fanboy toyota macam lo yang ingin nutupi kasus kenaikan harga mereka yang sangat tidak normal di tahun 2007-2009. yang ciptakan distorsi tidak normal untuk resale value mobil toyohondadai tahun < 2007-2009.
saya takutnya member lain ngak sadar bahwa resale value sangat kena distorsi saat atpmnya naikin harga barunya 20% atau lebih dalam setahun. jadi resale value yang kuat itu " ngak bakal terjadi lagi ".
kecuali yakin tiap tahun toyohondadai mampu naikin harga mereka 20% atau lebih tiap tahun. apa hubungannya ama bohong ? mau juga fanboy toyota macam lo yang ingin nutupi kasus kenaikan harga mereka yang sangat tidak normal di tahun 2007-2009. yang ciptakan distorsi tidak normal untuk resale value mobil toyohondadai tahun < 2007-2009.
VanzMatic wrote:Kenapa?Resale Value wrote:tahun 2008 ke atas masih kurang mewakili kondisi sekarang, saat harga toyohondadai sudah naiknya dikit tiap tahun. karena tahun 2008-2009 dan 2009-2010 kenaikan harga toyohondai masih lumayan tinggi, meskipun ngak segila kenaikan harga 2007-2008.
paling bagus mulai banding mobkas yang mulai dari tahun 2010 ke atas !
ngencox wrote:ayoo di kompare harga mobil seken keluaran 2008 keatas saja
berdasarkan tipe-tipe terlaris saja biar gampang cari datanya
usulan dgn pembagian kelas sbb:
1. MPV small : Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia, Luxio, APV,
2. MPV medium: Innova, Grand Livina, Serena, Freed
3. Hatcback : Jazz, Yaris, Swift, Livina XR, Mazda2, Fiesta
4. SUV small : Rush, Terios, Juke, Sportage, Tucson
5. SUV medium: CRV, Fortuner, PajeroSport, XTrail, Captiva, Grand Vitara
daftar diatas sekedar yg saya ingat yg sering keliatan dijalan, silakan ditambahkan kalo perlu
Takut ketauan boongmu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Ngga usah bleberan macam macam, teman2 disini hampir semua sudah membeberkan histori harga jual kembali mobil mobil mereka.
Tinggal dicocokin dengan link link yang kamu copas dari internet, dan bisa keliatan, mana yang beneran jual mobil dan beli mobil seken, mana yang dapet harga bekas hanya dari link internet kan?
Gitu aja kok repot'
Tinggal dicocokin dengan link link yang kamu copas dari internet, dan bisa keliatan, mana yang beneran jual mobil dan beli mobil seken, mana yang dapet harga bekas hanya dari link internet kan?
Gitu aja kok repot'
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Duduk di pojokan sambil siapin snack...
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Bagi donk... snack mi ayam ku dah habis neh...ricz wrote:Duduk di pojokan sambil siapin snack...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Yang ada snack nasi padang...
Mau oom?
Mau oom?
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Boleh boleh.... apalagi kalo ditemenin cemilan kikil dan sayur singkong aja plus kuah gulai buat cuci mulut....ricz wrote:Yang ada snack nasi padang...
Mau oom?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
mari kita bedah berapa kasus ini :
* GL 2007 beli 159 jt, jual 150 jt. pakai 3 tahun cuman rugi 9 juta. kenapa gitu kuat ? karena di tahun 2007-2009 harga grand livina juga ada kenaikan yang lumayan, meskipun ngak segila kenaikan toyohondadai.
* Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. baru pakai 1 tahun udah rugi 40 juta. kenapa lemah ? karena dari tahun 2010-2011 sudah ngak ada lagi kenaikan harga fortuner yang gila gilaan.
* Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. ini sama juga, karena ada kenaikan harga innova yang cukup tinggi di tahun 2007-2009, jelas innova tua ini terbantu resale valuenya. Buktinya yang beli innova g at di tahun 2011 di harga +- 250 jt, jual hari ini udah rugi 60-70 juta, padahal baru pakai 1 tahun lebih.
* Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. ini contoh paling classic distorsi resale value karena kenaikan harga / inflasi yang ngak masuk akal. tau sendiri di tahun 1997-1999 krisis asean, di mana kurs rupiah jatuh dari 2400 ke 16,000. sampai suharto lengser. itulah kenapa kijang kapsul bisa beli 35 juta, pakai 8 tahun, malah "untung" 45 juta ?
mungkin orang macam vanzmatik / penikmat kopi dll bisa jelaskan, sejak kapan mobil seperti property, bisa naik harga 200% lebih habis pakai 8 tahun ? jika bukan karena kenaikan harga yang ngak masuk akal ?
* Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. ini contoh saat kondisi normal, di jual sebelum tahun 2007, karena terrano dari tahun 2001-2006 ngak ada kenaikan harga yang tidak normal, depresiasinya jadi normal. pakai 5 tahun rugi 85 juta, atau average tiap tahun rugi 17 juta, sangat masuk akal.
* GL 2007 beli 159 jt, jual 150 jt. pakai 3 tahun cuman rugi 9 juta. kenapa gitu kuat ? karena di tahun 2007-2009 harga grand livina juga ada kenaikan yang lumayan, meskipun ngak segila kenaikan toyohondadai.
* Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. baru pakai 1 tahun udah rugi 40 juta. kenapa lemah ? karena dari tahun 2010-2011 sudah ngak ada lagi kenaikan harga fortuner yang gila gilaan.
* Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. ini sama juga, karena ada kenaikan harga innova yang cukup tinggi di tahun 2007-2009, jelas innova tua ini terbantu resale valuenya. Buktinya yang beli innova g at di tahun 2011 di harga +- 250 jt, jual hari ini udah rugi 60-70 juta, padahal baru pakai 1 tahun lebih.
* Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. ini contoh paling classic distorsi resale value karena kenaikan harga / inflasi yang ngak masuk akal. tau sendiri di tahun 1997-1999 krisis asean, di mana kurs rupiah jatuh dari 2400 ke 16,000. sampai suharto lengser. itulah kenapa kijang kapsul bisa beli 35 juta, pakai 8 tahun, malah "untung" 45 juta ?
mungkin orang macam vanzmatik / penikmat kopi dll bisa jelaskan, sejak kapan mobil seperti property, bisa naik harga 200% lebih habis pakai 8 tahun ? jika bukan karena kenaikan harga yang ngak masuk akal ?
* Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. ini contoh saat kondisi normal, di jual sebelum tahun 2007, karena terrano dari tahun 2001-2006 ngak ada kenaikan harga yang tidak normal, depresiasinya jadi normal. pakai 5 tahun rugi 85 juta, atau average tiap tahun rugi 17 juta, sangat masuk akal.
htannis wrote:GL 2007 akhir beli 159 juta, jual 2010 awal 150 juta. Fortuner awal 2010 360 juta jual 320 juta akhir 2011. Innova 2005 beli 192 juta, jual 128 juta awal 2013. Kijang kapsul 97 beli 35 juta, jual 2005 80 juta. Terrano 2001 beli 175 juta, jual 2006 90 juta. Odd abs 2005 beli 415 juta jual 2008 300 juta. Bmw thn 2000 beli 440 juta, jual 2007 125 juta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Diskusi Harga Jual kembali berbagai mobil
Kalo avanza 2004 beli 95 juta jual 2 bln yg lalu 108 juta termasuk lemah gk resalenya???
2021 Fortuner VRZ